India Terkesan RIOK Championship 2022

Hari pertama RIOK Championship di GOR Ciracas, Jakarta Timur, 1 Juli 2022. (foto: roso daras)

COWASJP.COMJAKARTA GOR Ciracas, Jakarta Timur tampak sibuk sejak pagi, Jumat 1 Juli 2022. Hari pertama pelaksanaan RIOK Championship 2022, benar-benar meriah. Magnet event kejuaraan karate internasional itu tidak saja berhasil mengundang para peserta dari dalam, tetapi juga dari luar negeri.

“Ini adalah event karate internasional terbesar yang pernah ada di Indonesia,” ujar Prof Hermawan “Kikiek” Sulistyo, patron Dojo Renzo, di selasar GOR Ciracas, Jumat (1/7/2022).

Tak kurang dari 1.800 karateka dalam dan luar negeri mengikuti Renzo International Open Karate (RIOK)  Championship 2022 memperebutkan Piala Mendagri Tito Karnavian. “Suasana kejuaraan dibikin sedemikian rupa sehingga terkesan fun. Sebab, banyak peserta kategori anak-anak,” tambah Kikiek.

GOR dengan kapasitas 5.000 tempat duduk itu sudah dipadati penonton sejak pagi. Selain penonton umum, tampak antusias hadir para orangtua atlet yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya, para atlet, dan undangan.

Di arena pertandingan tergelar lima tatami. Semua nomor kata dan kumite baik junior, senior, maupun kadet dipertandingkan mulai dari babak penyisihan hingga final. Keseluruhan nomor diperkirakan selesai pada pukul 19.05 WIB.

India Terkesan

M. Midhum, koordinator kontingen India mengaku sangat senang bisa mengikuti ajang RIOK Championship 2022. “Ini adalah kedatangan kami yang kedua. Yang pertama di Bali. Kami senang bisa datang ke Jakarta,” ujar Midhum.

karate-nyar.jpg1.jpgM. Midhum, dan karateka India peserta RIOK Championship 2022. (foto: roso daras)

Kontingen India diperkuat 13 orang, yang terdiri atas 11 orang atlet dan dua ofisial. Mereka mengikuti semua nomor, baik di kategori kata maupun kumite. “RIOK Championship terorganisasi dengan sangat baik. Kami sangat terkesan,” tambahnya.

Sebelumnya, Kikiek menyambut kedatangan kontingen India itu di pintu masuk GOR Ciracas. Midhum menyampaikan terima kasih sekali, telah disediakan fasilitas yang memuaskan. “Penginapan dan konsumsi sudah kami siapkan gratis. Anda cukup beli tiket PP,” kata Kikiek kepada Midhum. Midhum pun tertawa senang dan mengucap terima kasih.

Tak pelak, GOR Ciracas tidak saja menjadi ajang kejuaraan karate, tetapi juga menggeliatkan sektor ekonomi. Ruang bawah gelanggang dan sebagian halaman, digunakan untuk bazar kuliner,  perlengkapan karate, maupun pakaian olahraga yang lain.

Salah satu boot yang menarik perhatian pengunjung adalah boot Dynamix sebagai salah satu sponsor event. Dynamix menyediakan arena permainan yang diberi nama DinaFun. Bentuknya sebuah mesin Naga Pukulan Tinju atau istilah asingnya arcade simulator.

karate-nyar.jpg1.jpg2.jpgStand Arcade Simulator Dynamix di area bazaar RIOK Championship 2022, GOR Ciracas, Jakarta Timur. (foto: roso daras)

Sejumlah peserta didaftar, kemudian masing-masing diberi kesempatan dua kali meninju sasaran pukul. Pukulan dengan skor tertinggi mendapat “satu sak semen Dynamix” sebagai hadiah. Bukan semen sebenarnya, melainkan bantal lembut yang didesain menyerupai kantong sak semen.

Bukan hanya itu. Sedikitnya ada tiga spot selfie (photo boot) yang disediakan panitia penyelenggara. Di bagian depan tampak banner besar title kejuaraan dengan tulisan besar di bagian atas: “Home Of The Champions”. Di baliknya, big banner dengan gambar sensei Prof Hermawan Sulistyo pada posisi tendangan (geri). Lebih ke belakang lagi, terpajang foto-galeri karate yang menarik.

Alhasil, penyelenggaraan Renzo International Open Karate Championship 2022 hari pertama, berlangsung sangat sukses dan meriah. “Marwah event ini adalah meruntuhkan sekat-sekat perguruan. Setiap karateka, dari mana pun asalnya, saya tidak pedui. Silakan tunjukkan prestasimu di sini,” ujar Kikiek. (*)

Pewarta : Roso Daras
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda