Sang Begawan Media

Tercepat Unggul

Di kampus Universitas Ciputra Surabaya. (FOTO: brits-indonesia.com)

COWASJP.COMUNIVERSITAS Ciputra sudah beranak: punya universitas yang sama di Makassar. Sebentar lagi lahir anak kedua: Universitas Ciputra di Jakarta. Anak ketiganya akan lahir di Medan: Universitas Ciputra Medan. Menyusul kemudian Palembang.

Universitas Ciputra memilih berkembang dengan cara itu. Bukan membuka cabang seperti yang dilakukan Universitas Binus. 

Tiap universitas itu berdiri sendiri. Punya rektor sendiri. Ngurus izin sendiri. Hanya saja yang melakukan investasi adalah  Universitas Ciputra (UC) Surabaya.

Jumat pagi kemarin UC berulang tahun. Yang ke-17. Saya hadir. Buku ulang tahunnya diterbitkan oleh Harian Disway (Disway Books).

Umur 17 tahun sudah bisa beranak. Bukan main. Juga sudah hamil lagi untuk yang di Jakarta dan Medan. 

Kelihatannya UC tidak akan mengejar jumlah mahasiswa menjadi yang terbanyak. Orientasinya lebih pada kualitas. Juga harus memegang teguh misi pokok: menjadi universitas wirausaha. Itu sudah ditegaskan oleh pendirinya dulu: ayatollah real estate Ciputra, almarhum.

Kini mahasiswanya mendekati 6.000 orang. Tahun ini menerima mahasiswa baru 1.300 orang. Terbanyak selama 17 tahun. Pendaftarnya selalu meningkat.

"Kami juga teguh memegang komitmen Pak Ciputra untuk memberikan kuota 10 persen bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu," ujar Dr Denny Bernardus MM pada saya kemarin.

Dr Denny adalah president UC. Jabatan presiden itu juga unik. Tidak ada di universitas lain. Presiden lebih tinggi dari rektor. "Terlalu berat bila beban rektor sampai harus mikir keuangan dan marketing," ujar Dr Denny.

Jabatan presiden di UC adalah seperti CEO di sebuah perusahaan. Rektor menjadi semacam direktur operasi. Sedang ketua yayasan menjadi semacam komisaris utama.

Dengan organisasi seperti itu tidak ada masalah di manajemen. Tidak ada ketegangan antara rektor dan ketua yayasan. Ketegangan seperti itu yang umumnya menghambat jalannya universitas swasta.

Di usia 17 tahun UC sudah meraih predikat tertinggi: universitas unggul. Juga sudah masuk kluster mandiri. Perpustakaannya kelas A. UC menjadi universitas termuda kedua yang berhasil meraih status unggul. Yang pertama adalah Universitas Binus.

Dengan status unggul itu UC sudah diizinkan untuk membuka program S-2 secara online. Yakni program manajemen. Peminatnya: 180 orang. Lebih banyak dari S-2 reguler.

UC juga sudah mewisuda, kali pertama, dokter. Sebanyak 14 orang. Sudah siap pula membuka fakultas kedokteran gigi.

WAGUB.jpgWakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak di peresmian Apple Developer Academy di Universitas Ciputra Surabaya. (FOTO: Universitas Ciputra)

Di acara ulang tahun kemarin ditampilkan empat alumnusnya. Semua jadi pengusaha. Merlianny Effendy jadi pengusaha medsos. Moch Rizky menjadi pengusaha studio foto. Juga punya akademi kreatif. Punya production house. Ia lulusan SMAN 6 Surabaya. Orang tuanya miskin, kerjanya serabutan. Dari hasil usahanya Moch sudah punya mobil dan anak tiga orang.

Satu orang lagi, Echa, punya usaha kuliner. Sudah punya dua restoran: e-Godhong Ijo.

"Di UC kreasi sangat dihargai. Tidak melulu harus nilai terbaik," ujar Echa. "Lulus UC mau tidak mau jadi pengusaha. Lingkungannya sudah dibuat seperti itu. Badan ini seperti sudah ditempeli soal bisnis semua," kata Moch.

"Saya terkesan dengan dalamnya pelajaran problem solving dan critical thinking di UC," ujar Merlianny yang bisnis medsos.

Salah satu alumni yang tampil kemarin adalah Awdella. Anda sudah tahu: dia penyanyi. Juga pencipta lagu. Dia penyanyi yang berjiwa wirausaha. Awdella terkesan dengan keanekaragaman di UC. Meski yang terbanyak Tionghoa tapi di setiap kelas selalu beragam. Suku maupun agama. Bahkan untuk fakultas kedokteran ada kuota untuk mahasiswa dari Indonesia Timur.

Komitmen menjadi universitas wiraswasta itulah yang terberat. "Dosen harus sekaligus menjadi mentor," ujar Dr Denny. Tidak jarang dosen harus keluar uang. Misalnya ketika mahasiswanya jualan kue atau baju. Ada mahasiswa nekat menjadikan dosen sebagai konsumen. "Tentu dosen harus beli karena nekat seperti itu sesuai dengan yang diajarkan", katanya.

Denny sendiri awalnya profesional di real estate. Di grup Ciputra. Di Manado. Di Sidoarjo. Prestasinya tinggi. Lalu ditugaskan memimpin universitas. "Saya pernah bertanya mengapa dipindah ke jalur pendidikan. Padahal prestasi saya di real estate sangat baik. Apakah karena ayah saya dosen?" katanya. "Lama-lama saya justru bangga pindah jalur ke UC," tambahnya.

"Orang yang berprestasi di satu tempat akan tetap berprestasi  di mana pun ditempatkan". 

Saya sering menulis prinsip seperti itu. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 15 September 2023: Ruang 48

Agus Suryono

PAK AMAT K MEMANG BUKAN MENTERI.. Tapi ya jangan menyuruh anak buah untuk memalsu tanda tangan.. Pak Amat K, sebagai "Perusuh Senior" di Disway, sebenarnya memenuhi syarat untuk menjadi Menteri. Tapi pak Presiden masih selalu ingat, yaitu menurut penjelasan pak Amat K sendiri, yang dimuat di Disway tanggal 14 September 2023, isteri pak Amat K, adalah Menteri Keuangan.. ### Apa boleh buat..

Amat K.

Sering gegara perihal tanda tangan, saya mesti balik kantor, padahal sudah sampai rumah. Sudah diminta palsukan saja biar tidak ribet (saya kan bukan siapa-siapa, tidak seperti Kabid Leong Putu yang ttd-nya berharga). Kata teman, tanda tangan saya syulit ditiru. Banyak keloknya. Tapi kenapa saya belum jadi orang penting ya? Minimal menteri kek.

Agus Suryono

BUKAN MATEMATIKA PERKARA.. Ini hanya hitungan tanpa guna. Jumlah menit, dari jam am 09.15 ke jam 10.00: 45. Kalau ditambah 3, maka = 45 + 3 = 48. Nomor kamar pemeriksaan = 48. Apa hubungannya, apa makna angka-angka itu..? ### Ya tidak adalah.. Kan judulnya aja udah cukup jelas: "Bukan Matematika Perkara"..

Mirza Mirwan

Pak DI dipanggil KPK dalam kapasitas sebagai saksi kasus pembelian gas alam cair (LNG) di zaman Dirut Pertamina Karen Agustiawan (2009-2014). Berdasarkan audit BPK, juga PricewaterhouseCooper, pembelian LNG dari perusahaan Corpus Christi, AS, itu tanpa didukung analisis supply and demand yang valid. Akibatnya terjadi suplai LNG yang berlebihan dan harus dijual di lantai bursa di bawah harga beli. Dan negara d.h.i Pertamina dirugikan ratusan miliar. Sayang, saya cari-cari angka pasti Kerugiannya tidak ketemu. Kontrak pembeliannya ditandatangani tahun 2013-2015, kata berita di portal Tempo, Kompas, dan Detik. Pak DI dipanggil terkait Karen Agustiawan. Sebagai Menteri BUMN (2011-2014) Pak DI dianggap mengetahui hal-ihwal kasus pembelian LNG itu. Tetapi, seperti keterangan Pak DI di depan wartawan, beliau adalah Menteri BUMN, bukan direksi atau komisaris. Jadi tidak tahu teknis pembelian LNG itu. Kasus itu awalnya ditangani Kejaksaan Agung. Tetapi kemudian diambil alih KPK. Yang sudah-sudah kasus yang ditangani Kejaksaan Agung biasanya lebih berhasil menyelamatkan uang negara ketimbang yang ditangani KPK. Ealah, ternyata jadi menteri itu kayaknya nggak enak. Untuk kasus yang nggak tahu A-B-C-D-nya perkara saja juga dijadikan saksi. Dan saya selalu bersyukur menjadi orang merdeka. Tak punya anak buah, tapi juga tak punya bos. Semuanya suka-suka saya. Tabik.

Juve Zhang

Kalau membangun itulah lihatlah struktur tiang penyangga beton kereta Cepat itu sebuah perencanaan keamanan tingkat tinggi. Gempa skala 9 yakin masih kuat berdiri kokoh. Bukan kaleng kaleng konstruksinya. Besi beton nya gede gede. Di disain umur bangunan tahan 100 tahun. Lihat bangunan stasiun Padalarang untuk kereta Cepat sangat Megah dan Kokoh. Gedung paling megah se Bandung Raya walaupun cuma stasiun KA wkwkwkwkk

Juve Zhang

Sekalian kita bahas Korupsi yg ada kaitan sama ilmu teknik sipil. Ada kejanggalan tol MBZ ini khusus mobil ringan saja. Mobil agar berat dikit dilarang masuk. Tentu sebagai insinyur sipil saya juga heran .ini mirip nanti tol bambu mungkin nantinya .yg berat berat jangan lewat. Wkwkwwk. Tol MBZ ini kalau kita ikuti berita nya ternyata volume pekerjaan dikurangi. Di korupsi 1.5 triliun gak kaleng kaleng .begitulah menurut pihak kejaksaan agung sudah 3 tersangkanya. Mengerikan keamanan tol itu jika volume pekerjaan dikurangi. Hati hati jangan sampai anda lagi asyik di atas tol tahu tahu ambruk wkwkwkkw. Ke gila an akan duit membutakan para insinyur yg berani mengurangi volume pekerjaan. Sangat jarang insinyur di hukum ketika bangunan atau jembatannya atau jalan yg dibuat ambruk. Akankah terjadi di tol ini atau tol bambu nantinya. Mari kita amati bersama. 

adi ya adi

Ganti tanda tangan sudah, perlu di pertimbangkan lagi ga bah buat ganti nama....? Yang penting jgn ganti istri...bahaya bah.... he..he

Jimmy Marta

Sejauh yg sy ketahui -dari pengalaman teman yg diperiksa jaksa 9 jam- itu waktu total berada di sana. Ada bbrp break time. Sholat, makan, dan jeda2 berpikir mengingat. Apalagi jk baru pertama diperiksa, biasa didahului pertanyaan standar biasa. Bak perkenalan diri dan orang2 dekat..

thamrindahlan

Assalamualaikum Selamat Pagi bersua di hari Jum'at nan penuh keberkahan 29 Syafar 1445 Hijriah. Alhamdulillah Abah kita telah melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik memenuhi panggilan KPK sebagai Saksi. Tampilan Abah seperti disaksikan dari semua tayangan televisi Kamis kemarin sungguh sangat membuat dirinya nyaman termasuk para rusuhwan. Tidak tampak gestur kepanikan apalagi kecemasan. Selalu senyum ceria menyapa semua wartawan termasuk Petugas KPK. Abah bisa besikap sedemikian santai bersebab Beliau tidak merasa melakukan kesalahan ketika menjabat sebagai Menteri BUMN. Dari keterangan setelah 5 jam diperiksa dijelaskan bahwa Pertamina sebagai pelaksana teknis bertanggung jawab terhadap permasalahan korupsi yang di sidik KPK. Selaku Menteri Abah aman dalam artian tidak terdapat intervensi terkait pekerjaan LNG tersebut. Satu lagi kelebihan saksi KPK ini yaitu kemampuan mendeskripsi dengan sangat detal sekali dari awal sampai akhir berada di gedung KPK Kuningan. Mulai dari duduk di tepi kolam depan bangunan KPK sampai seluruh assesoris gedung anti rusuah ini ditulis lengkap dan runtu. Kamar 48 itulah ujung rportase.. Ada terselip kosa kata jaket atau rompi orange. Anda sudah tahu terkadang ada saksi yang dipanggil / diperiksa KPK pulangnya berubah status menjadi Tersangka. Diberi tanda berupa rompi oranget. Abah kita bebas dan kita rusuhwan dalam doa panjang nan di ijabah Allah SWT masih bisa menikmati disway.id. Salamsalaman.

Alex Ping

Angka 5 dan 2 jam digital pada cermin bukan terlihat mirip sekali Abah, tapi berkebalikan. 5 dibaca 2 dan sebaliknya. Sehingga sering kali jika kita melihatnya sekilas, otak kita langsung membaca apa adanya. Lain halnya jika kita melihat angka digital 3,4,6,7,9 dicermin, otak kita pasti akan memprosesnya sehingga menjadi terbaca. Justru angka 0,1,8 sebenarnya yang terlihat sangat mirip atau sama persis dicermin, bukan 2 dan 5. Sebagai contoh pada saat abah membaca jam 15.05 berarti yang terlihat adalah 20.21

Yuli Triyono

Memang tidak salah kalau disebut empunya wartawan. Pengalaman masuk gedung KPK saja bisa ditulis sedetil itu. Siap-siap saja, jangan-jangan sampai 3 hari ke depan Disway akan berisi ulasan tentang pengalaman di KPK. Tapi yang 'njelehi' , dalam situasi seperti itu kok masih sempat-sempatnya pamer sepatu baru.

Johannes Kitono

Kalau boleh pilih.Mendingan ketemu Rusuhwan CHD dari pada jadi Saksi di KPK. Bisa guyonan tentang ular cobra sama rusuhwan yang pusing soal air panas di Villa. Diruang 48 harus hati-hati dan teliti menjawab semua pertanyaan. Atas pembelian LNG sangat banyak oleh Direksi Pertamina. Saat itu sebagai Menteri BUMN ikut ttd. Tentu belum jelas apakah sudah terjadi korupsi. Kalau memang terjadi korupsi sebagai ex Menteri pasti kesal juga. Ini direksi kok tega banget. Menteri BUMN tidak kebagian setoran tapi harus ikut juga menanggung akibatnya. Hanya dapat nasi kotak dan diperiksa enam jam bukan hal yang membanggakan. Tapi itu namanya resiko jabatan. Harus hati-hati membaca dokumen puluhan tahun lalu yang ada ttdnya. Tidak dibantu baca oleh mb Pipit pula. Bukan pekerjaan yang menyenangkan. Mending baca dan pilih komentar di CHD. Kalau Cak Imin jadi Saksi di KPK memang ditunggu. Bisa menaikkan ratingnya kalau tidak harus nginap disana. Selama 6 jam jadi saksi di KPK, juragan disway pasti sudah korbankan puluhan episode CHD. Semoga semuanya lancar dan tidak dipanggil KPK lagi.

Amat K.

Sedang ramai diberitakan ada PH film parno di Jaksel. Kata sumber berita, mereka udah memproduksi 120 film. Polisi sudah menetapkan lima tersangka termasuk sutradara, kang kamera, editor, sekretaris yang merangkap pemeran. Melalui Dirkrimsus Polda Metro Jaya, polisi juga memanggil belasan pemeran film parno itu. Ada sebelas pemeran wanita dan lima pemeran pria yang akan diperiksa. Film yang mereka produksi didistribusikan melalui website. Namun, mohon jangan tanya saya link filmnya sebab saya juga nungguin dermawan yang mau berbagi. Siapa tahu ada perusuh yang membagikan link-nya di bawah ini.

Kang Sabarikhlas

Kamis pagi kemarin, lagi baca CHD, ndak puas topiknya..eh ada telpon masuk, suara mantan menantu menangis memberi kabar bahwa bapaknyi meninggal dunia saat jalani Umroh bersama ibunyi, mungkin ibunyi Sabtu baru pulang. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Saya merasa sangat berduka, Beliau alm. mantan besan juga teman lama, meski pernah juga berseteru rebutan cucu. 3 bulan yang lalu saat saya antar cucu cewek liburan ke desa mamanyi, saya jumpai beliau duduk diteras rumahnya yang luas, lalu beliau menyambut dan memeluk, saya terharu dengar ucapannya "Aku kangen sampean Cak".... selanjutnya terjadi omong²an antar sahabat, saling memaafkan. Beliau pensiunan polri dah 3 th yang lalu.... Kamis siang perasaan saya masih sedih, hampir saja puasa batal sbb. ingin merokok buat usir galau. Kamis pk.15.30 nonton berita tv.1 artis WG yang endors judi online diperiksa bareskrim... lalu.. nah ini yang saya tunggu, setelah diperiksa 5 jam oleh KPK, Abah... ya Abah DI dengan senyum khasnya menjawab pertanyaan para wartawan... Alhamdulillah, saya jadi lega dan yakin Jumat pasti ada CHD. lha wong dulu dikarantina karna terserang Covid, malah rajin dan detail menulis yang dideritanya. Oh ya, judulnya kok ruang 48? kalau di togel 48 artinya..anu..

Johannes Kitono

Secretome - 500 km. Pagi ini disuntik Secretome oleh dr Anatasia Rosy di Klinik TA. Dokter alumni Ukrida ini heran ketika diberi tahu. Bahwa Secretome, protein Kalbe Farma ini membuat tubuh yang tidak muda ini semakin Fit saja. Selama 4 hari dari Senin - Kamis telah menjelajah bumi Kalbar lebih 500 km dengan Innova. Tidak mengantuk dan merasa lelah. Ini tentu berkat Secretome dan sesudah membaca tulisan CHD - Protein Yuda. Sebagai sentinel yang sudah merasakan manfaat nyata protein cell. Tentu wajib sampaikan berita baik ini ke manteman dan khususnya Rusuhwan. Tadi pagi adalah suntikan yang ketujuh dengan jedah dua minggu. Dan rekor nyopir Innova 500 km sudah terbukti. Apakah sesudah suntikan ke sepuluh tubuh akan tambah fit dan melebar kemana- mana. Tentu harus sabar tunggu mukjijatnya.

Xiaomi A1

Siang ini makan siang dgn menu Soto Banjar di Pak Kumisss, serius huruf s-nya tiga, logika saya s-1 saja sarjana, klo s-3 brarti lulus Doctoral nih...opsinya bisa pakai nasi, bisa jg ketupat, saya pilih nasi krn memang dari pagi blm sarapan berat. Ayam, telor, bihun, tenggelam dalam kuah soto, diatasnya dihias perkedel kentang. Sebelum disantap tdk lupa dituang sambal, kecap, dan perasan jeruk nipis, terasa gurih dan segar berpadu didlm mulut..baru satu suap, mata tertuju pada kerupuk udang di toples, untung blm keburu habis nasinya, langsung saja ambil 2 krupuk..benar2 merasa bersyukur atas nikmatNya.. Mudah2 suatu hari bisa menikmati Soto Banjar racikan Ny. Dahlan Iskan yg sudah tersohor dan biasa disajikan untuk hidangan para menteri dan pesohor negeri..Aminnn

Agus Suryono

HATI-HATI BAGI PARA PEJABAT YANG PUNYA WEWENANG "FIAT BAYAR"... "Waktu sebagai Menteri BUMN, tanda tangan saya lebih rumit", begitu tulis Abah. Namun demikian, jaman sekarang ini, meski tanda tangan kita sudah "sangat rumit sekalipun", kita tetap harus berhati-hati. Karena di Youtube dan di Googkw, tutorial "mencontoh" tanda tangan orang lain, jumlahnya cukup banyak. Kalau jaman saya masih menjadi sesuatu dan punya wewenang fiat bayar sampai jumlah sangat besar, saya selalu tanda tangan pakai "pulpen" khusus. Dan juga warna "khusus". Harapannya, kalau ada case pemalsuan, pembuktiannya mudah. ###Penggunaan pulpen dan warna khusus untuk tanda tangan itu "sampai saiki isih ding".. He he 

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda