Menyimpan Misteri

Truong My Lan sebelum ditangkap pada Oktober 2022. (FOTO: Van Thinh Phat - bloombergtechnoz.com)

COWASJP.COMWANITA terkaya Vietnam ini sedang diadili: Truong My Lan. Dia dituduh korupsi sebesar –tarik napas– USD 12,3 miliar. Setara dengan lebih Rp 170 triliun.

Umurnyi 67 tahun. Suaminyi orang Hong Kong. Juga pengusaha. Anaknyi dua orang: perempuan semua.

Di Indonesia juga sudah banyak yang diadili dengan nilai dakwaan korupsi bertriliun-triliun rupiah, tapi yang terbesar ''baru'' Rp 29 triliun. Jiwasraya itu. Dijatuhi hukuman seumur hidup itu.

Yang di Vietnam ini lebih Rp 170 triliun. Padahal PDB Vietnam kurang dari sepertiga Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi selalu diganggu skandal. Pun di tahun 1975-an: skandal Pertamina. Nilainya: USD 10,5 miliar. Ternyata tidak jauh dari yang terjadi di Vietnam hampir 50 tahun kemudian.

Skandal Pertamina itu, kalau sekarang, juga setara dengan Rp 150 triliun. Bedanya: hukuman bagi Ibnu Sutowo saat itu hanya diberhentikan sebagai dirut Pertamina.

Truong My Lan diperkirakan akan dijatuhi hukuman mati. Rakyat Vietnam marah: diam-diam. Mereka tidak berani bersuara. Pemerintahan komunis Vietnam membungkam mereka. 

Mulut dibungkam tapi kasus dibuka. Semuanya. Jumlah terdakwa kasus My Lan ini mencapai rekor: 85 orang. Diadili bersama. Sekaligus. Vonis untuk mereka sudah harus dijatuhkan dalam waktu 60 hari persidangan: 5 Maret - 29 April 2024.

Di usianya yang 67 tahun My Lan masih tampak cantik. Dia pengusaha properti terbesar di sana: PT Van Thinh Phat.

Tahun lalu My Lan membeli rumah kuno di pusat kota Ho Chi Minh seharga USD 800 juta. Peninggalan penjajah Prancis. Itu belum termasuk biaya renovasi besar-besaran yang sedang dilakukan. Renovasi berhenti: My Lan ditangkap.

Kasus My Lan bermula tahun 2012. My Lan masih 56 tahun. Dia juga punya bank. Di dalam grup perusahaannyi tercatat ada sebuah bank. 

Tahun itu My Lan diminta pemerintah untuk menyehatkan dua bank lainnya. Caranya: di-merger dengan bank milik My Lan. 

Jadilah hasil merger itu: Sai Gon Joint Stock Commercial Bank. Sempat menjadi bank terbesar kelima di Vietnam.

Proses merger itu, kata jaksa di sana, dimanfaatkan oleh My Lan untuk kepentingan perusahaannya. Termasuk, kemudian, memberikan kredit kepada 2.500 peminjam senilai –tarik napas lagi– satu quadrillion dong.

Nilai kurs dong memang lebih rendah dari rupiah. Rp 1 sama dengan 1,5 dong. Di sana bicaranya bukan lagi triliun, tapi quadrillion.

Kredit untuk 2.500 perusahaan/perorangan itu saja sudah senilai dengan 93 persen keseluruhan kredit yang diberikan SCB.

Jaksa menemukan bukti bahwa 2.500 penerima kredit itu sebenarnya jatuh ke perusahaan My Lan semua. Mungkin sama dengan yang pernah terjadi di kredit untuk ribuan petambak udang kita dulu.

Menurut jaksa, SCB sendiri sebenarnya mutlak milik My Lan. Lebih 90 persen. Lewat berbagai skema yang tidak terlihat.

Dua hari lalu My Lan mendapat giliran ditanya hakim. Dia membantah semua itu. Katanyi: dia hanya memiliki saham kurang dari 5 persen di bank SCB. Yang 10 persen lagi milik dua putrinyi: masing-masing 5 persen. Lalu milik teman-temannyi sesama pengusaha: 30 persen. Sisanya milik para investor asing yang dia tidak tahu siapa mereka.

Sebagian besar investor itu memang My Lan yang mendapatkan. Yakni saat pemerintah minta bantuannyi untuk menyelamatkan dua bank yang sakit.

Dari 85 terdakwa itu 45 orang pejabat SCB sendiri. Yang 15 orang pejabat bank sentral. Ada juga dari BPK-nya Vietnam. Ada juga dari inspektorat.

Status bank SCB adalah bank joint stock. Maka nama lengkapnya: Sai Gon Joint Stock Commercial Bank.

Status bank 'joint stock' seperti itu tidak ada di Indonesia. Status itu boleh dibilang mencerminkan belum modernnya sistem ekonomi korporasi di Vietnam.

Di sana juga ada bank asing: HSBC adalah bank asing pertama. HSBC baru masuk Vietnam tahun 2009. Lalu ada bank publik: bank yang sudah masuk bursa saham. Tentu yang terbesar adalah bank BUMN --dengan penyakit lamanya: utang macetnya sulit dikendalikan.

Selebihnya adalah bank joint stock. Dari 49 bank yang ada di Vietnam, 31 di antaranya berstatus joint stock. 

Bank terbesar di sana adalah Vietcom Bank. Masuk 100 bank terbesar di Asia. Milik negara. Lalu ada satu bank milik militer: Military Bank.

Ciri utama perusahaan joint stock: dimiliki banyak orang, dicatatkan di pasar modal, saham bisa diperjualbelikan. 

Tapi joint stock sangat berbeda dengan perseroan terbatas.

Di perseroan terbatas (PT), pemegang saham ikut bertanggung jawab atas utang perusahaan terbatas sampai pada nilai modal yang disetorkan. 

Di perusahaan joint stock tanggung jawab pemegang saham tidak terbatas. Harta pemegang saham yang tidak dimasukkan sebagai setoran modal pun bisa disita bank.

Di negara-negara maju tidak ada lagi status perusahaan joint stock seperti itu. Vietnam pun kelihatannya lagi cari jalan untuk keluar dari situ. Langkah pertamanya: tidak ada lagi penambahan bank joint stock. Permohonan baru tidak diproses.

Dunia bank, apa pun statusnya memang bisa menyimpan banyak Century --ups, misteri.(*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 13 Maret 2024: Gembira Bahagia

Wilwa

Yang menarik adalah argumen bahwa orang yang bahagia adalah orang yang pernah kecewa. Atau bahwa kita tak boleh bahagia terus menerus karena bisa lebih cepat mati karena kebanjiran hormon dopamin di NAcc (Nucleus Accumbent) di amygdala (bagian otak yang terkait dengan emosi, yang seringkali disebut sebagai otak reptil karena reptil juga memilikinya)

Em Ha

Manusia dan Mentimun sama secara struktur, sesama karbon dilarang saling melahap, sejatinya. Di bulan ramadhan kebuasan manusia dibatasi. Halal di malam hari, haram di siang hari. Dalam dua hari puasa ini, intensitas pertemuan "Timun" dengan Perangko jauh menurun. Menurun di titik nadir. Siang hari sudah pasti, jangan sampai terjadi. Penyesalan seumur hidup, membayangkan puasa 60 hari berturut turut. Ops.. Astagfirullah, Mudah2an puasaku tidak kopak.

Lagarenze 1301

“Pak Guru, apa rahasia kebahagiaan?” “Jangan berdebat dengan orang bodoh.” "Itu tidak masuk akal." "Kamu benar."

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Seorang pria dan wanita telah menikah lebih dari 50 tahun. Mereka telah berbagi segalanya, membicarakan segalanya. Mereka tidak menyimpan rahasia satu sama lain kecuali bahwa wanita tua kecil itu memiliki kotak sepatu di bagian atas lemari. Dia sejak awal mengingatkan suami untuk tidak membuka atau menanyakannya. Selama bertahun-tahun, suami tidak pernah memikirkan tentang kotak itu, tetapi suatu hari istrinya jatuh sakit dan dokter mengatakan dia tidak akan sembuh. Untuk membereskan urusan mereka, pria tua itu menurunkan kotak sepatu dan membawanya ke samping tempat tidur istrinya. Suami beranggapan sudah waktunya mengetahui apa yang ada di dalam kotak. Ketika membukanya, ia menemukan tiga boneka rajutan dan setumpuk uang berjumlah Rp 10 juta. Suami bertanya tentang isi kotak tersebut. Istri pun menjelaskannya. "Saat kita akan menikah, nenek memberi tahu rahasia pernikahan yang bahagia adalah dengan tidak pernah bertengkar. Dia bilang, kalau aku marah padamu, aku sebaiknya diam saja dan merenda boneka." Suami sangat tersentuh, ia harus menahan air mata. Hanya tiga boneka di dalam kotak. Artinya, istri hanya marah kepadanya tiga kali selama 50 tahun bersama; sungguh cinta yang besar. Suami hampir meledak dengan kebahagiaan. "Sayang," katanya, "dirimu sudah menjelaskan soal boneka itu, tapi bagaimana dengan semua uang ini, dari mana asalnya?" "Oh," kata istri, "itu adalah uang yang kuhasilkan dari penjualan boneka-boneka lainnya."

Bahtiar HS

Pepatah China mengatakan: "Jika Anda ingin bahagia selama 1 jam, maka tidurlah siang. Jika ingin bahagia sepanjang hari, pergilah mancing. Jika ingin bahagia sepanjang tahun, wariskanlah harta. Dan jika ingin bahagia seumur hidup, bantulah seseorang." Membantu seseorang bagian dari kegembiraan tanpa membuat orang lain atau pihak lain menderita atau susah. Justru membuatnya juga bergembira. Selaras dg definisi bahagia menurut Ryu Hasan. Sains telah membuktikan melalui penelitian, bahwa seseorg yg diberikan uang, lalu ia gunakan sendiri, maka kebahagiaannya cenderung menurun. Kebalikannya, seseorg yg dikasih duit lalu diberikan (disedekahkan) utk bantu orang lain, kebahagiaannya bertambah. Dan semakin bertambah jika itu dilakukan berulang / rutin. Melalui teknologi fMRI, kita mengetahui bahwa "memberi" mengaktifkan bagian otak yang sama yang dirangsang oleh makanan dan seks--dua hal yang sering kita kaitkan dengan kebahagiaan. Dan memberi tidak melulu berupa uang atau barang. Kata Kanjeng Nabi SAW, paling gak kita berikan senyuman ketika bertemu saudara termasuk sedekah. Sedekah adalah aktivitas "memberi", yg dapat membuat orang lain gembira, yg kita pun akan bergembira krnnya. Kegembiraan yg tdk membuat susah orang = kebahagiaan. Bahkan pura2 tersenyum menurut penelitian berpengaruh merangsang orang utk kemudian benar2 bahagia. Meski utang menumpuk, coba pura2 tersenyum. Siapa tahu tetap bisa bahagia. Tp utang tetap mesti dilunasi agar bahagianya tidak semu. Wkwkwkw.

Hari Purwanto

Selingan dikit, Seorang dokter menyampaikan hasil diagnosanya kepada seorang pasien yang usianya sudah 70 tahun. "Setelah saya periksa, rasa sakit di kaki kiri bapak itu adalah rematik" "apa penyebanya dok ?" "Fator usia " jawab dokter "oooh ya sudah kalo gitu saya pulang aja" Pasien lantas keluar ruang periksa, sambil bersungut dan ngedumel :"...dasar dokter IQ dibawah rata-rata...ini kaki kanan saya yang umurnya sama 70 tahun juga, tapi sehat sehat aja tuh.."

Johannes Kitono

Yang harus diberi selamat adalah ortu dr Ryu Hasan. Bisa mendidik anak autis jadi dr Bedah Syaraf dan pakar sistem kerja otak. Itu perjuangan yang pasti Luar Biasa. Ada hopeng yang punya anak autis. Biarpun secara materi lebih dari cukup. Anak autis itu jadi beban ortunya. Perlu guru khusus dari Tri Asih, sering ngamuk tanpa sebab. Kalau traveling naik pesawat suka diomelin sesama penumpang. Yang merasa terganggu. Teman- teman hanya bisa empati melihat ortu anak autis itu. Semoga ada yayasan atau pakar. Bisa menemukan terapi yang tepat buat penderita Autis. Dr Ryu mengatakan Kesadaran belum bisa diuraikan secara rinci. Dan menurut Guru Merta Ada dari Bali Usada,Meditasi Kesehatan yang berpusat di Bali. Ada 4 unsur Meditasi yaitu : Konsentrasi, Kesadaran, Cinta kasih, Kebijaksanaan. Kalau keempat unsur itu bisa disatukan akan terjadi pikiran yang Harmonis. Tentu dampaknya perasaan bahagia. Silahkan Meditasi dan dicoba. Semoga Semuanya Hidup Berbahagia.

Lagarenze 1301

Editor lupa kalau di bawah tulisan CHD edisi kemarin ada tulisan seperti ini: "Seperti tahun-tahun sebelumnya, Disway selama Ramadan akan hadir lebih cepat untuk menemani Anda santap sahur". Hari ini, terbit pukul 04.00 WIB. Tidak lebih cepat. Kemarin, lebih cepat. Tapi, kalau dibandingkan rutinitas harian (sebelum Ramadan) yang terbitnya selalu telat, di atas pukul 04.00 bahkan kerap di atas pukul 05.00, maka jam terbit hari ini memang tergolong lebih cepat. Pisss, no hard feeling, ya. Kritik untuk kebaikan bersama. Semoga next bisa lebih baik.

Gregorius Indiarto

"Keyakinan itu bukan ilmu, jadi tidak usah di bahas" katanya. Jadi, selama negara hanya berkutat membahas keyakinan, maka bisa dipastikan negara itu tidak akan maju, karena maju itu berhubungan dengan ilmu. Met pagi, salam sehat damai dan bahagia.

Er Gham

Sama sama karbon, mengapa bentuk akhir berbeda beda. Ada yang jadi timun, ada yang jadi manusia. Karen frekuensinya berbeda. Gerak atom dan elektron nya berbeda. Katanya. Entahlah.

Lagarenze 1301

Saya suka humor "dokter bedes" Ryu Hasan. Ini saya kutip dari X. ===== @ryuhasan: Pernah ya, krn ada undangan pernikahan thn 2005 terbang Jakarta-Balikpapan dg Batavia Air. Pas masuk pesawat, nomer kursi sudah ada yg nempati, sepertinya suami-isteri, saya nanya: “maaf pak buk, bapak nomer kursinya berapa ya?” si ibu yg njawab: “ada tuh di belakang”. ”yg bapak tempati nomer kursi saya bu“. ”alah sama aja lah, nyampeknya kan juga sama“, si ibuksambil kipas2, bapaknya diem aja. ”kalau sama saja, ya ibuk-bapak  aja ke belakang, kan sama saja?“ ”masih muda kok nggak mau ngasih tempat orang tua, nggak malu?“, lhah malah kemana2. Dari pada berkepanjangan saya ngomong gini: “pak buk, nomer kursi pesawat ini penting untuk identitas, kalo pesawatnya jatuh, nanti potongan2 jenazah bapak dibawa ke rumah saya, nanti nggak disolati lho, bapak mau?” Pindah lah mereka, sambil marah2. Sesampai di tempat resepsi, lha kok bapak-ibuk itu juga tamu undangan pernikahan yg sama. Saya purak2 nggak lihat (seperti gayanya Pak Amal).

Lagarenze 1301

Studi yang dilakukan Richard Lynn dan David Becker pada 2019 mencatat IQ rata-rata orang Indonesia 78,49. Peringkat 36 Asia dan peringkat 130 dunia. Jika menurut dr Ryu Hasan IQ rata-rata orang Kediri 109, maka lebih tinggi dibanding Jepang 106,48 (tertinggi Asia) atau Singapura 105,89. Bagi saya, IQ tidak mencerminkan seseorang baik. IQ tidak selalu berbanding lurus dengan sikap, perilaku, ucapan, maupun tindakan. IQ tinggi tapi bisa sifat buruk. Emosionalnya buruk. Spiritualnya buruk. Seperti Donald Trump (imho) yang pernah mengklaim ber-IQ 156.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

MENCOBA RESEP BAHAGIA.. "Mengapa kok sedih..?". "IQ saya gak sampai 100". "Apa hubungannya..?". "Karena IQ saya rendah, saya tidak isa memahami cara berfikir dr Ryu Hasan ..". "Walah, tidak harus dibaca. Nonton aja film lucu, di TV". "Saya pingin tahu RESEP BAHAGIA -nya dr Ryu Hasan". "Pakai resep saya aja..". "Resepnya sederhana.. 1). Senyumlah fisikmu. (Rasakan 10 detik). 2). Senyumlah juga hatimu. (Kondisikan. Ulangi 3x). 3). Jangan sedih. "Cukup pak..!!" "Cukup apanya".. "Saya sudah bahagia sekarang".. ### Hah..? Ternyata resep saya OK juga. Nanti saya tak coba resep saya sendiri.. Hi hi..

thamrindahlan

Science : Ilmu pegetahuan Knowledge : Pengetahuan Bedanya science bermanfaat wajib disimpani di memory permanent. Knowledge :sampah pergaulan o9. P

Handoko Luwanto

Jurnal Prusuh Disway Edisi: Aliran Sesat (Sel,12-03-2024) #.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain:meReplyOrangLain] #1.ACEP YULIUS HAMDANI (1;94) [3:0] #2.Afa (2;293)★★ #3.Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 (10;638)★★★⭐️ [3:2] #4.alasroban (2;13) #5.Amat K. (1;15) [1:0] #6.Atho^illah (3;26) [0:3] #7.Axl ngux 23 (2;63)✏️ #8.Beny Arifin (1;34) [0:1] #9.bitrik sulaiman (1;1) #10.Dasar Goblik (5;61) [1:4] #11.DeniK (1;14) #12.didik sudjarwo (1;10) #13.djokoLodang (14;931)★★★⭐️ [3:6] #14.Echa Yeni (4;34) [0:1] #15.Em Ha (1;18)★ [0:1] #16.Fa Za (1;48)★ [3:0] #17.Fiona Handoko (2;159)★ [0:2] #18.Gregorius Indiarto (2;107) [2:0] #19.Haji Budiyono (1;72)✏️ [1:0] #20.Handoko Luwanto (3;253)★ [0:1] #21.ikhwan guru sejarah (1;73)★ #22.Irjik ja (1;34) [2:0] #23.Jhel_ng (1;73) #24.Jimmy Marta (3;294)★ [0:1] #25.Jo Neca (6;184) [0:5] #26.Johannes Kitono (2;268) [5:0] #27.Jokosp Sp (19;147)⏰ [3:1] #28.Joni Sutarman (1;31) #29.Juve Zhang (14;1021)⚽️ [9:2] #30.Kang Sabarikhlas (3;74)★ [3:0] #31.Koko Koswara (1;19) #32.Lagarenze 1301 (4;512)★★★⭐️ [1:0] #33.Lègég Sunda (4;38) [0:3] #34.Leong Putu (5;48) [4:0] #35.Liam Then (10;1017)★★ [7:2] #36.M.Zainal Arifin (26;322)✒️⚾️ [3:21] #37.Macca Madinah (1;44)★ #38.Mew Mixue (1;92) #39.Mora Edu Indonesia (2;67)★★ [1:1] #40.MULIYANTO KRISTA (6;33) [0:5] #41.Nimas Mumtazah (2;47) [5:1] #42.papah SETNOV (2;163)✏️★ [0:1] #43.Pedro Patran (1;36) #44.Pryadi (1;22) [2:0] #45.rid kc (1;58) #46.Rizal Falih (9;367)★ [3:5] #47.susanto ng (1;8) [1:0] #48.thamrindahlan (1;21) [5:0] #49.Udin Salemo (5;106)★ [0:2] #50.Ummi Hilal (1;2) #51.Wilwa (8;305)★★ [4:4] #52.Yellow Bean (1;16) #53.yoming AFuadi (1;113) Total: 203 Komentar dengan 28★ dari 18 Orang ✏️: Rookie per 30Sep2023 (3 Orang) ✒️: Komentar Terbanyak ★: Komentar Pilihan ⭐️: Komentar Pilihan Terbanyak ⚽️: Terbanyak Direply ⚾️: Terbanyak Mereply ⏰: Pertamax

yoming AFuadi

Pertanyaan terbesar yg selama ini mengganjal pikiran akhirnya terjawab. Pertanyaannya adalah pelajaran apa yg didapatkan dari salah satu kisah Nabi Musa bersama Nabi Khidzir dimana Nabi Khidzir tanpa babibu langsung membunuh seorang anak dg alasan anak tsb berkelakuan fasik sementara kedua orangtuanya adalah orang sholih. Sudah beberapa ustadz saya tanyakan hikmah dari penggalan kisah tersebut, namun jawabannya tidak memenuhi harapan, lebih mengarah untuk menerima saja itu sebagai kisah yg diabadikan dlm Al-Quran. Jawaban yg paling pas akhirnya didapat dari yutub Gus Baha kalau kisah tersebut menunjukkan Nabi Khidzir melakukan hal tsb bukan atas kemauannya tapi atas petunjukNYA. Atau bisa dibilang Nabi Khidzir membunuh anak tsb mirip dg Malaikat Izroil mencabut nyawa semua mahluk atas izinNYA. Apa yg dilakukan Nabi Khidzir tidak bisa dijadikan pedoman perilaku karena Nabi Khidzir diutus tidak untuk menyampaikan syariat yg bisa dipakai sebagai pedoman perilaku bagi umat manusia.

Amat K.

Yang pasti bahagia hari ini adalah mereka : The Gooners dan Cules.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

@Juve Zhang.. 1). Sependapat.. 2). Untuk memulainya, perlu ORANG KUAT.. ### Kalau tidak, ya terus TERLEWAT..

Wilwa

@Zainal. Ini salah satu jawaban “nyelekit” dari Ryu Hasan di twitter.>> Dokter agamanya apa? Penting ya kok sampe ditanya? Pentinglah dok. Okelah kalo penting, saya pikir-pikir dulu ya jawabannya, saya akan pertimbangkan dengan seksama sebelum menjawab karena penting jadi nggak boleh terburu-buru, beri saya waktu 4 semester.

Pryadi

MASIH TENTANG RYU HASAN ... Ryu lulusan SMPN 3 Malang. Th 1982. Ryu yunior saya. Th 1984 sy sdh mengajar di SMPN 8, diminta oleh kepala sekolahnya, tetangga saya. Th 1985 sy mengajar di SMAN Kepanjen, Malang. Saat reuni, Ryu bikin "heboh." Ryu tanya -- bukan 'in verbatim, tanda kutip sengaja ditambahkan -- jawab dg sekelilingnya seperti di bawah ini. "Kalo aku masuk gua lalu saat ke luar gua bilang dapat wahyu kamu percaya?" "Ya nggak lah." "Kalo sama nabi Muhammad kamu kok percaya padahal kamu nggak kenal? Kamu mestinya kan lebih percaya sama aku karena aku temanmu?" Pertanyaan seperti di atas itu tentunya berasal dari "timun", gak usah dijawab ... Salam. Rahayu. Yah ..., begitulah Ryu. Ceplas ceplos sak karepe. Salah satu ciri orang pinter. Mungkin. Banyak teman saya IQ-nya begitu. Percaya diri. Ceplas ceplos. Kadang bikin risih. Sering, mungkin. Apa Ryu atheis krn tanya kayak gitu? Ryu -- menurut saya -- ndhak 'tanya' tapi 'ngritik'. Sasarannya adalah orang2 yg 'follower' (baca: ikut2an) dalam beragama. Ikut agama ortu. Ikut peribadatan ortu. Ini jadinya: berkeyakinan tanpa bernalar! Keyakinan yg "mem-bebek", ikut-ikutan. Akibatnya "parah": yg berbeda dg yg biasa diikuti dianggap "aliran sesat." Yah ..., begitulah. Seperti "katak dalam tempurung." Kembali ke pertanyaan ini: "Apakah Ryu atheis?"

Wilwa

Koko (gorilla) wikipedia. Seekor gorila betina yang lahir di kebun binatang San Fransisco memiliki IQ antara 70-90. Setara dengan manusia bodoh. Koko bisa bahasa isyarat. Tapi yang paling bikin heboh adalah Koko bisa mengenali dirinya sendiri dalam cermin. Koko bisa memahami keberadaannya sendiri. Hewan umumnya tak mampu memahami keberadaannya sendiri. Umumnya mereka tak mengenali diri mereka sendiri dalam cermin. Mereka akan melihat cerminan mereka di cermin sebagai hewan lain yang bukan diri mereka sendiri. Dan reaksinya ada dua: kalau tidak “fight” ya “flight” sesuai naluri hewani mereka. Lawan atau lari. Koko si gorila tidak demikian. Koko selain tahu bahwa yang di cermin adalah dirinya, juga bisa berekspresi dengan bahasa isyarat. Ini kemampuan yang langka dari seekor hewan

Afa

Tanya: Apakah rahasia Finland sebagai negara paling bahagia menurut PBB? Jawab: Rahasia.

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda