Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: Sebagian Besar Konflik Dunia Kerja Karena Kesalahan Berkomunikasi

Para penanya yang mendapatkan hadiah buku "super best seller" Trilogi The Power of Silaturahim foto sama penulisnya Dr Aqua Dwipayana. Turut mendampingi General Manager Hotel Santika Premiere Padang dan Hotel Amaris Padang Ainur Rofik Mustamar.

COWASJP.COM – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyodorkan data menarik bahwa sebagian besar atau nyaris 80 persen konflik yang terjadi di dunia kerja adalah kesalahan seseorang dalam berkomunikasi.

Fakta menarik ini disampaikan Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Kunci Sukses Komunikasi di Organisasi” pada Selasa 16 Mei 2023 di Ballrom 1 Hotel Santika Premiere Padang, Sumatera Barat. Pemaparan tersebut disampaikan kepada unsur pimpinan dan karyawan hotel terbaik di Kota Padang itu dan Hotel Amaris yang masih satu grup.

“Komunikasi yang buruk atau tidak efektif dapat menyebabkan ketidakpahaman, kesalahpahaman, dan ketegangan antara anggota tim. Ada beberapa penyebab. Misalnya, karena pesan yang tidak jelas. Ketika pesan yang disampaikan tidak jelas, dapat menyebabkan interpretasi yang berbeda oleh penerima. Ini bisa menimbulkan kesalahpahaman dan mengarah pada konflik,” kata Dr Aqua Dwipayana menguraikan.

Penyebab lainnya adalah karena tidak menyimak dengan baik. Ketika seseorang tidak mendengarkan dengan baik atau tidak memberikan perhatian penuh saat berkomunikasi, mereka mungkin melewatkan informasi penting atau gagal memahami pesan dengan benar. Ini dapat menyebabkan kesalahan interpretasi dan konflik.

“Juga bisa karena penafsiran yang salah. Seringkali, orang cenderung membuat asumsi atau menafsirkan pesan berdasarkan pemahaman atau pengalaman mereka sendiri. Ini dapat menyebabkan kesalahpahaman dan konflik yang tidak perlu,” ujar doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikaai Universitas Padjadjaran ini.

aqua1.jpgDr Aqua Dwipayana memberikan Sharing Komunikasi di Hotel Santika Premiere Padang. Para peserta menyimak paparannya.

Hal lainnya adalah komunikasi tidak tepat waktu. Ketika pesan tidak disampaikan dengan tepat waktu atau tidak sesuai dengan konteks yang relevan, hal itu dapat menyebabkan kebingungan dan konflik. Informasi yang terlambat atau tidak lengkap dapat menghambat kemajuan pekerjaan dan mengganggu kerjasama dalam tim.

Tingkatkan Komunikasi

Untuk menghindari konflik yang disebabkan oleh kesalahan komunikasi, maka dalam pandangan Dr Aqua Dwipayana, penting untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tim dan memperhatikan aspek-aspek komunikasi yang seharusnya.

“Komunikasikan pesan dengan jelas dan secara terbuka, menjaga kejelasan dan keakuratan informasi yang disampaikan. Aktif mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. Menghindari asumsi dan klarifikasi jika ada ketidakpahaman. Menggunakan saluran komunikasi yang tepat dan tepat waktu,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

Selain itu, lanjut pembicara laris inu, mampu membangun sikap saling percaya dalam tim, sehingga anggota tim merasa nyaman untuk berkomunikasi secara terbuka. Menghargai perbedaan gaya komunikasi dan mengadopsi pendekatan yang fleksibel dalam berkomunikasi.

“Dengan memperbaiki komunikasi dalam tim, konflik yang disebabkan oleh kesalahan komunikasi dapat dikurangi secara signifikan, dan kolaborasi yang lebih efektif dapat terbentuk,” kata pria yang berasal dari Kota Padang ini 

menegaskan.

Kunci Keberhasilan

Dr Aqua Dwipayana menambahkan, komunikasi pada intinya menjadi kunci keharmonisan sebuah organisasi. Dengan adanya komunikasi, seseorang bisa memahami orang lain. Tak hanya itu, hal ini juga akan membuat sebuah organisasi menjadi sejalan melaksanakan visi, misi, dan program kerja.

Tak hanya komunikasi, kekompakan juga menjadi kunci keberhasilan sebuah organisasi. Untuk menjadi kompak, maka tidak boleh ada jarak antara anggota satu dengan yang lain. “Atasan bisa memahami apa yang diinginkan dan dikeluhkan bawahan. Sebaliknya bawahan juga mengetahui dan melaksanakan apa yang diinginkan dan perintahkan atasannya. Semua itu akan terlaksana bila atasan dan bawahan sering berkomunikasi, tidak ada jarak,” tutur pria yang telah memotivasi lebih sejuta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara ini.

Menurut Dr Aqua Dwipayana, tidak hanya organisasi besar saja, bahkan dalam keluarga pun komunikasi juga menjadi hal yang penting buat meminimalisir kesalahpahaman. Untuk itu agar membiasakan diri belajar komunikasi di lingkungan terkecil.

Pria rendah hati itu mengungkapkan, kehadiran teknologi sudah mempermudah komunikasi sekarang ini. Orang tak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan kabar dari orang lain. Namun semua kemudahan itu jangan membuat malas berkomunikasi secara langsung, tatap muka.

Dr Aqua Dwipayana sangat memberikan perhatian pada upaya meningkatkan kompetensi komunikasi sumber daya manusia di berbagai bidang. Mantan karyawan di sembilan perusahaan ini menegaskan, kekompakan dan kebersamaan tim harus selalu diutamakan dan konsisten dilaksanakan. Itu bisa tercipta jika seluruh anggota tim memiliki kemampuan komunikasi yang efektif.

“Kita dapat melakukan hal itu di dalam sebuah tim atau lingkungan. Caranya, pertama, kita harus menyesuaikan diri dengan karakter orang yang diajak berkomunikasi. Kemudian menggunakan pola komunikasi dua arah, aktif dan cerdas. Selanjutnya, selalu menghargai lawan bicara,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu melanjutkan membangun komunikasi efektif juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan selalu mengedepankan etika dan kesantunan.

aqu2.jpgGeneral Manager Hotel Santika Premiere Padang dan Hotel Amaris Padang Ainur Rofik Mustamar bersama jajarannya tekun menyimak Sharing Komunikasi dan Motivasi yang disampaikan Dr Aqua Dwipayana.

“Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Manusia tidak dapat menghindari berbagai macam bentuk komunikasi karena dengan komunikasi manusia bisa membangun relasi yang dibutuhkannya sebagai makhluk sosial. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang ke orang lain dengan tujuan tertentu. Maka, kita sebagai manusia tidak mungkin tidak berkomunikasi,” ungkap Dr Aqua Dwipayana yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas tersebut.

Penulis belasan buku tersebut menegaskan bahwa kepuasan tamu merupakan inti pokok dari pelayanan yang diberikan di dalam industri perhotelan.

“Tamu akan merasa sangat dihargai dan dihormati apabila setiap karyawan hotel memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi sangat penting bagi setiap departemen terutama di bagian Front Office. Karena Front Office adalah bagian yang paling utama di saat tamu tiba di hotel. Dengan demikian tamu akan merasa nyaman untuk tinggal di dalam hotel tersebut,” kata pria ramah yang hobi bersilaturahim tersebut.

Namun, Dr Aqua Dwipayana menambahkan, semua unsur di dalam sebuah perusahaan atau lembaga mutlak harus memiliki kompetensi atau keterampilan komunikasi yang baik. “Di dalam sebuah lembaga atau organisasi termasuk hotel, ada yang disebut komunikasi vertikal dan horizontal serta komunikasi internal dan eksternal. Masing-masing harus dipersepsi dan dikuasasi dengan baik,” tegas motivator kawakan ini menguraikan.

Di awal acara dalam sambutannya General Manager Hotel Santika Premiere Padang dan Hotel Amaris Padang Ainur Rofik Mustamar mengatakan semua pegawai yang hadir sangat beruntung dapat menyimak Sharing Komunikasi dan Motivasi dari Dr Aqua Dwipayana. Ini merupakan kesempatan yang langka.

"Bapak Dr Aqua Dwipayana ini jadwalnya padat sekali. Sehingga merupakan rezeki buat kita semua bisa menyimak Sharing Komunikasi dan Motivasi dari beliau. Mari kehadiran Pak Aqua kita optimalkan. Belajar langsung kepada Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional," ujar Ainur. (*)

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda