Mobil Seken Keren

Honda Accord Sejak 1976

Honda Accord (Foto PT Honda Prospect Motor)

COWASJP.COM – Honda Accord telah diproduksi selama lebih dari seperempat abad. Menjadi salah satu sedan yang menarik dengan karakternya yang khas. Di sini akan diurai sejarahnya di Indonesia sejak 1976, kelebihan dan kekurangannya.

Tapi, kalau ingin tahu harga bekasnya yang update setiap waktu, sekarang, di sini: Honda Accord Seken

Mobil sedan mewah ini berkapasitas 5 penumpang dan merupakan pilihan gaya hidup bagi kaum eksekutif. Mobil ini mengalami perkembangan dari masa ke masa dan telah mencapai generasi ke-9.

Honda Accord adalah salah satu sedan premium yang menjadi pilihan bagi para eksekutif atau pengusaha sukses di Indonesia. 

Honda telah berhasil mendesain mobil ini dengan elegan dan mewah sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Namun, selain memiliki keistimewaan, kali ini kita juga akan membahas kelemahannya.

Kita akan membahas Honda Accord mulai dari generasi terbaru. Berikut adalah tabel Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord:

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord, mari kita melihat sejarah Honda Accord di Indonesia terlebih dahulu.

Generasi I (1976-1981)

Pada 1976, Honda meluncurkan Accord dengan ruang yang lebih lapang tetapi tetap ekonomis dan handal. Hatchback 2 pintu ini bermesin 1.6 liter empat silinder yang menghasilkan 68 hp dengan berat 900 kg dan wheelbase 2296 mm. Posisi duduk dengan konfigurasi panel indikator dilengkapi dengan berbagai fitur standar.

Pada 1978, Honda meluncurkan versi LX dengan fitur yang lebih mewah seperti AC dan jam digital. 

Pada 1979, Honda meluncurkan Accord 4 pintu. Kapasitas mesin naik menjadi 1.8 liter dengan tenaga 72 hp. Fitur-fitur tambahan adalah oil cooler, power steering, dan tachometer. 

Pada 1980, Honda memperkenalkan sistem transmisi 3-speed matik. 

Pada 1981, Honda merilis Accord SE yang sangat mewah yang dilengkapi dengan kursi kulit, power windows, alloy wheel, door locks, serta sound system premium.

Generasi II (1982-1985)

Generasi kedua tampil lebih bergaya.

Pada 1982 tampilannya lebih besar dan bertenaga. Panjangnya bertambah hampir 50 mm dan wheelbase hampir 75 mm. Output mesin tetap 1.8 liter tetapi dinaikkan menjadi 75 hp. 

Pada 1985, Honda menambahkan fasilitas power steering, elektrik mirror, power window, perubahan lampu depan dan belakang, serta mesin yang tadinya 8 valve menjadi 12 valve. Di Indonesia, Honda Accord ini dikenal dengan sebutan Honda Accord Executive.

Generasi III (1986-1989)

Dengan tema "Bigger and Better," Honda merilis Accord menjadi lebih macho dan aerodinamis dengan meningkatkan wheelbase menjadi 147 mm dan panjang menjadi 4.495 mm. 

Mesin yang digunakan adalah mesin 2.0 liter yang menghasilkan 98 hp. Sistem suspensinya didesain double-wishbone di seluruh rodanya. Accord generasi ini memiliki sentuhan sport yang sangat kental.

Generasi IV (1990-1993)

Pada generasi IV, wheelbase meningkat menjadi 2.720 mm dan panjang menjadi 4.685 mm, dengan desain yang lebih elegan dan timeless serta mesin 2.0 liter karburator. 

Pada 1991 Honda meluncurkan Accord dengan teknologi 4WS (4 Wheel Steering) dengan jumlah terbatas. 

Pada 1993 Honda Accord mengalami minor change, yakni fuel injection menjadi perangkat standar pada semua unit dengan mesin 2.0 liter PGM-Fi yang menghasilkan tenaga sebesar 110 hp. Di Indonesia, Accord generasi ini dikenal dengan sebutan Honda Accord Maestro.

Generasi V (1994-1998)

Pada 1994 Accord mendapat penambahan power, peningkatan keselamatan, penyempurnaan sistem transmisi, bodi yang lebih aerodinamis, serta struktur yang lebih kaku. Dengan mesin 2.2 liter, Accord generasi ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 125 hp. 

Pada 1996 Honda melakukan minor charge dengan menyematkan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Lift, Electronic Control). Di Indonesia, Accord generasi ini dikenal dengan sebutan Honda Accord Cielo.

Generasi VI (1999-2003)

Pada 1999 tampilan bodi Accord menjadi ramping, macho, dan elegan. Accord naik kelas menjadi midsize sedan setelah sebelumnya berada di kelas compact sedan. 

Mesin ditingkatkan menjadi 2.4 liter dan menggunakan teknologi VTEC, sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 150 hp.

Generasi VII (2004-2007)

Pada tahun 2004, tampilan bodi Accord didesain menjadi lebih membulat dengan kesan yang lebih sporty daripada model sebelumnya. Mesin VTEC 2.4 liter dengan dua pilihan trim, yaitu VTi dan VtiL.

Generasi VIII (2008-Sekarang)

Pada 2008 Honda Accord mengalami perubahan drastis dari segi dimensi bodi dan mesin. Dengan mengusung tema "Bigger, Better, Bolder", Accord memiliki panjang bodi 4.935 mm, lebar 1.845 mm, dan tinggi 1.475 mm. Mesin yang digunakan adalah mesin 2.4 liter i-VTEC dan 3.5 liter V-6 dengan teknologi VCM. 

Di Indonesia, Honda Accord generasi ini dikenal dengan sebutan "All New Full Size Honda Accord".

Generasi IX (2013-Sekarang)

Pada April 2013 PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Honda Accord generasi kesembilan yang baru di Jakarta. Desain secara keseluruhan mengalami perubahan, serta dilengkapi dengan teknologi canggih dan fitur-fitur terdepan.

Honda Accord generasi ini menggunakan mesin Earth Dreams Technology, yaitu pengembangan teknologi mesin Honda yang menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi namun tetap bertenaga.

All New Honda Accord dibekali dengan mesin 2.4 liter DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga sebesar 176 PS pada 6.200 rpm dengan torsi maksimal 225 Nm pada 4.000 rpm. Semua varian dilengkapi dengan sistem suspensi McPherson Strut untuk bagian depan serta Multi-Link di bagian belakang.

Honda Accord generasi ke-9 ini hanya mengalami satu kali perubahan wajah (facelift) saja. Saat ini, desainnya masih tergolong modern dan mewah. 

Karena pasar segmen sedan di Indonesia menurun, Honda Accord tidak memiliki banyak pesaing di pasar otomotif.

Kelebihan Honda Accord

Honda Accord adalah mobil sedan premium generasi akhir yang memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini adalah enam kelebihan yang dimiliki Honda Accord.

Desain eksterior mewah dan elegan

Honda Accord memiliki desain eksterior yang mewah dan elegan. Tampilan depan mobil ini dilengkapi dengan 2 garis horizontal melintang dengan aksen krom dan lampu depan HID berwarna putih. 

Bumper depan memiliki fog lamp untuk penerangan malam hari, dan lampu depan dilengkapi dengan tiga garis grill yang menyertai logo Honda di tengahnya. Velg berukuran 17 inci dengan desain 7 palang, dan pada bagian belakang mobil terdapat bumper dengan lampu LED motif huruf C.

Interior lapang dan menarik

Kelebihan lain dari Honda Accord adalah interior yang lapang dan menarik. Jok mobil sudah dilapisi dengan bahan kulit premium, dan pada dashboard terdapat kombinasi warna beige dan hitam dengan aksen kayu yang menambah kesan mewah. 

Setir mobil dilengkapi dengan sistem pengaturan tilt dan teleskopik. Posisi duduk yang nyaman dan ruang kepala serta kaki yang cukup lapang membuat pengendara dan penumpang merasa nyaman. 

Di bagian tengah dashboard terdapat head unit layar sentuh ukuran 8 inci serta pengaturan AC lengkap dengan layar digital. Bagian bawah dashboard dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang menyatu dengan wireless charger console dan port USB. 

Dekat tuas transmisi terdapat ruang penyimpanan dan arm rest yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Mesin responsif dan bertenaga

Honda Accord memiliki mesin yang responsif dan bertenaga. Meski mobil ini memiliki bobot yang besar, namun Honda Accord dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder, VTEC, turbo dengan drive by wire. 

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 187 hp @5.500 rpm, dengan torsi maksimal mencapai 260 Nm @1.600-5.000 rpm. Tenaga besar itu disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi otomatis CVT dengan teknologi Earth Dream.

Jok depan pengaturan elektrik

Kelebihan lain dari Honda Accord adalah jok depan yang sudah dilengkapi dengan pengaturan elektrik 8 arah di bagian kanan serta 4 arah di bagian kiri. Jok elektrik ini juga sudah dilengkapi dengan memory seat with easy entry.

Instrument cluster menggunakan layar digital dengan ukuran 7 inci yang berguna memberikan informasi bagi pengemudi.

Fitur lengkap

Honda Accord generasi terbaru memiliki keistimewaan lainnya berupa fitur yang lengkap. Terdapat sensor parkir pada bumper depan, spion yang dapat dilipat secara otomatis dan dilengkapi dengan sensor dan kamera, lampu belakang LED, sistem smart entry dan kunci keyless, serta layar instrumen digital. 

Fitur lainnya meliputi ventilasi AC belakang, Dual auto AC, sunshade samping dan sunshade belakang yang dilengkapi dengan daya listrik. 

Terdapat juga fitur Lane Watch, dual SRS airbag, kamera belakang dengan sudut pandang ganda, kontrol kecepatan, dan ECON Mode untuk mengindikasikan konsumsi bahan bakar agar lebih irit dan efisien. 

Selain itu, terdapat Audio Steer Control untuk mengganti musik dan mengatur volume. 

Paddle shift atau pengaturan gigi di setir juga tersedia, selain itu terdapat Cruise Control In Steer yang dapat mengoperasikan mobil tanpa menekan pedal gas dan mengatur kecepatan secara konstan sesuai dengan keinginan pengemudi melalui tombol pengaturan cruise control yang terletak di sisi kanan kemudi.

Keamanan mobil didukung oleh rem ABS, electronic brake distribution, brake assist, hill start assist, dan downhill assist control. Untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan 5 airbag, sabuk pengaman 3 titik dan ISOFIX, serta child safety lock dan 4 airbag.

Cukup hemat BBM

Honda Accord generasi akhir, punya kelebihan irit BBM. Walaupun kapasitas mesin besar tapi tetap bisa irit. Untuk efisiensi bahan bakar, sampai 9-9,3 km per liter BBM.

Kekurangan Honda Accord

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Honda Accord yang perlu diperhatikan, meskipun mobil ini memiliki beberapa kelebihan yang menonjol:

Tidak dilengkapi dengan sunroof

Meskipun Honda Accord merupakan mobil kelas atas yang mewah, mobil ini belum dilengkapi sunroof. Hal ini mungkin menjadi kekurangan bagi beberapa konsumen yang mengharapkan fitur tersebut pada mobil mereka.

Ukuran bodi yang besar

Honda Accord memiliki ukuran bodi yang besar, yang bisa menyulitkan pengemudi dalam memarkir mobil di tempat yang sempit.

Suspensi yang keras

Salah satu kekurangan dari Honda Accord adalah suspensinya yang terasa keras, yang dapat mengurangi kenyamanan pengemudi dan penumpang dalam berkendara.

Radius putar yang lebar

Karena bobotnya yang cukup besar, Honda Accord memiliki radius putar yang lebar. Pengemudi perlu berhati-hati saat memutar balik dan mengambil posisi yang tepat agar dapat melakukan putaran yang lebih maksimal.

Tidak dilengkapi dengan One Push Engine

Honda Accord generasi terbaru belum dilengkapi dengan fitur One Push Engine, yang memungkinkan pengemudi untuk memulai mesin mobil hanya dengan menekan tombol. Sebaliknya, mobil ini masih menggunakan kunci manual.

Suku cadang yang mahal

Honda Accord merupakan mobil kelas atas, sehingga suku cadang dan biaya perawatan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mobil lainnya. Hal ini perlu dipertimbangkan oleh calon pembeli sebelum memutuskan untuk membeli mobil ini.

Begitulah Honda Accord/ Keputusan membeli ada di tangan Anda. Semoga ini bermanfaat. (*)

Pewarta : Djono W. Oesman
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda