Sang Begawan Media

Wartawan Perang

Christopher Lynn Hedges, wartawan perang yang independen total (New York Times). Dia menilai Ukraina belum layak masuk NATO. (FOTO: chrislhedges.com)

COWASJP.COMWARTAWAN top satu ini terus saja menulis: semua perang yang dibuat Amerika, sutradaranya industri senjata. Mereka adalah pengusaha senjata yang kian kaya. 

Ia adalah Christopher Lynn Hedges. 

Christ adalah wartawan Amerika yang keras kepala. Umurnya kini 66 tahun. Christ sudah menjadi wartawan di Eropa Timur ketika Uni Soviet bubar. Itulah peristiwa yang membuat Perang Dingin berakhir.

Wartawan adalah juga pencatat sejarah. Secara tidak langsung. Christ termasuk wartawan dan pencatat sejarah yang baik. Sebelum terjun ke wartawan pun syarat-syarat menjadi wartawan yang baik ia penuhi. Terutama dalam pembentukan sikap independen. Termasuk belajar bahasa. Ia belajar bahasa latin. Spanyol. Prancis dan kemudian bahasa Arab.

Salah satu yang Christ catat adalah perjanjian antara Uni Soviet dan Amerika Serikat. Yakni antara Presiden Mikhail Gorbachev dengan Menlu Amerika James Baker. Tahun 1989. Ketika Soviet mau membubarkan diri, James menjamin NATO tidak akan memperluas wilayah melebihi Jerman. 

Asumsi saat itu Perang Dingin berakhir. Otomatis NATO, pakta pertahanan Atlantik Utara itu, tidak relevan lagi.

Ternyata janji tinggal janji. NATO diperluas terus. Terutama ke negara-negara bekas Uni Soviet. Pun sampai ke Ukraina yang berbatasan langsung dengan Rusia.

Semua itu dianggap Christ sebagai provokasi Amerika terhadap Rusia. Lalu jadilah penyebab Rusia menyerang Ukraina 15 bulan lalu.

Tapi, apa pun motivasinya, Christ tetap menganggap serangan Rusia itu sebagai kejahatan perang.

Christ memang anti perang. Mungkin sejak lahir. Ayahnya adalah veteran Perang Dunia Kedua yang kemudian juga jadi aktivis antiperang.

Bahkan Christ anti apa saja: antikemapanan, antikorupsi, antidominasi gereja, antiateis, dan juga antiliberal.

Christ pernah tergabung dalam demo berhari-hari. Caranya: menduduki akses masuk bursa saham New York, Wall Street. Sampai ia ditangkap.

Waktu Amerika menyerbu Iraq pun Christ sangat kritis pada Amerika. Ia wartawan peliput perang. Di Iraq, Kuwait, Sarajevo, Argentina, dan Afghanistan. Ia tidak mau tergabung dalam kelompok wartawan yang dilindungi tentara. Ia jalan sendiri. Dengan risiko tinggi.

Nama dan sikap independen Christ sangat terkenal. Suatu saat Christ diminta memberi pidato dalam wisuda sarjana di Rockford College –kini Universitas Rockford. Di dekat Chicago. 

Rakyat Amerika tidak senang dengan orang seperti Christ. Dianggap tidak patriotik. 

Saat mulai berpidato di kampus itu Christ sudah di-boooo. Di cemooh habis. Mikrofonnya dimatikan. Mikrofon penggantinya pun diputus. 

Ruang wisuda itu menjadi sangat bising. Banyak yang membunyikan suara dengung dari alat tanduk kerbau. Rupanya mereka sudah menyiapkan alat itu sejak sebelum ke kampus. Maka pidato Christ pun tenggelam oleh yel-yel ''God Bless America''.

chirstoper1.jpgChristopher Lynn Hedges. (FOTO: chrislhedges.com)

Christ mengakhiri pidatonya. Singkat sekali. Itu pun tidak ada yang mendengar apa isinya. Mereka tidak mau tahu apa isi pidato itu. Pokoknya God Bless America. Dan itu terjadi di kampus ilmiah.

Memang itu bukan kampus besar. Awalnya itu sebuah seminari. Umurnya sudah lebih 140 tahun. Mahasiswanya sekarang ini kurang dari 2k.

Tidak lama setelah itu Christ berhenti dari New York Times. "Sebelum diberhentikan," katanya. 

Padahal Christ adalah wartawan pemenang hadiah Pulitzer –penghargaan tertinggi bagi wartawan Amerika.

Setelah cerai dengan ibu dua anaknya, Christ mengawini artis dan aktivis Kanada, 

Eunice Wong. Juga punya dua anak. Lalu Christ ikut Wong jadi aktivis vegan.

Christ juga mempersoalkan keanggotaan Ukraina di NATO. Nasib keanggotaan itu sendiri tersendat. Belum akan bisa diputuskan. Para petinggi NATO memang akan bertemu minggu ini. Presiden Biden sudah berangkat ke Eropa. Tapi simaklah keterangannya pada media: "Belum akan ada pemungutan suara untuk keanggotaan Ukraina".

Itu lantaran Ukraina masih dalam status perang. Kalau Ukraina jadi anggota sekarang berarti seluruh anggota NATO juga dalam status perang melawan Rusia. Begitulah statuta NATO. Salah satu anggotanya diserang dianggap sama dengan menyerang seluruh anggota NATO.

Jadi cara Rusia mencegah Ukraina dari keanggotaan NATO lewat perang. Tidak ada cara lain lagi: ya lewat perang itu. Kian lama perangnya kian lama keanggotaan Ukraina tertunda. Dan produksi senjata bisa terus meningkat.

Christ mengajukan begitu banyak pertanyaan: mengapa perang belum juga berakhir.

Bukankah kalau memang tentara Rusia rendah semangatnya sudah kalah setahun lalu? Apalagi kalau dikatakan ada masalah di kepemimpinannya. Juga kekurangan senjata. 

Christ: bukankah sanksi yang dijatuhkan ke Rusia begitu berat sehingga seharusnya mata uang rubel sudah hancur? Bukankah bank Rusia sudah dilarang pakai sistem SWIFT? Yang seharusnya bank di sana sudah bangkrut semua?

Christ: mengapa justru inflasi di Amerika dan Eropa yang lebih tinggi? 

Christ: keanggotaan NATO Ukraina juga penuh tanda tanya. Negeri itu belum memenuhi standar demokrasi yang ditetapkan NATO. Minoritas di timur masih dipinggirkan. Hampir 15.000 minoritas terbunuh. Lebih 1,5 juta mengungsi. Partai oposisi masih dikekang. Sebelas partai berhaluan kiri dibungkam. 

Christopher wartawan perang sepanjang karirnya di media. Sampai kini pun ia masih perang melawan kebijakan negerinya sendiri. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 11 Juli 2023: Windy Evi

Windarto Windarto

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Kemdikbud (kbbi.kemdikbud.go.id), kita dapat menemukan kata kognisi, kognitif dan metakognisi. Bagi admin laman disway.id, kata "meka kognitif" pada tulisan tersebut, dapat diganti dengan kata "metakognisi".

Mukidi Teguh

kutipan ini keren: "terus belajar dan menularkan pengetahuan itulah kunci untuk membuat otak dan fisik tidak lumpuh". Sebenarnya kurang satu lagi, yaitu agar agar otak dan fisik selalu segar, rutinlah berkomentar di Catatan Harian Dahlan Iskan.

Mbah Mars

Satu lagi, berkomentarlah yg seru dan lucu agar harimu penuh warna. 

Jo Neka

Ibu saya hanya SekolahnDasar jaman Belanda.Tapi soal merawat kulit wajah dia ahlinyi.Setidaknya menurut saya.Hidup ikhlas.Rendah Hati.Sederhana.Membuat kulit wajah pasti bersinar.

thamrindahlan

Salut Ibu Windy Nugroho luar biasa semangat belajar di lanjut usia. Kemudian berbagi ilmu ikhlas tanpa kuatir tersaingi. Ilmu pengetahuan (science) berbasis penelitian lebih bermanfat bagi kemaslahatan manusia ketimbang hanya menguasai pengetahuan (knowlegde). Science wajib tersimpan di memory permanent d diajarkan sedangkan knowledge hanya sekedar bunga bunga kehidupan. Oleh karena itu knowledge tidak wajib dibahas. Contoh : seperti berita tentang artis, selebrita, politikus dan hasil survey capres, Salam Science untuk Ibu Wendy Nugroho dan Ibu Evi Winingsih. Cum Laude untuk Andi berdua. Salamsalaman.

Agus Suryono

Sama-sama takut ketemu.. ###He he..

Amat K.

Klo kata Bloom ada kognitif, afektif, psikomotorik. Penyebutan lainnya: knowledge, attitude, dan skill, lalu ditambah task skill dan transfer skill. Nah, metakognitif itu mungkin masuk di dua ranah ini: task skill dan transfer skill.

Mbah Mars

Mami: "Pi, saya mau ikut les renang" Papi Koplak:"Biar apa" Mami: "Biar langsing lah" Papi Koplak: "Halah percuma. Ikan paus setiap hari renang tidak langsing tuh" Si Mami pamit mau ke pasar Papa Koplak:"Titik belikan nanas, jeruk, apel, pisang, semangka, sawo, belimbing dan melon ya Mi" Mami: "Kok banyak banget, emang untuk apa Pa? Papi Koplak: "Saya mau banyak konsumsi buah" Mami: "Emang biar apa sih Pi ?" Papi Koplak: "Biar kulitku halus mulus" Mami: "Halah percuma Pi..Pi. Monyet setiap hari makan buah kulitnya gak halus mulus tuh" Papa Koplak: !@#$%^&**&^%$#@

Liam Then

"Pa, mama mau spa" "Mama sudah cantik ,tak perlu spa. Nanti kalo mama spa, papa tak betah di toko nanti, mau pulang rumah trus" "Kalo gitu mama mau facial aja" "Mama sudah....." "Sudah cantik kan?!! Nanti gak betah di toko kan?, Halah..! bilang aja takut habis banyak" 

Agus Suryono

MENOLAK BEA SISWA.. Tahun 70-80an, saya kuliah di sebuah PTN, tingkat S1, tapi di luar Jawa.. Dengan "biaya sendiri".. Bisanya di luar Jawa, karena "tidak mampu". Sehingga kuliah, sambil kerja.. Karena nilai tinggi, dan sempat terpilih sebagai mahasiswa teladan, maka dua kali saya sempat ditawari bea siswa.. Bea siswa jaman Orba. Bea siswa itu teroaksa saya tolak Padahal sebenarnya "saya pingin dan mau". Mengapa saya tolak, karena.. 
1). Sebenarnya saat itu status saya adalah karyawan BUMN. 
2). Sedangkan saat kuliah, saya mendaftar sebagai mahasiswa biasa/reguler.. 
3). Meski begitu, saya bisa masuk kerja 100%, bahkan sebenarnya "lebih". Dan juga bisa hadir kuliah 100%. Karena saya karyawan BUMN tapi tingkatan terbawah, lebih sebagai "tukang", yang kalau jaman sekarang hampir pasti akan "dioutsourcingkan". Karena itu dinasnya midel shift, pagi - siang - malam. Sehingga saya bisa tukar-tukar jam dinas. Dan terakhir malah pernah saya dinas malam terus menerus sampai 6 bulan. 
4). Saya menolak menerima bea siswa, karena: 
PERTAMA. Saya tau, banyak yang lebih membutuhkan 
KEDUA. Karena sebenarnya, ada syarat, yaitu penerima bea siswa harus mahasiswa reguler.. ###Kenangan indah masa lalu..

Juve Zhang

Program pendidikan dari pak Jokowi yg sangat bagus adalah beasiswa Dikti bebas uang kuliah dan uang saku 1_1,5 juta bagi mahasiwa tak mampu. Di UPI bandung ada 5000 an yg dapat beasiswa menurut mahasiwa S2 di UPI. di UGM sekitar itu juga kalau dari obrolan Dosen UGM di kereta api. Ini jelas lompatan besar bagi Indonesia. Asumsi sama di UI ITB Undip Unair dll ada puluhan ribu yg belajar di beayai negara hal ini memungkinkan karena ekspor selalu surplus. Investor masuk banyak , lapangan kerja tersedia banyak, ekonomi naik 5% tiap tahun. Dalam satu dekade sudah naik 40% sebuah lompatan besar GDP bisa tembus 2 trilyun an USD di 2030 bukan hal muluk muluk . Pada saat itu mungkin sudah peringkat 5 dunia. Jerman , Inggris , Perancis, Rusia sedang minus GDP nya artinya Indonesia sedang menyalip motor yg mogok dalam balapan Moto GP ini. Hanya Tiongkok.India .US .Jepang yg sulit di salip mereka motor nya di tumpangi pembalap kawakan. Kalau 2030 sudah posisi no.5 itu sudah pencapaian sangat bagus. Selamat kepada pak Jokowi mengantarkan puluhan ribu bmahasiwa kuliah gratis dan semoga energ anak muda ini melanjutkan hal positip dan membuang hal negatip seperti pengeboran dari generasi kakek kakek nya yg gak kompeten . Buang yg jelek Ambil yg bagus. 

Leong Putu

"Sonten, Bah...Kula, Mul " "Mul, siapa ?" "Muliyanto, Bah". "Muliyanto siapa?" "Muliyanto Krista, Bah" "Maksud saya, kamu itu lhoo siapaaaa?" "Perusuh, Bah...". "Ooooo...perusuh ?". "Nggeh, Bah". "Kalau Leong Putu, saya kenal tapi Anda, saya ndak kenal". "***"

Kang Sabarikhlas

Emboen, kau segar ditemani kabut/ lah aku kok slalu ditemani gabut/ anu, gabut artinya apa ya? Duh gobliknya saya, lha wong ndak pernah kuliah,... jadi bingung ada cerita kecantikan si meta koknitip. Istri saya itu loh pakai kosmetik kw cantiknya 7i seperti Meg Ryan, tapi kini wajah Meg Ryan setelah kebanyakan di utak-atik ya jadi seperti mak... anu, istri saya. ternyata benar, Abah itu memang supersmart+hebat, punya ilmu jurus psikoedukatif, tingkat 5 dimensi ya? berani 'ngluruk' ke daerah "perusuh disway numbero uno"... dan vini vidi vici, kayak pribahasa 'ngluruk tanpo bolo, menang tanpo modal'.... Abah menang deh.. duh, maaf saya ndak bisa komen yang benar, benar² saya goblik..

Liáng - βιολί ζήτα

CHDI : "Sebetulnya disertasi Dr Evi tidak kalah menarik. Namun judul disertasi itu membuat saya tidak berkutik: Model Psikoedukasi bermuatan nilai hidup Dahlan Iskan untuk meningkatkan career decision self efficacy siswa SMA. Saya jadi sungkan sendiri." Istilah Psikoedukasi (Psychoeducation) pertama kali digunakan oleh Anderson pada tahun 1980 untuk pengobatan pasien Skizofrenia. Essential elements of psychoeducation : 
1. Briefing the patients about their illness. 
2. Problem-solving training. 
3. Communication training. 
4. Self-assertiveness training. Empat elemen penting dari psikoedukasi tersebut menyarankan agar kerabat pasien juga disertakan dalam sesi briefing/training tersebut. Perkembangan selanjutnya dari Psikoedukasi (Psychoeducation) sudah mencakup hal-hal lain yang lebih luas.

doni wj

Menunggu tulisan abah tentang Turki yg menyetujui Ukraina untuk bergabung dengan NATO. Ini akan berkembang luas sekali. Kalau Ukraina sampai diterima, Rusia tentu tidak akan diam saja. Ada potensi Perang Dunia III akan terjadi

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda