Tim Kirab Satu Negeri Tiba di Nunukan

Penulis (tengah) dan didampingi dua banser.

COWASJP.COM – Tim Kirab Satu Negeri dari Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor disambut tarian Gong sebagai simbol ucapan selamat datang adat Dayak, di Pelabuhan Nunukan, Sabtu 15 September 2018.

Tim Kirab Satu Negeri zona Nunukan akan dilepas Minggu 16 September 2018, bersamaan dilakukan pelepasan di empat wilayah terluar Indonesia: Sabang, Miangas, Merauke, dan Rote.

Sementara itu, tim kirab zona Nunukan akan melintasi seluruh provinsi di pulau Kalimantan. "Yang nantinya akan finish secara bersamaan di Yogyakarta pada tanggal 26 Oktober 2018 mendatang," terang Affan Fauzi, Koordinator Kirab zona Nunukan, yang juga pengurus Pimpinan Pusat GP Ansor.

Affan menjelaskan, Kirab Satu Negeri digelar untuk mengingatkan kembali semangat persatuan dengan menjunjung rasa persamaan, tanpa selalu mencari-cari perbedaan. "Oleh karena alasan itu, kirab ini mengambil tema Bela Agama, Bangsa, Negeri. Ini sebagai upaya kami  para kaum muda untuk mengulang sejarah sumpah pemuda 90 tahun lalu," kata Affan  yang juga wakil Sekjen PP GP Ansor itu.

banser2.jpgDisambut tarian Gong sebagai ungkapan selamat datang.

Dia mengharapkan, kirab ini sebagai penguat ikatan konsensus kebangsaan. "Kami ingin kesepakatan berbangsa yang sudah diikrarkan oleh para pendiri bangsa dulu tak perlu lagi dipertanyakan kembali, karena hal itu sudah final menjadi komitmen bernegara yakni NKRI," tutur dia. 

Lebih lanjut, Affan menyimpulkan, dengan Kirab Satu Negeri ini, GP Ansor ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bisa menjadi inspirasi dalam menciptakan perdamaian di atas berbagai keberagaman yang ada di dalamnya.

KIRAB.jpg

Malam ini acara dimulai dengan Mujahadah yang melibatkan warga sekitar tempat berlangsungnya apel pemberangkatan kirab di Tugu Dwikora Nunukan.  Amujahadah dipimpin oleh Gus Anulloh Habib dari Jateng.

Pagi harinya acara apel dilaksanakan dengan Inspektur Upacara M. Khaerul Amri Wakil Ketua PP GP Ansor dan melibatkan Pimpinan Cabang GP Ansor Nunukan, Tim Paskibraka Kab Nunukan dan komunitas seni Dayak Nunukan. (*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda