Konsisten Silaturahim, Upaya Pertahankan Bisnis Media Cetak

Ribut Raharjo saat dialog dengan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakarumbing di Tribun Manado. (Foto: Oteratas)

COWASJP.COMTADI siang saya mendapat kehormatan dengan kedatangan tamu istimewa ke rumah yang di Yogyakarta. Beliau adalah teman baik saya yang kini menjabat sebagai Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab Harian Tribun Jogja (anak perusahaan Kompas Gramedia Group) Ribut Raharjo. Datang berdua didampingi stafnya Jurid Pamungkas Prahara.

Beliau belum genap sebulan bertugas di Yogyakarta. Sebelumnya, 5 tahun tugas di Manado dengan jabatan terakhir Pemimpin Redaksi Harian Tribun Manado.

Tadi sambil makan siang kami mendiskusikan banyak hal. Utamanya cara mempertahankan bisnis di masa sulit seperti sekarang ini. Sebagian besar media cetak di dunia termasuk di Indonesia mengalami penurunan oplah dan iklan secara besar-besaran. Kalah bersaing dengan media online yang setiap saat dapat diakses dengan info terbaru dan aktual.

Saya memberi banyak masukan ke Ribut untuk mengatasi semua masalah tersebut. Beliau fokus menyimak seluruh yang saya sampaikan.

Ke Ribut, saya tegaskan sebagai orang pertama di Harian Tribun Jogja beliau harus dapat jadi teladan. Salah satunya konsisten melaksanakan silaturahim di internal dan eksternal dengan tulus ikhlas. Setelah itu dapat merasakan hasilnya yang dahsyat dan luar biasa.

Terpenting Kualitas dalam Berkomunikasi

Saya mengamati, selama puluhan tahun kelemahan utama masyarakat Indonesia pada umumnya termasuk yang bekerja di media cetak adalah sulit memelihara hubungan dengan orang lain secara konsisten. Kecenderungannya bersikap baik sama orang lain saat membutuhkan saja. Begitu urusannya selesai persahabatannya juga ikutan berakhir alias tidak dipelihara.

Selain itu beranggapan dengan menggunakan media sosial silaturahimnya sudah cukup. Padahal pertemuan secara fisik sangat penting dan sampai kiamat nilainya tidak akan tergantikan dgn cara yang lain. Ini terkait dengan komunikasi dari hati ke hati.

Intinya.sesibuk-sibuknya seseorang, perlu mengalokasikan waktu khusus untuk menemui orang lain. Waktu dan durasinya disesuaikan. Terpenting adalah kualitas dalam berkomunikasi saat jumpa, bukan kuantitasnya.

Ribut yang pernah jadi news manager di Harian Tribun Jambi dan editor di harian Banjarmasin Post tertarik dengan semua yang saya sampaikan. Untuk itu besok pagi diskusinya akan dilanjutkan di rumah saya dengan membawa timnya yang lengkap. Alhamdulillah. (*)

>>>Dari Yogyakarta saya ucapkan selamat berusaha secara konsisten melaksanakan silaturahim. Salam hormat buat keluarga ya. Pukul 20.00 Rabu 26 07 2017

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda