Sang Begawan Media

Ringan Berat

Gedung Pengadilan New York County, NYC. (FOTO: istockphoto.com)

COWASJP.COMPERKARANYA sendiri sangat ringan. Yang membuat berat adalah usaha-usaha untuk menutupinya. Jadilah mantan presiden Donald Trump tersangka beneran.

Selasa pagi ini ia menyerahkan diri. Rencananya. 

Tadi malam ia sudah tiba di New York, terbang dari rumahnya di Florida. Di New York, Trump tinggal di rumahnya sendiri juga di gedung pencakar langit Trump Tower. Yang Anda sudah tahu: yang di Fifth Avenue. Dekat Central Park yang terkenal itu.

Fifth Avenue sendiri adalah jalan terpenting di New York. Toko-toko barang branded ada di jalan ini. Trump Tower ada di pojokan perempatan antara Fifth Avenue dan jalan E57. Fifth Avenue lah yang membelah Manhattan. Semua jalan di timur Fifth Avenue disebut ''East''. Sebaliknya yang di baratnya. 

Maka ketika pagi ini Trump turun dari lantai atas untuk ke pengadilan, ia cukup keluar dari lobi, lalu ke arah perempatan di sudut gedungnya sendiri itu. Lalu belok kanan ke samping gedungnya, menyusuri sepanjang samping gedung untuk belok kanan lagi di belakang gedungnya:  masuk ke jalan Madison Avenue.

Jalan Madison itu panjang sekali. Sebenarnya pengadilannya ada di ujung sana jalan itu. Lurus saja. Tapi di dekat Empire State Building harus belok kiri ke jalan 31th. Hanya satu blok. Lalu belok kanan lagi ke Jalan Park Avenue.

Sampai di dekat Union Square jalan bercabang. Cabang yang kanan adalah Jalan Broadway. Trump akan ikut cabang yang kiri. Itulah jalan Lafayette.

Pengadilannya sebenarnya ada di ujung jalan ini, tapi nama jalannya sudah berubah menjadi Jalan Centre. Gedung No. 100 adalah tujuan Trump menyerahkan diri. China Town New York ada di belakang gedung pengadilan itu. Sampai jauh ke belakang.

"Itu (hari ini) adalah hari paling menakutkan bagi Trump," ujar Michael Cohen, mantan tukang beres-beres Trump yang sejak tahun 2018 membelot.

Mungkin Cohen salah. Trump sudah sangat biasa berurusan dengan pengadilan. Trump juga sudah biasa menggunakan taktik lamanya dalam menghadapi perkara: lawan, serang, tumpas. Taktik lainnya adalah berusaha mengulur-ulur waktu.

Trump kini sudah menyiapkan serangan besar. Begitu selesai proses penyerahan diri, nanti sore Trump kembali ke rumah besar nan luasnya di Mar a Lago di Florida. Di situ pendukungnya berkumpul. Di situ Trump akan orasi.

Begitu menyerahkan diri mestinya Trump menjalani proses normal menjadi seorang tersangka: mengisi blangko dengan banyak pertanyaan identitas pribadi, sidik jari, dan difoto. Hanya mungkin tidak diborgol karena sudah dikelilingi petugas keamanan kepresidenan.
Di depan hakim, Trump akan menerima keputusan sebagai tersangka. Di situ diuraikan apa saja tuduhan padanya. Pasal apa saja yang dilanggar. Berapa tahun ancaman hukumannya.

Trump punya hak untuk tidak mau menjawab pertanyaan apa pun dari hakim dan jaksa. Ia juga punya hak didampingi pengacara. Tapi bagi Trump rasanya itu tidak terlalu penting. Meski tidak pernah kuliah hukum, Trump sudah ahli perkara: saking banyaknya beperkara. Bahkan mungkin ia merasa sudah lebih pintar dari semua pengacaranya.

Kelak, satu atau dua bulan lagi, Trump akan menghadap hakim lagi. Ia akan diminta mengaku bersalah, sesuai dengan tuduhan, atau mengaku tidak bersalah. Rasanya Trump akan pilih yang kedua. Konsekuensinya: sidang pengadilan akan dilangsungkan dengan terdakwa Trump.

Untitled-1.jpgDonald Trump. (GRAFIS: dreamstime.com)

Itu akan menjadi pengadilan yang seru, panjang dan penuh perdebatan. Kesaksian Cohen dan para wanita Trump akan muter-muter di persoalan yang Anda sudah tahu, tapi tetap seru.

Hakim di perkara ini sama dengan hakim di perkara yang melibatkan perusahaan Trump tahun lalu. Waktu itu perusahaan Trump diputuskan melanggar 17 masalah hukum. Salah satu pimpinan puncak perusahaan itu masuk penjara. Perusahaannya sendiri harus membayar denda. Tapi Trump terlepas dari masalah, karena ia bukan direksi di perusahaannya.

Meski kena perkara, Trump yakin popularitasnya justru naik. Dan itu dibenarkan oleh hasil jajak pendapat. Selama ini ia unggul 47 lawan 32 dengan calon potensial partai Republik lainnya: Gubernur Florida de Santis. Sekarang keunggulan itu menjadi 55-29.

Sebuah media Amerika lantas mewawancarai Cohen: "Mengapa pendukung Trump justru menguat?"

“Mereka itu sudah seperti penganut aliran sesat. Saya tahu bagaimana fanatik butanya seorang penganut aliran sesat," jawabnya. "Tapi sekarang sudah waktunya bagi mereka untuk cuci mata. Agar bisa melihat kebenaran. Trump tidak pernah menyampaikan kebenaran. Yang dia sampaikan selalu kebohongan, penyesatan informasi, melebih-lebihkan, atau nyata-nyata berbohong".

Semua itu dilakukan, kata Cohen, hanya untuk satu orang. Untuk keuntungan pribadi satu orang. Trump sendiri.
Tentu di sidang nanti Trump akan memanggang Cohen. Juga jaksa Alvin Bragg. Tapi orang New York, yang akan jadi dewan juri nanti, bukan pengikut aliran sesat. Di New York Trump kalah telak di Pilpres yang membuatnya menang jadi presiden. Di Pilpres tahun 2019 kekalahannya jauh lebih telak lagi.

Mungkin Trump juga akan mempersoalkan di mana ia harus diadili. Bukan di New York. Trump juga akan mempersoalkan Cohen sebagai seorang pembohong besar. 
Ini bisa jadi arena, menurut masing-masing, pembohong lawan pembohong. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 3 April 2023: Jaga Dara

Yellow Bean

Ada juga yang bentuk mur/sekrup dan aku hitung ada 26 biji/batang. Sempat terpikir untuk di cairkan untuk di bentuk perhiasan supaya laku di jual. Tapi tentu harus mengalami penyusutan dan biaya produksi. Namun biarlah jadi kenangan dan tersimpan di museum lemari baju hehe.

Yellow Bean

Emas di bentuk gelang hanya di cetak dengan bobot 1/4 kg di tengarai agar terhindar dari pajak saat di kirim ke luar negeri. Wah wah wah akal orang kaya kah? Aku ada Bah emas putih tapi kalo ingat ngeri karena teringat hari yang tidak indah. Masih ku simpan sebagai benda medis yang beberapa tahun menjadi sarana penolongku.

Muhammad Sk

Lagi selancar-selancar!. Sampai nemu PT HK Metals Utama. Ternyata Komisarisnya artis, Ricky Harun. Jadi inget, motor hitam hedon average 50-an. Ketemu lagi sama Mbak Lusy, sahabatnya Mbak Wulan. Sampai nemu berita mengenai artis Raline Shah. Tolong jangan di hubungkan dengan artis inisial R. Apalagi di gunakan untuk ajang judi. Hayo tebak, siapa inisial R. Pokoknya jangan. Titik. 

dar_smd

mungkin nama yang lebih pas adalah "JAGA KAWAN", faktanya orang model rafael alun dkk bisa hidup sedemikian rupa tanpa tersentuh siapapun

Agus Suryono

DARA MUDA - DARA TUA.. "Kalau SELAMA INI sudah ada Jaga Dara, dan selalu KOMPAK, mengapa, saat mencuat issue 349 T, KEMENKU seperti tergagap-gagap..". "Karena baru dengar tentang angka itu.. Padahal sebenarnya PRINTILANNYA selalu SUDAH kami tindaklanjuti.. Setelah ditotal, ANGKA itu juga ada di KEMENKU.." "Di dalam Jaga Dara, pernah LEWAT juga laporan PPATK atas nama mas RAFAEL..?" "Abc def ghij..". "DI dalam Jaga Dara, apakah laporan PPATK atas nama TEMAN-TEMAN mas RAFAEL juga lewat..?" "Ya PASTI BANYAK. Kan sesama ASN KEMENKU..". "Maksud saya TEMAN dalam arti NEGATIF. Misal, kalau laporan PPATK ini terkait "TEMAN SEPERJUANGAN", ya TIDAK di follow-up." "Abxy zydrp.." "Jangan-jangan, Anda juga TEMAN RAFAEL dalam arti yang NEGATIF itu..?" "Bcikl Zxpdkt..". #Kata KUNCI-nya.. 
1). Jaga Dara ini pasti BAIK tujuannya. 
2). Yang harus dipastikan, selama ini kalau BERHADAPAN dengan nama RAFAEL dan CS-nya, Jaga Dara INDEPENDEN atau tidak.. 
3). Independensi Jaga Dara DIJAGA atau tidak.. 
4). Jaga Dara DIEVALUASI atau TIDAK..? 
5). Kalau DIEVALUASI, siapa yang MELAKUKANNYA..?

ACEP YULIUS HAMDANI

Pok ame ame belalang kupu-kupu, siang makan nasi kalau malam minum susu, susu nona manis kiri kanan sama saja, pait...pait oh begitulah rasanya...

Mew Mixue

Kira-kira seperti ini alur pelaporan dan pembayaran pajak (PPH 25): 
1. Perusahaan menilai sendiri kewajiban pajaknya (self assesment), pembayaran dan pelaporan. 
2. KPP yang akan menilai kewajaran, dan sampai kepada misalnya pemeriksaan. 
3. Setelah pemeriksaan, umumnya hasilnya adalah kurang bayar. 
4. Perusahaan bisa melakukan sanggahan sampai kepada pengadilan pajak. Pertanyaannya: 
1. Adakah celah untuk perusahaan dan KPP "bermain"? Ya. Di temuan KPP, yang tentu bersangkutan dengan berapa pajak terhutang. Teknisnya bagaimana? Tidak perlu dibahas, karena tidak akan ada trace nya. Akan sangat mudah disanggah oleh KPP dan perusahaan bersangkutan. 
2. Apakah "skema" ini hanya butuh satu atau beberapa orang, atau satu kantor, atau sampai ke pusat? Tidak perlu juga dibahas, karena pasti tidak akan ada jejaknya. 
Kesimpulannya: 
1. Netizen hanya akan bisa melihat kasus seperti Mr.Alun, kena di anak dan istrinya, eh nyerempet ke harta kekayaan. 
2. Selama sistem pajak itu self assesment, "celah" ini akan selalu ada. 
3. Ibu Sri Mulyani mungkin bisa pertimbangkan merubah sistemnya, mungkin semua pajak dibuat final, atau anything...

Waris Muljono

"Selama ini komunikasi kami di Jaga Dara sangat lancar. Saling telepon dan saling berkoordinasi," Lho, kl komunikasi dan koordinasi lancar , kenapa kasus ini gaduh ? Bukankah pak Mahfud MD dpt datanya dr PPATK, dan PPATK ada si team jaga dara? Kemenkeu dan bu SMI udah terlanjur babak belur Pak Mahfud terlanjur tambah populer Wwkwwkwkwk

Multi Suk

yang pasti dari kasus ini terbukti sudah jika baik pemerintah maupun swasta sama-sama serakah dan suka melihat orang lain susah. seperti ceramah UAS, masyarakat setiap detik hidupnya dikenakan pajak mulai dari paket data internet, makan, belanja, motor, mobil, rumah, tanah, bahkan parkir dipinggir jalanpun dikutip pajak. jadinya sia-sia Indonesia koar-koar punya banyak sumber daya alam yang bahkan sampai banyak daerahnya atas bawah minyak, nikel, emas dan Gas juga melimpah kalau rakyatnya setiap detik digencet pajak

Ahmad Zuhri

Lho zakat itu dikeluarkan kl udah mencapai batas nishab yaitu dimiliki minimal 1 tahun dan sebanyak 85 gram.. Tidak terkait pemakaian..

Lusy Anggraini

Bicara soal emas perhiasan dalam dunia ibu2, emak2.. yg gelangnya kanan kiri sampai siku, kalung 5 lapis.. terkadang ada yg mensiasati agar tidak wajib zakat maka gelang atau kalungnya dipakai saat kondangan saja, atau juga saat idul Fitri saja, selain tidak wajib zakat juga sebagai ajang pamer :)

Amat K.

Setidaknya ada dua orang tjakep sejak lahir di CHD ini 

Liáng - βιολί ζήτα

Dan sekarang... tokoh yang kita kagumi tersebut seperti terseret-seret - terpojokan - dlsb, hal ini "Tidak Bisa Dihindari" karena kasus-kasus tersebut memang terjadi di instansi yang dipimpinnya. Toh pada akhirnya... jikalau tokoh yang kita kagumi tersebut memang bersih adanya, tidak akan bermasalah sama sekali, tetapi mereka yang melakukannya sembari mengelabui sang atasannya yang akan menanggung hukumannya. Tidak jarang sikap mengagumi tokoh tertentu secara berlebihan akan melahirkan Prosocial Behaviour yang tidak pada tempat semestinya. Myers menjelaskan Prosocial Behaviour merupakan tingkah laku yang positif yang menguntungkan orang lain yang dilakukan atas dasar sukarela tanpa mengharapkan imbalan apapun dari orang tersebut. Tetapi untuk apa mengedepankan Prosocial Behaviour semata-mata karena kekaguman akan ketokohannya, sementara itu Penegakan Hukum menjadi bias !!

Liáng - βιολί ζήτα

be neutral, guys !! Seringkali tanpa kita sadari... secara tidak langsung kita sudah berperan "menghambat" tindakan penegakan hukum pemberantasan korupsi. Sikap kita yang mengagumi tokoh tertentu seakan-akan tidak rela sedikitpun jikalau tokoh tersebut disentil apalagi dipojokan oleh kasus-kasus tertentu !! Mungkin saja benar tokoh yang kita kagumi tersebut bersih adanya, tetapi bagaimana dengan bawahannya ?? Bisa saja terjadi bawahannya tersebut secara berkelompok melakukan sesuatu yang melanggar hukum secara rapih sambil mengelabui sang atasan. Bagaimanapun juga seorang atasan bukanlah manusia super yang serba tahu semua gerak-gerik bawahannya tersebut secara detail. Oleh karena itu, kasus-kasus yang terungkap ke publik biarkanlah bergulir secara transparan, sehingga akar masalahnya bisa diketahui. Selain untuk penegakan hukum, juga akan menjadi acuan untuk tindakan pencegahan.

Samsul Arifin

Intinya komunikasinya masih belum maksimal. Sehingga masih menimbulkan kegaduhan di jagad Maya. Coba Klo tidak diviralkan apakah akan diusut sedalam dan sejauh ini. Namun yang terpenting bola sekarang sudah tidak begitu liar lagi sudah berada di kotak pinalti tinggal striker, sayap dan atau fulback pun bisa mengeksekusi menjadi Goal yang seperti diharapkan oleh seluruh rakyat... 

Echa Yeni

Dunia ini adalah..., Hanya bagaimana anda "mengakalinya"

Liam Then

Setuju Ko JK, perlu disiasati supaya di masa depan tidak terjadi lagi. Kalung sapi emas di anggap perhiasan manusia. Jadi di peraturan bea cukai ,di revisi, cukup dengan menambahkan ayat, yang termaksud perhiasan manusia, adalah ukuran yang jamak, umum di pakai oleh manusia di dunia. Kalau emas 9999,99 di cetak kemudian di plintir begitu saja. Sebenarnya juga sama sih termasuk perhiasan. Secara teknikal, karena banyak penyanyi rapper , gandulan kalung emasnya bisa sampai 1/2 kg. 

Echa Yeni

Jaman now,kalo dara/prawan yg ada/yg bnyak, "prawan irunge/kupinge" Kalo jaka,adanya/banyak yg, jakandakanda(jangan bilang-bilang)

Johannes Kitono

Apakah namanya Jaga Dara ataupun Jaga Janda.Paling penting baik Ditjen Pajak, Ditjen BC dan PPATK tahu Tupoksi masing masing. Misalnya, definisi soal Ekspor- impor Emas yang nilainya sampai ratusan T harus sama persepsinya. Emas batangan/ LM jelas bahan baku emas yang masih harus diolah untuk dijadikan perhiasan. Kalau dilebur kemudian diplintir dijadikan gelang yang biarpun beratnya 500 gram.Itu sudah jadi emas perhiasan walaupun mau disebut hanya akal-akalan. Selama sudah berubah bentuk apapun bisa saja disebut perhiasan. Buktinya Ditjen BC ternyata kalah ketika di PK. Difinisi Dara atau Perawan yang artinya masih terbungkus rapih sudah mengalami disrupsi. Now,masih adakah Dara atau Jaka Tingting yang belum pernah swalayan menikmati sendiri. Sambil berimajinasi sedang bersama lawan jenis idolanya. Terlalu naif kalau mengatakan now masih ada Dara atau Jaka Tingting yang belum pernah masuk angin

Jimmy Marta

Jaga Dara, dari namanya kita sudah mengerti untuk apa tim ini dibentuk. Secara resmi, tim ini berguna untuk koordinasi dan komunikasi antara 3 direktorat kemenkeu dan ppatk. Menjaga perawan itu, spt orang membawa gelas piring dan barang mudah pecah lainnya. Harus sangat hati2. Barang jangan ada yg pecah. Yg membawa jangan sampai ada yg terluka. Pertanyaannya, yg sudah terlanjur diobok - obok oleh pak menko adakah ada barang yg pecah?. Apakah ada yg terluka?. Penjaga pertahanan dan penjaga gawang, timnya sudah lama terbentuk. Mereka sudah terlatih membawa barang pecah belah. Bersama melindungi dan saling menjaga. Netizen, perusuh dan jutaan rakyat berharap adanya gol dari permainan yg dimulai pak MMD. Tentu berharap gawang diperawani. Namun itu hanya akan membuat ada yg terluka. Ini hari baik bulan baik. Sebentar lagi lebaran akan datang. Jangan ada saling menyakiti. Sepertinya lebih baik semua saling salaman. Maaf maaf maaf. Maaf lahir dan batin.

Liam Then

@Bang Udin, "tukang" bang, bukan "bandar". Sugoooinya dimana ,hahaha

Udin Salemo

wow, mantan tukang emas. sugooiii...

Liam Then

Sekarang saya ajak para pemirsa komentar berpikir, subsidi motor roda dua listrik, bagaimana runut alur jalannya pemikiran kebijakannya. Menguntungkan atau merugikan kas negara. Jika menguntungkan, kas negara mana yang diuntungkan, atau kapan untungnya kebijakan ini bagi kas negara. Saya ada baca akhirnya di Jepang sudah turun titah, 2035 full sales 100% elektrik. Itu jangka waktu yang tidak lama untuk ukuran negara, sekitar 11 tahun saja. buat perbandingan, pohon akasia yang di tanam PT Sinar Mas, pabrik pulp raksasa dunia 3-7 tahun, sebagai ilustrasi bahwa masa itu begitu pendek. Durian monthong juga sama masa tunggu 3-7 tahun. Anak muda Indonesia satu generasi butuh 14-19 tahun ,untuk cetak mentahannya, jika di hitung dari PAUD sampai bidang fakultas tertentu seperti kedokteran ,teknik. Sekarang di analisa, jika pada 2035 penjualan kendaraan merk Jepang sudah 100% elektrik. Pengaruhnya ke permintaan BBM fossil dunia. Harga BBM apakah akan tetap atau turun? Jadi pemimpin butuh jeli, cerdas, cermat, pintar hitung, apalagi yah...? Anu......pikirannya panjang.

Liam Then

Saya kebetulan pernah jadi tukang patri emas selama 4 tahun, secara teknikal termasuk perajin emas amatir lah. Cuma sudah pensiun. Emas jika sudah dalam kondisi murni 999,99, di lebur kedalam bentuk apapun, jika di lebur kembali masih akan tetap murni 999.99. Paling-paling cuma susut berat sedikit waktu dilebur kembali, ini wajar karena proses inheren yang manual juga menggunakan alat , cuma 0,000 sekian persen yang hilang, karena pasti ada yang tetinggal di celah mikro cawan, gelas pelebur emas. Oh yah, di Taiwan ,emas perhiasan yang di jual semuanya berkadar 999,99 . Jadi sebenarnya kesimpulan emas tergolong perhiasan atau bukan, masih terbuka untuk di perdebatkan. Berapa batas beratnya ,jika di bilang bukan perhiasan, coba lihat rapper amerika, lehernya di ganduli kalung seberat apa. Jadi masih bisa di jadikan argumentasi. Tak heran jika eksportir bisa lolos di PK MK, cuma saya heran apakah ekspor tidak di kenakan Ppn? Bebas bea ekspor apakah termasuk bebas Ppn? Begini, sebenarnya kalo di analogikan, kayak tukang sumur yang menggali sumur, tenggelam oleh lobang yang di gali sendiri, untuk naik harus butuh tangga. Semangat menaikan nilai ekspor nasional malah jadi merugikan diri sendiri karena kebijakan sendiri. Atau....memang disengaja? Jangan, bulan puasa...tak boleh suudzon. Itulah sebabnya kita butuh leader berkategori ; cermat, cerdas, jeli, apalagi yah...? Anu....,pikirannya,pandangannya panjang, pintar hitung untung rugi bagi kas negara. 

Jimmy Marta

Mengendarai mercy, seorang anak polisi menabrak seorang pelajar hingga tewas. Kompol BM, kasatlantas polres jaksel gk menyebut, apakah bapaknya si anak seorang petinggi atau polisi biasa. Katanya ia gk tahu batasan petinggi dan yg biasa itu. Polisi hanya akan fokus pd penyelidikan untuk mencari fakta siapa yg salah siapa yg benar. Ia bahkan gk mau dipaksa untuk menetapkan si pengemudi sbg tersangka. Tentu ini tidak akan spt peristiwa anak petinggi pajak itu. Korbannya bukan anak petinggi ormas. Yang dibawa bukan pula Rubicon, hanya Mercy...

Er Gham

Dalam slide presentasi ketua komite APU PPT di DPR, transaksi 349 T itu dipecah 3 bagian. 
Nomor 1 dugaan oleh pegawai kemenkeu. 
Nomor 2 dugaan oleh pegawai kemenkeu dan pihak lain. 
Nomor 3 adalah dugaan oleh pihak ke 3. Nah, Jaga Dara ini untuk nomor 3. Transaksi mencurigakan nomor 1 dan 2 bukan tugas Jaga Dara. Dan tidak ada PNS Kemenkeu yang terlibat, maka ditulis 0 atau nihil jumlah pegawai yang terlibat dalam slide presentasi itu. Nomor 1dan 2 itu yang ditunggu penjelasan lebih lanjutnya. 

Jokosp Sp

Coba pilih mana yang lebih baik : penyelesaian secara diam-diam dengan hasil yang sangat menyedihkan? atau penyelesaiannya terbuka dengan memunculkan kehebohan di masyarakat dengan hasil kebobrokan korupsinya kebongkar? Masak sih korupsi kok kebongkarnya karena anak yang menyiksa anak orang. La terus kerjamu opo, itu namanya pembiaran. Masak yang begitu dibanggakan. Itu cerita masalalu, bukan sekarang.

Udin Salemo

#everyday_berpantun Anak Jawa pandai baranang/ Kodong kakinyo dek buayo/ Anak tatap di nan sanang/ Apak nan giat ka barusaho/ Di Baso banyak kabau bakubang/ Kabau nan punyo kamanakan/ Jaso mamak indak ka hilang/ Sudah babuhua bakabekkan/ Terkenal berani pahlawan Hang Jebat/ Melawan portugis sering jadi sasaran/ Tak setiap saat mbak Sri jadi hebat/ Di zaman ini sering jadi sasaran/

Gregorius Indiarto

"Jaga Dara" Menjaga apa dari siapa. Berharap tidak hanya menjaga kebobrokan, ketidakberesan didalam, supaya hanya tampak cantik dari luar. Supaya tetap menarik seperti dara, perawan. Padahal banyak juga janda yg menarik. Hehehe. #ngelantur

Amat K.

Tidak semua yang berbatang itu emas. Ada : Batang kaki, batang kayu, batang hidung, batang air, batang pohon, batang otak, batang rambut, batang leher, dan batang-batang lainnya.

Muhammad Sk

Dari 300 ke 349 ke 3,5 ke 35 ke 20 ke 0,5 sampai 0,7. Eheeeem!. Akuntansi macam apa ini?. Itupun masih belum jelas antara transaksi, omset, dan laba. Belum termasuk mengenai batangan, dan perhiasan. Kemudian sedikit guyon soal laba!. Jadi, perusahaan itu tidak harus mencetak laba, apalagi laba bersih. Cukup buat buku prospek + endorse artis dari luar negeri. Lalu IPO (Jual) + buat seminar di kampus-kampus agar laku (terkhusus untuk MABA). Kalau masih tidak laku. Telpon ke Pak Dirut yang ngelola asuransi atau Pak Dirut yang ngelola modal besar lain. Tapi yang masih amatiran. Intinya, perusahaan masih merugi tetap boleh di jual, pada beberapa kasus harus. "Jaminannya nanti mimpi masa depan + berita bagus mengenai rencana-rencana". Hutang pun boleh bengkak. Misal, ratusan miliar. Note. "Asal ownernya tidak rugi, sekaligus tidak menanggung hutang perusahaan". 

Abd Qohar

Dengan adanya kasus 349 T ini, rakyat Indonesia mendadak 'kaya'. Sebentar sebentar 349 T, 35T, 189T. Ngomong T jadi sangat enteng. M menjadi kelihatan kecil, apalagi Jt. Padahal uang di kantong hanya Rb. he he he... semoga tetap bersyukur... selamat berpuasa bagi yg menjalankan.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda