Sang Begawan Media

Ubah Batu

Peti jenazah Eddy Rumpoko di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Suropati, Kecamatan Batu Kota Batu, Kamis (30/11/2023), pukul 14.50 WIB. (FOTO: Irsya Richa/JatimTIMES)

COWASJP.COMHARI ketiga masa kampanye capres kemarin saya ke Blitar. Tepatnya ke Udanawu, lereng selatan Gunung Kelud. Pak Man sakit. Umur 78 tahun. Operasi batu ginjalnya sudah sukses di RSI Surabaya. Tinggal fisioterapi. Pilih di rumah anaknya –meski sudah puluhan tahun tinggal di rumah kami.

Di tengah jalan muncul berita duka: Eddy Rumpoko meninggal dunia. Ia wali kota Batu dua periode. Periode ketiganya dijabat istrinya: Dewanti. Berakhir Desember tahun lalu.

Maka dari Udanawu saya langsung ke Batu. Lewat Pare-Ngantang-Pujon. Di tanjakan Ngantang ngo-eng ngo-eng ambulan minta jalan. Itulah ambulans yang membawa jenasah almarhum. Dari arah Semarang. Eddy memang meninggal di Semarang. Kemarin subuh. Di RSUD dr Karyadi. 

Sakitnya tidak lama. Tidak sampai satu malam. Menurut teman-teman dekatnya, Eddy salah makan. Malam itu Eddy makan terlalu pedas. Mungkin makanan kiriman dari luar. Bukan makanan jatah dari penjara.

Setelah makan Eddy diare. Tidak kunjung reda. Lalu dilarikan ke rumah sakit. Eddy tidak sadarkan diri. Dimasukkanlah ke ICU. Sekitar jam 5 pagi Eddy meninggal. Umur 63 tahun.

Sebenarnya Eddy sudah hampir menyelesaikan masa hukumannya yang 5 tahun. Tapi ada vonis baru. Perkara suap yang lain. Ia dijatuhi lagi hukuman. Lebih berat: 7 tahun.

Ketika saya tiba di rumah duka, pelayat tinggal beberapa. Jenazah sudah dibawa ke masjid besar Batu: Masjid Sugijono. Wali Kota Eddy yang membangun masjid itu. Sugijono adalah ayahnya.

Sang ayah adalah tokoh besar di Malang. Sampai dipanggil Ebes. Ia wali kota Malang yang sangat legendaris. Tidak ada jalan berlubang. Tidak ada genangan. Olahraga maju. Arema berdiri. Thomas Americo jadi juara tinju. Maraton Malang jadi kalender tetap. Klub basket Bima Sakti menambah harga diri.

Sugijono adalah tentara yang tegak lurus. Pandangan matanya tajam. Diam. Sulit tersenyum. Ketika bertugas di Manado mata tajam itu berhasil menggaet gadis Minahasa. Eddy Rumpoko adalah anak pertama mereka.

Sugijono juga penggagas berdirinya batalyon 504 Sikatan –pasukan pemukul Kodam V/ Brawijaya. Pangkat terakhirnya: Brigjen. Jabatan terakhirnya: wagub Papua.

Saat bertugas di Timor Timur Sugijono mengangkat anak Thomas Americo. Saat di Papua Sugijono melahirkan begitu banyak pemain sepak bola Papua.

Eddy Rumpoko mewarisi jiwa jagoan bapaknya. Eddy aktif di berbagai organisasi: sepak bola, tinju, renang, Kadin, Hipmi, Pemuda Panca Marga, FKPPI, AMPI, sampai ke Pemuda Pancasila. Ia ketua Pemuda Pancasila Jatim.

Partainya: PDI-Perjuangan. Eddy adalah salah satu dari beberapa kepala daerah yang berprestasi dari PDI-Perjuangan: Banyuwangi, Surabaya, Kulonprogo, Semarang. Rasanya belum ada partai lain yang punya kepala daerah sehebat mereka.

Eddy-lah yang mengubah kota Batu. Dari kota kebun tradisional menjadi kota wisata yang jadi buah bibir. Rakyat Batu mengakui itu. Mereka sampai pada tingkat memuja Eddy. 

Istrinya sebenarnya berhasil mempertahankannya. 

Tapi melihat nasib suami berakhir di bui, Dewanti tidak mau lagi maju untuk periode kedua nanti.

Dari rumah duka saya tidak menyusul ke masjid. Bisa jadi jenazah sudah berangkat ke makam ketika saya tiba di masjid. Hujan turun dengan lebatnya. Saya memutuskan langsung ke makam. Mencegat jenazah di sana.

Saya melarang istri turun dari mobil. Tidak usah ikut ke makam. Hujan luar biasa derasnya. Payung hanya satu. Lebih baik saya pakai sendiri. 

diswa.jpg1.jpgGanis Rumpoko, puteri Eddy Rumpoko, menabur bunga di atas makam ayahandanya Eddy Rumpoko. (FOTO: istimewa)

Ada dua tenda di dekat liang lahat. Besar dan kecil. Tenda kecil tepat di atas liang lahat. Tenda besar berjarak 10 meter. Dua-duanya penuh dengan orang yang takut kuyup.

Saya pilih di bawah tenda besar. Penuh. Berjejal. Semua takut tempias. Tidak mungkin bisa menyalami istri maupun ibu almarhum. 

Saat lagi mencari kesempatan menyapa keluarga, seseorang menarik saya: harus pindah ke tenda kecil. Jenazah sudah akan tiba.

Maka di bawah hujan lebat jenazah masuk area makam. Sejumlah tentara baret hijau mengusungnya. Membawanya ke liang lahat. Bendera besar merah-putih menaungi jenazah di saat memasuki rumah masa depan.

Ketika tanah selesai ditimbunkan istri dan anak-anaknya diminta mendekat makam. Jadilah saya bersama mereka. Saling sapa. Saya ucapkan pula kalimat duka. Mungkin tidak terdengar seberapa. Kalah dengan air hujan yang begitu gemuruhnya.

Talkin pun dibacakan sepenuhnya dalam bahasa Arab. Panjang sekali. Lalu tabur bunga. Selesai.

Sampai meninggalkan Taman Makam Pahlawan Batu itu saya belum berhasil mendapat keterangan: mengapa dimakamkan di TMP. Lima pejabat daerah yang saya tanya juga menjawab entah kenapa.

Yang jelas Eddy masih tetap di hati warga Batu. Merekalah yang konon memintanya. Memang Eddy-lah yang berhasil mengubah Batu. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 30 November 2023: Alpukat Sigit

mzarifin umarzain

Mesti nya pak Dis tak perlu malu, Karena beli boneka Rusia di Rusia, Ternyata bikinan Surabaya, Karena telah memakai juga produksi dalam negeri.

doni wj

Waini Pak Edhi.. Ada seorang teman. Lulusan Yu Ji Em. Penampilan biasa saja, tidak aneh2. Pekerjaan di lembaga auditor negara. Dari masa kuliah, tiap pilkada rajin bolos kuliah. Karena kenal cukup dekat, di suatu kesempatan akhirnya dia cerita. Nyambi medukun. Spesialis pilkada. Tiap musim kliennya tak kurang dari 20 orang. Tingkat kegagalan si calon menang 1-2 orang per musimnya. "Wah, kok hebat kamu. Pantas laris. Apa rahasianya?", kepo saya. Ternyata bukan pada kekuatan atau kesaktian teman saya tadi. "Saya hanya menerima klien yang rasio kemenangannya minimal 75%", ujarnya. Ooo.. begono 

Ketut Bagiarta

Boneka melahirkan boneka, jadilah dinasti boneka. Lalu ada juga dinasti serdadu.

Achmad Karni

Samarinda belajar kelola sampah sama Kebumen. Bontang belajar ke Taji. Kami punya keluarga dekat Temboro, semoga bisa singgah jika ke Jatim. Kami aktifis lingkungan, komunitas peduli sungai, bersama pak Misman ( penerima kalpataru 2023). # lama gak pernah komen gegara lupa sandi email 

Abdul Malik Muhammad

Memang banyak sekali sesuatu yang dikenal buatan atau berasal dari negara tertentu tapi ternyata sebenarnya buatan atau berasal dari negara lain. Seperti bunga tulip yang terkenal di Belanda, ternyata asalnya adalah dari Turkiye. Atau bika Ambon yang ternyata dari khas Medan.

Abdul Malik Muhammad

Selasa kemarin, kami dalam perjalanan dari PKY-UPG, transit 3 jam di bandara Soetta. Sekitar pukul empat sore ketika sedang mempehatikan layar jadwal penerbangan, tiba-tiba melihat Abah DI di depan kami. Langsung inisiatif minta tolong teman untuk mengambil foto dan izin ke Abah DI untuk foto bersama. Ngobrol sebentar nanya Abah mau ke mana? katanya "ke Surabaya". Kami tanya, "sendirian pak?" beliau jawab, "dengan rombongan". Abah DI juga bertanya "mau ke mana dan gate berapa?" kami jawab "ke Makassar gate 22". "Saya dan teman saya adalah pembaca setia Disway" kata kami, sayang kemarin tidak sempat daftar gathering perusuh karena kelupaan. Padahal harusnya langsung hubungi saja mbak Pipit. "Gathering perusuh Disway di IKN ya? Kaltara/Kaltim?" kata kami. Abah DI cuma senyum saja, mungkin dalam hati beliau tertawa "Harusnya kalau beneran pembaca setia pasti tau lokasinya". Kami kelupaan kalau di flyer, lokasi gatheringnya di Prambanan. Mungkin karena kebanyakan membaca komentar perusuh sebelum-sebelumnya yang bilang kalau gatheringnya di IKN. Karena takut mengganggu abah, kami izin pamit dan mendoakan semoga selamat sampai tujuan. Abah Di juga mengucapkan terimakasih dan pergi ke gate sebelah.

Akhmad zaeni

Kalau bertani hitungan awalnya hanya fokus jumlah panen biasanya akan putus ditengah jalan. Alpukat agar produksinya maksimal butuh air yg banyak, pemupukan yg tepat, pengendalian hama rutin dan kecocokan dg ketinggian tanah setempat.

JIM vsp

MAGETAN = Kota Indah Sejuk dan Nyaman, Punya Wisata Telaga Sarangan, ada Candi Di Simbatan, punya Pesantren di Takeran, muncul Tokoh Dahlan Iskan. Ups..bicara Magetan jangan lupa ada Prestasinya di kancah Balap motor Dunia yang mana salah satu pembalapnya adalah asli putra Magetan MARIO SURYO AJI, yang sudah malang melintang di ajang balap motor Internasional, ASIA TALENT CUP, REDBULLS ROOKIES CUP, FIM JUNIOR MOTGP, MOTO3, dan musim 2024 nanti akan membalap di kelas MOTO2 bersama team "IDEMITSU HONDA ASIA" bertandem dengan SOMKIAT CHANTRA dari Thailand. kita doakan MSA mampu mengukir prestasi dan sejarah di Balap Dunia, dari Magetan untuk Indonesia. -REDI-

bagus aryo sutikno

Selama dipimpin panjenenganne prof Mandi, mBediun trah maju kalòkó, pembangunan fisik di mana-mana. Tapi guru TK nasib'e nggegirisi, untuk tetap bisa mengabdi kadang harus sinambi jualan nasi pecel. Nasi pecel mBediun paling enak adalah jika penjualnya guru TK, air matanya tercampur ulegan sambal, bikin nasi pecelnya nyampleng dan ngangeni. 

Bahtiar HS

Akhir tahun 2004 saya sempat ngeluyur ke pucuk utara semenanjung Malaysia. Setelah nyebrang dengan fery dari Batam dan turun di Pasir Gudang, saya ngebis semalaman menyusuri semenanjung jiran itu hingga shubuh tiba di Kangar, ibukota Perlis Indera Kayangan. Lima hari si sana utk nengok isteri yang lagi belajar, kami sempat memperbaharui visa 30 hari isteri yang hampir habis dengan jalan-jalan menyeberang sebentar ke Thailand melalui border Padang Besar. Tanah yang sama, hanya karena sebuah garis batas menjadikannya dua negara yang berbeda. Melintasi custom Malaysia dan masuk Thailand, di samping pintu gerbang Thailand itu ada pasar kaget. Free Trade Zone. Jual apa saja dari buah-buahan hingga pakaian. Mirip pasar kaget depan DTC Wonokromo di malam hari. Untuk pertama kali saya jumpa jambu air Thailand yang super besar di sini. Ada satu lapak jual baju-baju batik murah-murah. Kami pun memilih-milih baju-baju itu. Iseng-iseng saya tanya ke penjualnya yang bisa berbahasa Melayu: apakah batik-batik ini dari Thailand? Dia jawab bukan. Lalu dari mana, kejar saya. Dia jawab: Klewer. Pasar Klewer? Dia mengangguk. Pasar Klewer Solo Indonesia? Dia mengangguk2 lagi. Saya tersenyum, lalu nggak jadi beli. Orangnya penasaran. Kamu dari mana? Saya bilang, dari Surabaya, Indonesia. Dia pun tertawa. #pengalaman tak terlupakan 

bagus aryo sutikno

Tasbih Mekkah made in Tulakan Pacitan. Kwkwkwkw

bagus aryo sutikno

Biar jantung kuat, peluklah istri selama 1 menit setiap pagi. Dan jantung anda terkategori kuat sekali jika yg anda peluk adalah istri tetangga. 

bagus aryo sutikno

Kenapa alpukat bisa mengendalikan kolesterol..? Konon alpokat itu seniornya kolesterol bro. 

bagus aryo sutikno

Begitulah orang Magetan Mas. Asyik2 berkendara masuk kota Magetan, kudu belok tajam ke kiri agar sampai aloon2 kota. Yen ora, bablas bundas mlebu RS. 

Fiona Handoko

selamat sore bp thamrin, bp jo, bp bas. tepat sekali ramalan abah di chdi 22 agt 23. jelaslah sudah saat ini. lagu dari mas prananda. "tempus abire est". bukan ditujukan kepada budiman sudjatmiko. mudah2an di pemilu 2024. rakyat indonesia bisa memilih yg terbaik untuk memimpin negeri ini. 

bagus aryo sutikno

Buah alpokat di atas meja Buah nangka diberi ragi Kalo ingin keluarga sentosa Pastikan ATM istri sudah terisi

AnalisAsalAsalan

Masa kampanye dilakukan Abah dengan keliling. Itu berarti Abah ga yakin. Abah ga bisa memahami dan memetakan masalah. Cukuplah di kantor saja. Ga perlu capek-capek turun menyapa rakyat. Ga perlu menghadiri undangan debat yang tidak wajib -- selain KPU. Apalagi kalau salah omong bisa dirujak netizen. Ga perlu bikin program yang memusingkan kepala buat mengingat dan menjelaskan ke semua orang. Jawaban semua masalah cukup tiga, yaitu naikkan gaji, beri makan gratis dan tsutsu. Ngapain repot-repot wong sudah pasti menang, kok. Mungkin itulah makna ucapan, "Tenang saja Pak Prabowo, saya sudah ada di sini." Pertanyaan, "Cara menangnya bagaimana? Wong Jokowi yang sehebat itu saja masih kampanye di periode kedua." Au, ah, gelap. Hahahahaha.

ACEP YULIUS HAMDANI

40 x refresh, logout, login lagi baru bisa komen. Perjuangan yang "membagongkan", kata istilah sekarang. Jangan tanya artinya, saya juga gak tau, cuma ikut-ikutan sama generasi stroberry aja. Inovasi Pak Sigit, patut diapresiasi, dengan tungku sampah dan penghijauan dengan alpukat tiger, semoga tidak diperiksa oleh KPK, seperti kasus mobil listrik dulu wk...wk..wk., dan yang paling penting segera buat hak paten, supaya memberikan kontribusi yang baik, atau minimal penghargaan atas inovasi dari anak bangsa. Saya ketawa sendiri ketika melihat podcast Abraham Samad Speak Up, karena mantan orang KPK sendiri begitu geli melihat perjalanan KPK saat ini, dengan bos besarnya ditetapkan sebagai tersangka dengan kasus pemerasan kepada SYL. Jadi seperti peribahasa "musang berbulu domba", atau peribahasa lain yang lebih cocok tak taulah.Sebegitu bokbrokkah penegak hukum kita, atau memang sudah impoten, yang harus diberi obat kuat atau sate kambing dari Abah DI. Anda menemukan lucunya ?, saya belum, maaf...... Karena sebenarnya mnurut mereka (Saut dan Abraham) mereka sudah mengingatkan DPR tentang calon bos besar tadi, tapi para anggota DPR sepertinya sudah tidak bisa mendengar dengan baik, atau mereka anggap pitnah (saya orang sunda tidak bisa bilang "F"), anda sudah temukan lucunya ?, saya belum... Sudahlah yang penting setiap inopasi (saya orang sunda bisa bilang "V") yang dikembangkan oleh masyarakat Indo, supaya diberi apresiasi yang baik dan benar, cag....

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Mimi Tjong (Rab,29-11-2023) 
#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 
#1.ACEP YULIUS HAMDANI (1;47) [1;0] 
#2.Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 (11;989)★★★⭐️⚽️ [14;1] 
#3.alasroban (2;36) 
#4.Atho^illah (5;73) [4;1] 
#5.Azza Lutfi (1;11) [0;1] 
#6.Bahtiar HS (1;177) 
#7.bitrik sulaiman (1;1) 
#8.Citra Cilia (1;44) 
#9.DeniK (2;85) 
#10.didik sudjarwo (1;1)⏰ 
#11.doni wj (4;121)★ [1;1] 
#12.Echa Yeni (1;19) 
#13.Edi H (1;8) [1;0] 
#14.Em Ha (1;4) [0;1] 
#15.Fa Za (1;37)★ 
#16.Fiona Handoko (5;113) [0;5] 
#17.Gianto Kwee (1;16) [0;1] 
#18.Gregorius Indiarto (2;64)★ [1;0] 
#19.Guslurah (1;1) [1;0] 
#20.Handoko 2018 (2;145)★ [2;0] 
#21.Handoko Luwanto (2;248)★ 
#22.Hari Purwanto (7;267) [0;5] 
#23.JIM vsp (1;25)★ 
#24.Jimmy Marta (8;313)⚽️ [14;2] 
#25.Jo Neca (6;58)★ [0;5] 
#26.Johannes Kitono (1;191) 
#27.Jokosp Sp (13;726) [0;13] 
#28.Juve Zhang (20;807)★⚽️ [14;10] 
#29.Kang Sabarikhlas (3;175) [2;0] 
#30.Kismawan Then (1;38)✏️ 
#31.Leong Putu (3;79) 
#32.Lia Damayanti (1;8)✏️ [1;0] 
#33.Liam Then (11;1000) [4;3] 
#34.Liáng - βιολί ζήτα (1;57) [1;0] 
#35.m note (1;33) [1;0] 
#36.Mahmud Al Mustasyar (1;95) 
#37.Malware 0.1 (35;1080)✒️★★★⭐️⚾️ [1;18] 
#38.Muin TV (4;470) 
#39.MULIYANTO KRISTA (1;10) [3;0] 
#40.mzarifin umarzain (7;53) [2;2]

Mr No Comment

Betul kata Bu Kholifatul. Alpukat siger. Kami sudah mencoba di areal 1 hektare.

Kholifatul Isnaeni

Alpukat (Persea americana) yang dibudidayakan oleh petani Giri Mulyo, Lampung Timur, daging buahnya berwarna kuning mentega, teksturnya halus, rasanya legit. Itulah alpukat siger. Genetik lokal Lampung. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi belum lama ini berkunjung ke Desa Giri Mulyo, Gunung Balak, Lampung Timur. Ia mengaku terkesima melihat alpukat siger tumbuh subur di daerah kering. "Saya harus laporkan ke Bapak Presiden kalau ada alpukat yang bisa tumbuh di daerah bebatuan," kata Arinal yang akan mengakhiri jabatannya Desember nanti. Varietas ini nama aslinya Ratu Puan, singkatan dari Rangkaian Tugas Program Unggulan Agroforestri Nasional. Semulanya dikembangkan oleh petani Anto Abdul Mutholib untuk ditanam di kawasan hutan Register 38 Gunung Balak. Anto melakukan percobaan sejak 2004 dengan teknik sederhana: okulasi. Perlu bertahun-tahun kemudian, 2017, hingga tanaman ini populer dan menjadi andalan masyarakat setempat. Alpukat siger banyak disukai petani karena cepat berbuah, yakni di usia 17 bulan. Bagian buah yang dapat dikonsumsi sampai 82 persen, kadar air 74 persen. Di tempat asalnya, waktu panen Agustus dan Februari. Bibit alpukat siger ini sudah mengambara ke banyak daerah di Indonesia, termasuk ke Magetan itu.

imau compo

Tulisan Drg. Irawan tempo hari dan pesan dokter penyakit dalam di RS fatmawati menjadi pesan terakhir yg menjadi referensi pola hidup baru saya. Sebenarnya dokter umum di faskes kimia farma sdh mengingatkannya sebelumnya tapi saya sdh merasa maksimal. Tidak revolusioner seperti Drg. Irawan tapi sementara cukuplah. Hampir setiap hari saya makan alpukat, setengahnya saja, mengikuti rekomendasi ahli gizi (RSF Education). Kalau lagi puasa, saya berbuka dengan alpukat, makan malam setelah salat maghrib menjelang isya. Praktik itu, juga, mendengar suara pasien yg lain, "sambil menurunkan kolesterol LDL ia menaikkan HDL," katanya. Si pasien juga menambahkan, kacang Almond juga sumber lemak baik lainnya. Kacang ini juga jadi alat pertahanan saya sambil menunggu pesanan di pesawat kemarin. Sebelum terbang saya ke toko cemilan di bandara. Meskipun tidak terlalu tinggi (220), kolesterol total saya konsisten di angka itu beberapa tahun terakhir. Hanya beberapa kali saja di bawah 200. Angka-angka itu, ternyata, sdh membuat tangan saya tidak leluasa menjangkau bagian belakang badan saya, di daerah belikat, saat mandi atau kalau gatal. Mungkin kolesterol ini juga menjadi penyumbang back pain punggung saya sebelum ini. Sekarang, tangan saya begitu leluasa menjangkau seluruh badan saya, khususnya saat mandi. Badan saya terasa lebih ringan dan endurance saya juga lebih baik. "Kebelet" BAB pada saat kelelahan sdh berkurang atau waktu tunggunya lebih lama dari biasanya. 

Mr No Comment

Maaf Pak Juve, perkembangbiakan alpukat siger tidak dilakukan secara generatif (biji) yang memerlukan masa sampai 8-10 tahun untuk berbuah. Alpukat siger dikembangbiakkan dengan metoda vegetatif (sambung pucuk). Varietas lain (yang juga menggunakan metoda vegetatif) umumnya berbuah paling cepat 4 tahun. Sedangkan alpukat siger sudah bisa berbuah di usia 17 bulan. Mari jalan-jalan ke Lampung, Pak. Lanjut ke Lampung Timur. Tim kami siap menemani. 

Liesaw Fa

Itu sih bukan mangga kweni yg terenak. Tapi kalo pak bos bilang: kei ni mangga mkmkmkmk...

Hari Purwanto

mangga yang gede dan gratis, Manggarai.... silahkan nongkrong disana sak kapoke... wk.wk.wk

Liam Then

Saya membayangkan bagaimana misalnya mangga Harum Manis, Indramayu, Manalagi diperlakukan istimewa seperti Miyabi... Eh Maap Miyazaki itu. Di penthil, dijemur, dipetik pas kondisi matang yang paling pas, kalo perlu di elus-elus dan dibacain doa tiap hari, trus saya dikirimin satu dus oleh Pak Bos. Aduh enaknya. Saya akan anggap ini mangga terenak nomer dua. Karena bagaimanapun, bagi saya mangga yang paling enak itu Kweni yang dikasih, tak perlu beli.

Mbah Mars

Maidi: No talk, action only. Maido: talk only no action.

bagus aryo sutikno

Kelapa disambung pucuk dengan ketela pohon jadilah GETHUK. Durian monthong disambung pucuk dengan alpokat jadilah alpokat MONTOK. 

Lisa

Jenis alpukat mentega yg enak tenannn.. dapetnya untung2an. Abah baru tau saya kalo boneka kayu rusia yg beranak pinak itu ada yang dibuat di Surabaya

Hari Purwanto

Depan rumah saya tumbuh pohon mangga manalagi, pohon besar dan tinggi teduh rimbun sudah ada saat beli rumah 12 tahun yang lalu, dua tahun tinggal disini tak berbuah sama sekali , mulai tahun ke 3 baru berbuah, lebat dan rajin berbuah, besar buahnya dan manis banget, tiap tahun berbuah 2 kali panen bulan Januari dan Juni, namun akhir2 ini ada keluhan dahan besar sering patah dan kering di pucuk, yang ditengarai kena hama penggerek batang (konon hama ini pula yang merontokkan seisi kebun mangga sahabat saya di Banjarmasin), berbagai cara coba diatasi diantaranya dengan pestisida yg diinjeksikan lewat batang yang di bor dan oles detergent di beberapa ketiak cabang, namun masih gagal, ndableg tuh hama. mohon info rusuhwan kalo ada resep buat ngatasin inih, sayang kalo ditebang, aku galau...

Jo Neca

Tahun 1984 saya pernah agak lama di Indramayu. Tetap yang saya ingat dan susah lupa ya cewek2nya.. maaf ko Liam. Ini saya jujur.

Liam Then

Penduduk di desa-desa produsen mangga ini, bisa diajak untuk semangat memproduksi produk terbaik, dari segi ukuran, kematangan atau bahkan tingkat kemanisan (bantu alat ukurnya). Dengan begitu mereka bisa mendapat nilai tambah dan menjangkau pasar yang lebih besar. Jika ada sebagian kecil produksi yang di perlakukan secara ekslusif, ini akan ciptakan pasar baru yang bernilai lebih tinggi. Bukan tak mungkin, sepasang Harum Manis kualitas terbaik, dengan kemasan ekslusif bisa dihargai 300-500rb, sebenarnya tak perlu muluk-muluk, bisa mencapai 100rb per buah saja, saya kira sudah bisa sangat membantu ekonomi desa.

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp yusuf, bp jo dan teman2 rusuhwan. lastri yg cantik. menikah dengan seorang turki dan diboyong ke negaranya. celakanya, lastri blm bisa berbahasa turki. suatu hari. lastri ke pasar untuk beli kaki sapi. karna tdk bisa bahasanya. lastri angkat sedikit rok dan menunjukkan kakinya. untung penjual mengerti. dan lastri dapat beli kaki sapi. besoknya. lastri ke pasar lagi. mau beli paha ayam. tanpa buang waktu. lastri angkat roknya dan menunjuk ke paha. pedagang ayam pun mengerti. pulanglah lastri membawa paha ayam. esoknya lagi. lastri ingin membeli pisang. diajaklah suaminya ke pasar. tahukan teman2 rusuhwan. apa yg terjadi? tidak usah pikir yg aneh2. kan suami lastri pintar bahasa turki. 

Yellow Bean

Tanaman alpukat dengan daging buah yang lembut dan gurih tapi cenderung hambar. Walaupun hambar tapi banyak penggemar termasuk Aku. Menyemai biji alpukat setelah menikmati daging buahnya adalah kegemaran ku. Berkali kali menyemai, tumbuh subur dan mati di lahan yang baru karena keterbatasan perawatan. Sedih pasti tapi apalah dayaku yang tidak memiliki kekuatan Flazz yang bisa berpindah tempat hanya dalam waktu sekedip mata. Tak apalah coba semai lagi dan berharap lagi bisa membesarkan pohon buah yang enak hingga bisa menghasilkan buah yang maksimal kualitasnya. Hmmm jadi ngelantur padahal masih ada sebatang pohon alpukat lagi di halaman rumah yang sempit dan berhimpitan dengan pohon jambu biji merah dan pohon Tin yang tidak pernah berhenti berbuah. Alhamdulillah nikmat nya hiburan murah di teras rumah.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

KEUNIKAN PAK MAIDI LAINNYA.. Keunikan riwayat hidup pak Maidi lainnya adalah, perjalanan hidupnya. Yaitu dari "guru geografi", kemudian menjadi "walikota".. Pasti itu tidak "ujug-ujug". Beliau melewati tangga berliku: 
1). Kepala Sekolah SMA. 
2). Kabag TU Disdik. 
3). PJ Kadisdik. 
4). Kadispenda. 
5). Kadisdik. 
6). Sekda. 
7). Walikota. ### Sekolahnya nano-nano. Jabatannya juga nano-nano. Wawasannyapun, mestinya "seluas samudra".

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

ALPUKAT, BUAH YANG HEBAT.. Mungkin pak Sigit, saat milih Alpukat untuk ditanam di tanah desa, hanya mempertimbangkan faktor "ekonomi". Tapi ketahuilah, wahai para perusuh. Bahwa alpukat adalah buah yang sebagai buah, termasuk hebat. Karena: 
1). Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi, yang tinggi kalori dan lemak. 
2). Meski begitu, mengkonsumsi alpukat tidak akan menaikkan berat badan (BB). Karena itu baik untuk diet. Yaitu memberi rasa kenyang lebih lama, tanpa menaikkan BB. 
3). Sebagian besar lemak yang ada di alpukat adalah "lemak sehat", yaitu "lemak tak jenuh tunggal". Lemak jenis ini baik tuk kesehatan jantung, karena bisa menaikkan "kolesterol baik". Dan menurunkan "kolesterol jahat". ### Bukan kebetulan..!!

Jimmy Marta

Kita tentu tidak mengira, klub sebesar el real mau maunya menunggu pemain masuk masa bebas transfer. 4-5 tahun lalu, itu pasti mustahil terjadi. Kylian Mbappe Lottin bukanlah pemain sepi peminat. Catatan prestasinya tidak boleh dipertanyakan. Muda, dalam periode usia emas. Lima enam hingga sepuluh tahun lalu, saat klub2 besar masih suka main akal akalan laporan keuangan, kondisi 'nggantung' pasti sudah ada yg memanfaatkan. Di embat, ditelikung.... Anda pasti ingat posisi yg hampir mirip pd Messi. Keuangan Barca goyah, PSG dtg dg rayuan dana tak berserinya. Dg itu juga PSG 'merenggut paksa' Mbappe dari Monaco. CR7 dari MU ke Real. Banyak lagi. Ada kasus Bale, Hazard dan Dembele. Semua dg curahan cuan nilai ton ton an... Kembali ke laptop. Kenapa Real Madrid mau menunggu?. Kurangkah peminat Mbappe?. Ini lebih ke soal rasionalitas industri umumnya. Keniscayaan dunia bisnis. Pengeluaran tdk boleh lebih besar dari pendapatan. Tekor coy.... Aturan Financial Fair Play itu cuma membenarkan saja kelumrahan itu. Bisnis tidak untuk merugi... Saat klub mulai patuh dg ffp, yg terjadi adalah tidak ada lagi superioitas mutlak. Yg terbiasa jd penguasa radisional (barca dan real, contoh) harus bersiap mulai berbagi. Begitupun bagi langganan papan atas lain, (valencia, atletico, sevilla) mereka harus bersiap dg penerobos yg mengejutkan. Harus siap bergeser. Tapi gk papalah, cuma digeser bukan digusur... Untuk eksis lama, tahta berlanjut berlarut larut,....

Liáng - βιολί ζήτα

Pak Hari Purwanto, Mengenai "hama penggerek batang" ..... Dicoba saja Pak..... salah satu pilihan di bawah ini : 1. Nematoda entomopatogen (NEP) Steinernema spp. 
2. Beauveria bassiana entomopatogen. Tersedia koq di toko alat² dan bahan² pertanian.

Mahmud Al Mustasyar

Akhirnya tim bantuan hukum DPP PDIP mencabut laporan polisi terkait dugaan penghinaan Rocky Gerung thd presiden. Meskipun terlambat sadar, akibat perubahan arus politik; namun lebih baik dari pada menguntungkan pihak lawan. Padahal sudah ada perusuh tempo hari yg begitu menggebu - nggebu dan yakin bahwa RG akan dituntut diatas 5 tahun penjara. Kalee aja perusuh tsb merasa seperti jaksa penuntutnya saja. Wk wk wk.

Macca Madinah

Perlu ditawarkan nih ke Kabupaten Bogor. Kalau lihat truk sampahnya lewat, seyemmm. Itu sampah ditumpuk sampai tinggi sekali di truk yang berukuran kecil (jangan bandingkan dengan truk sampah di DKI). Lalu, dengan sampah menggunung di pundaknya itu, truk berkeliling2 kecamatan, kelurahan, pelosok Kabupaten Bogor. Petugas kemudian menyebar untuk mengambil sampah secara manual. Jadwal kudunya dua minggu sekali, tapi sering kali karena mungkin truknya sudah penuh, banyak sampah (yang menggantung di dalam tas kresek disangkutin di pagar2 rumah) sengaja terlewat. Belum lagi kalau melihat banyak sampah di sepanjang Sungai Ciliwung, aduuuuh sedih banget. Sebagai contoh, di Desa Cilebut Timur, ada penggalan yang bersinggungan dengan Sungai Ciliwung. Kalau sungai sedang kering/surut, di dinding2 sungai sampahnya luar biasa jenisnya, seperti baju/kasur, belum lagi plastik2 kresek yg tak terhindarkan. Sebetulnya penggalan ini bisa jadi percontohan penataan pinggir kali, karena relatif masih banyak lahan kosong di salah satu sisinya. Sudah nyentil IG Dinas PUPR, lurah Cilebut Timur, bahkan RK, tidak ada yang pernah menanggapi. Mana tahu di sini ada yang bisa buka jalan :) Kalau tidak cepat diperhatikan, penggalan ini lahannya bisa "dijarah" entah oleh warga entah oleh siapa. Ketika jalan pinggir kali Bumi Pertiwi Raya selesai dibeton, langsung bermunculan patok2 untuk membangun kios2 di pinggir kali. Miris sekali, mau mencegah bingung bagaimana caranya. 

Property Property

Satu pohon, menghasilkan 1 ton buah Alpukat. Wow. Hebat. Saya punya 1 pohon di depan rumah. Kemarin berbuah, gak ada 1 ton. Paling cuma 20 - 30 biji. Tapi di tempat teman saya, memang buahnya lebat banget. Antara daun dan buah hampir seimbang. Cuma umur pohon itu sudah tua. Diameter pohonnya sekitar 50 cm. Jadi, kalau baru ditanam dan berbuah pertama kali, gak sampai 1 ton. Setelah pohon itu berumur 10 tahun, baru dapat 1 ton. Mungkin loh ya. Ini berdasarkan yang saya lihat di sini.

DeniK

Bibit palsu masih menjadi bahaya laten para petani. Celakanya ketahuan setelah 4-5 tahun bahwa bibit nya palsu.

Udin Salemo

#everyday_berpantun 
Banyak sawit tanam di Lampung/ 
Petaninya kaya beli sepeda motor/ 
Walaupun berasal dari kampung/ 
Pak Sigit jelas seorang innovator/ 
Berbakat menari anak Pak Agus/ 
Asalnya dari Kampung Tulakan/ 
Alpukat juga buah yang bagus/ 
Potensi ekonominya menjanjikan/ 
Jam gadang ada di Bukittinggi/ 
Warisan hadiah Ratu Wilhelmina/ 
Kamu tak harus sekolah tinggi/ 
Untuk jadi berguna bagi sesama/ 
--------------------------------------------------------- 
baraja ka nan manang/ 
mancontoh ka nan sudah/
takuruang nak dilua/ taimpik nak diateh/

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda