Sang Begawan Media

Catat Sejarah

Ganjar Pranowo terbang bersama Presiden Jokowi ke Solo. Ia dikabarkan menjalankan salat Id dan merayakan Idul Fitri di kediaman Jokowi. Apa yang mereka bicarakan? (FOTO: sahabatganjar.com)

COWASJP.COMJANGAN-JANGAN sudah banyak yang lupa: salah satu tugas media adalah pencatat sejarah. 

Media mencatat: "cinta pertama" Jokowi adalah Ganjar Pranowo. Ia tahu pengganti dirinya harus dari PDI-Perjuangan. Harus nasionalis. Tapi juga harus punya potensi terpilih. Dan yang terpenting: harus mau meneruskan program pembangunannya.

Ganjar ia nilai memenuhi tiga syarat itu. Tapi ia tahu tidak mudah mengawinkan Ganjar. Pelaminannya milik Megawati Soekarnoputri. 

Media mencatat: Megawati menginginkan pelaminan itu untuk Mbak Puan, putrinyi. 

Media mencatat: Mbak Puan hanya memenuhi satu dari tiga syarat di atas: syarat pertama. Syarat kedua masih jauh. Syarat ketiga masih belum tentu.

Media mencatat: Jokowi ingin memaksakan Ganjar naik pelaminan. Lewat cara yang pernah ia tapaki: popularitas-elektabilitas Ganjar harus tertinggi. Ganjar harus terus bergerak. Jokowi membantu pergerakan itu. Ganjar pun kian populer.

Media mencatat: Megawati tidak berkenan dengan manuver Ganjar. Dianggap mencuri start. Disindir-sindir. Sampai tidak diundang dalam pertemuan partai. Tapi Ganjar terus bergerak. Pendukungnya kian besar. Kian fanatik. Sampai Ganjar dianggap kian mbalelo pada partai. Bahkan dianggap bukan lagi banteng. Sudah jadi celeng.

Media mencatat: sebagian pendukung menginginkan Ganjar tidak surut. Kalau perlu melawan. Jokowi juga terus mempromosikannya. Pendukung Ganjar pun sampai membuat reaksi: gerakan celeng. Lagu Celeng Degleng pun viral.

Media mencatat: popularitas Ganjar naik terus. Popularitas Mbak Puan seperti berhenti di sekitar 2 persen.

Media mencatat: tiba-tiba Megawati menaikkan Ganjar ke pelaminan. Justru di hari kejepit: menjelang Lebaran. Jokowi pun sudah telanjur pulang ke Solo. Mau Lebaran di kampung halaman.

Media mencatat: Jokowi seperti sangat buru-buru datang ke depan pelaminan itu. Lalu buru-buru pula pulang ke Solo. Sudah mepet Lebaran.

Media mencatat: pulang dari pelaminan Jokowi satu mobil dengan Ganjar. Juga satu pesawat.  Pembicaraan sangat pribadi tentu terjadi sepanjang perjalanan yang begitu jauh. Begitu lama.

Media TIDAK mencatat: apa isi pembicaraan di mobil dan di pesawat tersebut. Inilah peristiwa sejarah penting yang tidak ada di catatan media. 

Tentu tidak mudah media mengendusnya. Satu-satunya yang mendengar pembicaraan itu hanyalah ajudan presiden. Itu pun duduknya di kursi depan. Tentu ada juga sopir. Tapi konsentrasinya di jalan raya.

Kesan publik yang dimunculkan di media: keduanya baik-baik saja. Buktinya pulang dari pelaminan satu mobil. Bahkan satu pesawat.

Maka satu rantai catatan sejarah pun bogang. Ibarat susunan gigi, ada satu gigi yang masih hilang. 

Mungkin Ganjar yang akan mengungkapkannya. Kelak. 30 tahun lagi. Atau mungkin Jokowi sendiri tidak lama lagi. Atau sepenggal sejarah itu hilang mereka bawa mati. 

Rumor yang justru mencatatnya: sebelum ke pelaminan itu Ganjar menandatangani semacam piagam kesetiaan hanya kepada Megawati –sebagai ketua umum partai. Tapi rumor bukan catatan sejarah. Bukan kebenaran. 

Apalagi rumor tidak ada yang berbentuk catatan. Ia beredar luas di kalangan politisi. Dalam bentuk bisik-bisik. Tidak bisa dipastikan kebenarannya. Belum ada media yang mengubahnya menjadi catatan sejarah.

Media mencatat: Erick Thohir termasuk yang dipromosikan oleh Jokowi menjadi salah satu calon wakil presiden. Seperti juga Ganjar, Erick pun bergerak ke mana-mana. Ke segala arah. Sampai ikut ujian untuk dapat status anggota Banser –bersertifikat. Juga sampai ke toilet-toilet rest area. Pun sampai bilik-bilik ATM.

Tingginya popularitas Ganjar ditambah dukungan Erick lewat Banser dan bintang sembilannya, ditambah lagi logistiknya, bisa jadi hanya perlu satu putaran Pilpres. Dengan demikian PDI-Perjuangan tetap berkuasa, program Jokowi berlanjut. 

Tapi sejarah punya maunya sendiri. Megawati punya mau sendiri. 

Kemauan Jokowi pun kalah. 

Tapi ia punya mau. 

Media mencatat: kita kembali punya tiga pasangan capres-cawapres. Kembali boros. Kembali berlarut. Memperpanjang ketidakpastian.

Media TIDAK mencatat: benarkah Jokowi masih punya usaha terakhir: yakni menggabungkan Prabowo (capres) dan Ganjar (cawapres). Rumornya sangat luas. Tapi tidak ada catatan di media apakah itu benar. Apalagi Ganjar sudah telanjur naik pelaminan sebagai capres.

Kesadaran media sebagai pencatat sejarah terlihat menurun. Jangan-jangan ini akibat pengaruh medsos yang serbainstan.

Jangan-jangan medsos juga yang membuat orang lupa salah satu fungsi media adalah pencatat sejarah. Media seolah sudah berubah menjadi alat fitnah –fitnah yang dahsyat. Padahal fitnah lebih kejam daripada bukan fitnah. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 22 November 2023: Ni De

Lagarenze 1301

Selamat menempati tahta pertamax untuk Bang Amat. Meskipun nembaknya hanya tahta keempat. Rezeki memang tidak bertukar tempat. Besok bolehlah kita adu cepat.

mzarifin umarzain

Di hukum tradisionil Arab, yg tak tertulis, Bila kita berkelahi, Maka yg mukul dulu yg salah. Juga di kita waktu kecil, Yg mukul dulu yg salah. Ada kata2: kalau berani mukul dulu. Karena yg mukul dulu yg salah, kita berhak membelas setimpal.

Jo Neca

Tulisan macam apa ini?Hahahaa

Wilwa

@Jo. Saya bukan ahli sejarah tapi suka BACA sejarah. Dan science. Hobi. Soal perang yang mungkin terjadi antara Amerika dan China, saya setuju dengan argumen Liam Then. Pakai rudal. Rudal dengan teknologi terkini mampu menghancurkan kapal induk. Jadi saya yakin armada Amerika di Pasifik tak akan bertindak gegabah melawan China yang konon AL nya kini terkuat dan tercanggih di dunia. Maklum kebanyakan alitistanya relatif masih produksi baru dengan teknologi terbaru. Dan China punya kapal selam bertenaga dan bersenjata nuklir yang bisa beroperasi jauh. Kapal selam ini sulit dideteksi karena bisa menyelam begitu dalam dan tiba-tiba muncul dekat pantai Amerika untuk menembakkan rudal nuklir. Sebuah serangan ke negara Amerika yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

imau compo

Hadis Nabi SAW, saya tidak tahu tingkat kesahihannya, Perang Akhir zaman adalah perang face to face. Saya mengajukan dukungan penjelasannya antara lain: saat itu infrastruktur perang sdh sama-sama rontok salah satu yg terpenting adalah satelit dan sejenisnya. Milik Amerika, Tiongkok, Rusia maupun Eropa. Perangkat luar angkasa inilah yg mengontrol persenjataan modern jarak jauh baik sisi target maupun home basenya, terutama target. Berikutnya, infrastruktur bahan bakar, juga sdh hancur, mau dioperasikan pakai apa alat-alat perang ?

Agus Suryonegoro III

ANAK besar, meski belum tentu menang melawan anak kecil, tetapi biasanya "tidak takut" kepada si kecil itu. Tetapi anak besar yang hebat, melihat anak besar lain yang juga punya "kelebihan", biasanya juga "takut". Lalu cari alasan untuk "batal berkelahi", dengan berbagai alasan. Alasan itu penting, supaya "tidak dikira takut". Padahal, sebenarnya, benar-benar takut. Kalaupun berani, itu harus main "kroyokan". Negara juga sama. Saat Tiongkok sudah hebat, Amerika sebenarnya juga takut. Lha wong Amerika itu beraninya hanya melawan Irak, Afganistan, Libia, Vietnam. Itupun tidak berani sendirian. ### Takut kalah. Takut dihujat..

Agus Suryonegoro III

SSsst.. AMERIKA itu selalu ingin ada perang di dunia. Syaratnya ada 2: 
1). Lokasi perang harus di luar Amerika. 
2). Dan harus di negara kecil. Alasan perang, bisa dicari-cari yang "kelihatannya" masuk akal. Kalau alasan tidak terbukti, bagi Amerika, itu bukan masalah besar. PBB bisa dikendalikan. Kalaupun PBB macem-macem, Amerika sebagai mantan pemenang perang dunia, punya hak veto. ### Alasan sebenarnya: A). Amerika adalah pedagang senjata terbesar di dunia. B). Amerika bisa mendikte negara yang boleh beli dan tidak boleh beli senjatanya. C). Adanya perang adalah medan "uji coba" senjata buatannya..

ahmad faqih

Ni da Ni de Wo da Wo de [Versi Tiongkok vs Amerika) Jur ji Jur beh Sat set Wat wet [Versi Indonesia]

Ulik Kopi

Ni da ni de Wo da wo de Terus dibalik jadi Ni da wo de Wo da ni de Yang pertama anda sudah tahu. Yang kedua, yang dibalik: anda (tetap belum) tahu. Ini apa walikan model Malang? Kok saya blank ya? Tebakan saya dua baris kata berima terakhir itu ini akan ditulis besok. Halah jadi ikut-ikutan menebak seperti siapa itu dua hari yang lalu. Dan kok dia benar tebakannya.. he he

Juve Zhang

Melihat penyambutan ke Om Jinping oleh pemerintah AS jauh dari gambaran perang. Gubernur .Menkeu jejer nunggu di tangga pesawat. Sekarang siapa yg kuat beli surat Hutang Amerika???. Gak ada satu negara pun yg punya banyak uang dolar selain Tiongkok. Menkeu Yanet sampai sering ketemu anak buah Om Jinping terbang ke Beijing .surat hutang harus ada yg beli. Dan yg beli harus punya duit. Adakah yg siap beli 200 miliar UsD? 300 miliar???. Gak ada satupun sekarang ini yg se kaya raya Tiongkok. Makanya Menkeu sampai mau jemput om Jinping di tangga peswat. Nampaknya Om Jinping mau ngulurkan tangan bantu om Biden.kelihatan gestur tubuh nya .karena orang yg dompet nya kosong bisa marah dan bahkan bisa pake pisau buat nodong. Jadi kalau BRI untuk negara berkembang bisa dikucurkan 1300 milyar kalau hanya 200 s.d. 300 milyar buat AS ok ok saja daripada mereka marah marah yg bahaya kan dunia. Anggap saja uang jatah preman. Wkwkkwk

HANVINCY ADNOV

Tuk perbandingannya adalah perang global yaitu perang dunia ke-1 n perang dunia ke-2, jadi menurut sy tidak bisa dibandingkan ketika perang USA vs Vietnam n USA vs Afghanistan. Perang sekarang berbeda jauh ketika PD 1 n PD 2, terutama dalam penggunaan tekhnologi mesin2 perang. Pada PD 2 pertama kali penggunaan rocket yaitu ketika pertengahan perang Uni Soviet vs NAZI yaitu Uni Soviet menemukanmu rocket Katyusha jadi belum mengenal peluru kendali. Tapi tuk sekarang jika suatu negara sudah mempunyai senjata nuklir n alat untuk meluncurkannya seperti rudal hipersonik n rudal balistik yg mempunyai jarak jangkauan ribuan kilometer, tentunya suatu negara akan mempunyai efek daya rusak yg tinggi walaupun letak posisi perangnya jauh dari negara tsb. Dan yg perling digarisbawahi investasi china ke negara2 Amerika Latin sangat besar Maka tak heran seperti Panama, Dominika n El Salvador lebih memilih memutus hubungan diplomatik dengan Taiwan n lebih memilih beralih ke China. Dan yg perlu digarisbawahi lagi yaitu China tidak sebegitu bodoh seperti di dalam banyak pikiran orang, kawan.... Hubungan China dengan Kuba makin mesra yaitu ditandai dengan dibangunnya pangkalan mata-mata China di lepas partai Amerika Serikat yg berjarak hanya 100 mil dari Florida.

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Tungku Sigit (Sel,21-11-2023) #.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] #1.ACEP YULIUS HAMDANI (1;132) #2.Agus Suryonegoro III (8;383)★ [1;0] #3.Agus Tejo (3;5) #4.Aku dan kita Official (4;112) [2;1] #5.alasroban (4;111) #6.Amat K. (3;33) [1;1] #7.AnalisAsalAsalan (4;119)★ [0;3] #8.Azza Lutfi (1;11) [0;1] #9.bitrik sulaiman (1;2) #10.DeniK (1;47) #11.Dian Gambar (1;6) #12.didik sudjarwo (1;13) #13.Echa Yeni (1;38) #14.edi susanto (3;278) [0;1] #15.Edyanto (1;15) [1;0] #16.Em Ha (1;112) #17.Fa Za (1;13) #18.Fauzan Samsuri (1;27) [1;0] #19.Gianto Kwee (1;43) #20.Gregorius Indiarto (3;78)★ #21.Guslurah (1;1) #22.Hadi Susanto (1;27)✏️ [1;0] #23.Handoko Luwanto (3;209)★★⭐️ [0;2] #24.Hari Purwanto (4;173) [0;2] #25.imau compo (9;805)★ [0;6] #26.Jimmy Marta (1;160) #27.Jo Neca (8;114) [2;3] #28.Johannes Kitono (7;1065)★★⭐️ #29.Jokosp Sp (8;246)★ [2;3] #30.Juve Zhang (11;955)★ [12;1] #31.Kang Sabarikhlas (3;140) [4;1] #32.Komentator Spesialis (2;28) [1;0] #33.Lagarenze 1301 (16;554)✒️★★⭐️⚽️⏰ [16;3] #34.Leong Putu (6;107) [4;2] #35.Liam Then (13;1284) [7;7] #36.M.Zainal Arifin (2;5) #37.Macca Madinah (1;84) #38.Muh Nursalim (2;114) [2;1] #39.MULIYANTO KRISTA (11;150)★⚾️ [3;9] #40.mzarifin umarzain (6;57) [0;6]

Handoko Luwanto

Meski tanpa mesin Enigma versi modern saya coba memecahkan sandi-sandinya kak Echa Yeni. Bfr57 = Before 57 Aft58 = After 58 5eketson9oTrusSewidhak = 59 ke 60 Apakah semua angka itu kode untuk usia kak Echa Yeni?

thamrindahlan

Selamat Pagi Pak Mario dan sobat perusuh mania. Perang oh perang kenapa masih saja terjadi di zaman peradaban ini. Kan tidak ada lagi upaya menguasai geografis tetangga kecuali yang dilakukan Israel. Indonesia Malaysia dan negara tetangga Asean damai damai saja. Patok perbatasan antar negara disepakati sesuai google map. Kalaupun ada perubahan atawa pergeseran sang patot bisa jadi karena perubahan iklim bukan perbuatan oknum makhluk. Negara Besar Amerika, China, Rusia dan juga Jepang dipimpin oleh sosok kepala negara yang tidak emosional seperti Donald Trump. Bersyuykur rakyat dunia, sekarang PBB mulai berhasil membujuk para peseteru di Gaza untuk genjatan senjata. Tuhan Yang Maha Kuasa tidak akan diam menyaksikan korban manusia tak berdosa akibat arogansi pemimpin yang hatinya entah ditaruh dimana. Apakah perlu operasi ganti hati seperti Abah sehingga Beliau lebih lembut, jenaka, suka dansa dan tidak emosional. Punya tambak udang lima persegi / Kabinet dirombak entah kenapa / Tembak tembakan jangan ada lagi / Kenapa tembakan Aat tak kena kena / Salamsalaman

Leong Putu

ni na bo bok bo bok de we Bikin penasaran.

hoki wjy

Amerika selama ini jika berperang misalnya ke Irak maka yg dihancurkan dulu adalah Infrastruktur seperti PDAM nya Irak dan Pembangkit listriknya Irak.karena Amerika yakin infrastruktur negaranya akan baik baik saja. dan jika ada negara yg bisa atau sanggup Ni Ta Wo Te .(Anda pukul saya punya) maka Wo Ta Ni Te ( Saya pukul punya anda) dijamin Amerika tdk akan berani.

AnalisAsalAsalan

Penipuan atau bukan? Seorang nenek hidup sendiri setelah ditinggal sang suami, Mereka memiliki dua rumah sederhana. Ingin mendapat penghasilan, nenek hendak mengontrakkan rumah yang tidak ditinggali, setahun 24juta. Sepasang suami-istri mendatangi nenek dengan wajah penuh senyum dan sikap amat sopan. Mereka berkata, "Nek, harga rumah ini berapa, ya? Kami mau beli." "240juta, Nak," jawab sang nenek. "Baiklah, Nek, kami beli rumah ini. Supaya nenek tetap dapat penghasilan, kami cicil tiap bulan, biar nenek punya uang untuk kebutuhan sehari-hari. Tiap bulan kami cicil 2jt, sehingga lunas 10 tahun. Setuju ya, Nek?" "Iya, Nak. Terima kasih." 2jt x 12 bulan x 10 tahun = 240juta, seharga rumah. Nenek pun setuju. Ini licin atau licik? Ingat! Nenek setuju, lho. Hahahahaha. #berdasarkankisahnyata

Lagarenze 1301

Strategi "Ni da ni de, Wo da wo de", kira-kira seperti kutipan dari Sun Tzu ini: - Yang terpenting dalam sebuah perang adalah menyerang strategi musuh. - Yakinkan musuh Anda bahwa ia akan mendapat kerugian dengan menyerang Anda; ini akan mengurangi antusiasme mereka untuk berperang melawan Anda. - Untuk mengetahui musuh Anda, Anda harus menjadi musuh Anda. - Kenali dirimu, kenali musuhmu. Seribu pertempuran, seribu kemenangan. - Jika Anda jauh dari musuh, buat dia percaya bahwa Anda sudah dekat. - Lebih penting untuk mengalahkan pikiran musuhmu, daripada mengalahkannya secara fisik. - Biarkan rencana Anda menjadi gelap dan tak tertembus sebagai malam, dan ketika Anda bergerak, jatuh seperti petir. - Bergeraklah dengan cepat seperti angin dan berbentuklah seperti kayu. Menyerang seperti api dan diamlah seperti gunung. - Jangan terlibat dengan musuh yang lebih kuat dari Anda. Dan jika itu tidak terhindarkan dan Anda memang harus terlibat dengannya, maka pastikan Anda melibatkannya dengan persyaratan yang Anda berikan, bukan pada persyaratan yang musuh Anda berikan. - Seni perang tertinggi adalah menaklukkan musuh tanpa berperang.

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp sumartan, bp jo, bp hl, bp jokosp dan teman2 rusuhwan. pada konser cold play di jakarta yg dihadiri kira2 80.000 orang penggemarnya. dipinjamkan gelang xylobands (led) ke penonton. fungsi gelang ini untuk membantu pencahayaan selama konser. agar konser lebih meriah. setelah konser usai. gelang itu harus dikembalikan. hal ini tidak terlepas dari misi lingkungan coldplay. gelang tsb akan dipakai lagi di konser coldplay berikut. agar tidak perlu bikin gelang baru. namun menurut brebesnesia.com. hanya 52% penonton jakarta yg mengembalikan gelangnya. bandingkan dengan tokyo 97%, taiwan 93%. seusai konser. coldplay menyumbangkan kapal penyedot sampah untuk sungai cisadane. sedangkan penontonnya. mulai menjual cod gelang xylobands di marketplace. rata2 seharga 500 ribu an. 

Jokosp Sp

Abah kenapa pulang nah manulis gasan hari ini handap banar? Amun awak lawan pikirannya hanyar uyuh mending manyuruh Pak Mirza ja maulah reporting apakah. Ini tadi hanyar handak batagug banyu..... eeeeee kadak sampai tenggorokan dah karing galasnya. Sana gin ke tukang urut biar kawa diterapi, bulik jadi nyaman awak.

Gregorius Indiarto
Nyeduh kopi. Baca CHD. Berharap, selesai baca CHD, kopi sudah hangat. Ternyata selesai baca CHD, kopi masih panas. Ternyata CHD hari ini terlalu pendek. Sependek jarak Tiongkok - AS dimata Abah. Met pagi, salam sehat dan bahagia.

Ibnu Shonnan

Untuk kesekian kalinya harus memperbanyak stok kesabaran. Sabar saat melihat ketidakadilan dunia atas tragedi Palestina. Sabar saat melihat drakor politik yang disutradarai pemimpinya sendiri. Sabar saat melihat harga gula dan beras terus melangit. Sabar saat hanya bisa membaca CHD tanpa komentar karena sulit logging. 

Mbah Mars

Mbah Koplak sangat penasaran dengan kesabaran istrinya. Sekeras apapun ia mengomel, si istri hanya diam. Tidak pernah melayani. "Apa sih ma kiatnya sampai mama begitu sabar ketika saya omeli, sekeras apapun?", tanya Mbah Koplak. "Penasaran nih ye ?", kata Mami Koplak. "Iya, Ma" "Tak kasih tahu ya Pa, kiat meredam emosi jika papa ngomein saya cukup simple. Saya masuk toilet. Kemudian menyikat kotoran WC" "Wahh hebat. Mama bisa menyalurkan energi negatif marah menjadi energi positif bersih-bersih. Kok bisa ya, nyikat WC meredam emosi ?" "Bias aja Pa. Saya nyikat WCnya pakai sikat gigi papa!"

Wilwa

Kelihatannya dari kalimat Mandarin yang ditulis Bos Disway kurang verb atau kata kerja : MEMAKAI alias use alias yong 用. Di tengah empat aksara. Kamu pukul PAKAI kamu punya. Aku pukul PAKAI aku punya. Supaya lebih jelas maksudnya. 

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Tiga kepala negara sedang berdiskusi di atas geladak Kapal Induk Amerika. Tentang prajurit negara mana yang paling berani. Di sekitar kapal saat itu banyak hiu kelaparan. Clinton dengan bangga memanggil prajuritnya. "Hei, Mayor. Coba kamu berenang keliling kapal sepuluh kali." Si Mayor sempat melirik ke kawanan hiu di laut, tapi ia kemudian mengambil sikap hormat. "Siap, Pak. Demi 'The Star Spangled Banner'," ujarnya. Ia terjun ke laut dan berenang mengelilingi kapal 10 kali di tengah kejaran hiu. Clinton tertawa puas sembari memandang Koizumi dan Gus Dur. Koizumi tentu saja tak mau kalah. Ia memanggil prajurit Jepang. "Sersan, kamu berenang keliling kapal 50 kali!" Sersan Jepang melihat ke bawah ada banyak hiu, lututnya bergetar. Tapi, ia tidak berani membantah. Sembari menyanyikan Kimigayo, dia terjun ke laut. Ngos-ngosan dia berenang 50 kali keliling kapal dikejar hiu, tapi selamat. Gus Dur hanya senyum-senyum melihat Clinton dan Koizumi. Ia lalu memanggil kopral TNI. "Saya perintahkan kamu untuk terjun ke laut, berenang mengelilingi kapal 100 kali." Kopral itu kaget bukan kepalang. "Hah, Anda gila, ya. Presiden nggak punya otak. Masa' nyuruh prajurit berenang 100 putaran padahal di bawah banyak sekali hiu. Sepuluh putaran saja saya sudah mati. Kurang ajar," katanya seraya pergi meninggalkan sang presiden. Dengan bangga Gus Dur melihat ke Clinton dan Koizumi. "Anda lihat, prajuritnya siapa yang paling berani. Hidup Indonesia," ujarnya.

Everyday Mandarin

Ko @LT paling lihai kl soal 打(炮)老婆 (dapao laopo). Awas anak bujang ko udah 15 menit di kamar mandi ga ada suara, lagi 打飞机 (memukul pesawat?)... bhuahaha

Liam Then

Ni da ni de lao pho, wo da wo de lao pho.... Wkkwkwkkwkw

Everyday Mandarin

Era Revolusi Kebudayaan China 1966 lalu, ada seorang gadis gagap yang bekerja sebagai tuakng tenun. Satu pagi, dia sedang mendengar diskusi beberapa pejabat desanya. Satu jam kemudian, si gadis gagap kemudian berkata ke mereka, "我要回...回...回家,我要打毛...毛...毛 (Saya mau pu...pu...pulang, saya mau pukul Mao...Mao...Mao). Belum selesai dia bicara, dia langsung ditangkap massa. Di zaman itu, Mao Zedong adalah penguasa China. Masalah besar jika menyangkut namanya. Seperti nama Suharto di era Orba. Si gadis gagap pun ditangkap dengan tuduhan makar. Dia dituntut ingin mencelakai ketua Mao Zedong. Saat sidang, dia pun menjelaskan -dengan gagap juga, "我...我说我要回...回家,我要打毛...毛...毛衣." Kalimat terakhirnya pun rampung. Artinya: Saya mau pulang, saya mau menenun baju. 打毛 = memukul Mao 打毛衣 = menenun baju (Ada 1 huruf terakhir dibanding tulisan di atas) Cerita di atas hanya ngalor-ngidul zaman dulu. Bukan kenyataan.

Everyday Mandarin

Dalam Mandarin, huruf 打 (da) banyak sekali artinya. Selain artinya menembaki (seperti tulisan Pak DI), juga bisa diartikan memukul. Intinya membuat lawan kalah. Lalu juga berarti menenun (打毛衣/da maoyi), seperti ngalor-ngidul di atas. Ada lagi 打酒 (da jiu) bukan berarti memecahkan botol bir. Artinya membeli bir. 打水 (da shui) bukan membeli air, tapi menimba air. 打洗脸水 (da xilian shui) berarti menampung air sebaskom. Penggemar jalan2 ke MBS atau Macau tentu akrab dengan istilah 打牌 (da pai) = main kartu alias berjudi kartu. Judi kartu bisa 打扑克 (da puke) = main Poker. Juga ada 打麻将 (da majiang) berarti main mahjong. Dunia olahraga juga mengenal banyak kata 打 (da). Main golf disebut 打高尔夫球 (da gao'erfuqiu). Main bola basket disebut 打籃球 (da lanqiu), main bulutangkis disebut 打羽毛球 (da yumaoqiu), dsb. Kira2 begitu penggunaan 打 (da) yang sangat banyak artinya. Dan masih banyak lagi yang ga terpikir saat ini. Jam 2 sore ini saya ada janji 打电话 (da dianhua). Bukan memukul telepon, tapi menelepon. 

Muin TV

Suatu hari, Anton datang ke rumah Agus. Dengar cerita Agus sudah sukses di Jakarta. Kebetulan dia sedang apulang kampung. Boleh dibliang Agus ini teman akrabnya. Maksud Anton, dia pengin cari kerja, mana tahu di jakarta ada lowongan kerja. Karena dia selama ini masih luntang lantung. Nganggur. Anton yang melihat Agus sedang duduk-duduk di teras rumahnya, langsung menghampirinya. Anton : 'Piye kabare Gus?" Agus : "Apik. Lah kowe, piye kabare?" Anton : "Biasalah Gus, esih ngnggur...." Agus : "Nganggur, nek ditelateni yo.... lumayan." Anton : @#$$%^&@#

Liáng - βιολί ζήτα

selingan 你打你的,我打我的。 (Nǐ dǎ nǐ de, wǒ dǎ wǒ de.) You hit yours, and I'll hit mine. Itu adalah percakapan antara Máo Zédōng dengan Delegasi Organisasi Pembebasan Palestina, pada tanggal 24 Maret 1965. Selengkapnya : 接见巴勒斯坦解放组织代表团时的谈话(一九六五年三月) 日本投降了,我们又被迫打仗。打的办法就有两条:你打你的,我打我的。什么军事道理,简单的就这么两句话。什么叫你打你的?他找我打,但他又找不到,扑了个空。什么叫我打我的?我们集中几个师、几个旅,把他吃掉。 事物都是可以分割的。帝国主义也是事物,也可以分割,也可以一块一块地消灭。蒋介石八百万军队也是事物,也可以一块块地消灭。这就叫作各个击破,这就是欧洲和中国古书里说的道理。很简单,没有什么深奥的道理。不要看书啰,谁打仗还拿本书去看。我打仗从来不看书。少看一点,看多了不好。 战场就是学校,军事学校我不反对,可以办,但不要学得太长了,一读两三年,太长了,几个月就行了。什么陆、海、空学校,不怎么高明。 [1/4]

Liáng - βιολί ζήτα

有些现代科学需要长一些时间学,例如导弹、原子弹,就是讲研究和制造。单单武器的使用学,训练士兵,不需要很长时间。训练炮兵一个月就行。训练驾驶员、飞行员,几个月就够了,最多一年。主要是在战场上训练。和平时期要在黑夜里训练。战争时期,战争就是学习。你不是说念了我写的文章吗?这些东西用处不大,主要是两条:你打你的,我打我的。我打我的又是两句话:打得赢就打,打不赢就走。帝国主义最怕这种办法。打得赢我就把你吃掉,打不赢我就走掉,你找也找不着。我们开头时用游击战的办法,攻的时候用,防御的时候也用。根本的办法是打游击战。打蒋介石时,从小仗打到大仗。后来我们用三十万军队消灭他五十万军队,我们用三个指头吃他五个指头。我们是少数,怎么能吃得掉?怎么吃法呢?还是一个个地吃,结果把它吃掉了。 有些外国人在中国上学,学军事。我劝他们回去,不要学太长。几个月就行了,课堂上尽讲,没有什么用处。回去参加打仗,最有用。有些道理只要讲点就行了,不讲也可以。大多数时间可在本国,或者根本不出国,就可以去那里。 [2/4]

Wilwa

Tiongkok otoriter. Singapura semi otoriter. Scandinavian countries sekuler murni. Itulah fakta dimana korupsi “diberantas”. Walau mungkin tak bisa 100%. 99,99% sudah sebuah keberhasilan. Samalah seperti kita mau berantas 100%!TOBIL anak kadal, KAMPRET anak kelelawar, atau CEBONG, anak kodok. Atau Aedes Aegypti. Selalu saja ada yang bisa sintas/survive. Tak ada yang sempurna 100%. 99,99% sudah okelah. 

Juve Zhang

Pak Jokowi memberikan nama Tol layang Jakarta Cikampek dengan nama Besar seorang Presiden UAE yg masih hidup MBZ yg kekayaan pribadi nya mungkin sudah kelas berat diatas 100 milyar USD. Jelas Super kaya. Namun pasti pak Jokowi malu. Nama MBZ banyak di bicarakan di sidang sidang kasus korupsi Tol MBZ. Dari Berita ini harusnya konstruksi beton mirip tol Tanjung Priuk lah. Mampu dilewati bis bis besar dan kokoh. Tapi khusus Tol MBZ hanya untuk mobil mobil ringan saja. Rupanya ada "penyesuaian " yg diluar rencana semula. Kong kalikong antara para Insinyur perencana PT.Lapi ganesha milik yayasan ITB nampaknya. PT Bukaka anda paham lah pemiliknya.dan yg punya proyek BUMN Jasa marga. Kerugian "hanya" 1,5 triliun Rp. Saja kata pak Jaksa. Tepatnya sedang dihitung lagi. Yg ngeri kalau suatu waktu itu tol ambruk sedang Insinyur nya masih hidup. Apa bisa di penjara????. Belum dengar ada Insinyur di penjara karena bangunan nya ambruk. Apakah ini akan jadi yg pertama?? Pasal apa ? Sangat mengerikan Tol Layang di ubah se enaknya. Ingat jembatan ambruk di kota tenggarong kalau tak salah ..makan korban banyak .tak terdengar Insinyur nya di penjara. Mengerikan.

Liam Then

Saya hobi membaca terjemahan novel silat kontemporer dari Tiongkok. Salah satu yang berjudul "Zhu Xian", yang saya kira sangat cocok dalam menggambarkan nuansa geopolitik yang terjadi didunia saat ini, yang penuh ulah barat dan sekutunya. Sayang kemampuan bahasa saya sangat minim untuk tuangkan relevansinya dalam kata-kata. Tapi saya mau coba. Dalam novel "Zhu Xian" itu , seperti klasik kisah novel silat Cina, selalu ada golongan hitam dan putih. Di dalam novel itu, dikisahkan protagonis yang keluarganya terbasmi di satu malam, kemudian dapat warisan ilmu oleh tokoh yang dianggap dari golongan hitam. Protagonis ini dengan beban dendam, kemudian terbawa nasib menjadi satu murid perguruan besar dari golongan putih. Mulai dari situ, cerita berkembang, menggambarkan bagaimana golongan putih memandang dunia, dengan prinsip "righteousness" / kebenaran versi mereka. Karena mereka menganggap mereka pembela kebenaran dan pihak yang "putih" , mereka butuh alasan sebagai satu justifikasi/pembenaran untuk apa yang mereka lakukan. Meskipun aslinya sebenarnya mereka cuma ingin mendominasi dan menindas. Justifikasi perlu karena mereka membawa banner "golongan putih". Keadaan didalam novel "Zhu Xian" ini bagaikan cermin situasi yang ada didunia sekarang. Amerika dan sekutu anggap mereka adalah "golongan putih". Masalahnya "golongan putih" selalu butuh alasan untuk justifikasi aksi mereka, entah itu perusakan alam, anti demokrasi, penindasan, agresi ,hak asasi manusia dlsb. 

Udin Salemo

#everyday_berpantun 
Aku pergi ke rumah Pak Nana/ 
Membawa sambal goreng ikan/ 
Aku suka gaya intimidasi China/ 
Ke Amerika senjata diarahkan/ 
Lama tak ada berita pakcik/ 
Pakcik juragan jualan kain/ 
Amerika memang negara licik/ Mereka perang di negara lain/ 
-------------------------------------------------- 
baguru ka padang data/ 
dapek ruso balang kaki/ 
baguru kapalang aja/ 
bak bungo kambang tak jadi/ 
anjalai tumbuah di munggu/ 
ambiak sabatang baok ka koto/ 
alah lamo denai manunggu/ 
janji boss ruponyo panduto/

Wilwa

@LP. Ho oh. Jadi ingat humor Gus Dur. Seseorang bertanya: apa beda iya dan ho oh. Jawab Gus Dur: orang terpelajar pakai iya, yang tak terpelajar pakai ho oh. Penanya: oh gitu ya. Jawab Gus Dur: Ho oh

Johannes Kitono

Ada cerita soal Ni Te dan Da Te. Konon ada dua orang sahabat tinggal di Jakarta, Indonesia. Yang satu Banker yang terkenal hebat dan konglo. Punya jaringan Rumah Sakit, Sekolah, Universitas bahkan Taman Pemakanan. Dari manusia baru lahir sampai ke alam baka harus memakai jasa bisnisnya. Yang satu lagi pengusaha Chain store yang mulai dari Pasar Baru, Jakarta sampai kekota-kota besar di Indonesia. Singkat cerita dua sahabat itu selalu ke gereja bersama. Ketika berdoa di depan Tuhan selalu mengucapkan: Tuhan Allah yang baik. Kami berdua adalah sahabat sejati. Aset saya ( wa te ) juga punya dia ( da te ) . Ini dilakukan bertahun-tahun sampai terjadi krisis ekonomi di tahun 1998. Jaringan toko mengalami krisis, utang dolar harus dibayar dengan rupiah. Konon doa yang Banker langsung berubah. " Tuhan yang baik, ternyata krisis ekonomi banyak masalah. Kami harus konsolidasi. Now, Aset saya ( wa te ) tetap punya saya dan Aset dia ( Da te ) punya dia juga ". Akhirnya jaringan toko yang krisis dan kolap disita oleh bank temannya. Selesai sudah persahabatan mereka. Sampai juragan toko jaringan meninggal terpeleset di kali dan dikremasikan di Bali. Rest In Peace Bp.Hari Darmawan, negosiator ulung.

Johannes Kitono

Ijazah - Bintang. Anak muda ini baru lulus SMK swasta jurusan Teknik Mesin. Mau bekerja bantu ibunya yang sudah janda. Bapaknya yang marga Nainggolan sudah ke alam baka. Tinggalkan mereka 6 saudara hidup di rumah kontrakan di Jakarta. Biar sudah lulus tapi tidak bisa terima ijazah.Masih ada tunggakan uang sekolah sekitar Rp.15.104.000,- kata Ibu Sri Pujiastuti, Bendahara.Ijazah disandera sampai lunas..Pinjam fotocopy untuk lamar kerja juga tak boleh.Ini namanya "Pengangguran Terpaksa" yang tidak ada dibuku Samuelson. Apmisel kakaknya yang kerja di Starbuck dengan gaji UMR,tabungan setelah bayar kost tersisa Rp.4,7 juta. Tentu tak cukup menebus ijazah adiknya.Ketemu jeka dan minta solusi. Bersama teman ngopi di Starbuck kita urunan, untuk hindari tambahan angka pengangguran di NKRI. Tentu dengan harapan Bp.Munjirin, walikota Jakarta Selatan. Mengingatkan Kepala SMK Karya Guna, Manggarai Tebet, jangan lupa menghafal " PANCASILA " . Tindakannya sandera Ijazah muridnya akan menambah angka pengangguran di Jakarta, Indonesia. Saat ini baru terkumpul Rp.4 juta. Kepada donatur yang terketuk berbagi kasih, silahkan trf ke rek bca No.211-600-2229 an johannes kitono. Dengan berita Tebus Ijazah Bintang. Thx juragan disway numpang tayang.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda