Kemenag Asesmen Lembaga Halal Amerika Serikat di Chicago

Tim akreditasi Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) BPJPH foto bersama di markas IFANCA, Chicago. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) telah melakukan asesmen terhadap Islamic Food and Nutrition Council of America (IFANCA) di Chicago - Illinois, Amerika Serikat. 

Kata Kepala BPJPH Aqil Irham: 

Hal ini merupakan bagian dari proses saling pengakuan dan saling menerima antara Indonesia dan Amerika Serikat, terkait jaminan produk halal (JPH).

"Alhamdulillah BPJPH telah menyelesaikan proses asesmen pada IFANCA. Ini merupakan Lembaga Halal Luar Negeri  (LHLN) kedua yang kita asesmen," kata Aqil Irham jelang kepulangannya ke tanah air, di Bandara Internasional O'Hare Chicago, Selasa (27/9/2022).

Pelaksana asesmen ini terbagi menjadi dua tim. 

Pertama, tim asesmen teknis yang terdiri dari Amar Bramantiyo dan Abdul Qodir. 

Kedua,  tim asesmen syariah (Halal Islamic Affairs Expertise) yang terdiri dari Siti Aminah dan Fertiana Santy. 

Proses asesmen berlangsung selama tiga hari mulai 21-23 September 2022.

"Adapun metode asesmen yang dilakukan meliputi data review, interview, dan on-site observation," ungkap Aqil Irham.

Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi upaya IFANCA untuk mengajukan akreditasi. Ini menjadi sinyal positif bagi perluasan ekosistem halal global. Kolaborasi dan kerja sama yang baik untuk pengembangan pasar halal global ini sangat penting. 

"Bila sudah ada lembaga yang memenuhi syarat dan standar Indonesia terkait jaminan produk halal, rekan pengusaha ekspor dari Amerika tidak repot untuk  mensertifikasi halal produknya dan bisa masuk ke pasar Indonesia," jelas Aqil yang juga mantan Sekjen PP Ansor  era Gus Ipul itu.

Sebelumnya, pada Juni 2022, BPJPH juga telah melakukan asesmen atas pengajuan akreditasi dan saling pengakuan serta saling terima (accreditation and mutual recognition & acceptance /MRA) dengan Korea Muslim Federation (KMF), di Seoul, Korea Selatan.

Saat ini BPJPH telah menerima pengajuan akreditasi dari 97 LHLN yang berasal dari lebih 40 negara.

Dalam kunjungan kerja yang berlangsung sejak 21 September 2022, tim Asesmen juga mengunjungi Chicago Rabbinical Council di Chicago untuk berdiskusi bagaimana mekanisme proses sertifikasi kosher di Amerika. Tim asesmen disambut oleh Rabbi Sholem Fishbane selaku Kashrus Administrator, yang juga merupakan executive director dari AKO (Association of Kashrus Organizations).

Selain itu, tim asesmen juga mengunjungi museum Abrahamic Religions yang berada di kota Chicago, yang berisikan kisah Nabi dan Rasul dari agama-agama Ibrahim.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda