Alumni Perkapalan Undip Geruduk Surabaya

Para alumni Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, Semarang. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Sekitar 300 alumni Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang akan menggeruduk Kota Surabaya. Ada apa gerangan? 

Alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Teknik Perkapalan Undip ini akan menggelar seminar nasional, musyawarah nasional, dan reuni di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, 30 September 2023 mendatang. 

Dijadwalkan, Gubernur Jawa Timur hadir dan mengisi seminar nasional bertema "Prospek Kebutuhan Armada Kapal di Indonesia ke Depan untuk Kebangkitan dan Kemajuan Industri Maritim Nasional".

Keseluruhan agenda bertajuk "Geruduk Surabaya" ini sengaja diselenggarakan di Surabaya. "Surabaya ini memiliki industri perkapalan kelas dunia. Banyak juga alumni kami yang bekerja di galangan dan industri perkapalan di Jawa Timur, khususnya Surabaya," ujar Andhi Prasetyo, Ketua Pelaksana Munas IV Ika Kapal Undip.

Seperti diketahui, poros maritim dunia merupakan kebijakan yang dicanangkan Presiden Jokowi pada 13 November 2014 dalam Forum East Asian Summit ke- 9. Terdapat lima pilar dalam mengelaborasi poros maritim dunia, yaitu Budaya Maritim, Ekonomi Maritim, Konektivitas Maritim, Diplomasi Maritim, dan Keamanan Maritim. 

"Jelas sekali, Indonesia ingin menjadi poros maritim dunia. Ada keinginan kuat menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim," tambahnya.

sanjoto1.jpg

Dalam konteks inilah, Ika Kapal Undip ingin memberikan sumbangan pemikiran agar tujuan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat diwujudkan. "Alumni dengan jejaring sosialnya dapat ikut serta meningkatkan kualitas lulusan sumber daya manusia perkapalan. Yang dapat menunjang kontribusi Undip dalam membangun industri maritim, khususnya perkapalan, di Indonesia maupun di dunia internasional," lanjut Andhi Prast.

Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si bakal menjadi keynote speaker bersama Ketua Tim Kerja Industri Maritim  Kementerian Perindustrian, Andi Komara, ST, MBA. 

Seminar akan membahas “Proyeksi Kebutuhan Alutsista Kapal Perang Nasional (KRI)” yang akan di sampaikan oleh Staf Ahli KKIP Bidang Pertahanan Laut, Laksda TNI (Purn) Dr. Mulyadi, S.Pi, M.A.P., IPU, ASEAN.Eng.

“Proyeksi Kebutuhan Armada Kapal serta peran PT PIS  dalam perencanaan berkelanjutan & ESG oleh Direktur Armada PT Pertamina International Shipping (PIS), Muhammad Irfan Zainul Fikri , serta “Transformasi Industri Maritim 4.0 dalam Kesiapan Pembangunan Kapal Nasional” oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia, Dr. Kaharuddin Djenod, M. Eng. 

Seminar tersebut akan dihadiri seluruh alumni dan tamu undangan dari anggota Iperindo, Insa, Kampus Perkapalan seluruh Jawa Timur dan Instansi pemerintahan terkait.

MUNAS MEMANAS

Usai seminar nasional, agenda "Geruduk Surabaya" akan dilanjutkan dengan musyawarah nasional ke IV , salah satunya pemilihan pengurus baru. Saat ini, panitia pelaksana sudah melakukan penjaringan bakal calon ketua umum. 

"Respon luar biasa. Sudah banyak kandidat yang muncul dari seluruh Indonesia. Bahkan, alumni yang domisili di luar negeri pun ikut mengisi formulir kesediaan menjadi pengurus," aku Teguh Winarno, yang dipercaya menjadi tim penjaringan bakal calon pengurus.

Bisa dipastikan, suasana Munas akan memanas dengan hadirnya banyak kandidat. Beberapa kandidat yang sudah menyatakan bakal maju: 

1. Tri Puji Sudarmakno (Principle Engineer McDermott Middle East Dubai).

2. Kukuh Wardana (Direktur PT Medko Aram Energi). 

3. Teguh Winarno (Direktur PT Tangguh Wahana Solution).

4. Lilian Faisol (Manager Area PT Gemilang Group).

5. Busrol Karim (SM Sistem Manajemen Korporat ID Survey). 

6. David Ali (Owner PT Mulia Safety Marine Service). 

7. Andhi Prasetyo (Marine Senior Surveyor Lloyd's Register Asia). 

8. Akhmad Dwi Hertanto (Manager Pengadaan, SDM & Umum BOD-2 PTY DKB Persero). 

9. Multazam (Owner PT DOK Pontianak). 

"Penjaringan masih berlangsung. Saya yakin masih banyak alumni yang berminat menjadi pengurus," lanjut Teguh Win.

Meskipun diperkirakan akan memanas namun Teguh Win memastikan, tidak akan mengakibatkan dampak negatif. "Justru akan berdampak positif karena makin banyak alumni yang bersedia menjadi pengurus. Siapapun ketua umumnya, semua kandidat yang telah mendaftar sudah sepakat bersedia menjadi bagian dari pengurus pusat," tegas Teguh Win.

Ketua Umum DPP Ika Kapal Undip Ari Wicaksono menyambut gembira antusiasme ini. "Ini munas luar biasa. Panitia menyiapkan transportasi dan akomodasi dengan sangat baik. Seluruh alumni yang akan hadir mulai dari Sorong, Makassar, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin, Lampung bahkan dari Riau dan Medan, selain yang dari kota-kota di Pulau Jawa, mereka akan  berangkat bersama dari Cilegon, Jakarta, Semarang, dan kota lain dengan bus dan kereta api. Mereka juga akan pulang bersama. Ini sangat membanggakan, apalagi banyak alumni yang bersedia menjadi pengurus," ujar Ari, yang kabarnya juga akan kembali mencalonkan diri.

Rencananya, seluruh agenda ini juga akan dihadiri Ketua Umum DPP Ika Kapal Undip Abdul Kadir Karding. 

"Kami sudah mendapatkan kepastian  kehadiran Mas Karding. Beberapa pengurus DPP Ika Undip dan DPD Ika Undip Jatim juga sudah menyatakan bakal hadir," tandas Andhi Prasetyo seraya menambahkan, seluruh rangkaian acara akan ditutup dengan temu kangen. (*)

Pewarta : Hartono Sanjoto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda