Sang Begawan Media

Lebaran Ganjar

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (tengah) bersama Presiden Joko Widodo, Ketua DPR Puan Maharani, Ganjar Pranowo dan Prananda Prabowo berfoto bersama saat deklarasi Calon Presiden dari PDIP di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4/2023). (FOTO: Agus

COWASJP.COMINILAH hadiah Lebaran paling berharga bagi bangsa Indonesia. Khususnya bagi perpolitikan negara ini: partai pemenang Pemilu, PDI-Perjuangan, mengumumkan calon presidennya. Kemarin. Di Istana Batu Tulis, Bogor. Setelah waktu salat Jumat. Di hari ketika Muhammadiyah sudah merayakan Lebaran. Atau sehari sebelum NU merayakannya. 

Presiden Jokowi hadir di acara itu. Bahkan memberi kata sambutan.

Maka orang langsung ingat Prabowo Subianto: bagaimana nasibnya. Ini kesempatan ketiga bagi Prabowo untuk jadi capres. Dengan harapan yang telanjur membubung lebih tinggi. 

Sehari sebelum itu, Prabowo tampak ke rumah Megawati. Fotonya beredar luas di medsos. Di foto itu tampak suasananya sangat menyenangkan. Puan Maharani, putri biologis Megawati, tampak melakukan selfi bersama Prabowo dan ibunyi. Mega tersenyum lepas. Puan tersenyum wajar. Prabowo berwajah gembira.

Foto itu menguatkan dugaan publik bahwa Megawati pun akhirnya mendukung Prabowo sebagai capres. Ini karena Prabowo, belakangan, seperti didukung penuh Presiden Jokowi. Bahkan ada yang mengatakan dengan pahit: Megawati akhirnya melaksanakan ''perjanjian Batu Tulis''.

Di istana itu memang pernah ada perjanjian: tahun itu Prabowo mendukung Megawati jadi capres, periode berikutnya ganti Megawati mendukung Prabowo jadi capres.

Ternyata, periode berikutnya Megawati punya capres sendiri: Joko Widodo. Berhasil jadi presiden. Bahkan dua periode. Konon ''perjanjian Batu Tulis'' itu sudah dianggap gugur dengan sendirinya karena kala itu pasangan Mega-Prabowo gagal menang.

Foto selfi di rumah Mega itu rupanya dianalisis terlalu jauh. Sangkaan Mega pun akan mendukung Prabowo hanya karena akhir-akhir itu banyak pertanda-pertanda Presiden Jokowi memberi angin yang segar ke Prabowo. Ditambah: dugaan bahwa Jokowi sedang kesal kepada Ganjar. Yakni karena Ganjar dianggap sebagai penyebab gagalnya Piala Dunia sepak bola U-20 2023 di Indonesia.

Ganjar memang gubernur kedua yang menyatakan menolak kedatangan tim sepak bola Israel. Yang pertama adalah gubernur Bali. Dua gubernur itu adalah kader PDI-Perjuangan. 

Padahal Piala Dunia adalah ambisi Jokowi yang sangat didukung luas oleh rakyat Indonesia. Pun persiapannya sudah begitu jauhnya. Ibarat pengantin sudah pasang janur kuning. Pengantinnya pun sudah bersolek.

Ditambah: Megawati sendiri seperti kurang sreg mendukung Ganjar. Gubernur Jateng itu seperti pernah disemprit karena asyik mengampanyekan diri di luar garis partai.

Waktu itu semprit dibunyikan oleh tokoh pusat PDI-Perjuangan Bambang Pacul, Mega memang seperti masih mencoba melihat kemungkinan ini: putrinyalah yang lebih baik jadi capres 2024.

Ternyata popularitas Ganjar terus menanjak. Ia mengalahkan capres resmi maupun yang belum resmi. Sedang popularitas Puan tidak pernah beranjak di bawah 5 persen.

Akhirnya Megawati kembali menunjukkan sikap kuatnya: realistis. Ganjar adalah kader partai. Bukan kader kaleng-kaleng pula. Ganjar mungkin lebih kader dibanding Jokowi di masa lalu sekali pun.

Perjalanan Ganjar di partai sangat panjang. Sampai menjadi anggota DPR dan akhirnya gubernur. Pun kalau dilihat dari segi ketaatannya kepada partai.

Ketika disemprit dulu, Ganjar tidak bersikap menantang. Ia undur langkah. Ia tidak pernah menunjukkan kesombongan mentang-mentang hasil surveinya sudah mengalahkan siapa pun. Tidak pernah pula keluar dari mulutnya kata-kata yang bisa membuat multitafsir.

cowas1.jpgSelfi Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo, dan Ganjar Pranowo (yang dideklarasikan sebagai Calon Presiden  dari PDIP) di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). (FOTO: Agus Suparto/ republika.id)

Pun ketika lahir gerakan celeng degleng di Jawa Tengah setelah semprit itu. Ganjar tidak terpancing untuk kelihatan ''tuh lihat dukungan rakyat Jateng''. Celeng vs Banteng pun reda tanpa ada yang ketaton.

Tes tertinggi ketaatan pada garis  partai pun harus segera ia hadapi. Dan rupanya itu tes terakhir menuju capres: membuat pernyataan menolak kedatangan tim Israel. Dan Ganjar lulus tes yang paling sulit itu.
Ia harus mengorbankan popularitasnya demi garis partai. Ia harus menekan perasaannya terhadap Presiden Jokowi. Ia pasti tahu betapa kecewa Presiden Jokowi atas sikapnya itu. Padahal Jokowi punya andil besar dalam memopulerkan Ganjar. Pun istilah ''rambut putih'' lahir dari Presiden Jokowi sendiri.

Setelah tes terberat dan terakhir itu, popularitas Ganjar memang menurun. Hasil survei lembaga yang tepercaya pimpinan Dr Burhanuddin Muhtadi menyebutkan rating Ganjar turun 2 persen.

Tapi PDI-Perjuangan yakin itu karena status Ganjar masih terombang-ambing. Sekjen PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto pernah mengatakan: rating itu akan naik setelah ada pengumuman resmi bahwa Ganjar adalah calon resmi presiden RI dari PDI-Perjuangan.

Maka pengumuman capres yang seperti mendadak dan di waktu yang kejepit ini harus diartikan agar Ganjar jangan dibiarkan terus terjun bebas.

Tentu ahli komunikasi akan berpendapat: waktunya tidak tepat. Yakni ketika orang lagi sibuk berlebaran. Tapi ahli komunikasi yang lain bisa justru sebaliknya: ini akan jadi bahan obrolan pada saat kumpul-kumpul Lebaran.

Maka di hari penuh Lebaran ini saya pun mengucapkan: selamat menikmati sajian penuh santan dengan ramuan bumbu politik yang sangat kental.

Mohon maaf lahir batin. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 21 April 2023: Setengah Lebaran

Handoko Luwanto

Tiap kali mendekati entry & exit tol, kata "Lebaran" di mata pemudik terurai menjadi "lebar" & "an". Mengiringi harapan semoga pintu tol dibuka lebar-lebar, agar tidak tercipta antrian super panjang.

Handoko Luwanto

Kata dasar "Lebaran" adalah "lebar". Jadi bukalah hati lebar-lebar, niscaya tulus dalam memohon dan memberi maaf. Demikian ada tertulis : lebar, ^sebar, se^mar, sem^ur, s^umur, ^lumur, lu^lur, lulu^s, ^tulus.

Jimmy Marta

Gigi itu untuk mengunyah. Aneh saja jika yg bergigi ngemut....wkwk

Otong Sutisna

Cerita ngunyah makanan sampai lembut saya tahu dari nenek, cuma beliau bilang hanya 32x, eh Abah ada penelitian lagi harus 50x. Penasaran saya coba tadi pas makan sahur, tiap suap saya hitung 50x, .... Alhamdulillah makan dari jam 4 sampai waktunya imsak, makan belum kelar..... Kebiasaan makan sahur 2 piring buat persiapan makan siang dan isi energi karena habis olahraga malam.... wkwkwk 

Jokosp Sp

Mungkin. Mungkin loh ya perlu penjelasan jenis makanannya mana yang harus dikunyah 50X. Makan sate mungkin akan cocok. Sate pun beda jenis dagingnya : daging kuda, daging sapi, daging kambing. Kekerasan dan kekenyalannya sangat berbeda. Jika pernah makan sate daging kuda di Magelang, apalagi yang sudah dingin............waooooow luar biasa liatnya. Apalagi yang baru sekali makan, waduh luar biasa capeknya, 5 tusuk mungkin setengah jam tidak kelar. Makanan jenis buah, antara buah salak/ kurma dengan buah melon, atau dengan buah pisang juga sangat berbeda kelembutannya. Buah salak/kurma awas jangan dengan isinya, sampai 100x pun tidak akan lembut, malah mungkin harus ke dokter gigi. Sementara yang buah melon atau pisang cukuplah 5-10X sudah sangat mudah tertelan.

Amat K.

Benar Pak Joko. Makan bubur dikunyah atau langsung telan? Saya termasuk golongan kunyah dulu.

Otong Sutisna

Kalau ibu - ibu makan pisang suka lama, saya gak tau di kunyah atau di emut.....

Udin Salemo

lho, lho, lho.... kok iklan yang muncul di disway JASA NIKAH SIRI. valid gak, nih? ntar, ada yang mau coba lho. hehehe...

Handoko Luwanto

Abah bilang rela disway.id didominasi oleh komentator, yg mana jumlah kata komentar bisa lebih banyak dari artikel yang dikomentari. Jika demikian bolehkah sy usul ada fitur baru di kolom komentar ? Fitur yang menampilkan isi komentar dalam wujud "running text on LCD display". Tentu ada S&K yg berlaku bagi komentar yg mau ditampilkan pada fitur baru tsb. Jika berkenan dan dibutuhkan, sy bisa bantu bikinkan javascript nya. Trima kasih atas atensinya.

Mbah Mars

Di hp saya kok yang keluarlonthong opor ya. Pulang dari salat Id di lapangan langsung ikut acara halal bi halal di masjid. Hanya 30 menit saja. Lanjut leyeh-leyeh di rumah. Meski sudah lebaran tetapi harus toleran dengan yang belum merayakannya. Nah, biar suasana assoy nonton pertandingan playoff NBA saja. Kebetulan yang sedang bentrok jam 09.00 Warriors VS King. Mas UKM juga suka basket NBA kan ? Saya terawang Mas UKM sukanya ke Suns, klubnya bang CP. Hayooo pasti tahu siapa CP itu ?

UKM Naik Kelas

CHDI makin aneh,, artikel Lebaran,, tapi nyang muncul iklan Yesus Sang Juru Selamat, algoritma oh algoritma,,, 

Jimmy Marta

Bukan hanya tabah Bah, dalam menghadapi kesulitan upload komen. Sulit login itu bikin otak berputar. Jantung berdebar, hati menggerumas, mulut komat kamit, jari2 tumpul...wkwk.. Namun dg jurus setengah mabuk, pake aneka rumus, muter2, hapus jejak sampai reset. Bahkan dg setengah memvonis, settingan hp yg salah. Dan kadang kepikir apa harus ganti hati, eh ganti hp...!. Dan yg terakhir ini sy gk akan melakukannya sebelum ada jaminan ada tf....

Jimmy Marta

Sebaiknya abah gk usah ikut komen yg berarti menjawab. Akan banyak sekali yg akan bertanya. Tapi abah bisa gunakan komen terpilih jd semacam konfirmasi. Atau bisa juga sedikit menambahkan di bagian akhir dari artikel. Yah, itu tentu untuk yg sangat penting saja. Misale mmmh....?! ..ah awak lupa pula..!. Udahlah.. ini cuma usul setengah serius...!

Johan

Kesulitan komen di Disway memang kadang levelnya sulit di cerna dengan akal sehat. Setiap saat login untuk komentar saya selalu dihadapkan dengan peringatan dari Google : The OAuth client was deleted. Jika Anda adalah developer aplikasi ini, lihat detail error. Error 401: deleted_client Dugaan saya admin Disway pun sudah angkat tangan untuk mengatasi bugs seperti ini. Mungkin kurang jago atau apa saya tidak tahu. Mohon maaf lahir dan batin.

Jimmy Marta

Ngunyah sampai 50X, itu gk masuk akal...!!. Gimana coba, makanannya disuap ke mulut, dikunyah gigi, bercampur enzim liur dan dioper kiri kanan oleh lidah menuju tenggorokan... Yah, pastlilah akan masuk perut....

Leong Putu

200 "Dosa" terbesar Pak Bos di CHD ini adalah ini : mengungkap identitas aseli @Fiona Handoko. Itu bagaikan melemparkan Mbah Kliwon dari atas puncak Monas, setelah jatuh dilempar gentong air. Menbuatnya hantjur berkeping - keping. Wkwkwkwk... Padahal sudah bbrp kali Mbah Kliwon menggoda @Fiona H dengan panggilan dek Fiona... Wkwkwk....ternyata eh ternyata..

alasroban

Yang belum lebaran ya bisa gladi resik dulu hari ini :)

Pryadi Satriana
Selamat Lebaran yo, Cuk. Maap kalo komenku bikin kamu tersinggung ato gak nyaman yo, Cuk. Maaf kalo aku nggoblok-nggoblokin kamu padahal kamu gak seguoblok itu yo, Cuk. Maap kalo aku bilang IQ-ku 137 ++ (plusnya gak tau soalé tes IQ di sekolah gak mbayar, kalo harus mbayar sampek tau plus-nya yo malah goblik), kamu gak usah merasa goblik karna tahu IQ-ku. Wong wis eruh awakmu goblik tekok komenmu yo, Cuk. Ngono aé yo, Cuk. Sepurané, Cuk. Salam. Rahayu.

Leong Putu

Istri p Selamet namanya Sulastri/ 
Adik Sulastri mananya Solehatin / 
Ku ucap selamat Idulfitri / 
Mohon maaf lahir dan batin/ 
.... 365_mantun Sulastri

rid kc

Ini pengalaman pribadi penulis kalau mengunyah sampai 50 kali. Apakah ada argumentasi ilmiahnya kalau yang tanya ilmuwan. Kalau orang Jawa ilmu titen artinya kalau kunyahan sekian akan begini kalau sekian akan begitu....itulah wong jawa 

Liam Then

Karena gawe belum selesai, sementara adzan mahgrib sudah berkumandang. Saya berkesempatan melihat sekeluarga Muslim buka puasa bersama. Mereka semua duduk dikursi ruangan tamu, kemudian mulai menyantap kue-kue yang biasa di jual saat bulan Ramadan. Tentu saya juga di tawari, namanya ditawari makan, saya tak pernah sungkan, itu rezeki, kroket di meja saya lahap dua. Sebenarnya bisa habis lima, tapi tak enak rumah orang baru kenal. Kalo rumah kawan, piring pun tak sungkan saya bawa pulang. Minumnya saya dibukain softdrink oleh tuan rumah, walaupun saya sebenarnya lebih milih kopi tubruk. Saya kembali menjadi saksi kebiasaan orang mengistimewakan tamu. Sungguh tergugah dibuatnya. Graham dua sisi dah habis semua, jadi kroket saya kunyah gaya kelinci, sambil itu, saya ungkapkan pertanyaan menggantung yang ada di kepala. "Dari tadi saya heran, kok tak repot siapkan masakan, kapan makan besarnya?" "Di keluarga kami memang begitu, biasa makan besar setelah taraweh, biar tak kaget" "Tak terasa yah bang, sebulan hampir lewat" "Iyah, nenek aja ini 80 tahun , full tak bolong tahun ini" Saya terperangah, melihat si nenek yang masih enerjik. "Wah ,kuat sekali nenek yah, saya puasa merokok tiap hari bisanya waktu tidur saja, oh yah, kok tak saya lihat repot siapkan lontong lebaran?" "Repot Koh, beli saja" kali ini istri Si Abang yang menjawab. Hati saya kembali bersyukur, kesejahteraan sungguh benar sudah menyebar. 

UKM Naik Kelas

Kemikan ne luir madu juruh." (Senyumnya manis semanis madu.)

Samsul Arifin

Ciri - Ciri perusuh Nakal. Apa saja ya.. 
1. Sering mengumpat 
2. Sering mendebat 
3. Sering komentar duplikat 
4. Sering komentar kosong 
5. Atau apa ya... Mohon pencerahannya para perusuh senior terutama @Amat K. 

Amat K.

Iya. Nackalnya cuma berani di Disway. Di luar itu adalah suami baik hati, setia, penyayang anak istri sendiri.

Fiona Handoko

rekan2 perusuh yang ikut muhammadiyah, silakan merayakan idulfitri duluan. rekan2 perusuh yang ikut nu dan pemerintah, yuk sahur utk puasa 1 kali lagi. perusuh yang lebarannya hari ini benar. perusuh yang lebarannya besok, juga benar. yang salah itu perusuh yang tidak puasa, tapi ikut lebaran. 

UKM Naik Kelas

artikel nyang lagi ngomentarin komentarnya komentator via artikel karena tidak dapat berkomentar lewat kolom komentar,, <saran : baca dgn sekali nafas> Wekawkwkwkkw,,

Mbah Mars

Waiiiiit ada istilah setengah lebaran. Kalau begitu, ada juga setengah perusuh. Perusuh, setengah perusuh, bukan perusuh. Perusuh CHD: yang komennya rusuh, tidak nyambung dengan tema artikel. Bikin panggung sendiri. Sesuka hati. Meski perusuh tetapi orangnya saleh-saleh. Baik hati dan suka menabung. Adapun setengah perusuh, kadang jadi perusuh di waktu lain juga serius berkomentar sesuai topik CHDI. Sedangkan bukan perusuh anda sudah tahu, yaitu kelompok komentator yang jidatnya selalu berkerut. Serius berkomentar sesuai tema CHDI. Kalau perlu komentarnya berbasis riset atas literatur-literatur yang relevan. Bagaimana mengetahui kita termasuk yang mana ? Mudah saja. Jika bahasa kita tidak pernah dikoreksi oleh Mr. Yusuf Ridho berarti anda termasuk perusuh tulen. Yang kadang-kadang dikoreksi berarti anda setengah perusuh. Yang sering dikoreksi masuk kategori bukan perusuh. Jadi, yang sering dikoreksi bahasanya oleh Mr. YR itu harus bangga, bahwa anda itu diletakkan pada kelompok orang-orang yang serius memikirkan nasib bangsa dan negara ini. Ahhh itu dulu. Siap-siap berangkat ke lapangan.

thamrindahlan

Komentar ini saya tulis di rumah mertua sembari mendengarkan suara nyariin jengkrik. Betul Abah Jumat 21 April kami sekeluarga mudik ke Tempino Jambi melakukan ritual setengah lebaran . Tidak berpuasa lagi namun shalat Idul fitri besok. Allah SWT Maha Bijaksana memahami keyakinan umatnya terkait 1 Syawal 1444 H. Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir bathin Special untuk Abah dan saudara saudaraku kaum perusuh komentator mania disway.id. Rencana di Jambi 6 hari 5 malam. Mendengarkan suara jangkrik yang tidak ada di ibukota. Suasana kampong sangat ter

m note

kalau di islam ada hadisnya bahwa nabi mengunyah makanan hingga 32 kali. salah satu literatur islam yang banyak dirujuk terkait kesehatan ada al-tibb an-nabawi

Liáng - βιολί ζήτα

'Pagi Oom-Oom semua, Bli LP, dulu - sudah cukup lama, ada teman yang memberitahu bahwa biji durian direbus - itu enak katanya - pulen - dengan cita rasa yang khas. Kemudian saya dan teman-teman mencobanya, urunan beli durian, kemudian bijinya dibersihkan dan direbus, maklum pada waktu itu masa-masa prihatin, ternyata benar, enak. Di-kemudian hari, saya baru tahu dari International Journal of Pharmacological and Pharmaceutical Science, bahwa Biji Durian mengandung Kalium, Kalsium dan Vitamin B1 yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Biji Durian juga mengandung Sari-pati yang tinggi yakni senyawa yang merupakan sumber energi tinggi dibanding jenis Karbohidrat lainnya.

Otong Sutisna

Kalau pingin ngunyah durian 50x, coba ngunyah sama bijinya, masih tak sampai 50x... kunyahlah sama kulit nya... 

Leong Putu
Q
WARNING : Jangan kunyah permen karet 50 kali, lalu ditelan !

Parikesit

Abah belum dapat makan nasi memggunakan sumpit?. Dulu, saya pun begitu. Setelah berlatih dan ada guru tentunya, akhirnya lumayan bisa. Selain itu, ada beberapa tata krama memggunakan sumpit, seperti : - Jangan menggunakan sumpit untuk menusuk bakso, gunakanlah garpu. - Jangan menjilati ujung sumpit, jika sudah tdak ada makanan di ujungnya. - Tidak baik pegang sumpit sampai membentuk hutif X. - Jangan menggunakan sumpit untuk menunjuk sesuatu, mendentingkan mangkuk atau menggeser mangkok. - Nah yang terakhir, jangan gunakan sumpit untuk tusuk gigi. Itu nggilani tenan. Hahaha....

Ali Maftuh

Wah sepertinya sama batuk-tatuknya lama, pernah kena covid berkali2 juga, kena covid terakhir satu keluarga batuk tapi yang lain paling cm 3hr tapi saya dikasi bonus 3bulan lebih, semua dokter yg saya temui rata2 bilangnya radang tenggorokan parah, sempat jg didiagnosa partusis, sempat cek TB, tapi tetep kembali lagi radang tenggorokan parah, jadi dokter yg beda-beda kompak jangan banyak makan gorengan, jangan minum es jadi perjuangan melewati bulan puasa ini bagi saya termasuk terberat, tapi saya yakin akan berbalas pahala.. ???? Setelah pak Dis tulis juga keluhan yg sama batuk lama pasca covid, saya ikutan teringat dr David dimakassar yg sempat terapi liver saya, barusan kemaren kesana, saya ceritakan semua keluhan saya tak lupa jg tulisan pak Dis, dgn harapan dr David dpt memperoleh anamnesa yg selengkaplengkapnya, satu hal yg selalu dia bilang "jgn kbanyakan brpkir macam2!" Dokter internis satu ini termasuk dokter yg disenangi dMakassar, dia sangat suka cerita (mgkn untuk ambil data sebanyakbanyaknya dan menggembirakan pasuennya, termasuk perbedaan tgl lebaran), dari hasil diagnosa beliau "status kamu lagi alergi berat), hanya sedikit obat diresepkannya tanpa antibiotik dan lain-lain hanya bbrp obat alergi, dan codein (itupun disuruh minum klo batuknya masih mengganggu) tanpa antibiotik dan sirup2an lainnya, alhamdulillah sementara belum ada batuk muncul sampai saat ini. 

mzarifin umarzain

Saya mau biasakan makan/minum tepung beras/gelepung, 1/2 gelas besar, + air jeruk + air. Tanpa dikunyah, langsung minum, lembut, cepat. Makan rawfood, kata nya lebih sehat. Bisa disebut susu tepung beras? Lapar jadi kenyang.

Jokosp Sp

Sering sarapan bubur ayam............berapa lama kalau sesendok harus 50 kali kunyah? Bisa diusir sama yang punya warung. Wkwkwkwkkkkkk

Saifudin Rohmaqèŕqqqààt

Mohon maaf. Saya yg nulis di kolom komentator mengenai mengunyah makanan 50 kali agar tercampur dengan ensim ensim diludah dengan sempurna. Iya benar sekali, kunyahan 50 kali hanya untuk melembutkan saja dan biasanya belum 50 kali, makanan sudah otomatis masuk ke pencernaan. Apalagi yang dimakan soto atau sayur bening. Baru 15 kali, sudah masuk ke tenggorokan. Memang itu adalah kisah nyata yg saya alami sendiri. Waktu itu sekitar tahun 1996. Saya masih kerja di pabrik di daerah Ungaran Semarang. Ketika itu badan saya terasa lemas, kepala pening dan masuk angin. Jadi bukan penyakit batuk. Sore itu saya beli nasi bungkus. Saya masih ingat warungnya. Di depan pasar Babadan Ungaran. Nasi rames dibungkus kertas minyak warna coklat dan di kasih karet gelang kemudian di masukkan kantong kresek warna hitam. Sampai di kamar kos, saya makan selembut mungkin. Biar lembut dan tercampur air ludah, saya kasih standar sedergana saja 50 kali. Satu bungkus yg biasanya 3 menit selesai, kali ini saya menghabiskan waktu hampir 1 jam. He hehe.... karena menunya oseng oseng kacang panjang dan kering tempe. Tidak ada kuahnya. Dan habis itu tidur. Pagi hari badan terasa enak dan sakit nya pun sembuh. Mengapa? Karena makanan lembut sekali sehingga usus pun menyerap banyak energi dari sari makanan dengan mudah. badan berenergi sehingga badan kuat dan kuman kuman penyakit tidak berdaya lagi. Jadilah sehat kembali. Sekian.

Leong Putu

Dulu waktu masih nguliah di Bali, saya kenal istilah cara makan 9 + 1. Cara makan cepat. 9 + 1 = 10 (sopuluh) Sop = masukkan mulut. Uluh = langsung telan. (Walau dalam praktiknya masih dikunyah 2-3 kali ) Dulu terkena diktrin : kalau mau lihat orang kerjanya cepat atau lambat, lihatlah cara makannya. Kalau makan saja lambat, apalagi kalau kerja...wkwkwk. Sebab, citra kerja cepat saat nguliah itu penting, agar tidak kena seleksi saat proyek masuk proses finishing. Wkwkwk...
Udin Salemo
#everyday_berpantun 
Slamat pergi ke warung Walini/ 
Warungnya ada di Simpang Berok/ 
Selamat berlebaran di hari ini/ 
Juga yang berlebaran hari esok/ 
Semoga ada sumur di ladang/ 
Hingga kita menumpang mandi/ 
Semoga semua berumur panjang/ 
Berumur panjang wajib disyukuri/ 
Layang-layang batali banang/ 
Banang datang nan dari*) Dari komentar pembaca http://disway.id Sago/ 
Lah biaso iduik taguncang/ 
Paralu bapikia positif sajo/ 
Babiduak badayuang sampan/ 
Lah pasai dilamun ombak/ 
Dima indak ka kuruih badan/ 
Adiak sayang polenyo banyak/

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda