Sang Begawan Media

Zaitun Simanullang

Prof. Dr. (HC). AS Panji Gumilang, MP biasa dipanggil Syekh Panji Gumilang (lahir di Gresik, 30 Juli 1946) adalah seorang pendidik. Membangun Pondok Pesantren Al-Zaytun pada 13 Agustus 1996. (FOTO: viv.co.id)

COWASJP.COM – SIAPAKAH orang Kristen yang ikut salat Idul Fitri di pesantren Az-Zaitun Indramayu itu?

"Lho itu kan teman Anda...," jawab Syech Panji Gumilang, pimpinan tertinggi pesantren modern itu.

Saya memang minta tolong wartawan di Indramayu untuk bertemu Syech Panji. Ia wartawan Radar Indramayu. Namanya: Adun Sastra. Alumni Unwir: Universitas Wiralodra Indramayu. Wiralodra adalah bupati pertama Indramayu, sebelum kakek Anda lahir.

Lewat HP wartawan Adun, Syech Panji minta bicara dengan saya. Maka langsung saja saya tanya soal siapa orang Kristen itu. Yang ketika salat Idul Fitri ia duduk di kursi di saf paling depan.

"Jadi, saya kenal orang itu?" tanya saya. 

“Ya kenallah.... Ia juga wartawan," ujar Syech Panji.

"Wartawan Indramayu?" tanya saya lagi.

"Wartawan Jakarta. Saya kenal baik. Sejak lama sekali," jawabnya.

"Siapa ya namanya?" tanya saya penasaran.

"Robin Simanullang...," jawabnya. 

"Oh...Ch Robin Simanullah".

Menjelang Idul Fitri kemarin Syech Panji memang menghubungi wartawan itu. Robin ditawari apakah mau berlebaran di Az-Zaitun. Agar terjadi saling pemahaman yang baik antar umat beragama.

Syech Panji memang selalu membawa prinsip toleransi dalam beragama. Tidak ada maksud lain.

Maka ributlah media sosial. Berhari-hari. Berminggu. Apalagi ada pula jamaah wanita yang dalam salat itu berdiri di saf depan. Itu dianggap menyeleweng dari praktik keagamaan. Kok wanita tidak berdiri di belakang laki-laki. 

Siapa wanita tersebut?

Itu tak lain adalah istri Syech Panji sendiri.

Saya pun ngobrol panjang dengan Syech Panji. Lewat telepon genggam. Ternyata Syech Panji itu orang Madura, hanya saja lahir di Gresik. Tepatnya di desa Dukun, Kecamatan Sidayu. Leluhurnya yang dari Sampang.

"Waktu saya lahir, Dukun itu masuk Kabupaten Surabaya. Gresik itu masih kecamatan," kenangnya. 

Ayah Syech Panji adalah kepala desa di Dukun. Begitu tamat sekolah rakyat (SD), ayahnya minta Panji melanjutkan sekolah ke Pondok Pesantren Peterongan, Jombang. Ia pun diajak ke sana. Kebetulan pamannya di pondok Peterongan, sebelah timur Jombang.

"Sama-sama di pondok saya akan pilih di Maskumambang saja. Sama saja. Lebih dekat rumah," katanya mengingat waktu kecil.

Lalu Panji diajak pula melihat pondok di Kaliwungu, sebelah barat Semarang. Ada paman yang lain di pondok Kaliwungu.

Akhirnya Panji memilih sekolah di Pondok Modern Gontor, Ponorogo. Yakni pondok yang siswanya harus bisa bahasa Arab dan bahasa Inggris –yang masih langka di zaman itu. Santri pondok Gontor juga campur antara yang NU dan Muhammadiyah. 

Dari Gontor, Panji meneruskan kuliah di IAIN Syarief Hidayatullah, Ciputat, Jakarta. Ia mengambil jurusan sulit: Adab. Yakni sastra Arab dan Islam. IAIN Ciputat saat itu diakui yang paling maju kajian Islamnya. Tokoh-tokoh pemikir Islam lahir dari sana. Termasuk pembaharu pemikiran Islam, Dr Nurcholish Madjid.

Di Ciputat Panji menjadi aktivis mahasiswa. Ia masuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Ia pernah menjadi pengurus cabang Ciputat di saat Nurcholish Madjid menjadi ketua umum PB HMI. "Saya ikut menyuarakan agar Cak Nur dipilih kembali untuk periode kedua," ujar Panji. Yakni ketika HMI mengadakan muktamar di Malang.

Setamat IAIN, Panji menjadi pengajar di Matla'ul Anwar. Yakni pesantren yang dekat dengan Golkar. Zaman itu ada sayap pendidikan Islam di Golkar.

Namanya GUPPI –Gabungan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam.

Banyak sekali pesantren yang masuk GUPPI, termasuk jaringan pesantren keluarga saya di Magetan. Saya masih kelas 3 Aliyah saat itu. Sering diajak apel pemenangan Golkar.

Pesantren Peterongan dengan KH Musta'in Romli juga masuk GUPPI. Demikian juga pesantrennya KH Thohir Wijaya Blitar. Banyak sekali bantuan Golkar yang diberikan ke pesantren-pesantren grup GUPPI. Guru-gurunya diangkat jadi pegawai negeri. Madrasahnya dibangun. Fasilitasnya dilengkapi.

Itu menimbulkan kecurigaannya dan kecemburuan politik yang luar biasa. Madrasah yang ''masuk Golkar'' dianggap kurang berjuang untuk Islam. Kecurigaan itu sangat tinggi karena mayoritas pondok pesantren kala itu memihak ke PPP.

Kecurigaan kepada Az-Zaitun lebih-lebih lagi. Pesantren ini selalu dikaitkan dengan Negara Islam Indonesia (NII)-nya Kartosuwiryo. Yakni pemberontakan Islam di Jawa Barat tahun 1950-an.

"Persoalan NII sudah selesai tahun 1962," ujar Panji Gumilang suatu saat.

Saya pun salah sangka. Saya kira Syech Panji Gumilang itu orang Sunda. Saking seringnya dikaitkan dengan gerakan Islam di Jabar itu. Penyebab salah sangka lainnya: saya pikir Panji Gumilang itu nama Sunda. Seperti, misalnya, Adun Sastra. "Anda ini bagaimana," ujar Syech Panji lantas tertawa. "Nama gubernur Jatim yang legendaris yang tokoh Madura itu kan Raden Panji Muhammad Noer," tambahnya. 

Soal NII itu memang selalu muncul kembali setiap menjelang Pemilu. Di zaman Orde Baru. Seperti soal PKI di zaman ini. Banyak tokoh Islam, pun kelas kecamatan, yang orientasi ideologinya NII ditangkapi. Banyak orang Islam takut. Golkar pun selalu menang mutlak. Yang paling dramatis adalah munculnya Komando Jihad yang dipimpin Haji Ismail Pranoto. Ia ditangkap. Ketika diadili di Surabaya, Hispran, nama panggilannya, mengaku polos: sehari-sehari ia berkantor di Bakin (Badan Koordinasi Intelijen Negara). Ruang kerjanya di sebelah ruang kerja Kepala Bakin Ali Murtopo.

Tidak hanya itu. Syech Panji juga sering diisukan sebagai berpaham Wahabi. Ia tertawa-tawa disinggung soal itu. "Berarti saya ini Wahabi yang rajin ziarah ke makam," guraunya.

Hampir tiap bulan Syech Panji ke makam ayah-ibunya di Dukun. 

"Saya kan tidak bisa lagi mengabdi ke orang tua. Yang bisa saya lakukan adalah mendoakan," katanya.

Bahkan keluarga besarnya di Dukun, yang selama ini tidak mau ziarah ke makam, kini ikut dirinya ke makam. 

Maka Idul Fitri tahun ini hebohnya dua kali. Heboh hari Lebarannya dan heboh salat di Az-Zaitun yang ramai itu.

Kenapa baru tahun ini salatnya berjarak? Kenapa tidak sejak dulu-dulu?

“Dulu masjid kami masih kecil. Hanya 30 x 30 meter," katanya. "Sekarang masjid kami besar, 100 x 100 meter. Enam lantai," tambahnya.

Berarti luas bangunan masjid baru itu 1 hektare. Kalau enam lantai berarti 6 hektare. Itu digunakan untuk pembelajaran anak didik. 

Baik soal wanita, soal jaga jarak dan soal non-Muslim ikut masuk masjid Syech Panji punya dalil yang ia pegang.

"Ternyata hukum wanita di barisan depan itu hanya makruh ya...?" kata saya.

"Saya tidak mau mengatakan makruh, haram, sunnah, atau mubah," katanya. Ia berpegang pada ayat Quran yang menegaskan kesamaan derajat laki-laki beriman dan wanita beriman.

Bahkan untuk perlunya salat berjarak yang lapang itu Syech Panji lebih telak lagi. "Jangan sampai salat kita terganggu karena jarak yange mepet. Misalnya ternyata sebelah kita baru makan petai atau lainnya," katanya di suatu forum. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 3 Mei 2023: Rekor Laba

ibnuhidayat setyaningrum

Jenis-jenis perang dibedakan dari senjata yang digunakan. Ada perang nuklir, perang bantal, perang panah. Lha kalau AS vs Tiongkok perang dingin, maka Biden vs Jinping bertukar es krim. Lalu, dinilai, punya siapa yang lebih dingin.

Otong Sutisna

Wah.... capres cerdas, tapi saya takut cacing pak..…???? Apalagi yang berbulu...

yea aina

Visi cemerlang, dalam remang-remang kota bawah tanah kwkwkw. Capres 37, realistis tapi tetap visioner. 

Johannes Kitono

Dengan profit USD 200 miliar para raja minyak berpesta-pora diatas penderitaan rakyat Ukrainia. Termasuk rakyat negara duniaQ ketiga yang net impor minyak dan pangan. Kalau melihat semakin banyaknya manusia home less di LA. Ternyata keuntungan USD 200 miliar itu tidak menetes ke bawah. Hanya dinikmati segelintir pressure grup yang menghendaki perang tetap berlanjut dan Ukrainia harus menang. Presiden Zelenskyy pasti sudah menyadari bahwa selama ini Ukrainia hanya dijadikan Joki oleh Amerika. Kalau perang tetap berlanjut, tentu yang paling menderita adalah rakyat Ukrainia. Semoga pembicaraan 1 jam dengan Presiden Xi- Jinping yang bertindak sebagai Mediator bisa dilanjutkan dan sukses. Baik Rusia dan Ukrainia mau menurunkan klaim dan nafsu perangnya. Lebih baik perang cepat usai sebelum Capres Donald Trump terpilih dan berkuasa kembali. Ada sedikit Typo di CHD hari ini mengenai dimulainya Perang Dunia Pertama ( 1914 - 1918 ). Seharusnya ditulis Perang Dunia Kedua, ketika pada 1 September 1939, Jerman menyerang Polandia. 

Udin Salemo

#everyday_berpantun

Permintaaan anakku melahirkan caesar/ 

Karena ada penyakit yang cukup kronis/ 

Bukan karena dokter adalah intrik/ 

Perusahaan minyak amrik laba besar/ 

Pengurusnya mengerti cara berbisnis/ 

Komutnya bukan drop-an dari partai politik/ 

Api-api tabang ka dusun/ 

Tibo di dusun makan palo/ 

Bukan denai mati dek racun/ 

Mati digayuang suduik mato/ 

Mambaok sabik pai ka balai/ 

Pai ka balai pakai sipatu/ 

Mandanga galak adiak badarai/ 

Akhir bulan saraso tanggal satu/

Sri Wasono Widodo

Pada babak akhir Baratayudha, ketika Sengkuni sudah tewas ditusuk anu*nya oleh Werkudoro dengan kuku pancanaka, satu-satunya bagian tubuh yang tidak terkena minyak tala. Maka nasib yang sama menyusul dialami oleh Duryudono, yang juga dimutilasi oleh Werkudoro. Namun tubuh Duryudono yang tidak mudah mati, masih mengumbar kata pada Pandawa. "Hei Pandawa, Kamu berhasil merebut Astinapura namun Kamu tidak akan mendapatkan apa-apa, selain para janda yang menderita, laki-laki yang cacat karena perang, wilayah yang miskin karena kekayaannya sudah Kami habiskan untuk bersenang-senang dan membeayai perang. Maka Kresna segera meminta Werkudoro menjejalkan bangkai Sengkuni ke mulut Duryudono agar tidak bisa berkata-kata lagi. Haruskah perang terjadi demi menegakkan keadilan, atau sekedar harga diri yang mengorbankan martabat rakyat, atau memenuhi takdir yang digariskan para dewa di Kahyangan, bingung-bingung Aku memikirkannya kata Nasida Ria dan mari Kita bertanya pada rumput yang bergoyang, kata Ebiet G Ade 

Amat K.

Yusuf Ridho males mengoreksi komen macam ini karena kebanyakan coretannya. Ckckckckck Lanjutkan!

yea aina

Rakyat ameriki, pilih "menggelandang" pun punya pendapatan Rp 400 juta/tahun. Di negeri anu, rakyatnya terpaksa memilih tinggal di berdesak-desakan dalam satu rumah. Pun tinggal di pondok mertua indah atau menjadi "kontraktor" dari tahun ke tahun. Medsos di negeri anu, lebih gacor "menghibah" capres-capresan, daripada pembahasan produktivitas dan pendapatan yang 70% habis untuk belanja konsumsi. Tanpa peduli, yang menguasai "rekor laba" tetap saja para 4L (lu lagi lu lagi).

Gregorius Indiarto

Anak2 sekarang tidak mudah diadudomba, apalagi hanya dg menyebut nama orang tua. Anak2 sekarang semakin sewasa. Sementara pemahaman beragama sekarang semakin kekanak2an, mudah tersulut, mudah diadudomba.

imau compo

Cara mengadu anak kecil utk berkelahi yg paling standar, waktu saya kecil (mungkin saya termasuk diperlakukan demikian, tidak ingat lagi), di kampung saya dengan membuat simbol ayah si anak dan calon lawannya. Simbol tadi bisa dalam bentuk garis, patahan kayu kecil bisa juga ditulis dengan abjad tapi yg terakhir jarang. Menyebut nama orang tua lisan atau tulisan sangat sensitif, bagi anak-anak waktu itu. Berikutnya, salah satu anak disuruh atau dikondisikan menginjak simbol tadi selanjutnya, 90 persen berkelahi. Kalau diingat sekarang, sedih, anak-anak yg sedang bahagia bermain tiba-tiba berkelahi. Dalam status kedewasan beragama sekarang ini, umat beragama seperti kondisi anak-anak di kampung saya tempo hari. Celakanya, ada orang-orang yg mau dibayar seperti Abu Janda utk penyulutnya. Kepentingan yg paling utama adalah politik. Ada pula islamphobia yg dicetuskan dari seberang nun jauh di sana. Banyak di antara korban adalah orang-orang yg bersahabat baik. Tiba-tiba mendapatkan diri mereka sdh enggan bertemu seperti yg biasa mereka lakukan bahkan utk saling berbalas chat di WAG. WAG tinggal cerita posting berita duka atau undangan.

imau compo

"Amerika tidak pernah merasakan perasaan itu". Pak DI lupa, kondisi itu pernah dirasakan Amerika ketika Uni Sovyet memasang peluru kendali di Kuba. Kondisi itu malah menguntungkan Amerika, khususnya JFK. Rasa nasionalisme dan patriotisme rakyat Amerika naik seketika dan JFK menjadi superheronya karena mampu memaksa Uni Sovyet membongkar peluru kendali tadi.

Xiaomi A1

Klo Amerika laba minyaknya usd 200 miliar (dari 5 perusahaan), maka Arab Saudi laba usd 160 miliar dari AramCo saja (sumber:cnbc). Disisi lain penduduk amerika 330jt (banyak jg BLT yg harus dibagikan), sementara penduduk arab saudi hanya 36jt. Tidak heran arab saudi langsung bisa ngegas bangun kota super baru, Neom, dan juga beli Newcastle United (yg sejak dibeli stabil di 5 besar premier league, bahkan skr peringkat 3). Salam :)

Lusy Anggraini

Pergi ke pantai gelar tikar/ 

Duduk di tikar makan nasi padang/ 

Sambil disuapin sama si Abang/ 

Masalah perang belum kelar-kelar/ 

Kalau sudah ditentukan pemenang/ 

Mengapa masih harus perang?/

imau compo

Q.S Al Kahfi (18:22). Nanti (ada orang yang akan) mengatakan, "(jumlah mereka) tiga yang keempat adalah anjingnya.................................(jumlah mereka) tujuh (orang) yang kedelapan adalah anjingnya.". Katakanlah (Muhammad), "Tuhanku lebih mengetahui (bilangan) mereka, tidah ada yang mengetahui bilangan mereka kecuali sedikit." "Karena itu janganlah engkau (Muhammad) berbantah tentang hal mereka kecuali perbantahan lahir saja dan janganlah engkau menanyakan tentang mereka (pemdua-pemuda Kahfi itu) kepada siapa pun. Q.S Al Kahfi (18:25). Dan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun. * Dari kedua ayat di atas, terlihat perbedaannya, sehingga pernyataan Pak Pry bahwa ayat Quran mengenai pemuda Al Kahfi adalah kutipan adalah salah. 

Pryadi Satriana

(Lanjutan kemarin) Gereja Ortodoks mencatat nama para pemuda Kristen yg kisahnya DIKUTIP dalam surah Al-Kahfi, mereka adalah: Iamblicus, Maximalian, Martinian, John, Dionysius, Exacustodianus (Constantine) dan Antonius. Mereka dikurung oleh Kaisar Decius (249-251M) di dalam gua di Efesus (skrg di Turki) krn menolak menyembah Dewi Artemis. Pada masa Kaisar Theodisius (408-450M)-kekristenan sdh menjadi agama negara di kekaisaran Roma - muncul ajaran yg menolak kebangkitan orang mati, yg berasal dari orang Yahudi sekte Saduki - berasal dr bhs Ibrani 'saddig' yg berarti 'benar'. Orang-orang Saduki menolak ajaran orang Farisi - yang dikenal sebagai "ahli Taurat", yg mengajarkan tentang kebangkitan orang mati. "Para pemuda Al-Kahfi" itu dibangkitkan dr "tidur" mereka selama hampir 200 th utk menunjukan kebenaran ajaran bahwa "mereka yg mempercayai Yesus/Isa telah dibangkitkan dari antara orang mati akan dibangkitkan pula dari antara orang mati di akhir zaman", yg menjadi bagian dari syahadat Kristiani yg dikenal sbg "Pengakuan Iman Rasuli." Jadi, kisah dalam Surah Al-Kahfi adalah KUTIPAN, detil nama "para pemuda Al-Kahfi" itu dicatat oleh para sejarawan gereja Ortodoks sebagaimana saya sebutkan di atas. Salam. Rahayu.

Fiona Handoko

pendidikan tak sekadar supaya dapat gelar (yang banyak), tapi paling utama adalah membebaskan. pribadi yg bebas. artinya pribadi yg sungguh2 mengenali diri sebagai manusia yg merdeka. yang haus akan hal2 baru. sekaligus tetap mempertahankan jati diri sebagai bangsa indonesia. jika semua warganegara cerdas, pintar dan mandiri. tak kan mudah terbuai janji angin surga oleh politikus. selamat hari pendidikan nasional. 

 

Lusy Anggraini

Di CHD kalau ngerusuhnya dikasih topping boba pasti dikira nyamar.. dulu awal2 saya gabung komen CHD dg ambil angle "MAS AAT" juga dikira nyamar wkwk, apa memang disini tempatnya orang nyamar ?? Salam ketupat :)

Mirza Mirwan

Pemerintahan Biden saat ini sebenarnya sedang "megap-megap". Menteri Keuangan Janet Yellen kemarin menyurati Ketua DPR, Kevin McCarthy, memberi tahu bahwa AS bisa gagal bayar utang bila Kongres tidak menaikkan batas utang. Selambatnya sampai sebulan ke depan, 1 Juni. "Mengingat projeksi saat ini, sangat penting bagi Kongres untuk bertindak sesegera mungkin untuk menaikkan atau menangguhkan batas utang dengan cara yang memberikan kepastian jangka panjang bahwa pemerintah akan terus melakukan pembayarannya," demikian antara lain isi surat Yellen. Hagimana nggak "megap-megap"? AS begitu royalnya menggelontorkan dana Ke Ukraina, tanpa peduli bahwa di dalam negeri banyak warganya yang menjadi tunawisma. Sekadar informasi. Utang AS saat ini US$31,46 triliun. Padahal GDP AS th. 2023 ini diperkirakan hanya US$25,46 triliun. Bandingkan dengan utang Indonesia yang saat ini sekitar US$400 miliar, sementara GDP 2023 diperkirakan US$1,39 triliun. Artinya utang Indonesia hanya 1,3% dari utang AS, sementara GDP Indonesia 5,1% dari GDP AS. Nisbat utang AS ke GDP 125%, semementara utang Indonesia sekitar 40% dari GDP. UU memberi toleransi batas utang 60% dari GDP. Jadi utang Indonesia masih jauh dari batas yang diperbolehkan UU.

Alfi Nur Afifah

Di bawah alis ada mata/ 

Di atas kepala banyak uban/ 

Sungguh sedih membaca berita/ 

Ribuan orang terluka jadi korban/ 

#Semoga perang cepat usai, damai lebih baik daripada bermusuhan

yea aina

Peringatan hari buruh dan pendidikan, 1 dan 2 mei. Semoga hanyalah kebetulan belaka. Semestinya pendidikan tidak diselenggarakan dalam rangka mencetak sekrup-sekrup kecil mesin industri. Para buruh, sebagai pelengkap (penderita) bergulirnya produksi.

*) Dari komentar pembaca http:/disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda