IKA SMAN 1 Cicalengka Peduli Bencana Longsor Cimanggung

Rombongan panitia IKA SMAN 1 Cicalengka, saat menyalurkan sumbangan yang di motori dari alumni tahun 2000. (Foto: Istimewa)

COWASJP.COM – Bencana alam tanah longsor menimpa Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang Jawa Barat, pada Sabtu, 9 Januari 2021. 

Bencana tersebut terjadi sebanyak dua kali di hari yang sama.

BACA JUGA: Bupati Dadang Naser Sumbang Mesjid Al Jihad SMA N Cicalengka

Longsor pertama terjadi pada pukul 16.00 WIB yang kemudian disusul longsor susulan pada pukul 19.30 WIB. Bencana tersebut diduga terjadi akibat tingginya curah hujan di Kabupaten Sumedang serta kondisi tanah yang tidak stabil.

BACA JUGA: Alumni SMAN I Cicalengka Berbagi Sembako

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, saat ini telah ditemukan 13 orang dengan kondisi meninggal dunia, sementara 25 lainnya selamat. Disinyalir hingga kini masih banyak korban yang masih tertimbun.

ika3f216.jpg

Bencana ini menggerakkan Ikatan Alumni SMAN 1 Cicalengka untuk membuat gerakan sosial, Peduli Cimanggung. Gerakan sosial ini mengajak seluruh Alumni SMAN1 Cicalengka untuk bergotong royong bersama, membantu para korban bencana.

IKA SMAN 1 Cicalengka mendistribusikan bantuan bagi keluarga korban terdampak yang rumahnya hancur diterjang longsor. Pendampingan pun  masih akan terus dilakukan. Ragam bantuan masih akan terus disampaikan, di antaranya makanan siap saji, bahan pangan untuk dapur umum, selimut, pakaian, obat-obatan, personal hygiene, dan kebutuhan bayi/balita.

ika2f161c.jpg

Mira dari IKA SMAN 1 Cicalengka yang menggalang dana korban longsor mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah sering dilakukan. 

''Gerakan sosial ini juga untuk melihat sejauh mana kekompakan Alumni IKA SMAN 1 Cicalengka. Bukan masalah besar kecilnya sumbangan. Yang penting rasa peduli kepada mereka yang terkena musibah,'' ujar Mira.

Sampai 12 Januari 2021 pukul 21.00 WIB, donasi yang terkumpul: sembako, pakaian, alat sholat, obat-obatan, dan uang tunai Rp 10.900.000. 

Donasi untuk warga masyarakat dan alumni SMAN 1 Cicalengka masih dibuka hingga 30 Januari 2021. 

Mira juga menambahkan, Sabtu depan panitia akan berkunjung ke salah seorang korban meninggal Almarhum Suhanda, yang gugur dalam tugas penyelamatan korban longsor Cihanjuang-Cimanggung. 

''Almarhum Suhanda adalah alumni Chexo 87,'' ujarnya.

"Besar harapan kami, para pembaca setia Cowasjp.com tergerak ikut bergotong royong membantu para korban longsor Cimanggung," kata Mira. 

iikaikgerke0880.jpgTim Relawan IGREX’S PA SMAN 1 Cicalengka yang terjun ke lokasi terdepan merupakan bagian bukti nyata kepedulian.

Dandan, salah seorang relawan, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa malam ini pencarian korban longsor di hentikan. Sebab, cuaca terus memburuk.(*)

Pewarta : Ahmad Sukmana
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda