Pemkab Blitar Kembangkan Jajaran Pengusaha Muda

Perwakilan USAID Thomas Crehan secara simbolik memberikan hadiah Rp 2,5 juta kepada peserta terbaik. Disaksikan Bupati H. Rijanto. (FOTO: IKA)

COWASJP.COM – Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Wisuda dan Apresiasi Pencapaian Bisnis peserta USAID Japri (Jadi Pengusaha Mandiri) Abangwira (Audisi Pengembangan Wirausaha) Kabupaten Blitar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Selasa (6/8/2019).

Wisuda dan Apresiasi Pencapaian Bisnis peserta USAID Japri adalah tindak lanjut dari program kerjasama Pemerintah Kabupaten Blitar dengan USAID (United States Agency for International Development). Acara ini dihadiri Perwakilan USAID Jakarta Thomas Crehan dan Anita Holidaja, Nino Rianditya Putra dari IIE (Institute of International Education), Pribadi Setiyanto dari Prestasi Junior Indonesia (PJI) sebagai tim pelaksana USAID Japri, Bappeda Provinsi Jawa Timur, Bank Indonesia (BI) Kediri, perbankan Blitar, asosiasi pengusaha, online marketer dan SKPD teknis, dengan tiga puluh enam (36) peserta wisuda.

Bupati Blitar H. Rijanto mengatakan, sistem perekrutan peserta secara online melalui penyelenggaraan BMW (Business Motivation Workshop), BMC (Business Model Canvas), ToT (Training of Trainer), ToC (Training of Coach), Mentoring dan Coaching kepada peserta untuk rentang enam (6) bulan. 

Adapun peserta yang diwisuda telah terseleksi mulai dari seleksi administratif, seleksi tahap BMW, BMC, survey lapangan, mentoring umum, mentoring khusus, dan coaching.

 “Sebagai bentuk apresiasi dan komitmen Kabupaten Blitar untuk mereformasi model atau sistem pelatihan usaha, Pemkab Blitar telah merancang program tahun 2019 dan 2020,” ujar bupati.

Program yang dimaksud antara lain ADIWIRA (Audisi Inisiasi Wirausaha) pada Dinas Tenaga Kerja pada tahun 2020 yang menyasar wirausaha muda baru, ABANGWIRA (Audisi Pengembangan Wirausaha) pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (2019-2020) yang menyasar wirausaha muda yang telah merintis usaha untuk menaikkan omzet, ABANGMARKO (Audisi Pengembangan Marketing Online) pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (2019-2020) yang menyasar wirausaha muda yang tertarik di dunia online untuk mendukung program Blitar Smart City, yaitu Gerakan 999 UMKM go online.

Kepada semua peserta USAID JAPRI yang diwisuda Bupati berpesan: “Kalian telah lolos seleksi menyingkirkan 473 calon peserta pendaftar, menyingkirkan kurang lebih 300 peserta BMW dan 100 peserta BMC, jangan sia-siakan ilmu yang telah diraih dan bersemangatlah untuk menjadi wirausaha muda mandiri. Yang sukses, yang mengharumkan nama Kabupaten Blitar.” 

Direktur Kapasitas Manusia dan Kemitraan USAID Jakarta Thomas Crehan mengatakan, USAID ikut berbangga bisa berkontribusi memperluas kewirausahaan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Blitar. “Melalui USAID kami mendukung dengan membantu lebih banyak pemuda untuk menjadi wirausaha,” ungkapnya. (*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda