Indonesia Raih Dua Medali Perak di Philippines Athletics Championships 2023

Dua atlet Desentralisasi Pelatihan Nasional Mimika: Agustinus Ngamar Mahuze dan Amatus Somaghai berhasil merebut medali perak di Philippines Athletics Championship 2023. (FOTO: DBL Indonesia)

COWASJP.COM – Agustinus Ngamar Mahuze, atlet lempar lembing putra Desentralisasi Pelatihan Nasional Mimika, membanggakan Indonesia di ajang Philippines Athletics Championships 2023 dengan meraih medali perak nomor lempar lembing. Di babak final, Agustinus Ngamar berhasil mencatat lemparan dengan jarak 61,12 meter.

Agustinus merasa bersyukur. Dia berharap pencapaian ini bisa menjadi awal yang baik untuk prestasi selanjutnya yang membanggakan Indonesia. 

"Puji Tuhan, saya mengucap syukur atas prestasi pertama yang saya dapatkan. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk prestasi selanjutnya dan bisa kembali membanggakan Indonesia. Secara pribadi, prestasi ini saya persembahkan kepada PT Freeport Indonesia dan PB PPASI, ermasuk support dari semua jajaran pelatih," ujar Agus, Selasa (28/03/2023).

Atlet Desentralisasi Pelatihan Nasional Mimika lainnya: Amatus Somaghai juga berhasil meraih medali perak di nomor lari 100m putra. Di babak kualifikasi, Amatus mencatat waktu 11.06 detik. Di babak final dia berhasil memperbaiki waktunya menjadi 10.92 detik pada posisi kedua.

Philippines Athletics Championships 2023 digelar selama lima hari, 22 hingga 26 Maret 2023. Indonesia menerjunkan 5 atlet, yaitu: atlet lempar lembing putra, lempar cakram putra, lari 100m putra, dan lari 400m putra putri.

Menurut Sekretaris Umum PB PASI, Tigor Tanjung, uji coba ini sangat penting bagi para atlet untuk menambah pengalaman di ajang internasional. Dan mengukur performa mereka di lapangan. 

“Prestasi tim atletik Indonesia di ajang Philippines Athletics Championships 2023 menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Indonesia dan khususnya Papua. Semoga ke depan anak-anak muda ini bisa terus mengharumkan nama Indonesia di turnamen internasional,” ungkap Tigor.

Program binaan atlet desentralisasi pelatnas Mimika merupakan hasil kerja sama PB PASI dengan PT Freeport Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan performa para atlet Indonesia di bidang atletik, dan memberikan kesempatan kepada para atlet dari daerah untuk mengembangkan bakat mereka. 

Dalam program ini, PB PASI dan PT Freeport Indonesia memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana, serta pelatihan bagi para atlet.

Keberhasilan atlet-atlet Indonesia di ajang internasional seperti ini menunjukkan bahwa olahraga Indonesia terus berkembang dan menunjukkan potensi yang besar di tingkat internasional. 

Keikutsertaan atlet desentralisasi pelatnas Mimika di ajang ini sekaligus menjadi bukti nyata dari upaya PT Freeport Indonesia dalam membina dan mengembangkan bakat-bakat muda di Indonesia. Diharapkan keikutsertaan para atlet desentralisasi pelatnas Mimika di ajang internasional dapat memberikan hasil yang membanggakan bagi Indonesia.(*)

Pewarta : Gunawan Sutanto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda