Bisa Seminar Sambil Jalan-Jalan

Suasana Webinar kedua Badan POM Pusat. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Wajah Eramida tampak sumringah. Kekhawatirannya tidak bisa mengikuti webinar dari luar negeri pupus sudah. 

Pengusaha makanan yang tinggal di Depok, Jawa Barat itu, memang sempat was-was tidak bisa mengikuti webinar yang diselenggarakan Badan POM Pusat. 

Beberapa kali dia menghubungi saya sebagai admin, agar stafnya di pabrik bisa menggantikannya sebagai peserta karena sedang dalam perjalanan di Thailand.

Saya berkali-kali meyakinkannya, bahwa di Thailand pun bisa mengakses webinar. Tapi dia tetap khawatir. ''Kalau masih di hotel sih tidak masalah. Internetnya pasti bagus. Kalau di perjalanan bagaimana?'' tanyanya.

''Di perjalanan pun tidak ada masalah. Sepanjang bandwidth internetnya ada, semua bisa mengakses webinar. Webinar ini didesain bisa diikuti semua peserta di seluruh dunia,'' jawab saya.

Eramida memang sangat menunggu-nunggu jadwal webinar itu. Sebab, materi seminar ''Registrasi Produk Pangan Olahan'' itu sangat menentukan nasib dan masa depan produk pangan olahan yang tengah dirintisnya.

Apalagi, pembicaranya adalah direktur di Direktorat Registrasi Produk Pangan. Orang pertama di direktorat yang membawahi registrasi. ''Sayang banget kalau sampai tidak bisa mengikuti,'' jelasnya.

joko1.jpgEramida yang sedang berada di Thailand pun bisa ikut Webinar. (FOTO: istimewa)

Akhirnya Eramida bisa tersenyum lega saat wajahnya bisa tampil di layar gadgetnya. Melalui platform webinar. Gambar videonya cling. Audionya juga mantul. Mantap betul. Dia pun bisa mengikuti selama dua jam full.

Pada sesi tanya jawab, Eramida mendapat kesempatan bertanya. Lumayan lama. Hampir 10 menit. Tidak ada kendala berarti. Kecuali saat awal bertanya, audionya sangat kecil. Ternyata mikrofon pada handsfree-nya kejauhan.

Webinar yang diselenggarakan Badan POM Pusat Senin pagi tadi, 26 Agustus 2019, merupakan yang kedua. Webinar perdana dilaksanakan bulan Juli lalu. Bulan depan, Badan POM Pusat kembali mengadakan webinar seri ketiga. Pada tanggal 23 September.

Tema registrasi produk pangan olahan memang sangat menarik bagi para pengusaha makanan dan minuman, khususnya pengusaha UKM. Registrasi menjadi kewajiban para pengusaha karena perintang undang-undang untuk perlindungan konsumen dan tanggung jawab hukum.

Bila pada webinar perdana terdaftar 2.300 orang, pada webinar kedua, pendaftar meningkat menjadi 3.400 orang. Pada webinar seri ketiga September mendatang, bisa jadi jumlah pendaftar akan bertambah lagi.

Mungkin Anda salah satunya. Karena sudah mantap untuk mulai membangun usaha sendiri dari rumah. Setelah ikut kursus online dari Sekolah Wira. Siapa tahu. (*)

Pewarta : Joko Intarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda