Yuk Liburan dan Belajar Seni Rupa ke Pameran Nasional Edu Art di TBY

Foto-Foto: Istimewa

COWASJP.COM – Liburan sekaligus belajar seni rupa dengan mengamati karya-karya berkelas? Yuk, datang ke Yogyakarta. 

Kembali, Yogyakarta menjadi ajang bergengsi Pameran Seni Rupa tingkat Nasional. Namanya Expose Edu Art Action. Event ini diselenggarakan pada tanggal 25 - 30 Juli 2018. Tempatnya Taman Budaya Yogyakarta (TBY) yang berada di jantung kota. Tepatnya di sebelah Selatan Pasar Legendaris Beringharjo. 

Tercatat lebih 160 peserta dari berbagai kota dari Jawa dan luar Jawa. Di antaranya dari Riau, Kalimantan, Lampung, Bali, Jawa Barat, Banten, Jakarta, Bandung, Cirebon, Pekalongan, Semarang, Salatiga, Solo, Yogya, Surabaya, Lamongan, Pasuruan, Jember, Banyuwangi. 

lukis1.jpg

Pameran ini adalah pameran yang ke-9. Ketua Penyelenggara Mahyar Suryaman menegaskan tujuan utama pameran seni rupa nasional ini adalah sebagai sarana apresiasi dan edukasi seni khususnya dalam bidang seni rupa secara nasional. Karena, pameran ini diikuti oleh guru-guru seni, dosen, seniman undangan dan seniman yang mendaftar.

Dari 160 peserta di antaranya Totok Buchory, Timbul Raharjo, Gunardi, Biyan Subiyanto, Iskandar Abeng Kokok Hari Subandi, Tulus Warsito, dan Ali Gopal. Kemudian ada pematung seperti Amboro Liring, DN. Koestolo, Budi Utomo, Joyce JW, Made Sukandi, Muh Sadu, Suci Indy, Sugi, Budiman, Indah Sari, Noerdami, Luwi Utami, dan lain-lain. 

Salah satu yang menarik ada pelukis dengan nama "Susmiadi Shoez". Ia adalah seorang Camat Kencong, yang terjun langsung mewakili kota Jember. Lalu ada juga Sukoco Hayat perupa Bantul yang juga seorang chef bakmi Jawa Bu Wiwied. Sukoco juga biasa "memasak" cat dengan wajan serta sothil untuk memvisualkan imajinasinya secara kontemporer.

lukis2.jpg

Dilengkapi "Presiden Koplak" Yoes Susilo dengan gaya lukisan yang menunjukkan kepiawaiannya dalam memainkan kuas sehingga memberi warna yang  lengkap dalam Pameran Seni Rupa kali ini.

Pembukaan pameran dilakukan oleh Ibu Yani Saptohoedojo. Pembukaan juga dimeriahkan berbagai acara pendukung seperti kesenian Musik Patrol, pembacaan puisi, Wiwiek Fashion Show serta  spontanitas perform art peserta pameran.

Agendakan datang ke Jogja pada akhir Juli ini. Selain hadir di pameran ini (25-30 Juli) Anda juga bisa menikmati Bazar dan Ekspo Seni di Museum Afandi pada 26 Juli hingga 2 Augustus. 

Pesona Yogya memang bukan hanya ada pada alamnya atau kulinernya. Yogya Istimewa itu ada juga pada orang-orangnya.  Termasuk para seniman kreatif di dunia seni rupa ini. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda