Sang Begawan Media

Merah Putih

Arumi Bachsin, isteri Wagub Jatim, mengatakan: Bisnis klinik kecantikan termasuk yang stabil selama pandemi Covid. (FOTO: kompas.com/ OIK YUSUF)

COWASJP.COM – DI TENGAH melonjaknya Omicron saya melakukan survei kecil-kecilan: seberapa takut mereka kepada Covid-19 sekarang ini. Dibanding saat melonjaknya varian Delta Juni-Juli tahun lalu. Pertanyaan saya: di level berapa kekhawatiran Anda sekarang ini. Dibanding kekhawatiran Anda saat mewabahnya Delta.

Sahidin: 9 (dulu), 6 (sekarang).

Nicky : 8 (dulu), 4 (sekarang).

Yeye : 3 (dulu) 1 (sekarang). 

Jincek : 10 (dulu), 1 (sekarang). 

Alun : 10 (dulu), 3 (sekarang). 

Masih banyak lagi yang saya tanya: jawabnya mirip-mirip itu. Rasanya, Anda pun seperti itu. Juga saya.

Angka Covid-19 sekarang ini sebenarnya sangat tinggi: 37.000/sehari Selasa lalu. Kecenderungannya pun masih terus naik. Tapi tidak terdengar ada kepanikan. Tidak terlihat juga kehebohan di rumah sakit.

Restoran masih buka seperti biasa. Liga sepak bola tidak ditunda —hanya pemain yang positif Covid dilarang turun ke lapangan.

Kantor teman saya di Jakarta tenang-tenang saja: padahal 21 orang positif Covid serentak. Tidak satu pun yang perlu masuk rumah sakit. 

Kantor Persebaya juga kena wabah. Tim Persebaya juga banyak yang positif —sampai kalah 0-2 oleh Persipura.

Perayaan Imlek tetap meriah. Saya menghadiri tiga acara Imlek, semuanya penuh dengan warga Tionghoa. Waktu makan, setiap ganti menu semprot tangan dulu dengan cairan antiseptik.

Lalu-lintas WA dan medsos juga lebih tenang. Tidak banyak kabar pengusaha besar meninggal dunia. Ketika Menko LBP mengeluarkan imbauan "yang berumur 60 tahun ke atas jangan keluar rumah malah jadi meme: memangnya ia sendiri berumur berapa. Padahal, maksud LBP: yang punya komorbid berat saja.

Pokoknya, Omicron dianggap tidak menakutkan lagi. Ekonomi tetap jalan. Kemarin saya dan istri diundang menghadiri pembukaan klinik baru di Surabaya Timur. Yakni klinik kecantikan NMW cabang ke-16: operasi plastik, PRP, dan sebangsanya. Usaha-usaha baru memang mulai menggeliat. "Bisnis klinik kecantikan termasuk yang stabil selama Covid," ujar Arumi, bintang film yang kini jadi istri Wakil Gubernur Jatim.

Arumi juga memberikan kiat-kiat bagaimana agar kulit tetap cantik di bagian yang selalu tertutup masker.

omicron-anyar.jpg1.jpgGRAFIS: antaranews.com

Kabar gembira lainnya: Vaksin Merah Putih memasuki tahap yang menentukan. Dua hari lalu, uji klinis tahap 1 dimulai. Jadwal uji klinis tahap 2 pun sudah ada. Demikian juga tahap 3: Juli 2022.

Ternyata Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang muncul sebagai pemenang. Bukan Universitas Indonesia (UI), bukan pula Universitas Gadjah Mada (UGM).

Yang mengejutkan: bahkan bukan pula Lembaga Eijkman. Yang sejak awal digadang-gadang sebagai yang paling maju dalam mempersiapkan vaksin Merah Putih.

Untungnya Lembaga Eijkman sudah meninggal dunia —di masa Covid-19 ini. Ia sudah dilebur ke dalam BRIN. Eijkman tidak perlu lagi merasa malu dikalahkan Unair.

Tentu banyak yang akan mencibir Unair: kok terlambat sekali. Kok baru sekarang bisa memasuki tahap uji coba pertama. Ketika vaksinasi sudah relatif merata.

Saya tidak ikut mencibir. Saya tahu persis: betapa sulitnya Unair mendapatkan pendanaan. Boleh dikata momentumnya kurang menguntungkan. Ketika Unair berada di tahap perlu dana riset, lembaga-lembaga riset kita lagi sibuk-sibuknya berproses melebur diri ke dalam satu lembaga: BRIN.

Bahwa akhirnya Unair berhasil mencapai tahap uji coba, rasanya sudah sangat hebat. Bahkan pasti ada yang kaget: lho, bisa jadi ya?

omicron-anyar.jpg1.jpg2.jpgPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (FOTO: amanahnews.com)

Tentu, kini, Unair menghadapi kesulitan di lapangan: siapa yang akan menjadi relawan uji coba. Khususnya dari kota Surabaya. Vaksinasi di Surabaya sudah mencapai di atas 115 persen. Tentu sulit mencari relawan Merah Putih.

Maka saya pun ikut lega ketika akhirnya muncul berita ini: Rektor Unair Mohammad Nasih sudah mendapat dukungan penuh dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Panglima akan mengerahkan anggota TNI dan keluarga: terutama mereka yang tinggal di Jatim.

Berarti, kalau BPOM meluluskannya, akhir tahun ini Unair melahirkan vaksin Covid pertama anak bangsa. Tentu ini prestasi universitas kita. Bukan doa agar Covid sabar menanti di Indonesia. (*)

Penulis: DAHLAN ISKAN, Sang Begawan Media.

Anda bisa menanggapi tulisan Dahlan Iskan dengan berkomentar http://disway.id/. Setiap hari Dahlan Iskan akan memilih langsung komentar terbaik untuk ditampilkan di Disway.

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Artikel Berjudul: Ulang Pantun

Wahono Widodo

Berburu ke padang datar Dapat rusa belang kaki Berguru kepalanya ajar Bagai bunga kembang tak jadi (Pantun di buku pelajaran SD jadul, selalu teringat, sarat makna).  Naik kerbau di sawah pak camat Pak camat bersungut bawa cemeti  Hari Rabu tetaplah semangat Tak semangat, yang penting ngopi (Pantun saya... hehehe)

C. Okie

Seorang penumpang baru turun dari pesawat terbang di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, kebelet ingin pipis. Dia setengah berlari sambil menarik koper sampai ke dekat toilet, tapi pas mau masuk, dia ditahan oleh petugas penjaga toilet "Hey... He...he ... tunggu dulu", katanya. "Bawa tali panjat kelapa, Kelapa jatuh tidak berisi, Tak peduli kamu siapa, Kenapa kamu tidak permisi" Waduh rupanya penjaga toilet orang Melayu yang hobinya main pantun, Si penumpang buru-buru membalas. "Pohon keladi daunnya tipis, Tumbuh merana di samping pagar, Dari tadi aku menahan pipis Butuh ke toilet meski sebentar Penjaga toiletnya jadi sumringah "Wah, satu hobi pula kita nih..." katanya dengan logat melayu yang kental "Kemeja baru berbahan katun Baru dibeli di pasar raya Ternyata kamu pandai berpantun, Bolehlah pakai toilet sesukanya". Si Penumpang segera bergegas menuju toilet, sudah tidak tahan... Eh belum sempat masuk dia sudah balik lagi ke penjaga toilet. "Anak kecil menonton kartun, Sambil nangis duduk di pelana Lama sekali kau ajak berpantun, Saya sudah pipis di celana"...

yohanes hansi

Ada yang bisa pantun pakai bahasa Inggris? Siapa tahu pantun bisa Go International, lalu bikin kontes. Indonesia jadi tuan rumah, duit masuk.. hehe..

Rikiplik

Milk from a cow Better drink right now Waiting trash now Jail aren't so cow cool in now Wkwkwkwk...

Gambit H-1982

Catatan Editorial, di luar pantun pilihan Abah:  # Sampai kemudian ada yang "menegur": mana pantunnya. = Akan lebih greget jika intonasi finalnya tanda tanya (?).  # Riau Kepulauan = Selera Abah, beda dengan "selera" Pak Rida yang sama seperti saya: Kepulauan Riau.  # Ibarat ikan dan air, pantun adalah .... = Perumpamaan implisit, jika mau dieksplisitkan menjadi "Ibarat air bagi ikat, pantun adalah ...."  # Tanjungpinang = Awalnya saya pikir dipisah yang tepat, tapi ternyata memang boleh ditulis begini.  # Sehari hari = Bentuk ulang, perlu tanda hubung sebagai perekatnya. Sama seperti "ajuk-mengajuk", "memanas-manaskan", juga "berbalas-balas".  # Ada aturan, dan kaedahnya = Pakem KBBI: kaidah, dengan "i".  # Karya sastra yang demikian itu, menempatkan pantun .... = Antara Subjek dan Predikat, sejatinya tidak perlu dijeda (tanpa koma) walau agak panjang stuktur kalimatnya.  # huruf rumi, arab, latin = Bagian nama diri, kapital semua.  # bapak pantun melayu modern = Haqqul yaqin, ini termasuk nama diri yang mengacu ke satu orang: dikapitalkan lebih baik.  # Sumbang kalau perkawinsn tidak ada tradisi berpantung. = Agak mengganggu keterbacaan salah tiknya, ada dalam satu kalimat soalnya.  Sekian. Afwan. Semoga tidak ada salah kata lagi dari saya. 

Axl ngix SUYOTO ARY FIANTO

Etan kali kulon kali Tengah tengah gunung merapi Biyen janji saiki janji Rakebukti malah gawe loro ati Nulise karo nangis ngantri minyak goreng kait esuk raentuk entuk Tambah tuek tambah susah

Er Gham

Percakapan Ibu dan Anak:  Ibu: Buyung, cepat kemari. Ada petani bawa kenari. Buyung: Ini Buyung mau mandi. Biar dia bawa sendiri. Ibu: Eh, siapa suruh Kau berpantun.

Suprei Jaya Press Motor

Pak DI saya petani kecil didaerah saya untuk cari orang tanam padi aja sudah agak sulit  dan rata rata  umurnya  sudah sepuh di tambah mencari pupuk subsidi harus pakai kartu pernah ngalami  sinyalnya internet eror jadi tidak bisa.Saya   coba  coba buat  alat perontok padi yang langsung bersih 90% sudah berhasil tinggal penyempurnaan di   blower karena tempat saya ada  lahan irigasi  dan sawah tadah  hujan  yang mesin perontok padi yang combi   tidak dapat masuk  dan saya ingin  buat  alat tanam padi manual yang ditarik  masih  butuh dana untuk  bikin  mungkin    kalau Pak DI  tidak  keberatan  bisa membantu saya .terimakasih

pride

(D)isway ulang tahun keempat. 

(I)sinya pantun bikin semangat. 

(S)elalu menulis berita terhangat. 

(W)alau kadang tulisan asal sempat. 

(A)papun itu pembaca akan terpikat.

(Y)uuuk rame-rame ngucapin selamat.

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda