Kirab Satu Negeri di Area Tugu Dwikora

Kirab Satu Negeri di Nunukan. (FOTO: Istimewa)

COWASJP.COM – Gerakan Pemuda Ansor ingin Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 tetap kokoh jadi pengikat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Umum PP GP Ansor H. Yaqut Cholil Qomas dalam sambutannya yang disampaikan Wakilnya M. Haerul Amri saat jadi pembina Apel Kirab Satu Negeri Zona Nunukan di Area Tugu Dwikora, Nunukan, 16 September 2018 pagi.

Kirab-Satu-Negeri-cws-2.jpg

Selain itu, Ansor juga  ingin agama menjadi rahmah, sumber kasih sayang dan perdamaian, sebagaimana telah dipraktikkan berabad-abad oleh nenek moyang kita. Kita ingin semua orang, mayoritas masyarakat yang toleran dan cinta persatuan, berani bersuara, tidak lagi memilih diam. 
"Kita ingin Indonesia yang majemuk, namun hidup rukun dan damai ini menjadi inspirasi dan teladan bagi dunia," ucapnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan bahwa setiap perjumpaan dengan saudara-saudara  sebangsa dan setanah air dalam perjalanan ini, sampaikanlah kepada mereka semua kondisi yang menjadi alasan mengapa kita melaksanakan Kirab Satu Negeri ini.

Kirab-Satu-Negeri-cws-3.jpg

" Kemukakanlah dengan gamblang tujuan-tujuan mulia kita. Ajaklah mereka, libatkan mereka, gandeng mereka agar ikut serta berjalan seiring dengan kita mengibarkan Merah Putih ke seantero negeri. Kami yakin, semua rakyat Indonesia setuju dan mendukung tujuan-tujuan mulia ini. Karena meskipun kita berbeda-beda suku, etnis, agama, bahasa, budaya, selera dan seterusnya, namun hakekatnya kita mempunyai lebih banyak kesamaan," kata Haerul Amri yang biasa diambil Aam itu. 

"Kita ini sama. Menghirup udara dari kolong langit Indonesia. 
Kita ini sama minum dari air bumi pertiwi. 
Kita ini sama lahir, tumbuh dan mati di tanah Nusantara. 
Kita ini sama ingin membela agama, bangsa dan negeri dalam satu tarikan nafas kita. Kita ini sama Indonesia," tambahnya.

Apel pelepasan Kirap Satu negeri didukung berbagai elemen. Unsur mahasiswa, pelajar, tokoh organisasi, ormas, pemuda, TNI, Polisi, Tim Paskibraka Kabupaten Nunukan dan FKPD lainnya. (*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda