Sopir Salim

Maroko jadi pintu gerbang investasi China di Afrika. (FOTO: sahabatmaroko.com)

COWASJP.COMSAYA begitu ingin ke Afrika lagi. Terutama ke negara-negara yang menerima investasi Tiongkok besar-besaran. Kontroversinya besar sekali. Di media: berkah atau jeratan. 

Jadi ingin lihat sendiri: seperti apa.

Seperti saat ke Riyadh kemarin: ternyata di Riyadh saya tidak sekali pun bisa see you can see.

Saya terkesan membaca tulisan Nurseto Ardiputranto yang lagi keliling Eropa. Terutama saat ia tiba di Paris dari Amsterdam: naik bus umum. Semalam suntuk. Pagi-pagi tiba di Paris: pesan Uber. Sopirnya bernama Salim. Asal Guinea. 

Nurseto alumni ITB. Aktif mengembangkan gerakan rasional. Tidak percaya peristiwa Kapal Nabi Nuh. 

Setiap menuliskan namanya Nurseto selalu memakai huruf Jawa: ꦤꦸꦂꦱꦺꦠꦺꦴꦄꦣꦶꦥꦸꦠꦿꦤ꧀ꦠꦺꦴ. Nama dalam huruf Jawa itu yang ditulis pertama. Baru di bawahnya diberi dalam kurung ''()''. Di dalam ''()'' itulah nama Nurseto Adiputranto ditulis.

Dengan naik bus itu Nurseto sudah naik apa saja selama keliling Eropa:  pesawat, kereta api lewat terowongan bawah laut antara London-Paris dan pun naik bus.

"Dari Amsterdam jam 00.00, tiba di Paris jam 07.00. Dari terminal bus saya naik Uber menuju hotel. Driver-nya berkulit hitam dan ramah sekali. Ia memperkenalkan diri sebagai Salim".

Sepanjang perjalanan macet. Parah. Menuju hotel macetnya sangat parah. Salim jadi bisa banyak bercerita: ia pernah tinggal di Amsterdam selama 7 tahun. Ia bilang Amsterdam lebih bersahabat daripada Paris. Tapi ia memilih Paris untuk mengais rezeki karena istrinya, yang juga dari Guinea, tidak bisa berbahasa Belanda. 

Di Paris, Salim membujang: kontrak kamar ukuran kecil. Istri dan anak-anaknya tinggal 200 km dari Paris. Seminggu sekali Salim pulang menengok keluarganya.

Salim punya 5 anak. Dua di antaranya sudah selesai sekolah. Yang satu sudah kerja sedangkan satunya baru cari kerja.

Salim seorang muslim asal Guinea. Ia bertanya tentang agama saya. "Kami Muslim". Aku ngaku Muslim untuk mengurangi risiko kriminalitas. 

Salim senang. "Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia," katanya. Ia tampak senang karena penumpangnya seiman.  Lumayan…, rasa was-was kami berkurang.

Salim bercerita tentang negeri asalnya. "Di Guinea, dulu, sulit cari kerja. Namun sekarang, setelah investor dari China masuk ke Guinea, perekonomian membaik".

"Dahulu, Guinea adalah koloni Prancis. Dengan Prancis, perekonomian berhenti di tempat".

Salim bilang: China jauh lebih baik dari Prancis. Ibaratnya, bila Prancis dapat 100 dari Guinea,  hanya 20 yang dibagikan ke rakyat Guinea. Dengan China, bila China dapat 100, yang 50 dikembalikan pada rakyatnya Guinea. Orang dan negara China sangat dicintai rakyat Guinea.

Dari percakapan, tampak kecerdasan Salim di atas rata-rata rakyat Guinea:  56. Bahkan IQ Salim mungkin sudah di atas rata-rata IQ orang Indonesia yang hanya 78,45.

Begitulah kisah Nurseto.

Berarti saya harus ke Guinea. Jauh sekali. Di pantai barat Afrika. Saya ingin Sadio Mane mengundang saya ke sana. Dari Senegal bisa ke Guinea. Tapi ia tidak kenal saya. Walhasil: tidak bisa cari yang gratisan. Maka saya akan cari uang dulu untuk bisa ke sana.

Sekalian ingin mencari tahu: mengapa Guinea hebat. Sampai pulau Papua disebut sebagai Guinea Baru –New Guinea. Yang nama itu sampai diabadikan sebagai nama negara oleh tetangga kita di belahan timur Papua.

Anda sudah tahu: sebutan New Guinea asalnya hanya karena penduduk Papua berambut keriting dan berkulit hitam. Maka ketika Portugis dan Spanyol ''menemukan'' pulau itu mereka melihat kok penduduknya sama dengan orang Guinea.

Tapi mengapa dianggap sama dengan Guinea? Kok tidak dianggap sama dengan Ethiopia –sehingga menamakan Papua dengan New Ethiopia?

Tentu karena Portugis dan Spanyol dekat dengan Guinea. Sama-sama di bibir lautan Atlantik. Ketika Portugis dan Spanyol mencari pala, merica, dan cengkih sampai ke Tidore, tentu lewat Guinea. Belum ada terusan Suez waktu itu. 

Bisa jadi pelabuhan pertama tempat mereka singgah ya di Guinea itu. Bukan di Maroko.

Maroko terlalu dekat. Dan lagi di Maroko ada suku yang mereka benci: suku Barbar. Warna kulit dan keriting rambutnya sama. Tapi lebih menakutkan.

Bisa jadi para pelaut Portugis lebih terkesan ke Guinea. Sampai Papua tidak mereka sebut New Barbar.

Tiongkok kini praktis menguasai Afrika. Boleh dikata: Afrika yang ditinggalkan Eropa langsung diisi oleh Tiongkok.

Rasanya Eropa tidak menyesal meninggalkan Afrika. Yang menyesalkan justru sekutu Eropa: Anda sudah tahu siapa. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 18 Maret 2024: Triple Seto

Lagarenze 1301

Tagline BYD adalah Build Your Dreams. Lelucon di kalangan investor, BYD dipanjangkan menjadi Bring Your Dollars. Faktanya, investor Amerika sudah sejak lama membawa dolarnya ke BYD. Waren Buffet, melalui perusahaan investasinya, Berkshire Hathaway, adalah pemilik 87,61 juta atau setara 7,98% saham BYD Company Limited (data Bloomberg Februari 2024). Porsi saham itu sudah berkurang. Awal masuk ke BYD pada 2008, Berkshire membeli 20,49% saham kelas H perusahaan yang berbasis di Hongkong tersebut. Pemilik saham terbesar tetap Wang Chuanfu (17,6 persen) disusul Lu Xiangyang (13,5 persen) dan beberapa investor lainnya.*

sinung nugroho

saya perhatikan dari sejak masa kampanye Bung JZ ini menggunakan perumpaman negara Zimbabwe, padahal itu negara berdaulat yang harus kita hormati. Perumpamaan itu menurut saya bukan hanya kurang etis tetapi tidak etis. Lebih pas menggunakan istilah Pak Mirza, yaitu Anuland. Salam....

Kang Sabarikhlas

Seto lega....eh anu.. Saya legawa meskipun di bulan puasa hari ke tujuh tetap komitmen jadi pembaca dan perusuh CHDI, pokoknya ndak mau kalah sama Bli Leong Putu yg. sumbar #365 mantun nonstop???... Begini ceritanya,... Kalau Abah 'kemecer' lihat Piyati yg bodinya aduhai tapi karna setir KIRI lalu ndak jadi beli? saya mengalami, juga ndak mau kalah sama Abah... Saat datang di pameran motor saya terpesona oleh penampakan si sexy cantik mulus bodi proposional tinggi 155cc.... namanya Lexi. Memang saya dah punya Bojo, eh anu...Bajaj..vespa bajaj, tapi terasa bosan, capai kaki injak Rem Kanan. Dan si sexy Lexi menggoda dengan Rem KIRI pakem. Sayang harus disadari, saldo nihil.! ........... duh, ini komen apa sih? gegara komitmen perusuh.

M.Zainal Arifin

Komunis bisa kendalikan kapitalis? Pancasilais bisa kendalikan kapitalis & komunis? Kapitalis bisa kendalikan komunis?

Aron Sihombing

What makes a great negociator?

Johannes Kitono

Dukungan Menko LBP terhadap Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Merupakan konfirmasi bahwa Septian Hario Seto ( SHS ), deputi LBP. Pasti masuk Ring satu Kabinet Presiden Prabowo Subianto. SHS langsung naik daun ketika polemik Hilirisasi Nikel dengan ekonom Faisal Basri. Seniornya di FE-UI. Nilai ekspor Nikel mentah hanya Rp.15,- Triliun dan menjadi Rp.504, Triliun sesudah diolah. Untuk mengetahui keuntungan Hilirisasi tentu tidak perlu harus kuliah di FE-UI. Ekonom FB harus update ilmu dan datanya.Sebelum vokal di mass media yang memalukan sesama alumni UI. Strategi Deputy SHS menjemput bola ke investor di China sangat cerdik dan harus dihargai. Biarpun yang dikunjungi adalah Investor padat modal dengan produk menengah keatas. Tekstil dan Mobil. Ada yang lebih penting. Investor di bidang Pertanian dan Perikanan dengan teknologi tinggi harus diundang ke Indonesia.Konsumsi beras masional 30 juta/ tahun merupakan potensi pasar yang menggiurkan.Data Deptan selalu menyatakan bahwa lahan 10 juta ha bisa menghasilkan 54 juta ton padi. Yang kalau dikonversi ke beras sekitar 30 juta atau berimbang dengan konsumsi. Faktanya harga beras naik terus dan Bulog harus impor lagi. Untuk menutupi kekurangan pangan strategis ini. Menko LBH harus kirim team ke China. Untuk study banding bagaimana China bisa mencukupi kebutuhan pangan rakyatnya yang 1,4 mily manusia. Semoga ada Investor pangan di era Presiden Prabowo. Menjawab program Food Estate yang dijadikan lelucon oleh lawannya.

Juve Zhang

Pak Djoko Lodang menulis dari Prof Ahli Fisika di Amerika....luar biasa....yg sedikit bisa saya tangkap...Tiongkok itu unik....Presiden nya bisa dari Propinsi manapun....suku apappun....Mereka IQ nya merata...padahal bahasa Mandarin baru baru saja di pake secara masal....zaman saya beckpekeran kala Tiongkok masih miskin bin melarat...tak banyak yg pake Mandarin di peloksok....mereka tak bisa bahasa Nasionalnya....unik..belakangan baru bahasa Mandarin di galakan jadi bahasa Nasional....dan tingkat pemerataan tinggi...kota kecil pun sekarang jadi kota modern...diatas semuanya...Panca Makmur mereka didasari Hukum Yg Keras....Penjahat jalanan di tangkapi...disuruh kerja produktif....penjahat Kantoran di dor....benar benar lompat Galah....bukan Lompat Kodok....tabungan Rakyat sudah 264 triliun Yuan....mampu beayai apbn kita 176 tahun....asumsi apbn 3300 Triliun Rp....luar biasa lompat galah mereka....Jepang 80 an Raja Duit Dunia....tabungan Rakyat nya lebih gede daru Rakyat Tiongkok sekarang pun....masih sangat kaya ....gak heran tahun 80 an Rakyat Jepang dianjurkan main ke LN....karena kebanyakan duit...dan yg minta PM nya langsung....begitu Kaya nya Jepang gedung gedung Di Amerika di borongnya ....seperti beli Mobil saja.....wkwkwk..masa Jaya Jepang sulit terulang lagi mungkin giliran Tiongkok meniru langkah Jepang.......

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Seorang perempuan berkata kepada pengacaranya, "Saya ingin menceraikan suami saya." "Atas dasar apa?" tanya pengacara. "Kami punya lahan seluas dua hektare di pinggir kota dengan halaman rumput yang luas dan beberapa pohon buah-buahan." "Tidak, bukan itu maksudku. Apa kamu punya dendam?" pengacara sedikit bingung dengan jawaban yang didengarnya. “Ya, kami punya garasi untuk dua mobil, tapi kami hanya punya satu mobil, jadi kami gunakan sisanya untuk penyimpanan.” "Apakah dia memukulmu?" tanya pengacara semakin bingung. "Tidak, aku bangun pukul 6.30 dan terkadang ia baru bangun setelah aku berangkat kerja." “KENAPA ANDA INGIN BERCERAI?” (tanya pengacara dengan nada jengkel). Perempuan: “Sepertinya kami tidak bisa berkomunikasi.”

djokoLodang

--o-- mikroKosmos vs MAKROkosmos Bagi para filsuf, manusia adalah mikrokosmos. Bagi para spiritualis, manusia adalah makrokosmos. Kenapa demikian? Karena para filsuf memperhatikan wujud manusia dengan segala keterbatasannya. Sebaliknya, para spiritualis memperhatikan jatidiri manusia yang sebenarnya. Wujudmu memang memiliki keterbatasan, sehingga bersifat mikro. Tetapi, kebenaranmu tak mengenal batas dan bersifat makro. Melihat ranting pohon, ada yang berkata bahwa buah berasal dari ranting itu. Sesungguhnya, ranting itu ada demi buah. "Jauh" dan "dekat" berkaitan dengan badan, dengan kesadaran jasmani. Kesadaran rohani tidak mengenalnya. Puasa melatih kita menyadari segala sesuatu tentang badan kita. Mengenal[ kesadaran jasmani. Menuju kesadaran rohani. --jL--

Atho'illah

Ibu saya pengen ikut jalan-jalan, tapi kasihan sama anak bungsunya yang masih sendiri: I: "At" A: "Apa, bu?" I: "5 hari setelah lebaran teteh ngajak jalan-jalan ke luar kota 3 hari, tapi ibu gk mau, kasihan nnti kamu gk ada yg masakin" A: "Ih atuh kalau ibunya mau mh gk ppa, gampang masalah makan mh" I: "Iya tah? Ya udah geh kalau gitu ibu mau ikut aja" Yang penting jangan pas udah masuk kerja aja, Bu. Nanti gak ada yang bangunin. :v

Jokosp Sp

Jare Pak Kiai kapan itu, kalau halal yang jelas hukumnya ya hindari makan, selesai. Memang ada halal yang tidak jelas Kiai?. Halal yang tidak jelas kan banyak. Pengusaha bangun mesjid hasil ngemplang pajak misal, Bupati bangun mushola hasil korupsi misal, Anggota DPR bangun langgar hasil korupsi anggaran misal. Tapi kita sholat di situ. Status Ibadahnya bagaimana?. Ya serahkan saja ke Allah Swt. Semua yang di dunia ini milik Allah, beliau-Nya yang mengatur. Daripada duwidnya untuk mbangun kasino, atau mbangun tempat perjudian, atau mbuat mbangun lokalisasi malah bikin dosa-dosa baru yang lebih besar. Jadi kita berdo'a saja mudahan ibadah kita diridhoi dan diterima oleh Allah Swt. Aamiin, Aamiin ya robal alamin.

yoming AFuadi

Omon omon tentang menu halal buka puasa di negeri mayoritas non muslim, jadi teringat kisah sebutir kurma dan seorang ulama yg selalu dikabulkan doanya. Alkisah ulama tsb bersiap safar dari Mekah ke Masjidil Aqso dg membeli kurma, setelah transaksi selesai kurma dibungkus dan uang dibayar, si ulama melihat sebutir kurma jatuh "ngglundhung" dari timbangan. Si ulama berasumsi si kurma itu adalah bagian dari kurma yg dibeli dan tertinggal di dalam timbangan. Tanpa konfirmasi ke penjual, si ulama langsung mengambil dan memakan si kurma yg jatuh tsb. Singkat cerita si ulama sdh sampai di Masjidil Aqso dan berdoa di tempat yg ia pilih. Dalam kekhusyukan doanya, sayup2 ia dengar percakapan (yg ia percayai percakapan itu dilakukan oleh 2 malaikat). Dari percakapan tsb si ulama tahu bahwa, sejak ia mengambil dan memakan sebutir kurma tanpa konfirmasi dan ijin si pedagang, doanya selalu ditolak. Hal itu lantaran ia telah makan kurma yg haram perolehannya, mengingat si kurma yg jatuh tsb bukan bagian dari kurma yg ia beli dan ia tdk minta kehalalannya ke si pedagang waktu itu. Singkat cerita, si ulama bergegas kembali ke Mekah untuk mendapatkan kehalalan dari si kurma yg ia makan dulu ke pedagang yg dulu menjual kurma tsb. Ternyata si pedagang yg dulu menjual kurma sdh meninggal dan dagangan kurmanya dilanjutkan oleh salah satu putranya. Singkat cerita si ulama dengan tekun dan sabar mencari dan menemui ke tujuh anak si pedagang guna minta kehalalan kurma yg sdh ia makan dulu itu.

Gregorius Indiarto

Triple Seto, tiga; hari, kota, komitmen investasi. Luar biasa. Tapi masih kalah bersaimg dengan Didi Kempot dengan "Sewu Kutho" + "Sewu Ati" Met pagi, salam sehat, damai dan bahagia. 

djokoLodang

--o-- Apa gunanya berpuasa, jika jiwamu tidak ikut berpuasa, jika jiwamu masih sombong? Ia yang berpuasa, hendaknya tidak menyombongkan dirinya. Tidak menganggap rendah mereka yang tidak berpuasa. --0-- 18Maret

Jo Neca

Sekarang suap pakai botol infus mba Fiona..Langsung ke saraf.Ga ada obat penangkal.

Gregorius Indiarto

"Maka begitu dilantik jadi presiden baru PS langsung bisa lari". Yakin masih bisa lari? Kalau naik mobil, gass pool sich masih percaya. 

Jokosp Sp

Tanggung jawab kegagalan food estade hayo dijawab dengan bukti, bukan janji kampanye.

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bp agus, bp jo, bp jm dan teman2 rusuhwan. menko marinvest anuland. bertanya kepada investor dari negeri seberang. "apa alasan anda mau buat pabrik sendok di anuland?" sang pengusaha dengan pede menjawab, "untuk melestalikan budaya suap di anuland, bpk menteli. dan nanti ada ploglam makan siang glatis. pasti kebutuhan sendok akan meningkat." bpk menteri manggut manggut mendengar jawaban sang pengusaha. 

Jokosp Sp

Pagi-pagi istri datang dari pasar sudah complain. Beras naik, gula naik, tepung naik, daging naik. Apa yang tidak naik?. Saya njawab enteng sambil masih nulis di komen CHDI "Susu nenek". Hehhhhhh puasa pah....ingat. Kalau beras naik, tapi import terus jalan berarti bukan solusi cerdas harus selalu import. Ada menteri yang sudah ngurusi pangan, ada Pak LBP wis kurang apa, proyek food estade juga pernah ada dan gagal. Mungkin harus mantan sesuatu yang jadi menteri pertanian dan ketahanan pangan. Orentasinya harus dirubah, pola pikirnya harus dibeneri. Jangan cuma cuan-cuan-cuan saja isi otak-otaknya.

Udin Salemo

di Indon mobil Jepang seng ada lawan. konsumen lebih percaya after sales service yang memuaskan daripada mobil cakep harga murah. buktinyanya mobil made in china dan korea penjualannya sedikit, gak sebanyak mobil jepang. mungkin nanti kalau bapak segala urusan sudah bertitah mobil dari tanah daratan pajaknya gratis bisa banyak pembeli, hahaha....

Everyday Mandarin

@Bro Jo: Di Taiwan, semua TKI cewe biasanya dipanggil Yadi (dibaca: Yati) atau Adi (dibaca: Ati). Biasanya ditulis 雅蒂. Jd semacam vocab baru yang tak tertulis di Mandarin: Ati = ART di Taiwan. Maryati, Sukarti, Liswati, Yuwati, dan Ati-Ati yang lain. Nama nasional cewe RI bisa dibilang Ati. Padahal survei ga jelas di konten IG yang pernah sy baca, nama orang terbanyak di Indonesia adalah Sari. Sari Roti, Nutri Sari, Sarinah, orang Bandung mengenal Sarite ....

Wilwa

Cocoklogi: Nama jalan Yadi 亚迪 itu bisa jadi penggalan dari Yazhou 亚州 (Asia) Qidi 启迪 (Enlightenment). Sedangkan aksara Bi 比 yang ditambahkan di depan Yadi 亚迪 punya makna “compare” (verb) atau “comparison” (noun) atau “comparable”. Comparable 比 Asian 亚Enlightenment 迪. Istilah yang cuaaakep. Dan slogan Bi Ya Di 比亚迪 yang dibaca Pi Ya Ti itu memang sangat cuaakep : Build Your Dreams. Sungguh kreatif bikin slogannya. 

Everyday Mandarin

China ahli dalam memelesetkan nama. Nama Wuling "dibajak" dari Mitsubishi. Sehari-hari, orang China menyebut Mitsubishi sebagai 三菱 (sanling), yang berarti 3 berlian, sesuai logo Mitsubishi. Supaya lebih mentereng dari sekadar 3 berlian, akhirnya dipikirkanlah slogan yang mirip D'Cost: Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima. Muncullah nama Wuling 五菱 (5 berlian). Lebih banyak berliannya. Perhatikan logo Wuling dan hitung aja berliannya ada berapa. China belajar dari kasus 20 tahun lalu. Saat itu motor China, merk Jialing atau Beijing kurang mendapat sambutan di Indonesia. Kualitasnya juga rendah. China menyadari nama yang berbau China kurang bisa viral jika di luar negeri. Akhirnya mereka pun doyan memelesetkan nama merk mereka. Pakai singkatan-singkatan yang abu2 seperti BYD atau DFSK. Pakai nama yang pendek-pendek dan berbau kebarat2an, seperti Gree atau Haier. Saya menjadi penerjemah tim survei Haier asal China saat mereka riset buka pasar di Indonesia sekitar belasan tahun lalu. Pertama kali saya dikontek Haier, saya mengira itu merk Jerman. Orang asing juga khawatir dengan email address atau website di China yang sering berupa singkatan berantakan yang menyerupai virus. Meski website/email singkatan ini sudah mulai berkurang jauh saat ini. Misal www.sxchrs.cn atau [email protected] (angka 13xxx biasanya nomor HP mereka) Belasan tahun lalu, angka sering dijadikan nama web seperti 126.com atau 1688.com karena banyak yang ga bisa baca Inggris.

Everyday Mandarin

Sekarang, China mulai menggunakan singkatan pinyin yang pendek menjadi nama mereka. Seperti BYD ini. Pinyin: Biyadi 比亚迪, dibaca Piyati. Nama ini berasal dari Jalan Yadi di Shenzheng, tempat awal kantor mereka. Awalan "Bi" ditambah untuk menambah nilai jual. Dugaan saya mungkin supaya terdengar seperti Fiat (?), 菲亚特 (Feiyate dalam Mandarin). Berkecimpung dengan orang China daratan, saya menyadari China ahli dan doyan urusan begini hehe... Nebeng atau copy-paste keberhasilan orang lain. Dan banting harga. Dunia pun berguncang saat China batuk-batuk.

firman ilyas

Kata "triple" di judul dan disebutkannya angka serba 3 di tulisan abah pagi ini.. jangan-jangan terinspirasi dari skor 4-3 hasil semifinal FA tadi malam, ya Abah.. # piiiiiissss.. 

Mbah Mars

INTERMEZO Pegawai bagian Kerohanian Islam sebuah Lapas berusaha mengevaluasi kegiatan-kegiatan Ramadhan yang dilakukan. Ia menanyai beberapa napi. Si Pegawai: "Bagaimana pendapatmu tentang Program Embun Pagi yg kita adakan tiap pagi" Napi 1: "Sangat mencerahkan, Pak" Napi 2: "Saya bersemangat mengikutinya" Napi 3: "Kami banyak terhibur" "Alhamdulilah. Kalau menurutmu ?", kata si pegawai sambil menunjuk napi 4. Napi 4 menjawab:"Setelah ada program Embun Pagi, keimanan saya tambah meningkat, Pak" "Oh, ya ? mengapa kamu bisa bilang begitu ? Apa yang kamu rasakan ?", kata si pegawai. Napi 4 menjawab:"Dulu, saya itu malas-malasan saat dengar adzan. Sekarang ini saya selalu bersemangat mendengarnya. Bahkan, saya sangat merindukan adzan maghrib"

Rizal Falih

Septian Hario Seto, milineal, saat ini menduduki jabatan eselon satu, di usia empat puluh tahun. Deputi Bidang Kordinasi Investasi dan Pertambangan. Bukan jabatan kaleng-kaleng. Sejak usia 36 tahun sudah diangkat menjadi Komisaris Independen di BNI 46. Sebelum mengemban jabatan Komisaris di BNI, pernah menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Koordinator Maritim dan Investasi  tahun 2018 - 2020. Sebelum menjadi staf khusus LBP, Septian Hadi Seto, pernah bekerja di Toba Bara Sejahtera sebagai Corporate Finance Manager selama delapan tahun. Bagi ASN, jabatan eselon satu, merupakan jenjang jabatan tertinggi dalam struktur organisasi pemerintahan, dibawah Menteri atau Kepala Badan. Diperlukan waktu  yang lama untuk bisa sampai ke jenjang struktural ini. Meskipun saat ini banyak jabatan setingkat eselon satu yang seleksinya dilakukan melalui lelang terbuka. Namun sangat kecil kemungkinan bisa lolos, bagi pegawai non ASN, tanpa ada bantuan ordal. Karena harus memenuhi syarat administrasi terlebih dahulu. Jika sistem merit ASN dijalankan, seharusnya pejabat diangkat berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Bukan karena kedekatan dan hubungan kekeluargaan semata. 

heru santoso

Trotoar di kota Hangzhou dan Shanghai lebarnya lebih 3 meter. Beberapa ruas jalan bahkan ada dua trotoar dalam satu lajur. Rupanya kenyamanan pejalan menjadi pertimbangan utama dalam mendesign kota. Toilet umum mudah ditemui dibanyak lokasi dipinggir trotoar. Karena hobby jalan kaki, tentu saya masuk di banyak toilet. Kebersihan toilet nya sekelas rest room hotel. Publik servis melampaui banyak kota di eropa yg pernah saya kunjungi. Negara komunis China berubah. Bukan hanya perubahan pembangunan gedung2 pencakar langit dan infrastruktur serta publik servicenya, namun yang lebih fenomenal adalah revolusi mental yang terimplementasi dalam perilaku masyarakatnya: trotoar tanpa sampah dan puntung rokok.

heru santoso

Selama sebulan di China saya tidak di hotel atau apartemen. Sengaja tinggal bersama salah satu keluarga di komplek perumahan Tonghe, seberang kampus ZJUT. Kampusnya anak saya kuliah. Dapat beasiswa penuh 4 tahun. Pendaftarannya lewat ITCC. (Terimakasih Pak DIs.) Hari pertama datang saya harus lapor diri ke kantor polisi (semacam Babinsa). Diberi surat rekomendasi untuk dibawa ke polres. Isi form data diri di apps WeChat. Menghadap petugas. Scan passport. Dok. Saya dapat tinggal selama 6bulan. Hampir setiap pagi saya jalan 4ribu langkah kaki. Menuju stasiun MRT dari tempat saya tinggal di China. Saya sebetulnya mau ajak Anda taruhan (waktu itu belum masuk bulan puasa). Simple: kalau bisa nemukan 4 puntung rokok sepanjang trotoar 4ribu langkah itu maka Anda saya belikan tiket pesawat Surabaya-Hangzhou dan kereta cepat ke Shanghai PP. Sebaliknya, kalau anda kalah taruhan cukup membelikan saya satu cup Luckin coffee. Menu favorit saya hot coffee rasa kelapa panggang. Luckin coffee yang sahamnya di NYSE sempet viral, acrobat digoreng para bandar itu emang paling terkenal di China. Ngalahin Starbucks, McD, KFC. Brand internasional terkenal semuanya ada di negeri tirai bambu yang konon dahulu tertutup itu.

Everyday Mandarin

Kan ada KTP jurnalis Radar Cianjur. Yang rumahnya gempa tempo hari.

MULIYANTO KRISTA

@EM : Wah kalau gitu saya siap KTP saya dipinjam Abah DI. Lumayan dapat fee.

sinung nugroho

Pak AS III, maharnya atau mahalnya

Ahmad Zuhri

Entah mengapa.. saya masih blm bisa sreg pakai produk buatan sana, selama masih ada pilihan yg lain, saya beli yg produk pilihan lain itu, kl udah tidak ada pilihan lain lagi baru pakai produk dari sana. Secara inovatif dan kemudahan mungkin mmg menang produk sana, tapi secara daya tahan dan daya pakai sepertinya blm seawet produk pilihan lain.. Blm puas pakai tapi udah keburu rusak, itu mungkin yg menyebabkan ada rasa seperti itu..

Jimmy Marta

"Jika karyawan senang maka mereka akan berkontribusi besar buat perusahaan". Hanya segitukah jawaban sang chairman?. Normatif dan klise begitu?. Terus terang sy kuciwa dg jawaban itu. Mestinya ada jawaban yg lebih makjleb. Misal, 'Jadi pengusaha itu tidak hanya soal cuan. Tapi mensejahterakan masyarakat adalah hal terpenting'. Atau, 'Saya sudah cukup segalanya, menghidupi orang lain adalah pesan leluhur yg harus saya laksanakan'. Tapi apakah ada pengusaha yg begitu?.. Entahlah..

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

@Nimas Mumtazah.. Baru buka HP.. Dua cucu langsung ngintip. Begitu buka "selain WA" - dua cucu, ssmbil tertawa, langsung teriak.. "Yangti..!! Yangkung buka Disway..". Terpaksa langsung tutup..

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

Cucu yang 4 tahun.. Galak. Dan awas banget..

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

SAYA DILARANG KOMEN.. Oleh para cucu.. ### Terpaksa ngalah.. Maaf. He he..

Jo Neca

Cucu apa oma nya cucu

Mbah Mars

Kenapa dilarang, Pak ? Gak seru tanpa Pak Agus

Jimmy Marta

Atasan bawahan memang harus serasi. Atasan canyousee, bawahan harus doyousee..what..?. Wkwk..becanda becanda pak Joko. Dari pagi dah serius trus.. 

herry isnurdono

Saya mohon Abah DI berkenan, membantu Kabinet Prabowo - Gibran, sebagai Penasehat Khusus Presiden, khusus Investasi Tiongkok/China Daratan. Nanti bisa jadi patner Septian Hario Seno di Kemenko Investmar. Opung LBP jadi Dewan Penasehat Presiden. Menko Investmar Erick Thohir atau Hasyim Joyokusumo. Abah DI sudah teruji sebagai praktisi bisnis, mantan Menteri BUMN & Dirut PLN. Relasi bisnis luas. Apalagi pengusaha Tiongkok/China Daratan. Jadi ruwetnya birokrasi utk investasi di Indonesia bisa diurai lebih cepat. Abah DI lama sebagai Jurnalis Senior/Kawakan. Bisa sebagai PR/Humas, utk investasi dari Tiongkok/China Daratan. Jadi orang2 akan 'melek apa itu Industri Nikel yg didominasi pengusaha Aseng. Jadi kerjaan Septian Hario Seto, tidak mubazir. Deputy Opung LBP ini andalan LBP. Mengingat kesehatan Opung, maka tugas2 nya banyak didelegasikan ke Deputynya. Abah DI jelas dan tidak abu2. Abah DI pernah dikubu Prabowo, pada waktu Pilpres 2019. Utk Pilpres 2024, Andapun sudah tahu. Abah DI demi NKRI pasti setuju. Beliau sudah menguasai lapangan. Mudah2 an Prabowo sudah telpon langsung ke Abah DI.

Jokosp Sp

Perusahaan yang bukan keluarga akan bermetamorfosis karena karyawannya secara alamiah berganti. Yang lama atau para pendirinya masuk masa pensiun, digantikan se level di bawahnya atau karyawan baru. Di level direktur sampai managerial biasanya sistem akan dibuat. Jadi kalau dulu sang direktur bilang "Karyawan itu asset, jadi harus dijaga". "Untuk membentuk karakter, loyalitas, dan sebuah keluarga besar itu perlu waktu yang cukup lama, bisa 3 - 5 tahun". Jadi penghargaan ke karyawan bahwa mereka asset perusahaan luar biasa baiknya. Namun saat ini di tangan orang-orang baru berpikirnya berbeda sekali "Perusahaan saat ini perlunya orang-orang pintar, hilang satu sangat gampang mencari penggantinya. Ada seribu pelamar baru di luar yang antri". Itulah kenapa antar managerial hubungannya jadi jauh ke karyawannya. Akibatnya karyawan keluar - masuk sangat sering sekali. Iklim di dalam kantor perusahaan dan di lapangan seringnya kurang nyaman, seperti robot. Antar karyawan tidak saling mengenal. Taunya cuma atasan - bawahan dan tugas pekerjaan.

Mbah Mars

INTERMEZO 2 Bolkin mendapat beasiswa kuliah di China. Awal-awal kuliah cukup bingung cari makanan halal. Pesan Abahnya “Tanya dulu ke pelayan, apakah makanan mengandung minyak babi tidak ?”, selalu terngiang di telinganya. “Paman, apakah tahu ini digoreng dengan minyak babi ?” “Iya”, jawab pedagang. “Kalau ayam ini?” “Digoreng pakai minyak babi juga” “Kalau bebek ini ?” “Semua digoreng dengan minyak yg mengandung babi”, tandas pedagang. “Kecuali yang itu”, tambah pedagang sambil menunjuk jenis makanan yang ada di piring. “Yang tidak digoreng dengan minyak babi, yg itu paman ? makanan apa itu?” tanya Bolkin. “Itu semur babi”, jawab pedagang. “Akhirnya, ketemu juga yg tidak digoreng dengan lemak babi. Oke paman, pesan semur babinya”

Afa

'Photovoltaic glass. Bahan untuk solar cell.' Sambil nunggu pak DI tulis, coba baca-baca wiki. Semoga tidak keliru. Efek fotovoltaik adalah pengubahan bentuk enerji dari cahaya matahari menjadi enerji listrik. Bukan dari panas teriknya matahari. Pertama kali efek fotovoltaik diamati oleh Henri Beckquerel tahun 1839. Sel elektrode diberi sinar matahari. Tahun 1877 Adams dan Day mengamati efek fotovoltaik pada selenium. Tahun 1954 tiga ilmuwan Bell Telp Lab, Chaplin, Fuller dan Pearson, membuat sel fotovoltaik dari silikon kristalin. Sedangkan Reynold membuat sel fotovoltaik dari kadmium sulfida di tahun yang sama. Efisiensi enerji 6%. Tahun 1958 Satelit American Vanguard I yang bertenaga surya diluncurkan. Efisiensi enerji 20%. Sel fotovoltaik atau sel surya termasuk alat semi-konduktor. Masih ingat zaman sekolah dahulu, rasa bangga punya kalkulator yang tetap berfungsi saat mati lampu. Kalkulatornya masih disimpan sampai sekarang. Biar kelak tidak diledek gaptek oleh cucu.

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda