Sang Begawan Media

Visa Emas

Chief Executive Officer (CEO) OpenAI, Samuel Altman, menjadi orang asing pertama yang mendapatkan Golden Visa RI usai diundangkan akhir Agustus 2023.(FOTO: istimewa - tempo.co)

COWASJP.COMTELAH LAHIR: golden visa. Di Indonesia. Bayi pertamanya: Sam Altman. Orang Amerika Sarikat. Genius. Kaya. Baik hati. Yahudi. LGBT.

Samuel adalah pendiri aplikasi yang sering Anda pakai itu, Chat GPT. Dengan golden visa ia bisa datang ke Indonesia kapan saja. Tidak perlu antre di imigrasi. Karpet merah telah digelar untuk anak muda itu: umur 38 tahun. Juga untuk siapa saja yang akan mendapat golden visa berikutnya.

Sudah banyak negara lain yang memberikan golden visa serupa pada orang asing. Yakni negara-negara yang ingin orang kaya mau membawa modal ke negeri mereka.

Untuk Indonesia syaratnya sederhana: mau berinvestasi sebesar USD 5 juta. Atau setara dengan Rp 75 miliar. Itu untuk golden visa selama 10 tahun. Atau cukup separonya. Dengan golden visa 5 tahun.

Di Singapura, di puncak lock down Covid-19 lalu tidak hanya golden visa. Singapura saat itu memberi izin khusus kepada 250 orang kaya Indonesia. Mereka bisa datang ke Singapura di tengah lock down. Disediakan prosedur khusus di kedatangan mereka.

Indonesia tidak hanya mengharapkan uang dari Samuel Altman. Juga otaknya. Ia adalah genius. Ia cerdas dalam membuat  kecerdasan buatan (artificial intelligent). Indonesia harus menyiapkan diri memasuki zaman baru. Memang belum ada penjelasan apa saja yang akan dilakukan Samuel di sini. Toh waktu untuk Indonesia tidak akan banyak. 

Jabatan terakhir Samuel adalah CEO OpenAI. Yakni sebuah perusahaan riset AI di Amerika. OpenAI punya misi khusus di bidang pengembangan kecerdasan buatan. OpenAI lebih fokus pada pengembangan ''kecerdasan buatan umum''. Yakni terbentuknya kecerdasan buatan yang lebih cerdas dari manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Salah satu produk awal dari OpenAI adalah GPT-1. Angka 1 mengindikasikan akan lahir GPT-2 dan seterusnya. GPT adalah  singkatan dari generative pre-trained transformer. Yakni untuk meningkatkan kecerdasan umum tahap awal: di bidang bahasa. Jangan sampai ada orang yang tidak bisa berbahasa Inggris mengalami kesulitan memahami penjelasan dalam bahasa Inggris. Atau bahasa apa saja. Termasuk bahasa lokal yang sangat sulit diterjemahkan seperti bahasa Swahili yang dipakai penduduk Tanzania.

Sampai sekarang sudah lahir GPT-2, GPT-3, GPT 3,5, dan GPT-4. Lalu ChatGPT. Yang terakhir itu begitu diluncurkan, Desember 2022, lebih 1 juta orang menggunakannya:  hanya dalam waktu 5 menit pertama.

Harusnya saya termasuk yang perlu menggunakan ChatGPT. Tapi belum. Dengan ChatGPT saya bisa menjawab banyak pertanyaan perusuh Disway sambil makan durian. ChatGPT bisa menjawab pertanyaan apa saja yang isinya  jawaban manusia. Bukan hanya pertanyaan. Juga interaksi lainnya dalam bentuk chat. Memang terkadang masih ada informasi yang salah. Sistem AI-nya masih belum sempurna.

Misalnya soal mengapa kadang tidak ada komentar pilihan di Disway. Saya tidak bisa membayangkan seperti apa jawabannya bila yang menjawab ChatGPT. Padahal jawaban saya sederhana: sudah memilih, lupa mengirim. Atau sudah dikirim terselip di redaksi. 

Masih banyak lagi yang dihasilkan OpenAI dan si pemegang pertama visa emas Indonesia. Semuanya bisa membuat manusia tidak perlu mikir keras untuk bisa memahami dan mengomunikasikan sesuatu.

Di masa kecil Samuel mendapat komputer pertama saat berumur 8 tahun. Dari ibunya: seorang dokter ahli penyakit kulit. Samuel sendiri dilahirkan di Chicago tapi dibawa pindah ke arah selatan ke St Louis, Missouri.

Melihat kemampuannya di bidang komputer Samuel dimasukkan universitas terkemuka di California: Stanford. Ia kuliah di prodi ilmu komputer. Drop out.

Ia pilih mendirikan usaha: mendirikan Loopt. Yakni aplikasi handphone untuk berbagi lokasi dan alamat. Umurnya 19 tahun. Begitu bermanfaat aplikasi itu sampai membuat Samuel bisa mengumpulkan modal lebih Rp 100 miliar dalam sekejap.

Begitu banyak aplikasi yang ia lahirkan. Ia menjadi muda yang kaya raya. Ia vegetarian. Juga dikenal sebagai jemaat prepper. Ini istilah baru bagi saya. Ternyata ada juga orang yang meyakini bahwa bencana bisa terjadi kapan saja. Dari alam maupun dari manusia. Penganut prepper harus selalu siap menghadapi bencana apa saja. Harus bisa selamat.

Karena itu orang seperti Samuel selalu punya cadangan makanan, air, gas, obat antibiotik, masker anti gas beracun, dan senjata api. Ia mendapatkan sebagian peralatan itu langsung dari Kementerian Pertahanan Israel.

Satu visa emas sudah lahir. Tentu untuk kelahiran-kelahiran berikutnya akan lebih lancar. Pun bila sekalian kembar 2,3 atau 12. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 5 September 2023: Ridwan Jabar

imau compo

Kalau jadi gubernur lagi saya titip pesan pengelolaan yg lebih baik kota kecamatan Jatinangor. Memang hanya kecamatan tapi dihuni oleh 100 ribuan mahasiswa. Mereka bibit terbaik pewaris masa depan negara kita. Kondisi yg ada sekarang sangat buruk, perumahan kos-kosan padat dengan jalan-jalan kecil seperti gang senggol. Saya tidak mimpi Jatinangor bisa dibuat seperti Boulder tempat University of Colarado tapi bisa jadi inspirasi. Jatinangor berundak-undak dengan latar belakang gunung. Sebagai alumni ITB, Kang Emil punya knowledge asset planolog dan planologi yg kaya, manfaatkan aset ini semaksimalnya. 

Echa Yeni

Gangguan jiwa bisa jadi Masih ringan/malah + ngisin"ni.lha daripada sakit jiwa. Kira" para koruptor itu sakit/gang60an jiwa yia..?,kok sptinya malah spt psycho(krezykil*er)githu.lha pembunuhanya spt terstruktur terencana &sistematis gitu.klo gk kaya gitu pasti gwampang ketangkap

Jokosp Sp

Dapat tawaran dari 3 bakal calon DPRD. Hitungannya : Serumah ada 2 suami istri + 2 anak = 4 orang. Kalikan 2 ratus ribu/ kepala. Maka hasil akhirnya = 3 x 4 x 200,000 = Rp 2,400,000,- . Bilang Lik Min..............akadnya minta restu mau nyalon. Minta dicoblos ya nanti. Dasar Lik Min ini orangnya jujur dan lugu, tidak mau ingkar janji. Maka ke 3 calon tersebut benar-benar dicoblos di nomor urutnya. Ha terus apa syah suaranya?. Syah....la sudah sesuai akad kok. Wkwkkkkkkkkk kepalaku jadi kayak belum minum kopi pagi tadi. 

Mirza Mirwan

Tahun 2024 nanti jumlah penderita gangguan jiwa pasti meningkat. Lho, kok...? Bener, lho. Sudah jadi pengetahuan umum kalau untuk menjadi caleg itu butuh duit sak hohah. Seringkali karena yakin bakal terpilih, orang berani mengambil langkah yang riskan: pinjam duit dengan jaminan sertifikat. Atau bahkan menjual rumah, lalu numpang di rumah orangtua atau mertua. Dan ternyata gagal. Sutris, kan? Stres, maksud saya. Pemilu 14 Februari tahun depan itu selain memperebutkan kursi presiden dan wakil presiden juga memperebutkan 580 kursi DPR, 152 kursi DPD, 2.372 kursi DPRD provinsi, dan 17.510 kursi DPRD kabupaten/kota. Totalnya 20.614 kursi. Karena caleg DPD bukan dari parpol, kita kesampingkan. Masih ada 20.462 kursi. Peserta pemilu 24 partai. Artinya satu kursi diperebutkan 491.088 caleg. Taruhlah hanya 25% caleg gagal yang sutris, angkanya masih di atas 100.000 orang. Kalau mau ditambah lagi, tiap satu kursi DPD rerata diperebutkan 5 orang, artinya ada 760 orang berebutan. Berarti yang gagal 608 orang. Tetapi, waini, musim pemilu juga menjadi musim panen bagi Man Soli, Man Jais, Dalban, Rusbat, dan lain-lainnya. Biasanya mereka dapat beberapa amplop. Hanya saja mereka itu pintar. Yang memberi amplop malah tidak mereka pilih.

thamrindahlan

Setuju setiap perubahahn baik berupa perubahan budaya maupun sarana prasarana wajib hukumnya berdasarkan azas kebermanfaat untuk orang banyak. Tidak dilarang ada ambisius pribadi ingin menginggalkan jejak sejarah asalkan azas manfaat tidak dikesampingkan. Itulah sebabnya setiap rencana perubahan harus dimulai dengan satu gagasan atas hasil penelitian berbasis study kelayakan . Tujuannya Bang Jimmy Marta sudah lebih paham. Antara lain agar tidak jatuh ke pepatah "abis arang besi binasa" alias sia sia,... Salam Literasi. 

mzarifin umarzain

Insinyur mesin praktekkan suatu gerakan. Rencana gerakan, sumber gerakan, pusat gerakan, macam2 gerakan serentak, menyatukan gerakan, hasil/produksi gerakan, evaluasi hasil.
 
Amat K.

Saya kagum dengan arsitek. Arsitek itu hebat. Dapat menjadi pemimpin yang hebat pula karena filosofi-filosofi yang dianutnya. Arsitek terbiasa bekerja dengan road map. Bahwa suatu visi mesti direncanakan. Kemudian digambarkan secara jelas dan rinci sebelum melaksanakannya. Arsitek itu visioner. Pemikirannya jauh ke depan. Bangunan-bangunan monumental sekarang yang menjadi peninggalan masa lalu adalah buah karya arsitek. Arsitek adalah orang yang teliti (cermat). Penuh perencanaan. Dia sangat memperhatikan hal-hal kecil karena sesuatu yang besar pasti dibangun dari hal-hal kecil. Dalam merancang suatu bangunan, seorang arsitek harus tahu dan mengetahui kekuatan, kelemahan, dan sifat-sifat lain berbagai bahan bangunan yang akan dipilihnya. Arsitek juga tahu bagaimana sebuah struktur bekerja ketika diberi beban atau tekanan. Arsitek penuh perhitungan dan pasti pandai berhitung. Dia punya latar belakang ilmu geometri, matematika, fisika, yang semua ada hitung-hitungan. Memang, sebelum mengambil sebuah keputusan, tidak bisa grasah-grusuh, sat set sat set. Semua perlu diperhitungkan baik buruknya. Arsitek adalah seniman. Dia berjiwa seni. Arsitek juga bisa membuat karya yang bernilai estetika. Seringkali karya-karyanya mengundang decak kagum. Megah. Juga indah. Seorang arsitek memang cocok menjadi pemimpin hebat. Ir. Sukarno.
 
Er Gham

Pohon. Pohon pohon besar wajib ditanam di seluruh provinsi Jabar. Di kota kotanya. Apalagi di daerah industri, seperti Karawang, Subang, Purwakarta. Siapa pun gubernurya nanti, tanam pohon pohon besar harus diprogramkan. 
 
Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp jokosp, bp jimmy dan teman2 rusuhwan. bagus mengunjungi kakeknya yg berusia 88 th di panti jompo. "bagaimana kabarmu kakek?" tanya bagus. "semua baik baik" kata orang tua itu. "seperti apa menu makanannya?" "hebat dan lezat." "dan susternya?" "sempurna. suster muda ini betul2 menjagaku." "kakek bisa tidur dengan nyenyak?" "pulas sekali. tiap jam 22, mereka memberikan saya secangkir coklat hangat dan sebutir viagra. membuat saya terlelap hingga jam 7 pagi." bagus bingung dengan hal ini. buru2 dia menanyai suster yg bertanggungjawab. "apa yg anda lakukan?" tanya bagus. "saya diberi tahu bahwa anda tiap malam memberikan viagra kepada kakek berusia 88 th. apakah itu benar?" "o yaa", jawab suster. "tiap malam jam 22, kami memberinya secangkir coklat hangat dan sebutir viagra. hal ini bekerja dengan baik. coklat membuatnya tidur nyenyak. dan viagra mencegahnya untuk berguling jatuh dari ranjang."
 
Er Gham

Kenapa sich, disebut di media harus punya NYALI. Apakah memang akan berhadapan dengan setan yang berdiri mengangkang. 
 
Juve Zhang

Idealnya ahli Tata Negara dan Tata Kota jadi Bupati dan Walikotà di semua wilayah Kota besar. Malu kalau lihat ke negara lain coba angkutan kota nya bagus bagus dan banyak. bahkan di KL ada jurusan di pusat kota nya bukit bintang .pasar seni .petronas tower .bis bis kota bagus hilir mudik Gratis wkwkwkwk. Khusus untuk menarik turis walau penumpang lokal malah lebih banyak wkwkkwkwk. Di kita sangat sedih angkot sudah gak di urus. Pada kadaluarsa. Akhirnya penumpang makin dikit beralih ke Motor. Jadi nya kota Motor.di seantero peloksok negeri. Motor jadi urat nadi ekonomi rakyat. Transport publik di mancanegara semua rata rata milik publik company atau bumn. Jarang milik pribadi. Disini ada yg punya 1.2.3 atau puluhan angkot. Ujung ujung nya gak ke urus. Bangkrut dll. Grab dan gojek dll mengisi ceruk kekosongan publik transport massal. Baru era Jokowi ada MRT. LRT yg disambut meriah dengan lubernya penumpang. Kita ketinggalan dari segi angkutan masal umum. Ayo kejar dengan angkutan masal kota kota besar lainnya.
 
Jimmy Marta

Embun siang. Siapa merasa berdiri di atap langit, akan cenderung . merendahkan bumi. Siapa merasa berdiri berpijak bumi, akan menjunjung langit. Mengapa tak mendudukkan diri dibumi, sembari menatap langit. - Rino Desanto
 
Jimmy Marta

Sang embun pagi lagi kemana, ya?. Bbrp hari gk unjuk hidung?. Padahal kita butuh embun pagi tetap menyiram bumi, biar udara menjadi sejuk. Bahkan kita ingin embun menjadi lebih banyak butiran. Hujan. Yang membuat kabut asap bisa hilang. Udara sehat, kt terhindar dari ancaman ispa.
 
Leong Putu

Mendung tak berarti hujan! Pamer tak berarti sombong, aku lho mek gur pamer. Gak ada niatan sombong. Kalau pamer itu sama dengan sombong, berarti pameran rumah dan mobil itu sombong dong? Wkwkwk... Gaji ke 13 gaji ke 14, otw......
 
doni wj

Baru baca komen pilihannya Pak Mirza. Saya jadi ngitung2. Kalau EVM itu 2jt per buah. Masa kalau beli untuk 802.141 TPS x 3 harganya tetap sama? Taruhlah jadi 1,7jt. (Awas hati2 main di pengadaan). Tambah laptop 4jt. Tambah bilik kardus. 1 TPS total 10jt. Untuk seluruh TPS total 8,22 T. VVPAT kalo yg dipakai di Indiana Amrik, per kabupaten $1,2jt ato 18 M, x 514 Kab/Kota = 9,25 T. Saya yakin yg made in Tiongkok paling pol harganya 1/3nya. Server kita bikin hitungan lebih. Katakanlah sekelas perusahaan server terbesar di Indonesia, DCII. Pada 2023 DCII melaporkan aset tidak lancar sebesar 2,83 T. Dah, siap uang segitu nggak bakal ada alasan untuk KPU kekurangan uang untuk biaya server. 8,22 + 9,25 + 2,83 = 20,3 T. Katakanlah untuk mengkompensasi biaya yg dikeluarkan untuk daerah terluar dan sulit sinyal 10 T, termasuk mempertahankan yg pakai sistem coblos gambar 1 terong dan 2 telur. Artinya untuk menyelenggarakan Pemilu digital, alat yg dibutuhkan senilai 30 T. Biaya kerja personel jelas akan berkurang. Biaya saksi per TPS juga akan anjog. Atau malah hilang. Kalo semula selesai 1 bulan, bisa jadi tidak akan sampai 1 minggu. Ekstrimnya, 1 hari pun bisa. Anggaran 108 T bisa untuk 3X Pemilu. Memang untuk hal2 baru dan revolusioner itu yg biasanya akan dilihat adalah hambatan2nya. Agar sistem yg lama tidak perlu diganti. Bukan peluang2nya.
 
*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda