Sang Begawan Media

Boyongan Kapal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basuki Hadimuljono kemungkinan jadi ketua panitia boyongan ibukota negara. (FOTO: Tara Wahyu NV/ detikJateng)

COWASJP.COMPENDAFTARAN calon presiden dimajukan: tanggal 10 Oktober. Anda sudah tahu. Berarti tinggal menghitung hari. 

Waktu pendaftaran pun dipersingkat. Hanya enam hari. Ditutup 16 Oktober 2023. Anda juga sudah tahu itu. Berarti Pilpres jadi diadakan.

Ada yang masih berpikir keras mencari pasangan: siapa yang akan menjadi calon wakil presiden. Ada yang merenung: siapa capres yang mau memilihnya jadi pasangan.

Berarti tahun depan adalah tahun terakhir kepresidenan Pak Jokowi. Momentum terbesar yang akan terjadi bukan serah terima jabatan presiden, tapi boyongan ke ibu kota baru IKN di Kaltim. Itu akan terjadi tanggal 17 Agustus 2024.

Saya membayangkan seperti apa gemparnya acara boyongan itu nanti. Selama era Pak Jokowi apa pun dibuat gempar. Meriah. Spektakuler. Menakjubkan.

Pembukaan SEA Games dan Asian Games sangat hebat. MotoGP di Mandalika luar biasa. Penutupan KTT G-20 di Bali menakjubkan. Pun acara perkawinan Gibran. Meriah dan hebatnya tidak kalah dengan perkawinan Lady Di di London.

Bayangkan saja akan seperti apa boyongan ibu kota negara itu nanti. Kisi-kisinya sudah dibocorkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Sabtu lalu. Di pembukaan acara Nusantara Sail.

Boyongan ke IKN tahun depan akan dilakukan dengan kapal! Berarti akan ada pesta kapal. Parade kapal. Jangan-jangan dari seluruh pelabuhan baru yang dibangun di zaman Pak Jokowi: Kali Baru (Priok), Patimban (Subang), Kuala Tanjung (Sumut), Angrek (Gorontalo), Sorong (Papua Barat), dan banyak lagi.

Boyongan pakai kapal itu, menurut Basuki, sebagai simbol bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pelaut. "Laut, bagi Indonesia bukan sebagai pemisah pulau tapi sebagai jembatan antar pulau," katanya.

Kelihatannya Menteri Basuki yang jadi ketua panitia boyongan. Basuki adalah menteri yang paling hebat di kabinet Jokowi. Apa saja dibangun:  jalan, jembatan, pelabuhan, embung, dan tentu juga IKN. Ia adalah menteri yang banyak kerja sedikit bicara. Sesekali main band. Luhut Binsar Pandjaitan dan Basuki adalah dua bintang utama di tim kabinet Presiden Jokowi.

Boyongan dengan kapal itu pasti unik. Mungkin akan ada siaran langsung dari kapal 1, kapal 2, kapal 3, dan seterusnya. Hari itu gelombang laut agak tinggi –kalau tidak ada anomali cuaca. Januari-Februari dan Juli-Agustus adalah bulan-bulan banyak gelombang.

TNI-AL pasti menjadi instansi yang paling sibuk: bagaimana mengamankan boyongan lewat laut itu.

Sebagai salah satu persiapan, Menteri Basuki mengadakan kegiatan  ''pemanasan'': Nusantara Sail. Kali ini acara ''Serial Sail'' tidak lagi dilakukan di Indonesia Timur. Anda sudah tahu, pernah ada Sail Wakatobi, Sail Bitung, Sail Halmahera dan seterusnya. Kian lama acara ''Sail...'' itu kurang bergema.

Maka kali ini bentuknya ''Nusantara Sail'': kapalnya berangkat dari tiga atau empat lokasi. Ada yang dari Mandar (Sulsel), Makassar (Sulsel), dan Jakarta. Ada juga yang berangkat dari Sandakan (Sabah), lewat imigrasi Nunukan (Kaltara).

Kapal mereka akan bertemu di satu titik: IKN di Kaltim. Yakni tanggal 25 September depan. Kapal-kapal itu akan tambat di dermaga Balikpapan Super Block. Ada yang dijadwalkan tiba tanggal 22 September. Ada juga yang 23 September. Mereka punya waktu menikmati dulu kota Balikpapan. Keesokan harinya mereka berangkat bersama-sama menuju Teluk Balikpapan untuk menambatkan kapal di jembatan Pulau Balang.

Dari sini mereka naik mobil menuju IKN. Menteri Basuki kembali menyambut mereka di IKN. Semua peserta Nusantara Sail harus menanam pohon di IKN.

Tentu boyongan ibu kota ke IKN (dengan kapal) beda dengan boyongan rumah pakai truk. Saya masih belum bisa membayangkan apa saja yang diangkut dengan kapal. Tentu bukan meja-kursi, apalagi peralatan pantry. Yang jelas boyongan ini akan menjadi acara terbesar dalam masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Boyongan pun sudah direncanakan. Maka jangan lagi ada yang tetap berspekulasi apakah Pemilu tetap jadi ada. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 10 September 2023: Mata Air

Agus Suryono

MALANG melintang, dari kiri ke kanan. MUJUR membujur, dari atas ke bawah.. ### Jangan membayangkan "sing ora-ora" lho yo..

AnalisAsalAsalan

Lulusan UI kalah dengan lulusan STM? Masa, sih. Ini saya kutip hal terpenting dari berita itu: "Saya beserta teman-teman ada 15 orang tapi dikalahin sama bapak2 umur 30 an. Bapaknya juga hanya lulusan STM+sertifikat Welding dan pengalaman kerja di Italia Eropa tepatnya di Fincantieri katanya..." Lulus STM, kerja sekitar 12 tahun di Eropa, dapat sertifikat, Wow! Itu sama juga sekolah lagi 12 tahun, Kawan! Pengalaman bisa dikonversi menjadi lama pendidikan. Ga usah jauh-jauh. Ada wartawan yang tidak lulus S1 di IAIN alias DO, tetapi bisa memberi kuliah mahasiswa S2, bahkan menguji calon doktor. Siapa dia? Anda sudah tahu. Hahahahaha.

Udin Salemo

Saya berprasangka PTN yang ugal-ugalan dalam menerima mahasiswa baru berusaha mempertahankan status PTN BH yang sudah didapat. Sangkaan saya status PTN BH itu membuat mereka merdeka dalam menentukan menerima mahasiswa baru. Ada peluang disana untuk mendapatkan sumber cuan, eh, maksudnya sumber keuangan yang lebih besar. Sebagaimana diketahui status PTN BH membuat perguruan tinggi ybs punya kewenangan dalam menentukan penerimaan mahasiswa baru dan pembukaan prodi baru. Perlu disikapi dengan bijak dan tegas oleh pihak regulator (kementerian pendidikan dan kebudayaan) apakah ptn itu layak menerima mahasiswa baru sebanyak kapasitas satu stadion sepakbola itu (18.000 orang, wo0ow...). Apakah tersedia ruang kelas yang memadai, cukupkah laboratorium yang pantas untuk proses belajar mengajar, perputakaan punya koleksi yang cukup, dan ada aula sesuai kebutuhan. Apakah ketersediaan tenaga dosen sudah memenuhi rasio 1:20 untuk ilmu eksakta dan 1:30 untuk ilmu sosial. Apakah dosennya sudah lulus minimal S2 dan linier dengan ilmu yang diajarkan. Bagaimana kualitas lulusan perguruan tinggi yang hanya mementingkan kuantitas? Saya tak punya kompetensi untuk menjawab. Bercermin dari kasus lulusan STM yang mengalahkan lulusan UI dalam penerimaan calon karyawan PT. PAL, Anda sudah bisa menerka-nerka kualitasnya. Pengelola universitas swasta menangis Bombay melihat jumlah fantastis mahasiswa baru yang diterima oleh perguruan tinggi negeri. Dalam hati mereka ngomel: "mbok, ya, kami disisain."

didik sudjarwo

Kebetulan dulu saya penyuka film Jackie Chan [JC]. Dalam berfilm biasanya JC tak ingin mengecewakan penonton. Itulah sebabnya JC tak pernah menggunakan 'stuntman' dalam adegan berbahaya. Perihal JC tak pernah sekolah kiranya itu salah. Memang saat sekolah di Hong Kong ia tak lulus. Tapi thn 1960 ketika Ayahnya pindah ke Canberra, Australia. JC bersekolah di Chinese Drama Academy. Di sekolah ini JC banyak mendapat pelajaran berharga. Selain ahli kungfu yg diciptakan Bruce Lee iaitu Jet Kune Do. JC juga mahir Judo & Taekwondo. Ngapunten.

Echa Yeni

Minum air jangan lupa sumbernya. Thats good Kelingan di tmpat kerjaku dulu di sby. temen"(&aq) sering ngrasani bose n institusine. Stelah kluar sadar (tau pepatah lain) "Jangan mengencingi sumur tempat kau minum". #sprti juga di negriku nuswantara, tmpatq hidup maem&minum dll. aq&tmn"&)sodara"ku sering ngrasani negara, pjabat aparat&wakil. emg kelakuannya therlalu sih (sebagian bnyk) mereka. jadi terus menghujat. Eh, tpi aq sndiri lupa. kelakuanku kurang lebih sama.11 12 Cik

Yusuf Ridho

Di Tiongkok ada peribahasa terkenal "Kalau minum air, jangan lupa sumbernya." Rasa-rasanya, pepatah itu juga sudah saya amalkan tiap hari. Saya selalu mendoakan kebaikan, keselamatan, kesehatan, rezeki halalan thoyiban waasi'an kepada orang yang telah memberi saya "air" maisyah (pekerjaan) sehingga bisa tetap menyambung kehidupan. Sebab, dari tangan merekalah Tuhan menyalurkan rezekinya. Tuhan Maha Hidup dan memuliakan setiap insan pemelihara kehidupan.

Leong Putu

"Kalau minum air, jangan lupa sumbernya" peribahasa itu sudah saya amalkan sejak dulu, terlebih sejak nikah. Sebab kalau saya lupa, bisa bisa istri jadi marah. "Tagihan air membengkak" katanya. ##air pam sumber Umbulan

Mirza Mirwan

Setelah baca CHD "Mata Air" tadi pagi saya sudah berniat tak hendak berkomentar. Tapi begitu balik dari jogging, sambil sarapan saya baca deretan komentar yang baru 30-an, di antaranya komentar Bung Juve Zhang yang menulis bahwa Jackie Chan tak bisa baca. Terpaksa saya menulis komentar ini. Kebetulan saya punya buku otobiografi Jackie Chan: "I am Jackie Chan: My Life in Action" yang ditulis Jackie Chan bersama Jeff Lang. Bukunya sangat tebal, 416 halaman. Jackie yang lahir tahun 1954 menghabiskan masa kecilnya di rumah Konsul Perancis di British Hong Kong. Ayahnya yang pelarian dari Tiongkok bekerja sebagai juru masak. Jackie kecil disekolahkan di Nah-Hwa Primary School, tapi karena tak naik kelas lantas dipindahkan ke sekolah drama, Peking Opera School. Di sekolah ini Jackie akrab dengan Sammo Hung dan Yuen Biao. Ayahnya lantas emigrasi ke Australia -- Jackie dan ibunya tetap di Hong Kong -- dan menjadi kepala koki di kedutaan Amerika, Canberra. Jackie dan ibunya menyusul ke Australia tahun 1971, sekolah di Dickson College yang lama belajarnya 2 tahun. Setelah belajar di tiga sekolah -- SD Nah-Hwa, Sekolah Opera Peking, dan Dickson College -- masak iya Jackie Chan tak bisa baca. Itu saja. Tabik.

Johannes Kitono

Universitas Ma Chung adalah bukti nyata para alumni tidak merupakan tempatnya menimba ilmu. Suatu sumbangan nyata yang harus dihargai. Apalagi diikuti oleh bea siswa untuk masyarakat kurang mampu di sekitar Malang. Ketika mengikuti kompetisi tenis antar perguruan tinggi. Rombongan ASTA-UI pernah menginap di Mess atau asrama Univ Brawijaya. Memang bersih, tertata rapih dan biayanya murah. Seolah-olah tempat mahasiswa praktek aplikasinya ilmu manajemen yang dipelajarinya.Sayang tidak lama nginap disana, team UI kalah. Yang selalu juara adalah UNDiP. Disana ada Handiman ex pemain nasional yang pernah juara double Asian Games tahun 1978 dan 1982.Guyon teman-teman, FT Undip punya jurusan Tenis dan coah Handiman adalah alumninya. Selamat buat kota Malang yang telah menjadi kota mahasiswa terbesar di Indonesia. Semoga sesudah lulus bisa langsung kerja dan tidak berlinang air mata karena nganggur.

Agus Suryono

KALAU tahun ini mahasiswa baru UB yang masuk sampai 18 ribu.. Maka 3-4 tahun yang akan datang, jumlah yang harus diwisuda ya sekitar 18 ribuan itu.. Kalau setahun dijadwalkan 4 kali wisuda, maka sekali jadwal wisuda, jumlah wisudawan adalah 4.500 orang. Kalau sekali jadwal wisuda dilaksanakan 2 hari, pada hari Sabtu dan Minggu, maka satu kali/satu hari wisuda adalah 2.250 mahasiswa. ###Aumes abres obmuj.

Jimmy Marta

Membaca tentang Universitas Brawijaya Malang, perasaan sy antara kagum dan penasaran. Kagum dg big campusnya. Penasaran bgmn proses akademik dg jumlah mhs jumbo itu. Ada perbedaan data yg sangat signifikan antara sajian chd (100 ribuan), dg data ub.ac.id. Disitu total mahasiswa UB th akademik 2023 berjumlah 60 ribuan. Dg mhsw baru sama dg data abah, 18.ribuan. Jika menyimak dunia pendidikan -khususnya big campus UB ini- perhatian terbesar kita tentu mengenai kualitas. Salah satunya bisa dilihat dari rasio jumlah dosen dan mahasiswa. Dari situs yg sama -ub.ac.id- disebut jumlah doktor 1017 orang dan 260 profesor. (Sayang yg S2 gk disebut, hingga total nya gk didapat). Berapa rasio mhsw dg dosen di UB?. Saya masih penasaran, apa itu ada di angka ideal...!. Sekadar komparasi sj, ada si putri yg kuliah di PTN BH di kota saya. Kelasnya ramai, 48 mahasiswa. Jk rasio ideal 1:30 (ditulis bg US), ini tentu 150% dari rasio ideal.. Dalam artikel chd bbrp waktu lalu, kita pasti prihatin dg pola kualifikasi PTN skrg. Terutama dg status berbadan hukum itu (PTN-BH). Implikasi nyata yg terlihat adalah ngejar setoran, alias harus surprise hidup mandiri. Terima mahasiswa sebanyak2nya, hasilkan pendapatan sebesar2nya. Hanya dg itu hidup bisa berlangsung. Benar begitu? Mudah2 an saya salah.

MULIYANTO KRISTA

Uang kost di Malang asumsinya Rp 300 rb/bln, yang bener saja pak Agus? Kost anak saya perbulan Rp 650rb, itu termasuk standar minimum layak menurut saya pak. Yang di atas sejuta perbulan juga banyak sekali kok. Jadi kalau diambil titik tengah antara kost yang paling murah dengan yang kost eksklusif ya di kisaran Rp 750rb perbulan lah.

Agus Suryono

MALANG DALAM ANGKA. (Halmuynesret Atok Ngalam). MAHASISWA: Jumlah mahasiswa= 1 juta. Jumlah perguruan tinggi: Swasta= 57. Negeri= 3. Total= 60. UANG SPP MASUK: Per semester= 1 juta x Rp 6 juta (asumsi)= Rp 6 Trilyun. Per tahun= 2 x Rp 6 Trilyun = Rp 12 Trilyun. UANG KOS MASUK: Dari 1 juta mahasiswa, dianggap 800 ribu adalah pendatang. Uang kos per mahasiswa Rp 300 ribu per bulan. Maka uang masuk per bulan = 800 ribu x Rp 300 ribu = Rp 240 Milyar. Per tahun = 12 x Rp 240 M = Rp 2,8 Trilyun. PENERIMAAN WARUNG MAKAN.. Kalau dari 800 ribu mahasiswa dianggap sehari makan 3x. Dan sekali makan Rp 10 ribu. Maka pengeluaran makan warungan: Per bulan= 800 ribu x 30 hari x 3 kali x Rp 10 ribu = Rp 720 Milyar. Per tahun= 12 x Rp 720 M = Rp 8,6 Trilyun. TOTAL PER TAHUN: Hanya dari 3 komponen itu saja, tambahan uang beredar di kota Malang adalah Rp 23,4 Trilyun.. ###Akam: Halmuynesret Atok Ngalam..

Xiaomi A1

Samurai The Reds.. Sangatlah menggembirakan melihat timnas, baik senior maupun u23 meraih hasil2 positif dalam 2 hari terakhir.. peringkat indonesia di fifa pun akhirnya merangkak naik ke 147.. Namun pagi ini berita paling mengejutkan dari fifa matchday adalah Jepang berhasil bermain solid dan menjungkalkan Jerman 4-1 di stadion volkswagen arena-wolfsburg. Memang sudah cukup lama pemain2 Jepang menjadikan liga jerman sebagai pintu masuk untuk berkarir di sepakbola eropa. Skuad Jepang yg mengalahkan jerman ini nilai nya memang bukan kaleng, berdasarkn data situs transfermkt tim samurai biru saat ini memiliki market value 4,1 triliun rupiah (timnas senior indonesia berkisar 150 miliar rupiah), kbetulan indonesia dan jepang akan berada di grup yg sama di piala asia januari nanti. Kapten jepang Wataru Endo, saat ini bermain di Liverpool, klub favorit nomor 2 Abah DIs (nomor 1 tentu bajul ijo). Endo baru pindah ke The Reds dari Vfb Stuttgart di musim panas kmarin, nilai transfernya gak main-main, 346 miliar rupiah (transfermkt), saya jadi penasaran mencari apa yg membuat Jurgen Klopp sangat kepincut dengan Endo yg sebenarnya hanya ber-value 113 miliar rupiah, usianya yg sdh 30 thn pun tdk muda lagi. Ternyata beberapa thn terakir ini, data2 statistik endo sangat bagus, bahkan dia adalah pamain yg paling banyak menjadi starter di liga jerman dlm 3 thn trakir. Posisi Endo secara default adalah defend midfld, smoga Marc Klok dan Ricky Kambuaya bisa mengimbanginya di AFC cup nanti..

Komentator Spesialis

Ternyata tidak seperti ramalan ngawur Chandra Adiwana, Malang tidak malang tetapi bernasib mujur. Bahkan ada Kali Malang yang memberikan supply air kepada penduduk dari Purwakarta, Karawang, Bekasi sampai Jakarta.

Komentator Spesialis

Kalau di kota Malang saja jumlah mahasiswa ada 1 juta, saya bisa bayangkan suatu saat mereka akan kekeringan ide dan gagasan untuk membuat skripsi agar bisa lulus. Ini akan menjadi permasalahan baru yang cukup pelik. Tetapi anda tidak perlu kuatir. Dalam era teknologi AI ini, membuat skripsi sangat mudah. Yang diperlukan hanya membuka ChatGPT dan menyusun dan merangkai kata kata.

Fiona Handoko

selamat siang bp thamrin, bung mirza, bp prof pry dan teman2 rusuhwan. johnny menulis surat utk istrinya. istriku sayang. km pasti paham bahwa saya memiliki kebutuhan tertentu yg tidak dapat anda penuhi. karna usiamu sudah 57. saya menghargaimu sebagai istri yg baik. maka setelah membaca surat ini. harap jangan salah mengartikan fakta bahwa saya akan berada di hotel hilton bersama anne, sekretaris saya yg berusia 19. tolong jangan marah, saya akan pulang sebelum tengah malam. ketika johnny pulang larut malam. dia menemukan surat berikut di meja makan. suamiku sayang. terima kasih atas kejujuranmu. dalam kesempatan ini, saya juga mengingatkan. bahwa usiamu pun sudah 57. seperti yg anda tahu. saya adalah dosen matematika. saya memberitahumu bahwa saat km baca surat ini. saya sedang di hotel hyatt bersama michael. salah satu mahasiswa saya dan juga atlet binaraga. dia masih muda, jantan dan seperti sekretarismu. berusia 19. sebagai usahawan sukses. km tentu paham bahwa kita dalam situasi yg sama. walaupun ada perbedaan kecil. bahwa dari 19 ke 57 akan lebih banyak berproduksi dan lebih banyak memberi. daripada dari 57 ke 19. maka saya akan pulang besok pagi dan tolong jangan marah. 

Leong Putu

Si 4T merayakan ultah di tengah lautan manusia. Berjaket merah dipadu celana jeans biru dongker. Yang jadi perhatian saya : cara niup lilin kue ulang tahunnya itu lho....kayak baru pertama kali niup lilin ultah....wkwkwk... Ngetarani lek nang omah pas ultah cuman dimasakno opor ayam, ora tau onok kue tart + lilin....wkwkwk...

Komentator Spesialis

Dari kalkulasi kasar perusuh Pak @Agus Suryono dibawah, kita baru sadar bahwa potensi perputaran uang dari 1 juta mahasiswa di Malang sangat besar. Yaitu : Rp 23.3 Trilyun. Tentu ini jumlah yang sangat besar. Bahkan lebih besar dari kekayaan seluruh perusuh digabung sama penulis dan segenap staf CHD saya kira, wkwkwk.... Saya hanya bertanya, kenapa APBD kota Malang "hanya" Rp 2.8T dengan PAD cuman Rp 566 Milyar. Alias tidak sampai 10% dari bisnis per Mahasiswaan ini. Lalu kemana larinya perputaran uang tersebut ? Mungkin Malang bisa minta ke pemerintah pusat kenaikan dari pembagian transfer dana ke daerah. Dari potensi uang SPP Rp 12 T an, tentu sebagian disetor ke pusat terkait status UB sebagai BHP misalnya. Atau mungkin berupa pajak pajak lain terkait kos kosan dan konsumsi. Anda tahu bahwa seperti PPN misalnya, sudah dinaikkan 1% menjadi 11%. Jangan sampai hanya pusat yang menikmatinya.

Er Gham

Orang tua tahu anaknya korupsi. Istri apalagi. Anak yang sudah dewasa mulai curiga. Tetangga diam saja. Sanak famili ikut seneng aja, karena yang koruptor loyal dengan keluarga besar. Susah memang kalo korupsi sudah menjadi budaya dan hal yang lazim dilakukan.

Er Gham

Satu juta di Malang. Mungkin di Yogya ada sekitar 400 ribuan. Bandung sekitar 150 ribuan. Belum kota kota lain, seperti Semarang, Solo, dan Jakarta. Berapa kira kira yang akan jadi koruptor. Minimal yang ASN mark up proyek kecil kecilan dulu, dan kawan mahasiswanya yang kerja di swasta yang kasih gratifikasinya. Berapa kira kira? 100 ribu koruptor akan lahir? Yang tertangkap KPK sih cuma belasan. 

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda