Para Siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta Siap Gelar Panggung Tari Bergengsi

Suasana menjelang latihan tari para siswa dan siswi SMAN 1 Yogyakarta. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Tim Siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta siap mengikuti pergelaran tari di Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma, Minggu 9 Oktober 2022 siang pukul 13.00  sampai 16.00 WIB. 

Pergelaran ini diikuti sekitar 50 siswa siswi SMA Negeri 1 Yogyakarta. Digelar tiap tahun dan merupakan pergelaran perdana setelah pandemi serta bergengsi bagi para siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta. 

Pergelaran tari SMA Negeri 1 Yogyakarta tahun 2022 ini merupakan pementasan dengan latar kekaisaran China pada abad ke-5. Naskah Disney “Mulan” bercerita mengenai perempuan berkemampuan luar biasa, yang bertaruh demi kerajaan dan martabat keluarga. 

Namun banyak ditentang oleh masyarakat dan aturan patriarki di mana perempuan dilarang ikut berperang. Cerita ini dibalut dengan judul “Gladiolus.” Nama Gladiolus diambil dari nama bunga yang memiliki makna kekuatan. Hal ini selaras dengan karakter tokoh Mulan. 

Pergelaran Teladan 2022 ini diharapkan dapat memberi sudut pandang bagi para penonton bahwa perempuan bisa mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki.

Pergelaran ini diadaptasi dari film Mulan tahun 1998 dan 2020, diikuti sekitar 50 siswa dari kelas 11 dan 12.

Kali ini, para penari SMA Negeri 1 Yogyakarta dilatih oleh Bpk. Eko Budiantara "Kami berharap pergelaran sekolah kita bisa mengharumkan serta mengangkat nama sekolah, bahkan lebih baik lagi," 

Para siswa yang terpilih ikut pergelaran tari SMA Negeri 1 Yogyakarta ini terlihat sangat bersemangat dalam berlatih. Sudah 4 bulan ini mereka berlatih keras. 

yogya11.jpg

Bagaimana hebatnya penampilan mereka? "Kita perkirakan pergelaran SMA Negeri 1 Yogyakarta menjadi comeback yang menghebohkan dan membanggakan sekolah dan daerah sekitarnya," kata Kepala Sekolah Dr. Jumadi, M.Si.

Para penari dilatih serius oleh Bapak Eko Budiantara. Tim sutradara dan asisten sutradara yaitu Amalia Putri Hapsari, Audini Salsabila, dan Belva Lasalina sangat bangga dan berusaha maksimum untuk memberikan penampilan yang terbaik. 

Apa harapan para siswa peserta pagelaran?
Semoga pagelaran kami berjalan dengan lancar, sukses dan memberikan suatu hal yang positif bagi kami para penari, panitia, dan seluruh siswa SMAN 1 Yogyakarta. Dan menghibur para penonton. 

"Yang penting kami latihan keras dan bisa tampil tenang dan percaya diri di panggung nanti. Semoga kami bisa sukses dan lancer saat pergelaran nanti," kata Nasywa siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Yogyakarta.

Nasywa Agtika Tsary Falihah ditugasi sebagai 
koordinator koreografi dan musik bersama Yasmin Ghaida Mufidatul'amaliya. 

Saksikan pagelarannya pada 9 Oktober 2022.(*) 

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda