Jombang Geber Festival Ludruk Desa

Bumi Jombang diguncang festival ludruk. (FOTO: joharjohar.com)

COWASJP.COM – Kabupaten Jombang "diguncang" Festival Ludruk Desa 2018 di Situs Sendang Made, Desa Made, Kecamatan Kudu. Sabtu, 8 Desember 2018 mulai pukul 12.00 hingga pukul 22.00. 

Dimulai dengan tradisi Kum-Kum Sinden pada pukul 12.00 hingga pukul 15.00. Disambung dengan dialog remaja berlabel NOM-NOMAN NJOMBANG SINAU LUDRUK : Sejarah, Tari Remo dan Parikan yang menghadirkan narasumber Cak Nasrul Illahi (budayawan Jombang), Dian Soekarno (Sanggar Seni Lung Ayu Jombang) dan duet pelawak ludruk Budhi Wijaya: Cak Taji & Cak Kentut. Dialog remaja yang dihadiri sekitar 50 komunitas seni pelajar Kampung Ludruk Jombang dari Kecamatan Kudu dan Kecamatan Ngusikan bakal berlangsung pukul 15.00 – 17.30.

Festival-Ludruk-Desa-2.jpgLudruk Budi Wijaya Jombang. (FOTO: henrinurcahyo/Wordpress)

’’Ludruk adalah warisan kebudayaan Indonesia yang basis budayanya ada di Jombang, terutama di wilayah Jombang utara menjadi alasan kuat terselenggaranya kegiatan pelestarian seni tradisi ludruk ini,’’ ungkap Didik Purwanto, panitia kegiatan. 

Setelah jeda istirahat sejam, dilanjutkan dengan seremoni pembukaan oleh Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dan Dirjen Kebudayaan Kemdikbud,  Hilmar Farid pada pukul 18.30-19.30.   

Dipandu MC Dian Soekarno, sekitar pukul 19.30 pentas Ludruk Cilik Tunas Wijaya SDN Ketapang Kuning disuguhkan kepada pengunjung. Lakon yang diusung adalah Timun Emas. Sebagai tampilan utama event yang dirancang untuk menguatkan image bertagar #JombangKotaLudruk & #KampungLudrukJombang tersebut, ditampilkan pentas gabungan Ludruk Budhi Wijaya dan Ludruk Baru Jaya. Lakonnya adalah Sarip Tambak Oso.

Festival-Ludruk-Desa-3.jpgFOTO: kemdikbud.go.id

’’Event ini terselenggara berkat dukungan Ditjen Kebudayaan Kemdikbud serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jombang,’’ papar Didik.

Pengen nonton , namun belum tahu akses menuju lokasi? Jalaluddin Hambali, panitia kegiatan menjelaskan, Situs Sendang Made dapat diakses dari beberapa penjuru. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi berawal dari Jombang Kota, antara stasiun KA Jombang dengan lokasi pementasan berjarak sekira 28,7km (versi google map). Asumsinya, setelah lepas dari jembatan Sungai Brantas di Kecamatan Ploso, menuju ke arah timur laut menuju Kecamatan Kudu (arah Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto), menyusuri jalan raya di samping tanggul Sungai Brantas.  Titik perlintasan selanjutnya bisa melintasi simpang tiga Pasar Tapen, Kec. Kudu berbelok ke kiri atau melalui samping Mapolsek/Makoramil Kudu berbelok ke kiri. Pasar Tapen menuju Situs Sendang Made berjarak seklitar 7,2km. Sedangkan, Mapolsek/Makoramil Kudu menuju Situs Sendang Made berjarak sekitar 4,9km. 

Namun, jika Anda berangkat dari kawasan Surabaya/Sidoarjo, bisa memilih melintasi tol Surabaya-Mojokerto dan keluar di pintu keluar Mojokerto Barat/Kec. Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Menyusuri tepi Sungai Brantas hingga Pasar Keboan, Kecamatan Ngusikan. Dari Pasar Keboan ke Situs Sendang Made, jaraknya sekira 7,1km. 

Untuk info lebih detil, dapat mengontak panitia di no ponsel 081235905090: Jalaluddin. Salam budaya. (*)

Pewarta : Jalaluddin Hambali
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda