Sidoarjo Angkat Kearifan Lokal untuk Semarakkan Porprov Jatim VIII/2023

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor (kiri) dan Ketua KONI Jatim Drs Muhammad Nabil, MSi. (FOTO: M. Fasichullisan)

COWASJP.COM – Kabupaten Sidoarjo siap menyemarakkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII/2023 yang akan digelar di empat kota/kabupaten. Yakni di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang 

Hal ini ditegaskan oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) dalam forum koordinasi dengan Tim Finalisasi Porprov KONI Jatim

Tim KONI Jatim yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum KONI Jatim dan Ketua PB Porprov VIII/2023 M Ali Afandi LaNyalla Mahmud Mattalitti, berkoordinasi dengan jajaran Pemkab Sidoarjo yang langsung dipimpin Bupati Gus Mudhlor, Kadispora Sidoarjo, Ketua KONI Sidoarjo, dan jajaran lainnya. 

Di awal rapat Ketua KONI Jatim Drs. Muhammad Nabil, MSi, menyampaikan sejumlah usulan terkait kegiatan Gebyar Porprov. Total ada enam usulan yang dilontarkan oleh Nabil. 

Enam usulan tersebut terkait:

1. Sosialisasi yang harus massif. 

2. Mobilisasi dan kehadiran pelajar serta komunitas-komunitas. 

3. Gebyar Porprov.

4. Kirab api Porprov. 

5. UMKM.

6. Launching maskot lokal Sidoarjo.

“Alhamdulilah secara umum persiapan Sidoarjo sebagai tuan rumah Porprov yang akan dilaksanakan 9 September nanti sudah berjalan lancar. Fasilitas dan sebagainya, termasuk supporting atau pendukung dalam memeriahkan sosialisasi kepada masyarakat sudah berjalan dengan baik,” ujar Gus Muhdlor. 

Terkait enam usulan yang disampaikan Tim Finalisasi Porprov yang dipimpin langsung oleh Ketua KONI Jatim tersebut, Gus Muhdlor memastikan semua gagasan itu akan dipenuhi oleh Kabupaten Sidoarjo. 

“Kita kabulkan semua usulan itu demi suksesnya Porprov di empat kota ini, khususnya di Sidoarjo. Saya pastikan itu,” tutur orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo itu.

Muhdlor mengakui, meski persiapan relatif mepet karena kurang dari satu bulan lagi, namun ia yakin, dengan kesungguhan dan kerja sama semua stakeholders, ajang ini  bukan sekadar pesta olahraga tingkat provinsi, tapi semua aspek akan berjalan sukses.  

“Porprov akan kami jadikan bukan sekadar pesta olahraga, tapi di dalamnya ada pesta ekonomi, pesta local wisdom, pesta persatuan dan pesta kesatuan seluruh warga Sidoarjo dan warga Jatim. Dan pesta-pesta yang lain, termasuk hiburan, kegiatan ekonomi, dan semua aspek, seperti akomodasi, kuliner,” tegasnya. 

Muhdlor yakin, gelaran Porprov akan menjadi momen yang tepat untuk mempromosikan produk lokal Kabupaten Sidoarjo, dan memperkenalkan Sidoarjo yang aman, Sidoarjo yang nyaman, dan dengan segala jenis keunikan serta produk hasil karya warga lokal Sidoarjo. 

Menanggapi pernyataan Bupati Sidoarjo, Ketua KONI Jatim, M. Nabil mengapresiasi dan menyampaikan rasa terima kasih atas respons positif yang ditunjukkan Bupati Muhdlor. 

“Luar biasa Pak Bupati. Meski usianya masih muda, Bupati mampu menerjemahkan apa-apa yang kami sampaikan dan manfaatnya bagi Sidoarjo sendiri jika gagasan kami direalisasi. Terima kasih Pak Bupati Gus Muhdlor,” ujar Nabil.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua PB Porprov VIII-2023 M. Ali Afandi LaNyalla Mahmud Mattalitti. Ia mengaku bangga terhadap langkah bupati yang menyanggupi usulannya terkait keterlibatan UMKM lokal, KADIN Sidoarjo, serta HIPMI yang akan memberikan dukungan penuh terhadap sukses Gebyar Porprov hingga pelaksanaan Porprov nanti.   

“Gus Bupati Muhdlor sangat bijaksana saat menerima usulan dari kami. Beliau tanggap bahwa usulan-usulan kami ini untuk kebaikan warga masyarakat Sidoarjo, selain juga demi kesuksesan Porprov itu sendiri,” tutur Ali Afandi.(*)

Pewarta: M Fasichullisan.

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda