Komplain Jenderal yang Marah

Dirut Citilink Juliandra Nurtjahjo Langsung Respon dan Tuntaskan

Dirut Citilink Juliandra Nurtjahjo. (FOTO: Majalah SWA)

COWASJP.COM – Direktur utama (Dirut) Citilink Juliandra Nurtjahjo Selasa sore, 25 Juni 2019 sesaat setelah membaca tulisan berjudul Komunikasi Petugas Buruk, Seorang Jenderal Marah di Pesawat Citilink langsung memberikan respon dan menuntaskannya. Tulisan tersebut telah di-share ke ribuan anggota Komunitas Komunikasi Jari Tangan. Berikut tanggapannya yang disampaikan dengan gaya bertutur.

Assalamu’alaikum wrwb Pak Aqua yang baik. Terima kasih banyak sudah membagi ‘kesempatan’ utk memperbaiki diri. Bapak sangat peduli dengan Citilink, dan hal ini yang harus selalu kami syukuri, masih ada pihak yang peduli (dan caring) dengan kami.

Kalau boleh tahu, kami akan kontak Bapak customer kami yang komplain tersebut. Citilink akan menghubunginya.

Sekali lagi terima kasih Pak. Di saat kami belum sempat memprogramkan perbaikan komunikasi di semester 1 kemarin (karena banyak hal yang membuat kami ‘sibuk’) kami diingatkan oleh Bapak tentang hal ini.

Wass...

Khusus Rapat untuk Perbaiki Layanan ke Pelanggan

Selain Juliandra, dua pejabat Citilink lainnya dalam waktu hampir bersamaan juga kontak saya. Tujuannya sama dengan yang disampaikan Dirut-nya.

peragawati.jpgPramugari-pramugari cantik Citilink. (FOTO: pusatinfocpns.com)

Pejabat Citilink yang menghubungi saya tersebut adalah Senior Manager Customer Handling Management/Pelaksana harian Senior Corporate Communications Nila Widyajanti dan Station Manager Citilink Halim Perdanakusuma Jakarta Yunarto.

"Pak Aqua saya mendapat tugas dari Pak Juliandra untuk mengontak teman Bapak yang komplain atas kurang baiknya pelayanan kami di pesawat Citilink dari Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandung. Saya segera menghubungi beliau untuk minta maaf atas nama manajemen Citilink.

Sementara Yunarto mengungkapkan, "Assalamualaikum... Pak Aqua mohon maaf dalam hal yang sama. Saya juga dapat info serupa dari kantor pusat Citilink. Tentunya hal ini akan menjadikan pelajaran yang sangat berharga buat kami di Halim dan akan segera kami tindak lanjuti agar hal demikian tidak akan terulang kembali di Halim. Sekali lagi mohon maaf dan terima kasih Pak Aqua."

aqua.jpgDirut Citilink Juliandra Nurtjahjo dan Dr Aqua Dwipayana. (FOTO: KOMPASS.ID)

Secara senada Nila dan Yunarto mengatakan bahwa Rabu pagi (esoknya), 26 Juni 2019 mereka akan rapat yang khusus membicarakan tentang hal itu. Sekaligus menginvestigasi kejadian tersebut. Hasil rapat akan dilaporkan ke Juliandra dan Direksi lainnya yang berkaitan dengan pelayanan.

"Saya sama sekali tidak mendapatkan informasi dari anak-anak di lapangan tentang kejadian yang kurang menyenangkan pada teman Bapak atas layanan kami. Saya tahunya setelah membaca tulisan dari Pak Aqua," tambah Yunarto.

Sesaat setelah saya memberikan nomor HP teman yang Jenderal tersebut, kawan saya itu kontak saya. "Abangnda Aqua, Ibu Nila dari Citilink sudah menghubungi saya. Panjang lebar saya kasih masukan terutama para awak kabin dan petugas darat harus diajar dan dilatih cara berkomunikasi yang baik dan menghargai pelanggannya. Bukan menjawab dengan ketus seperti yang saya alami. Para pegawai Citilink perlu banyak belajar komunikasi pada Abangda Aqua yang memang jago dan pakar Komunikasi.

citylink.jpgCrew pesawat Citilink. (FOTO: beritatrans.com)

Terima kasih banyak karena Abangda Aqua telah men-share komplain saya sehingga mendapat tanggapan serius dari manajemen Citilink."

Kepada teman itu saya sampaikan bahwa itu adalah bukti nyata bahwa Juliandra sangat responsif pada keluhan dan komplain pelanggannya. Meski sore tadi jadwalnya padat terutama menghadiri rapat, tapi dengan cepat merespon tulisan saya.

Saya minta kepada teman itu agar tetap naik Citilink. "Siap Abangda Aqua. Sesuai dengan pesan Abangda, saya tetap naik Citilink ke berbagai kota di Indonesia," pungkasnya.

Saya mengapresiasi Juliandra dan jajarannya yg dengan cepat dan tanggap merespon komplain tersebut. Semoga ke depan layanan Citilink lebih baik lagi. Aamiin ya robbal aalamiin...

>>Dari Bandara Soetta menjelang ke Muscat, Oman, untuk memenuhi undangan sharing Komunikasi dan Motivasi dari Duta Besar RI untuk Kesultanan Oman HE. Musthofa Taufik Abdul Latif, saya ucapkan selamat melayani dengan hati. Salam hormat buat keluarga. 23.30 25-06-2019.(*)

Penulis: Dr Aqua Dwipayana, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional.

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda