3rd Jogja Violin Festival 2022

Kampanye #IndonesiaPulih Lewat Kolaborasi Budaya Keren

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo (tengah) memukul lesung saat acara ini.

COWASJP.COM – Kampanye #IndonesiaPulih terus dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan Promosi Pariwisata dan Kebudayaan Nusantara (P3PKN).  Pergelaran di Taman Tebing Breksi, kali ini, merupakan pergelaran tahun ketiga.  

P3PKN  didukung Kemenparekraf menyelenggarakan kegiatan kampanye ini dengan menggelar  ³Å•d Jogja Violin Fest 2022. Kegiatan ini menyajikan pagelaran musik, seni dan budaya.  Dibungkus dalam  kolaborasi bersama Komunitas Biola Jogja, pelaku seni tari dan komunitas band modern. Menparekraf Sandiaga Uno, menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini melalui video streaming. 

Festival yang didukung oleh kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di tahun ke-3 ini mengusung judul: "Samsara Lesung dalam Serenade Violin".  Yang memiliki arti: rayuan alunan dawai violin yang indah mampu menjadi pemicu terlahirnya kembali kesenian lesung yang akan terus ada tanpa akhir. 

Selain rangkaian acara yang spektakuler, kegiatan ³RD JVF 2022 kali ini juga melibatkan 175 UMKM.  Terdiri dari 25 binaan Dinas Koperasi dan 150 UMKM binaan pengelola destinasi wisata Tebing Breksi. Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid ini menyedot sekitar 2000-an penonton dan tamu undangan. "Dan tetap menjalankan prokes," jelas Ketua P3PKN Ridwan. 

Rekaman tayangan bisa dinikmati di akun Youtube Pesona P3PKN dan Visiting Jogja. 

Rangkaian kegiatan yang dihelat selama dua hari dari tgl 26-27 Juni 2022 ini terdiri dari Bazar Pameran UMKM, lomba violin, lomba menyanyi, pegelaran kolaborasi komunitas biola bersama barongsai Singa Mataram, jathilan Sanggar Qinanti Sambirejo, Sanggar Seni Kujang, Shimphonima, dan Gband. 

Dimeriahkan pula, Noz Indonesia, GAJ, Tomi Kaloka, Azza Joto, Nafiz Indonesia Idol. Dan dipandu oleh MC juga influencer Alit Jabang Bayi dan Firman Putra. 

Mengangkat konsep Intimate Night Campfire Music. Pagelaran ini menampilkan perpaduan kesenian etnik dan modern dari berbagai etnis yang dibalut dalam konser campfire yang intim. Kegiatan ini selain didukung oleh Kemenparekraf dan Dispar DIY, juga didikung oleh Badan Otorita Borobudur (BOB), Bank BPD DIY dan BRI Cabang Mlati. 

Deta Djuretwati selaku Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan JVF kali ini memang digelar spektakuler dengan mengolaborasikan musik modern dengan perpaduan musik dan tari etnik  antarbudaya yang ada di Indonesia. 

Deta juga berharap pada kegiatan JVF 4 2023 #indonesiabagus yang akan datang mendapat perhatian khusus dan bisa menjadi program prioritas event unggulan dari Pemerintah Daerah (Dispar DIY) dan Pemerintah Pusat Kemenparekraf RI. (*)

Pewarta : Erwan Widyarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda