Sang Begawan Media

Utang Biasa-biasa

Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (FOTO: shutterstock.com)

COWASJP.COMKETIKA tulisan ini saya buat, perang urat saraf masih menegangkan. Padahal uang pemerintah akan habis tanggal 1 Juni nanti. 

Pemerintah sudah mendesak agar DPR mengizinkan kenaikan plafon utang negara. Tanpa persetujuan itu dana kesehatan dan jaminan sosial tidak bisa dibayarkan lagi. Demikian juga sebagian gaji dan cicilan utang negara. Berarti Amerika gagal bayar –untuk kali pertama. 

Maka kalau sampai DPR tetap tidak memberi izin, Presiden Joe Biden disarankan membuat sejarah baru: menggunakan amandemen ke 14 konstitusi Amerika. Yakni menambah utang tanpa persetujuan Kongres. Alasannya bisa konstitusi juga: agar tidak gagal bayar utang. 

Biden sendiri masih optimistis pada saatnya nanti DPR akan setuju. Apalagi batas habisnya uang pemerintah ternyata bukan 1 Juni. Masih ada dana darurat yang bisa dipakai untuk keperluan lima hari. Berarti kas pemerintah baru benar-benar habis tanggal 5 Juni. 

Biden yakin Republik akan setuju tidak akan membiarkan Amerika dalam bahaya. Biden sendiri sudah menegaskan tidak akan menggunakan Amandemen ke-14. Agar tidak terjadi  pertengkaran akibat multi tafsir atas pasal 4 amandemen itu. Salah-salah Biden bisa di-impeach DPR. 

Amandemen ke-14 UUD itu sendiri dilakukan 150 tahun lalu. Isinya sebenarnya tentang status orang kulit hitam. Bekas budak. Mereka mulai diakui sebagai warga negara dan dijamin hak-hak kewarganegaraan mereka. Tapi di pasal 4 nya menyebutkan, secara tidak langsung, bahwa Amerika Serikat harus membayar utang-utangnya.

Amerika, tanpa menambah plafon utangnya, tidak mungkin bisa membayar utang yang sudah jatuh tempo. Atau anggaran untuk pembangunannya dipotong drastis. Termasuk anggaran untuk pegawai pemerintah, jaminan kesehatan, dan jaminan untuk orang miskin.

Utang Amerika kini sudah mencapai USD 31 triliun. Dalam 10 tahun terakhir saja naik USD 13 triliun. USD 8 triliun di masa kepemimpinan Trump dan USD 5 triliun di masa Biden yang masih dua tahun. Bunganya saja tiap tahun sekitar USD 800 miliar.

Meski suku bunga di Amerika sangat rendah, banyak negara pilih menyimpan uang di obligasi Amerika. Aman. Tidak mungkin gagal bayar. UUD-nya menjamin itu: di pasal 4 amandemen ke 14. Suku bunga di sana sekitar 2 persen. Baru belakangan naik menjadi 2,7 persen. 

Amerika sudah punya utang sejak negara itu merdeka: 1776. Yakni utang untuk membiayai perang kemerdekaan: USD 75 juta. Itu catatan tahun 1791.

Utang itu naik menjadi USD 1 miliar di tahun 1863. Lonjakan terbesar terjadi juga karena perang. Yakni perang untuk memadamkan pemberontakan separatisme. Tahun itu Texas dan 13 negara bagian lain di kawasan selatan ini merdeka dari Amerika. 

Pun ketika terjadi perang dunia pertama dan kedua. Angka utang itu naik dari juta ke miliar dolar. Perang Afghanistan, Irak dan seterusnya membuat miliar itu menjadi triliun. Krismon 2008 dan Covid-19 triliun itu menjadi puluhan triliun. Puncaknya sekarang ini: 31 triliun. 

Tidak ada yang bisa disalahkan. Setiap pemerintahan di sana selalu menambah utang. Baik pemerintahan Republik maupun Demokrat. 

Pergantian milenium adalah kenangan yang mudah diingat untuk belajar tentang utang Amerika. Tahun 2000 itu, PDB Amerika mencapai USD 16 triliun. Utangnya juga mencapai USD 16 triliun. 

Sekitar tahun itulah rasio utang Amerika dibanding PDB-nya mencapai 100 persen. Dan kini, menjadi hampir 200 persen. Anda pun bisa horeeee: Indonesia baru 50 persen. 

Suatu saat utangnya pada Tiongkok saja mencapai USD 1,5 triliun. Belakangan Tiongkok terus menurunkan utang itu. Kini 'tinggal' 800 miliar dolar. Tinggal Jepang yang masih menaruh uang lebih USD 1 triliun di Amerika. 

Dulu Tiongkok selalu menyimpan uang kelebihannya untuk membeli obligasi negara Amerika. Aman. Stabil. Belakangan Tiongkok melihat dolar tidak akan terus terlalu kuat. Maka kelebihan uang Tiongkok ditanam di infrastruktur. Juga ditanam sebagai investasi di negara lain, dengan resiko macet.

Kini pemberi utang terbesar Amerika adalah (empat besar):
Jepang, Tiongkok, Inggris dan negara kecil Belgia.

Hebatnya Amerika, total utang ke negara lain itu hanya 25 persen dari total USD 31 triliun. Selebihnya dari dalam negeri. Maka betapa kaya swasta di Amerika. 

Kalau tanggal 1 Juni depan Kongres tidak menyetujui penambahan plafon utang lagi  maka pilihan-pilihan buruk itu terjadi: tidak bisa bayar utang, atau anggaran untuk gaji, kesehatan dan kemiskinan dipotong besar-besaran. Rakyat miskin akan sangat menderita. Kemungkinan lain, untuk kali pertama Amerika gagal bayar utang.

Soal plafon utang itu selalu dijadikan tawar-menawar politik. Terutama ketika mayoritas Kongres dikuasai partai oposisi. Seperti sekarang ini. Atau di zaman Presiden Barack Obama. Presidennya Demokrat, DPR-nya Republik. 
DPR-nya mengunci pemerintah. Agar sulit bergerak.

Sudah sering terjadi: pemerintah dan DPR beda partai. Rakyat Amerika senang seperti itu. Agar saling ada kontrol. 

Sudah lama pula utang harus selalu dinaikkan agar bisa membayar utang lama. Tapi Anda masih ingat: DPR mulai mengunci pemerintah seperti itu belum lama. Baru terjadi, kali pertama, ketika Anda sudah besar: di zaman Obama.

Republik memang tidak suka Demokrat. Lebih tidak suka lagi ketika demokratnya kulit hitam. Padahal ibu Obama adalah kulit putih asli Kansas. Kristen. Dan cara berpikir Obama, dan bicaranya, sudah seperti kulit putih.

Obama diganjal habis. Terutama karena Obama menemukan cara untuk mengatasi kesehatan kelompok miskin. Lewat program yang Anda sudah hafal namanya: Obama Care.

Apakah kini Biden juga akan dipermalukan melebihi Obama? Masih ada waktu tiga hari untuk negosiasi antara Presiden dan DPR.
Ups... Masih 8 hari. Tanggal 1 Juni nanti ternyata masih ada ''sedikit'' uang di pemerintah. Masih USD 39 miliar. Masih cukup untuk bayar gaji dan kewajiban lain. Uang itu baru akan habis tanggal 5 Juni.

Awal Mei lalu uang itu masih USD 316 miliar. Minggu lalu tinggal 60 miliar. 

Tapi, menurut Menteri Keuangan Janet Yellen, tanggal 1 dan 2 Juni nanti perlu mengeluarkan uang 130 miliar dolar. Hanya saja ternyata masih ada dana lain yang busa digunakan sebesar USD  67 miliar. Nah, tanggal 5 Juni kas menteri keuangan benar-bwnar habis. 

Tapi rakyat Amerika tidak ada yang peduli. Rakyat Amerika begitu percaya diri. Menurut mereka semua itu hanya urusan para politisi. Rakyat biasa biasa-biasa saja. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 28 Mei 2023: Periode Teflon

Rffnaaa Tharyyy

Emboen sore kenapo engkau saat ini tak muncul-muncul dari permukaan lautan hari ini, engkau seperti sunset hanya muncul satu kali aja, setelah itu menghilang hanya sekejap mata. Ooohhhh begitu sangatt indahnya engkau...

Riyono ,SKP

Engkau Menetes BUkan Nangis

Otong Sutisna

Embun kenapa pagi ini dikau tidak muncul, mungkin karena semalam habis tempur habis - habisan. Begitu matahari sudah tinggi pun, kenapa pula belum muncul....oh embun, ternyata dikau masih meneruskan olahraga ronde kedua. Hmmm.... mungkin kah dikau muncul di siang hari, ketika lutut ini sudah bergoyang kelelahan.... Kuat lah oh embun, jangan kalah sama angin, apalagi sampai masuk angin .... Cepatlah minum tolak angin, biar disebut orang pintar...

Leong Putu

Dari jam empat ku nanti Emboen. Sampai kini dia tak kunjung tiba. Di manakah gerangan ia berada ? Emboen bilakah engkau ingkar janji ?

m note

dulu yg dapat julukan teflon man adalah mantan pm pakistan imran khan, tp nasibnya kurang bagus. semoga erdogan lebih baik, karena meski sama2 teflon kadang beda merek beda kualitas.

Leong Putu

Saya gak takut istri. Cuma sayang. Terlalu sayang, sampai apa pun keinginannya akan saya turuti. Demi cinta..hhhhh (tertawa sombong)

Yusuf Ridho

Semua perempuan memang harus "ngutang". Bahaya kalau tidak "ngutang". Justru aneh kalau laki-laki yang "ngutang". Laki-laki haram "ngutang". "Ngutang" khusus untuk perempuan.

Xiaomi A1

Di Manado, dalam suatu acara (di sesi santai/ramah tamah) jika anda menyanyikan lagu2 golden sweet memories semacam ini dgn baik, pasti akan ada saja tamu undangan yg secara spontan maju berpasangan untuk berdansa.. jika suara anda bagus, seringnya pemain musik akan auto me-medley-kan.. Salah satu lagu yg populer disana..Since You've Been Gone..

Juve Zhang

Calon PM Thailand Masih muda sekali paling 40 an . Pita Lim , koalisi sama pheu Thai pimpinan anak Thaksin dan partai ketiga besar ini partai ketiga yg paling gila , akan melegalkan Ganja, siap siap saja banyak anak muda kita Ganjais bukan Ganjaris yg akan wisata isap isap ganja sambil bernyanyi dengan ladyboy thailand. Zaman purbakala saya backpekeran ke Thailand dan hampir di jebloskan ke penjara di Bangkok gara gara bodoh dan dungu bawa duit dolar 100 an yg palsu ketahuan ketika ke money changer di bangkok, padahal itu menukar nya di sini. Gila banget kecerobohan yg tak paham duit asli dan palsu dan hampir makan korban di bui di bangkok .wkwkwkwk

Mirza Mirwan

Kapan itu saya pernah menulis bahwa perasaan saya mengatakan bahwa Recep Tayyip Erdoğan akan memenangi pilpres Turkiye 2023. Tetapi saya tidak berani memastikan bahwa Erdoğan pasti menang. Pemilik kekuasaan adalah Tuhan. Dan lagi, Kemal Kiliçdaroğlu sudah bekoar akan memenangi putaran kedua. Tetapi saya membayangkan, kalau toh Kiliçdaroğlu benar-benar memenangi potaran kedua, betapa susahnya ia mengendalikan pemerintahan. Hasil pileg 14 Mei yang lalu menunjukkan bahwa Aliansi Rakyat (Halk Ittifaki) yang mengusung Erdoğan memenangi 323 kursi dari total 600 kursi Majelis Agung Nasional -- Büyük Millet Meclisi. Dari jumlah itu yang 263 diraih partai AKP-nya Erdogan. Sementara Aliansi Bangsa (Millet Ittifaki) yang mengusung Kiliçdaroğlu hanya meraih 212 kursi (partai CHP-nya Kiliçdaroğlu meraih 129 kursi). Sisanya, 65 kursi, dimenangi Aliansi Buruh dan Kebebasan (Emek ve Özgürlük). Bagaimana, misalnya, APBN bisa disahkan bila tanpa persetujuan BMM? Padahal bukan hanya APBN yang membutuhkan persetujuan parlemen. Kesulitan yang sama akan dirasakan oleh Anis, Prabowo, atau Ganjar, bila memenangi pilpres 2024, sementara kursi DPR dari partai pengusung tidak mayoritas.

Liáng - βιολί ζήτα

CHDI : "Kata teflon mulai lahir tahun 1940-an. Yakni untuk menyebut material campuran antara nylon dan rayon. Anda lantas mengenalnya sebagai alat penggoreng tanpa minyak." "Teflon" itu merk dagang terdaftar. Materialnya adalah senyawa kimia Poly Tetra Fluoro Ethylene (C2F4)n. Poly Tetra Fluoro Ethylene (C2F4)n atau yang lebih dikenal sebagai Teflon, diciptakan oleh Roy J. Plunkett dari perusahaan DuPont pada tahun 1938. Mulai dipasarkan sebagai produk komersial pada tahun 1946. Selain untuk peralatan masak, Teflon banyak digunakan untuk : - produksi alat kelengkapan lampu, pengukur suhu, serta untuk berbagai macam komponen listrik. - menambah daya tahan, keandalan, dan konduktivitas untuk pesawat ruang angkasa dan satelit. - juga untuk industri tekstil, yang dikenal sebagai Gore-Tex, umumnya untuk wearpack pekerja di pertambangan.

Jimmy Marta

Menjelang pilpres putaran kedua, Erdogan menanggapi pengkritiknya yg menyebutnya semakin meningkatkan polarisasi Turki dg melontarkan argumen bahwa lawan politiknya lah yg telah 'meracun wacana politik'. "Kita akan terus merangkul negara kita yg merupakan cara berpikir yg berasal dari budaya kita", ujar Edogan menegaskan. Ungkapan ini mungkin bisa dipakai di Indonesia juga. Tapi kita berharap mudah2an tidak ada yg meracuni itu. Dalam debat disalah satu tv swasta kemaren lusa, para relawan seperti sepakat bahwa kontestasi pilpres lebih baik berupa adu gagasan dan track record.

thamrindahlan

Sambil olahraga jalan kaki Ahad pagi awak bertanya ke istri apa itu telfon Penjelasan singkat : tempat masak sejenis wajan anti lengket. Awak memaknai Periode Teflonnl sebagai suatu wadah yang aman dan nyaman ditempati atau dipakai oleh siapa saja. Itulah dia Erdogan Presiden Turki yang Yaitu cintai rakyatnya karena mengembalikan Roh Islam di negara setengah Asia setengah Eropa. Salah satu bukti ke khafah an Erdogan yaitu mengembalikan Destinasi Wisata Hagia Sophia menjadi Masjid dengan dizinkannya Umat Islam menegakkan Shalat Jum'at dan Shalat 5 Waktu disana. Setiap Presiden RI adalah takdir Teflon sesuai masa kepemimpinan. Tahun 2014 takdir Teflon itu entah diberikan kepada siapa. Bisa Anies Baswedan Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo. Merujuk Teflon Erdogan awak ingat Mesut Ozil dan Indra Safri. Anda sudah tahu itulah keajaiban sepak bola. Ada invisible hand berperan mutlak disana demikian pula Periode Teflon Presiden RI 2024 2029. Abah lebih paham soal ini atau tanya ke Sheik Panji Gumilang. Salamsalaman.

Ahmad Fahmi

Berdasar putaran pertama pilpres, tiga juta orang Turki yang tinggal di Jerman justru 65,5 % memilih Erdogan, tidak seperti disebut di artikel. Ini sumbernya pak Dahlan https://www.n-tv.de/politik/Warum-ist-Erdogan-inDeutschland-erfolgreicher-als-in-der-Tuerkei-article24149927.html 

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda