Sang Begawan Media

Pollux Flower

Meisterstadt Batam-Pollux Habibie. (FOTO: batamnews.co.id)

COWASJP.COMADA penghias langit baru di Batam. Atraktif. Indah. Mewarnai arsitektur di Batam. Sudah bisa dilihat dari jauh –apabila Anda menuju Batam Center.

Wujudnya empat gedung baru pencakar langit yang berjajar. Di pinggir jalan utama menuju Batam Center. Begitu mendekat terbaca nama Habibie di papan penandanya. Ditulis sangat besar. Lalu terbaca juga nama barisan gedung itu: Meisterstadt Pollux.

Meisterstadt adalah bahasa Jerman yang Anda sudah tahu artinya. 

Sasmita, komentator Disway (lihat komentar pilihan hari ini) ternyata tahu banyak soal proyek ini.

Menatap dari jauh proyek itu asosiasi saya langsung ke Prof Dr B.J. Habibie –ahli pesawat terbang lulusan Jerman yang pernah jadi menteri, wakil presiden, dan kemudian presiden ke-3 Indonesia.

Saya pun menghubungi Dr Ilham Habibie –putra beliau. Ternyata benar: itu proyek keluarga Prof Habibie. Bahkan ketika proyek itu direncanakan Prof Habibie masih sehat. Beliau juga setuju dengan nama proyek tersebut.

Keluarga Habibie lantas bermitra dengan seorang pengusaha properti Indonesia. Yakni pemilik grup Pollux Properti Tbk. Anda sudah tahu siapa pemilik grup Pollux. Proyeknya di mana-mana. Apalagi di Semarang. Ia pengusaha dari Semarang. Namanya: Po Soen Kok. Suku Hakka. Asal Singkawang.

Pollux memiliki 51 persen saham di Meisterstadt Batam. Keluarga Habibie 49 persen. Ada malnya di bagian bawah. Sedang empat towernya khusus untuk apartemen. Tidak ada perkantoran maupun hotel. Menurut Ilham yang tower 1, 2, 3 sudah terjual 75 persen. Kini sedang merencanakan tower ke-5.

Kali ini saya punya waktu keliling Batam. Begitu banyak bangunan baru. Pelebaran jalannya juga terus dikerjakan: menjadi lima lajur di setiap arahnya. Lapang sekali. Ekonomi Batam seperti nama kecil menggeliat.

Di kalangan pengusaha properti, Pollux Group dianggap pendatang baru. Po memang dikenal sebagai pengusaha kaya tapi ada satu momentum yang membuatnya mendadak kaya-raya. 

Po sangat diuntungkan oleh berubahnya kurs dolar ke rupiah. Tiba-tiba dolar di level Rp 16.000. Dari sekitar Rp 4.200. Di tahun 1998.

Waktu itu Po masih dikenal sebagai pengusaha garmen. Nama perusahaannya sudah terkenal: Golden Flower. Mungkin Anda pernah juga membeli baju dengan merek itu di luar negeri.

Ekspor garmennya itulah yang membuat Po punya penghasilan dolar dalam jumlah besar. Ketika pengusaha lain menjerit akibat krismon Po kipas-kipas dolar.

Maka ketika harga properti jatuh, Po membelinya dengan dengan harga sangat murah –di mata dolar. Ketika banyak pengusaha bangkrut Po justru berkibar. Hotel Crown Plaza Semarang ia beli. Kini namanya Po Hotel.

Maka Po menjadi raja hotel di Semarang. Pollux Mall Paragon (hotel dan mal) adalah miliknya. Juga hotel plus apartemen Louis Kienne di Jalan Pemuda. Louise Kienne (juga hotel dan apartemen) di Jalan A Yani. Lalu Louise Kienne hotel dan apartemen di Pandanaran. Masih ada Pollux Bank. Tentu masih ditekuni juga: Golden Flower.

Di Jakarta punya beberapa proyek serupa. Di Kuningan. Di Cikarang. Lalu di Batam tadi.

''Ke depan akan kami bangun juga rumah sakit. Itu wasiat Ibu Ainun Habibie,'' ujar Ilham.

Po lebih muda dari saya. Anaknya juga hebat-hebat: William dan Nico. Po dikenal di Semarang sebagai orang yang membangun vihara Buddha terbesar di sana: Vihara Watugong. Di Semarang Selatan. Di pinggir jalan raya jurusan Solo. 

Ia juga banyak membantu gereja. Orang Semarang mengenalnya sebagai pengusaha yang tidak aneh-aneh.

Mengapa tertarik membangun Batam? Seperti juga Anda, Po termasuk yang gelisah: mengapa Batam tidak bisa seperti Singapura –tetangga sepelemparan batunya. Maka ia bangun Meisterstadt. Yang sekali lihat dari jauh –kesan saya– seperti melihat Marina Bay di Singapura. Hanya beda bentuk.

Malam-malam saya ke Harbour Bay. Kawasan ini sekarang menjadi tertata rapi. Jadi pusat kuliner baru: untuk kelas menengah atas.

Meisterstadt menjadi icon baru di Batam. Saya menyesal tidak mampir malnya: saya tidak tahu apakah Pollux Group bisa membuat mal di Batam tidak kalah dengan tetangganya.(*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 3 Desember 2023: Kelong Bay

M.Zainal Arifin

Yg kaya: mau makan dimana? Yg miskin: mau makan apa? Apa bisa makan hari ini? Yg bajingan: siapa yg mau dimakan kini? Yg diet: apa saja yg tak boleh dimakan. Yg obesitas: makan apa lagi kita? Yg promosi kuliner: ini maknyuuuus. Yg gelandangan: dimana ada sisa2 orang makan? Yg juru masak: serasa kenyang lihat lain orang puas nikmati masakan nya. Yg lupa daratan: hidup untuk makan. Yg eleng lan waspodo: makan untuk hidup.

Jo Neca

Lima perempuan cantik dan seorang lelaki tua. Tua tapi kuat. Kaya dan ehmmm. Bertenaga .. Apakah mampu dia mengalahkan lima jagoan cewek. Mari kita saksikan. Ini cerita film silat. Satu lelaki tua melawan lima jagoan cewek.

Ulik Kopi

Tulisan ini bagus dalam mengatur ritme. Penggunaan flashback. Perpindahan scene yang mulus. Gradual klimak, yg sudah disiapkan berupa target antara dan target puncak menu. Mungkin ini hanya ditulis dalam beberapa menit saja. Kalau saya bisa habis setengah jam untuk merenung, mau mulai dari mana, dan bagaimana menjalin semuanya. Emang bisa ya sebagus itu?

Sasmita

Saya sempat nge-lag membaca Tanjung Piayau. Namun kemudian paham, yang dimaksud pasti Tanjung Piayu. Adanya di Sei Beduk. Gonggong? Mungkin ada yang belum tahu, dan jangan mengira-ngira berdasarkan pelafalan katanya. Gonggong (Laevistrombus canarium) adalah siput laut. Direbus. Enak dimakan dengan cara "mencongkel" daging dari cangkang. Pakai tusuk gigi lebih mudah ketimbang garpu. Tusuk gigi yang masih baru, tentunya. Cangkang gonggong oleh masyarakat nelayan sering dimanfaatkan menjadi produk kerajinan. Berbentuk bunga, lampu hias, hingga lemari. Cantik.
 
Fitria A

Tiga hari ini chd terasa lebih berkelas dengan tidak adanya komentar dari leong putu. Kolom komentar menjadi lebih serius dan sangat berkualitas.

Atho'illah

Hahaha ramah dari mana, Om? Wong setiap muncul dibully :v
 
Em Ha

Manajemen makan yang sangat apik. Roti - Gonggong - Martabak Har - Durian. Penempatan waktu dan volume yang tepat. Ending story Musangking - Tembaga diicip berulang. Dulu waktu kuliah, manajemen makan lah yang sangat penting. Menakar porsi nasi dan lauk. Nasi bungkus pilihan tepat, porsi nasi lebih banyak daripada makan di tempat. Bisa dibagi dua, untuk teman kalau kebetulan sedang berkunjung di kosan, atau untuk makan sore sebagai pengganti makan malam dengan pertimbangan kalau dimakan malam takut basi. Manajemen cubit lauk pun diatur apik, jangan sampai lauk habis lebih dahulu daripada nasi. Kini, 28 tahun berlalu. Sedang musim durian. Jamuan makan durian dipinggir jalan. Berbagai macam jenis, ada durian danau, durian pangkalan, durian bengkalis, durian sibolga. Strategi makan durian yang baik adalah : Belah duren (Durian), rasanya enak simpan sejenak, makan yang lain, enak, buka lagi, makan lagi. Penutup makan yang disimpan tadi. Sejenak lupa diet, sejenak lupa asam urat.
 
Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway of the Week: 26-11-2023 s/d 02-12-2023 (133 orang) 
Rockie of the Week
 #.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 
#1.Lili Zhen (35;1150)✏️;2✒️;4★;1⭐️ [9;7] 
#2.Malware 0.1 (75;3086)✏️;1✒️;3★;1⭐️;1⚾️ [6;38] 
#3.Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 (52;3031)✏️;6★;1⭐️;1⚽️ [33;10] 
Nama: Lili Zhen, Rockie of the Week, periode: 26-11-2023 s/d 02-12-2023 
#.Edisi (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 
#1.30-11-2023=Alpukat Sigit (8;178)✏️ [2;1] 
#2.01-12-2023=Ubah Batu (15;475)✒️★ [5;4] 
#3.02-12-2023=Antikemo Baru (12;497)✒️★★★⭐️ [2;2] 
Nama: Malware 0.1, Rockie of the Week, periode: 26-11-2023 s/d 02-12-2023 
#.Edisi (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 
#1.26-11-2023=Mimpi Sungai (13;698)✏️ [5;2]
#2.27-11-2023=Batu Ampar (17;923) [0;11] 
#3.28-11-2023=Ompung Joglo (10;385) [0;7] 
#4.29-11-2023=Mimi Tjong (35;1080)✒️★★★⭐️⚾️ [1;18] 
Nama: Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺, 
Rockie of the Week, periode: 26-11-2023 s/d 02-12-2023 
#.Edisi (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 
#1.26-11-2023=Mimpi Sungai (4;109)✏️ [2;1] 
#2.27-11-2023=Batu Ampar (15;664)★★ [8;1] 
#3.28-11-2023=Ompung Joglo (13;786)★ [4;7] 
#4.29-11-2023=Mimi Tjong (11;989)★★★⭐️⚽️ [14;1] 
#5.30-11-2023=Alpukat Sigit (8;451) [3;0] 
#6.01-12-2023=Ubah Batu (1;32) [2;0]
 
Jokosp Sp

Abah ngakunya maniak, eh penggemar durian. Tapi sudah di Batam tidak sampai ke Pulau Bintan, rugi besar. Bagi maniak durian : "jika belum ke Bintan, maka hajinya tidak syah". Datanglah ke Balairejo ( dulu Mahon ) dekat dengan Lagon Wisata, ke kebunnya Koh Wan. Ada 100 pohon durian unggulan yang dikebunkan dengan 100 rasa dan 100 fariasi. Manis, legit, pahit, crimi, lengket, berkaramel, beralkohol, dan balanced rasanya. Halus dengan warna kuning yang menggoda.
 
Fiona Handoko

selamat siang bp liang. kalau abah tdk khawatir makan durian. karena pembuluh darahnya sudah diganti yg made in usa
 
Liáng - βιολί ζήτα

Bagi Anda yang bermasalah dengan kadar gula darah ataupun yang memiliki riwayat gangguan jantung, tetapi sangat suka durian, sebaiknya mengetahui hal-hal berikut ini : Melansir dari International Journal of Food Properties (2015), 30 menit setelah mengkonsumsi durian secara BERLEBIHAN - tekanan darah dan detak jantung akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebaiknya "hindari" durian yang terlalu matang !! Durian yang terlalu matang, selain kandungan gulanya semakin tinggi juga bisa menyebabkan "thermogenesis" yakni proses meningkatnya suhu tubuh, sehingga akan menyebabkan metabolisme tubuh meningkat dan membuat jantung bekerja lebih keras. Orang dengan kondisi "pembuluh darah yang tipis" sangat beresiko tinggi terjadinya pembuluh darah yang pecah !!
 
Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

"Yang sudah pasti harus ke Roti Canai. Yang juga pasti: durian. Yang tidak boleh tidak: gonggong. Yang wajib resto Padang Sederhana", begitu tulis Abah di CHDI hari ini. Saat saya ke Batam terakhir, bulan Agustus/ September yang lalu, semua tidak saya lakukan, kecuali satu: ke resto Padang Sederhana.. Yang lain: Roti Canai - belum tahu sebenarnya roti apa. Gonggong - baru dengar. Durian - sementara belum berani.. ### Beda kelas..
 
Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

PENYAJIAN gonggong, konon disajikan di piring kita, dalam bentuk seperti "kerang rebus" seperti yang juga banyak dijual di Jakarta. Ditemani dua barang yang tak kalah pentingnya: 1). Sambal. 2). Tusuk gigi. Fungsi tusuk gigi adalah untuk "mencongkel" daging siput, dan kemudian "dicolekkan" ke sambal.. ### Membayangkan betapa enaknya.. Sambil membayangkan. "Pantaslah, kalau Abah DIS suka". "Wong, meski hanya membayangkan, kayaknya, saya juga akan suka..".
 
Kang Sabarikhlas

Pk.08.08 saya bangun tidur sendirian dirumah, istri senam, 2 cucu pasti gowes di Tunjungan. Meja makan kosong, saya minum segelas air hangat dari termos, buka kulkas ada seiris pepaya saya makan semua termasuk biji dan kulitnya, terasa manis enak buat ngudut. lalu buka dan baca CHD. Juangkrik...ndak sesuai ekspetasi, ini konten sultan kuliner apa chd?.. Mengharap chd bahas si gemoy yang 'ini boleh itu boleh' kek, atau si amin yang ndak akan melanjutkan.., lalu ada Vcall dari bojo.."Nang, di magicomb ada martabak holan kiriman tadi malam dari ponakanmu yg di Palangkaraya, 3 dos katanya buat Om cemilan malam minggu.... Oh ya Nang, ini aku dan ibu² di Kenjeran, takbelikan 'Jangkang' dan 'Kreco' yg langka"... lalu ada Vcall lagi, cak Dadi'ndukun pijet "Kang nanti usai ashar ayo ikut rame² ke Pagerwojo Darjo, pesta durian murah 100rb dapat 6.."..… "anu, ada durian montong Cak Di?"... "Ada..." Alhamdulillah, Tuhan cinta hamba. ndak sultan eh..Abah tok yang diberi pesta kuliner. 
 
Sasmita

Meisterstadt Pollux Habibie. Ini yang bikin tertarik. Kalau durian, gonggong, roti canai, itu mah biasa. Meisterstadt bikin ngiler. Mega Superblok yang rencananya 11 menara pencakar langit, dibangun di atas lahan 9 hektare di Batam Center, kerjasama PT Pollux Properti Indonesia Tbk dan keluarga Habibie. Dari web perusahaan ini diketahui 11 menara itu terdiri atas 8 tower apartemen 6.500 unit, satu hotel, satu rumah sakit internasional, mal, pertokoan, dan satu perkantoran dengan rencana ketinggian 100 lantai. Tahap pertama, dibangun empat tower apartemen dengan total 2.590 unit, mall 2 lantai, dan 113 unit ruko dengan total Semi Gross Floor Area (SGFA) sekitar 149.387,86 m2. Batam sudah sangat maju. Tak sekadar kelong dan gonggong. Tak cuma kawasan industri terintegrasi di Pulau Rempang.
 
mzarifin umarzain

Input: kuliner. Output: wc. Input: nutrisi, gizi harus seimbang. Agar output: tenaga, ketenangan, nyawa, kekuatan besar, wc: optimal. Dg makan kita perpanjang nyawa, sampai waqtu tertentu. Tanpa makan, nyawa hilang. Pujian bagi Tuhan yg telah beri kita nyawa, hidup, makanan.
 
Liáng - βιολί ζήτα

jahilin Abah D.I. pantesan banyak yang suka sama Abah..... ngga heran Abah selalu dikerubungi kaum hawa..... ternyata..... oh ternyata..... mereka itu "terinspirasi" oleh lagunya JKT48 : "Cowok Durian"..... ............ Cowok jelek pun, cowok keren pun, sama saja Jika sudah jatuh cinta semua buta Apapun yang orang bilang ku tetap cinta Karena dirinya only one Yang sangat aku suka COWOK DURIAN haha..... hahahahaha..... kabooooorrrrrrr.......
 
mzarifin umarzain

Durian itu enak nya yg dimana nya? Tentu yg di AN nya. Karena ada AN nya. Coba kalau tanpa AN, tentu cuma DURI. Duri yg enak mana nya?

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda