Karena Pancasila

Anang Akhmad Syaifuddin ketika memimpin rapat Ketua DPRD Lumajang. (FOTO: Dok. Antara - suara.com)

COWASJP.COM – TIDAK semua caleg harus melakukan serangan fajar. Contohnya banyak. Salah satunya orang Lumajang yang Anda sudah tahu itu: Anang Akhmad Saifudin.

Anang terkenal karena pilih mundur sebagai ketua dan anggota DPRD Lumajang. Penyebabnya: tidak hafal Pancasila.

Banyak pihak minta agar Anang jangan mundur. Tapi ia teguh: tetap mundur. Memalukan, katanya. "Ketua DPRD kok tidak hafal Pancasila," kata Anang waktu itu.

Di Pemilu barusan ternyata Anang maju lagi sebagai caleg. Dari PKB lagi. Kali ini untuk DPRD Provinsi. Dapil Lumajang-Jember.

"Saya ditugaskan, harus maju," katanya kemarin sore.

Siapa yang menugaskan?

“Syuriah partai," jawabnya. 

Di NU dan PKB kepengurusan terdiri dari dua badan: syuriah dan tanfidiyah. Syuriah adalah dewan ulama. Tanfidiyah adalah pelaksana program. Tanfidiyah harus tunduk pada kemauan syuriah.

Anang sendiri masih menjabat ketua tanfidiyah PKB Lumajang.

Dalam daftar calon kemarin Anang menempati nomor satu. Di dapil itu Anang mendapat suara terbanyak kedua. Yang pertama adalah Kiai Fawaid, calon dari Gerindra. Ia sudah tiga kali ini terpilih.

Waktu kampanye, Anang tidak sulit memperkenalkan diri: "Saya adalah ketua DPRD yang mengundurkan diri karena tidak hafal Pancasila itu".

Orang pun simpati pada Anang. Ia sudah membuktikan diri bukan tipe orang yang gila jabatan. Apalagi sampai harus membeli suara. Ternyata banyak juga rakyat yang tidak tergiur serangan fajar.

"Saya kan tidak mungkin melakukan serangan fajar dan sebangsanya. Uang dari mana?" katanya.

Kemarin petang Anang berkumpul dengan tim pemenangannya: buka puasa bersama. Bukan di restoran, tapi di poskonya. Masakannya pun disiapkan oleh keluarga tim pemenangannya.

Ketika saya telepon Anang, suara riuh terdengar dari posko itu. "Mereka minta agar bisa ikut mendengar suara Pak Dahlan. Karena itu speaker-nya saya besarkan," ujar Anang.

Ketika datang ke acara buka puasa ini Anang naik sepeda motor. Mobil Ertiga-nya sudah dijual. Ia sudah membeli mobil baru: Wuling. "Karena murah," katanya. Mobil itu dipakai istrinya.

Apakah sekarang sudah hafal Pancasila?

Anang tidak menjawab dengan ''sudah'' atau ''belum''. Ia langsung mengucapkan sila keempat Pancasila. Lengkap satu kalimat utuh. Lantang. Lancar.

Sebetulnya dulu pun ia hafal Pancasila. Hanya ketika pendemo menggertaknya agar mengucapkan semua sila dalam Pancasila Anang tersendat di sila keempat. 

Ketika Anang akan mengulangnya pendemo sudah memaki-makinya: pejabat yang tidak hafal Pancasila.

Anang pilih mundur, pun ketika bupatinya menolak.

Anang dikenal lugu apa adanya. Waktu ia jadi ketua DPRD, semua jenis pendemo ia temui. Ia justru minta pendemo masuk ke ruang pleno DPRD. Pimpinan demonya ia minta duduk di deretan pimpinan DPRD.

Hari itu Presiden Jokowi menaikkan harga BBM. DPRD Lumajang ikut panen demo. Pagi menerima demo dari organisasi mahasiswa NU, PMII. Siangnya demo dari HMI. 

Sambil menunggu kedatangan demo HMI itu, Anang tertidur di kursi. Bangun-bangun ditanya soal Pancasila.

Itulah kenangan Anang yang pernah jadi aktivis Famred menjelang reformasi tahun 1998. Lalu ia jadi tukang cukur. Buruh bangunan. Akhirnya Anang harus pulang ke Lumajang menunggui ibunya yang sudah tua.

Saat berumur 34 tahun, Anang minta ke sang ibu: agar dicarikan istri. Siapa pun asal pilihan sang ibu. Sang ibu masih bisa melihat anaknya terpilih kembali.

Di Pemilu ini suara PKB naik di Lumajang. Bupatinya juga PKB. Suara PDI-Perjuangan tetap. Demokrat kehilangan satu-satunya kursi dari dapil tersebut.

"Di dapil Anda ini, siapa capres yang menang?"

"Hehehe....Prabowo," jawabnya. "Banyak yang kasihan karena sudah tiga kali kalah," tambahnya.

"Amin! Amin!" terdengar suara bersahutan dari arena buka puasa. "Kalau di antara yang hadir ini sih semua pilih Amin," ujar Anang.

Pancasila membuat Anang terjatuh dari jabatan.

Pancasila membuat Anang dapat jabatan yang lebih tinggi. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 15 Maret 2024: Bawang Putih

Liam Then

@Bang Bahtiar Bisa mulai dari hal yang paling mendasar dulu . Coba pikirkan caranya, bagaimana supaya petani tidak berpesan begini kepada keturunannya : "nak, sudah besar jangan kayak bapak, sekolah yang pintar" Harus bisa ubah sampai begini, seperti paman saya yang petani kelapa ke anak sulungnya : "Kau tetap disini lanjutkan kerja Papa, sayang jika tidak ada yang lanjutkan, jangan kuatir tak ada hasil, rumah adik-adikmu yang di kota, hasil dari sini semua" Jamin masa depan petani, pekebun, peternak dan nelayan. Mereka adalah fondasi peradaban. Mubazir besar, tanah subur, tingkat dicucuk hidup, tapi apa-apa bangan pangan masih harus impor. Rasanya tak masuk akal, kelapa muda Thailand bisa diimpor kesini. Segitunya kondisidl dunia pertanian dan perkebunan nasional..

Bahtiar HS

Bicara bawang putih dan membaca cerita bawang putih nusantara rasanya ngenes. Betapa tidak? Sampai pertengahan 1990an, Indonesia bisa mencukupi kebutuhan bawang putih nasional dari produksi lokal. Setelah 1990an, grafiknya terjun bebas. Luas lahan produksi bawang ptih kita menyempit. Bahkan pada 2013, hampir menyentuh 0%. Artinya, sebagian besar --kalau tidak semua-- bawang putih nasional dipenuhi lewat impor. Bahkan Indonesia terkenal saat ini sebagai importir bawang putih TERBESAR di dunia, di mana tahun 2019 MENGUASAI 16,7% dari total pasar bawang putih dunia. Prestasi yang sangat membagongkan! Dari kebutuhan sekitar 600 ribu ton per tahun, 95% dipenuhi dari impor. Paling besar dari China yg menguasai 80% pasar bawang putih dunia. Ini menjadi bisnis yg amat menggiurkan bg importir bawang putih. Apalagi selisih harga jual di pasar dibanding harga impornya sampai 2,7 kali lipat (data 2014-2018). Ini celah gurih praktik korupsi. ICW mencatat bukti terjadi mark up pd impor 2018 sebesar Rp 3,3 T. Modusnya pemberian fee utk melicinkan izin impor Rp1.700an per kg. Kalikan jatah impor 20.000 ton. Mmg msh tak seberapa dibanding harga bukit kembar Jan. Tp wis lebih2 buat beli baju lebaran satu dinasti. Itu baru dari 1 importir. Lbh dari itu, negara nuswantoro yg terkenal tongkat kayu jadi tanaman, dg hamparan tanah subur di setiap petak tanahnya, nggak bs swasembada bawang putih. Tatakelolanya gmn sih? kalau kita pernah berjaya dulu, hrsnya mudah dong mengembalikan kondisi itu?

Lagarenze 1301

Kira-kira mau diapakan uang 83,3 juta dolar AS itu oleh Jean Caroll? Dalam sebuah wawancara dengan Rachel Maddow dari MSNBC, Caroll ditanya begini: "Apa yang akan kamu lakukan dengan 'uang Trump' untuk membantu hak-hak perempuan?" Caroll dengan entang menjawab begini: "Pertama-tama, Rachel, kamu dan aku akan pergi berbelanja." "Kita akan mendapatkan lemari pakaian baru, sepatu baru, sepeda motor untuk Crowley (pengacara Carroll, Shawn Crowley), pancing baru untuk Robbie (pengacara Carroll, Roberta Kaplan)," lanjutnya. Caroll kemudian menatap pewawancaranya: "Rachel,  apa yang kamu inginkan? Penthouse? Itu milikmu, Rachel! Penthouse dan Prancis? Anda ingin Prancis? Anda ingin memancing di Prancis? Tidak?" Namun, anggota tim hukum Carroll dengan cepat turun tangan dan mengatakan, "Itu hanya jokes."

Pryadi

Perempuan itu, walaupun mulai menua tetep aja ingin dihargai. Tetep punya harga diri. Tetep ingin dihormati. Termasuk dihormati pula anggota tubuhnya. Dumeh wis 'stw' mbok pikir iso digawe sembarangan a, Cuk. Aku wis tau ngomong: hargailah perempuan karena 'mak-mu' iku yo perempuan. Ngerti-a awakmu, Cuk! Lek poso tapi ngumbar nafsu, tetep ae ora iso ngregani wok wedok, mending mbadhog-ko kono, terus turu, timbang poso tapi kelakuanmu koyok ngono ...

Pryadi

Yang puasa cuma mulutnya. Yg ditulis tetap aja mengeksploitasi wanita & seks. Tuwek. Goblok. Nggatheli. Kokehan olehé ngurusi k*nt*l ...

Pryadi

Trump lihai. Dahlan lebih lihai. Sudah jelas2 ada perintah pengadilan utk membentuk yayasan utk mengembalikan saham ndhak digubris & ndhak ada sanksi apa2. Sangat lihai, kan?

thamrindahlan

Hutan rimba wahana binatang buas Pemburu bersenjata senapan angin Hidup menghamba rasa tak puas Ibarat seorang lansia masuk angin

djokoLodang

--o-- ... Maka barang ini juga harus dilarang masuk ke Amerika: bawang putih. ... Mengapa bawang putih dilarang? Karena, bawang putih bisa digunakan untuk menangkal makhluk halus. Makhluk-makhluk halus yang dipercaya membantu Donald Trump dan kawan2. --jL--

Lagarenze 1301

TRUMP 1. Donald Trump, Vladimir Putin, dan Kim Jong Un berada di pesawat. Saat pesawat terbang di atas kota miskin, diktator Korea Kim Jong Un melihat melalui jendela dan berkata: "Jika saya membuang satu dolar dari pesawat, saya akan membuat satu orang bahagia." Presiden Rusia Vladimir Putin tak mau kalah. "Jika saya menjatuhkan uang seratus dolar, saya dapat membuat seluruh keluarga lebih bahagia," katanya. Presiden AS Donald Trump ketawa kecil. "Dengan uang receh yang saya temukan di saku, saya bisa menyemangati seluruh kota ini," ia sesumbar. Segera, terdengar pilot menyampaikan pengumuman. "Dan jika saya membuang kalian bertiga dari pesawat, saya akan membuat seluruh umat manusia bahagia...."

Lagarenze 1301

TRUMP 2. Donald Trump sedang mengunjungi sekolah. Di salah satu kelas, ia mengajari siswa muda tentang sebuah kata baru: 'tragedi'. Kemudian, ia meminta mereka untuk menggunakannya dalam sebuah kalimat. Seorang gadis pemberani mengangkat tangan dan berkata, "Jika sebuah bus sekolah yang membawa 20 orang terjatuh dari tebing dan semua orang di dalamnya meninggal dunia, maka itu akan menjadi sebuah tragedi." "Tidak," jawab Trump. "Kamu sudah dekat, tapi itu bukan sebuah tragedi. Itu yang kita sebut sebagai kerugian besar." Beberapa detik kemudian, seorang anak laki-laki mengangkat tangannya dan berkata, "Bagaimana jika begini. Teman saya berada di sebuah peternakan, dan seorang petani menabraknya dengan traktor. Itu akan menjadi sebuah tragedi." "Tidak," ulang Trump. "Itulah yang kita sebut kecelakaan, bukan tragedi. Ada lagi yang lain?" Seluruh kelas bingung untuk sementara waktu. Lalu, akhirnya, anak laki-laki lain mengangkat tangan dan berkata, "Saya tahu apa itu tragedi! Jika Donald Trump terbang dengan jet pribadinya dan terkena rudal, itu pasti sebuah tragedi." "Tepat!" Trump berkata, senang. "Sekarang, bisakah kamu memberi tahu seluruh kelas mengapa hal itu bisa menjadi sebuah tragedi?" "Ya," jawab anak laki-laki itu. “Karena kejadian Ini jelas bukan kerugian besar, dan juga bukan kecelakaan.”

Lagarenze 1301

TRUMP 3. Donald Trump berada di Berlin untuk kunjungan kenegaraan pertamanya. Ia disambut Angela Merkel. Trump menanyakan apa rahasia kesuksesan Merkel memimpin Jerman. Merkel mengatakan, seorang pemimpin harus memiliki banyak orang cerdas di sekitarnya. "Bagaimana Anda bisa tahu dengan cepat kalau seseorang itu pintar?" tanya Trump. "Biarkan aku menunjukkannya," kata Merkel. Dia memanggil Menteri Keuangan Wolfgang Schauble dan mengajukan pertanyaan: "Tuan Schauble, jika seseorang adalah anak dari ayahmu, tapi bukan saudaramu, siapa itu?" Tanpa ragu, Schauble menjawab, "Sederhana saja, itu saya!" Merkel menatap Trump, “Begitulah cara saya menguji kecerdasan orang.” Merasa senang, Trump terbang pulang, segera memanggil pasangannya, Mike Pence, untuk menanyakan pertanyaan yang sama. “Jika itu anak ayahmu, tapi bukan saudaramu, siapa itu?” Setelah bolak-balik berpikir, Pence berkata, "Saya tidak tahu, tapi saya akan mencoba mencari tahu jawabannya besok!" Pence memutuskan untuk meminta nasihat dari mantan Presiden Obama. "Tuan Obama, jika itu anak ayahmu, tapi bukan saudaramu. Siapa itu?" "Tenang, itu aku!" kata Obama. Senang karena telah menemukan jawabannya, Pence menelepon Trump dan berkata dengan penuh kemenangan, "Saya punya jawabannya, itu adalah Barack Obama!" Trump mengamuk dan berkata, "Bukan, goblik! Itu Wolfgang Schauble!"

Handoko Luwanto

Jurnal Prusuh Disway Edisi: Menyimpan Misteri (Kam,14-03-2024) #.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain:meReplyOrangLain] #1.ACEP YULIUS HAMDANI (9;281)★★ [1:6] #2.Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 (17;670)★★★⭐️⚽️ [8:8] #3.Ahmad Zuhri (1;5) #4.Amat K. (3;75)★ [1:1] #5.Atho^illah (3;165)★ [5:1] #6.Azza Lutfi (1;11) [0:1] #7.bitrik sulaiman (1;5) #8.daeng romli (2;71) [0:1] #9.Dasar Goblik (1;36) [1:0] #10.DeniK (3;60) #11.djokoLodang (7;283) [5:2] #12.Echa Yeni (1;11) #13.Em Ha (2;147) [2:0] #14.Er Gham (6;170) [7:0] #15.Fa Za (2;24)★ [1:1] #16.Fiona Handoko (3;213)★ [2:2] #17.Gregorius Indiarto (3;92) [1:2] #18.Handoko Luwanto (5;331)★ [0:1] #19.hoki wjy (1;37)★ #20.Jimmy Marta (7;90) [1:4] #21.Jo Neca (13;213) [3:11] #22.Johannes Kitono (3;477)★★ [3:0] #23.Jokosp Sp (10;83) [4:2] #24.Juve Zhang (5;374) [6:0] #25.Kang Sabarikhlas (2;71) #26.Lagarenze 1301 (8;558)★★ [6:1] #27.Lègég Sunda (3;51) #28.Leong Putu (8;71) [6:0] #29.M.Zainal Arifin (22;156)⚾️ [0:18] #30.Madison Madison (246;6130)✒️ [2:0] #31.MULIYANTO KRISTA (14;172) [0:14] #32.Nimas Mumtazah (5;110)★ [5:1] #33.nur cahyono (1;5) #34.Pedro Patran (1;5) #35.Ponsel Pro (1;40) #36.Rizal Falih (4;142)⏰ [2:1] #37.thamrindahlan (2;64) [3:0] #38.tiviboxsaya android (2;189) #39.Udin Salemo (6;157) [4:3] #40.Ummi Hilal (1;5) [1:0] #41.Wilwa (1;18) [1:0] #42.Yellow Bean (6;159) [2:2] Total: 442 Komentar dengan 16★ dari 11 Orang ✏️: Rookie per 30Sep2023 ✒️: Komentar Terbanyak ★: Komentar Pilihan ⭐️: Komentar Pilihan Terbanyak ⚽️: Terbanyak Direply ⚾️: Terbanyak Mereply ⏰: Pertamax

thamrindahlan

Bawang putih bawang merah Sesama bawang beda harga Si rambut putih membuat gerah Etika terlarang dianggap biasa

Jimmy Marta

Bah, itu bukan "bansos"...!. Coba aja lihat, gk ada nama dan fotonya di plang proyek.. Bansos Biden berupa pembangunan merata kesemua negara bagian. Diutamakan ditempat yg ia kalah suara.

Nimas Mumtazah

Kepada bintang kuselip rindu. Kepada bulan ku gantung nada yang berpadu. Kepada matahari ku gapai dalam gawai yang beradu. Kepada pelangi yang melenakanku. Katakan iya, pada detak yang berpacu. Katakan jangan, pada otak yang beradu Pada pertaubatan yang tak bertepi Pada puasa yang di dalamnya nafsu dan angkara yang terbelenggu. Pada janji dan hakikat yang terkadang palsu. Rengkuh maghfirahmu pada puasa yang syahdu. Beri dia singgasana dalam jiwa fitrahmu. Raihkan rahmatmu dalam puja puji tulusmu. Tuhan ada dimana kamu menempatkan jiwa dan hatimu.

djokoLodang

Pukul berapa si bekicot mencapai puncak pagar? Jawab: Pukul 18.00, saat kita buka puasa. Penjelasan: Pukul 7 mulai merambat keatas. Tiap jam naik 8 cm, turun 3 cm. Jadi, naik 5 cm per jam. Setelah 8 jam--pukul 17--sudah berada di ketinggian 40 cm dari tanah. (8x5cm) Satu jam berikutnya --pukul 18-- naik 8 cm, sudah mencapai puncak pagar tembok. Tidak merosot lagi. (Tinggi pagar = 48 cm). --jL--

djokoLodang

--o-- QUIZ for TODAY Hujan turun dari pagi, terus tidak berhenti sampai malam. Hujan itu membuat permukaan tanah, pagar tembok, licin. Di sebuah taman ada pagar tembok yang tingginya 48 cm dari tanah. Seekor bekicot beringsut di taman, mentok ke pagar tembok itu, dan mulai merambat ke atas. Karena licin, setiap kali merambat ke atas, merosot lagi ke bawah. Setiap jamnya dia bisa naik 8 cm, untuk kemudian merosot 3 cm ke bawah. Kalau dia mulai merambat tepat pukul 7, pukul berapa si bekicot mencapai puncak pagar? --jL--

Jo Neca

Om Juve juga jelas seorang petarung..

Gianto Kwee

Beberapa perempuan tidak konsumsi bawang putih ! Kenapa ? Dilarang Suami Alasannya ? Baunya "Kemana-mana"

Handoko Luwanto

08:26:04am WIB 74Komen=44utama+30REPLY dari 25Prusuh ♢Urutan↕Komen➜Nama Time ∇74. u➜Juve Zhang 23d "Inflasu Tinggi tetap melanda Ame..." ∇72↓u➜thamrindahlan 8m "Kasih selamat Aat nan cerdas Ma..." ∇70↓u➜thamrindahlan 18m "Rumah kayu jendela papan Kelebi..." ∇69↑u➜Ⓙⓤⓥⓔ Ⓩⓗⓐⓝⓖ 20m "Tiongkok nampak netral saja....T..." T̷o̷n̷g̷k̷a̷t̷ P̷e̷r̷k̷a̷s̷a̷ K̷a̷m̷a̷S̷u̷t̷r̷a̷♋

Lagarenze 1301

Bawang putih membahayakan keamanan Amerika menjadi lelucon politik. Senator Partai Republik, Rick Scott, pun menjadi tertawaan internasional. Scott yang mantan Gubernur Florida inilah yang menulis surat kepada Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo, menyerukan penyelidikan terhadap dampak impor bawang putih dari Tiongkok bagi keamanan Amerika. Pikiran Scott, setidaknya, dirusak oleh video di media sosial yang memperlihatkan petani di Tiongkok menanam bawang putih dengan menggunakan "limbah" sebagai pupuk. Kantor Sains dan Masyarakat McGill University di Quebec mengatakan, tidak ada bukti bahwa "limbah" digunakan sebagai pupuk untuk menanam bawang putih di Tiongkok. Mungkin sebenarnya motif ekonomilah di balik seruan Scott itu. Terutama karena Tiongkok merupakan eksporter terbesar bawang putih dunia dan Amerika adalah pasar yang sangat besar. Dan, Tiongkok menerapkan politik dumping untuk menguasai pasar dunia. Oh, ya, bawang putih menjadi ketakutan Amerika sebenarnya tidak relevan. Karena Amerika bukan bangsa vampir yang takut bawang putih. Orang Amerika toh juga tidak suka mengunyah bawang putih, yang ketika dikunyah itu enzim allyl methyl sulfide akan keluar dan menghasilkan aroma yang tahan 24 jam. :)

Juve Zhang

Tik tok siapapun Trump atau Biden akan di hajar.....oleh "senator senator" oleh orang orang binaan FB....FB lah yg ingin menghajar Tiktok....dan tentu Tik tok pun bantu Kampanye Om Biden.....entah kalau kampanye DT....yg jelas Tik tok Cuan gede di sana....makanya mati matian di Stop FB.....rebutan Cuan.....wkwkkw

Fiona Handoko

selamat pagi bp eka, bp ahmad. ini bisa masuk guinness book of records. biaya termahal di dunia untuk pegang2 2 bukit terlarang. ongkosnya? usd 83 juta. alias usd 41,5 juta per bukit yg sudah berusia 52 th. tidak dijelaskan di chdi. detail pegang2 nya bagaimana. ditowelkah, diperaskah, diremaskah, dirogohkah, dibegalkah? 2 bukitnya posisi dilindungi busakah? atau hanya dilindungi selembar kain saringan tahu? penasaran juga.

Eka Handoko

" ENAK " Banget Jan Carroll !! Dua Bukitnya dipegang Donald Trump, langsung Menang Gugatan $ 83 juta !! Kalau dirupiahkan = 1,245 Triliun !! dan Donald Trump mewujudkan Dongeng ketika Kita masih kecil : Ada seorang dengan Tangan Ajaib : Apa pun yang ia pegang, akan menjadi Emas. Seperti Dua Bukit Jan Carroll : menjadi Emas senilai 1,245 Triliun !! Padahal Trump punya istri Super Model Melania Trump yang 10 i, dan Donald Trump bisa pegang secara GRATIS !!! Kenapa pegang milik Jan Carroll ???

Mbah Mars

INTERMEZO Istri: "Pak, apa tidak bisa to buka puasa gak pakai rokok. Diganti pakai kurma gitu" Suami:"Woh itu sudah aku coba berkali-kali Bu. Tapi kok gak bisa nyala"

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda