The Power of Silaturahim

Tidak Membuat Miskin dan Kaya, Berbagi dan Menerima yang Merah saat Sharing di Ramadhan

COWASJP.COM"Ramadhan lalu saat Pak Aqua sharing Komunikasi dan Motivasi di Lapas dan Rutan di Sumatera Barat (Sumbar) apakah Bapak tetap berbagi yang merah-merah ke warga binaan? Jika ya pasti mereka senang sekali. Saya membayangkan kebahagiaan mereka berdiskusi dengan Pak Aqua dan mendapatkan hadiah itu."

Pertanyaan dan ungkapan senada seperti di atas saya terima dari beberapa teman. Mereka menanyakan itu karena tahu kebiasaan saya saat sharing Komunikasi dan Motivasi di berbagai tempat.

Berbagi yang merah maksudnya adalah memberikan uang warna merah yang nominalnya Rp 100 ribu. Biasanya kepada peserta yang bertanya atau saya panggil ke depan untuk menjelaskan tentang sesuatu, saya beri hadiah minimal seratus ribu rupiah.

Umumnya peserta yang menerima uang itu senang dan bahagia. Para hadirin yang menyaksikannya tertawa dengan ceria. Sedangkan saya berbahagia sekali melakukannya dan melihat semua itu.

aqua1.jpg

Teman-teman yang mendengar penjelasan saya memberikan apresiasi. Mereka mendorong saya untuk terus melakukan aktivitas positif yang membahagiakan orang banyak tersebut.

Di setiap sesi sharing biasanya saya menyiapkan uang merah sekitar 15 lembar. Jika kurang, sewaktu-waktu bisa diambil di dompet atau di tas yang saya bawa.

Tiga Hari 10 Sesi di Sumbar

Selama Ramadhan barusan saya melaksanakan puluhan sesi  sharing di berbagai kota. Sepuluh sesi di antaranya di Sumbar dengan peserta sekitar 1.650 orang. Awalnya lima sesi, kemudian jadi delapan sesi. Finalnya 10 sesi. 

Waktunya Senin sampai Rabu, 20 - 22 Mei 2019. Setiap hari rata-rata sharingnya tiga sesi, kecuali hari terakhir sebanyak empat sesi.

Dua sesi sharing Komunikasi dan Motivasi tambahan adalah pada Rabu, 22 Mei 2019. Satu sesi pagi di Lapas Bukittinggi yang pesertanya khusus pegawai Lapas, Balai Pemasyarakatan, dan karyawan Imigrasi Agam. Sedangkan satu sesi lagi siangnya di Lapas Perempuan Kelas II B Padang.

aqua2.jpg

Dari 10 sesi tersebut delapan di antaranya di lingkungan Kanwil Hukum dan HAM Sumbar, termasuk di Lapas dan Rutan Padang, Sawahlunto, Pariaman, dan Bukittinggi. Kakanwilnya Ajub Suratman yang mengundang saya untuk memotivasi jajarannya.

"Kehadiran Pak Aqua di Sumbar untuk memotivasi jajaran saya sangat besar manfaatnya. Saya monitor di setiap sesi yang dihadiri beliau, pesertanya antusias sekali, meski pelaksanaannya di bulan Ramadhan. Ini pertanda sangat baik untuk kami ke depannya," ungkap Ajub yang mengapresiasi kegiatan tersebut.

Para peserta sharing Komunikasi dan Motivasi antusias sekali. Komunikasi mereka dengan saya cair, akrab, dan tidak ada jarak. Padahal kami baru pertama kali ketemu.

Semua itu bisa terjadi sepenuhnya karena Allah SWT. Saya menganggap seluruh peserta sharing termasuk warga binaan di Lapas dan Rutan adalah saudara saya sendiri. Alhamdulillah kehadiran saya diterima dengan baik oleh mereka.

Seusai Lebaran, di sela-sela jadwal yang lumayan padat termasuk sharing Komunikasi dan Motivasi di beberapa negara - antara lain Oman, Qatar, Bahrain, Abu Dhabi - saya rencananya melanjutkan sharing di Lapas dan Rutan lainnya. Saya berencana mendatangi sekitar 560 Lapas dan Rutan di Indonesia yang warga binaan kurang lebih 260 ribu orang.

Berbagi Memberi Kejutan dan Kebahagiaan pada Orang Banyak

Kepada teman-teman yang bertanya perihal yang merah tersebut saya tegaskan bahwa pengalaman saya selama ini meski sering berbagi uang pada peserta sharing - selama sebulan jumlahnya bisa mencapai puluhan juta rupiah - sama sekali tidak membuat saya miskin. Malah yang saya rasakan semakin kaya minimal hati karena bisa berbagi rejeki dan kebahagiaan pada banyak orang. Alhamdulillah...

Sebaliknya mereka yang mendapat rejeki menerima yang merah itu, sama sekali tidak membuat mereka kaya karena jumlahnya tidak seberapa. Meski terpancar kebahagiaan pada diri mereka sebab tanpa menduga sama sekali memperoleh hadiah itu.

aqua3.jpg

Di samping itu di antara ratusan peserta yang hadir, hanya sebagian kecil orang yang mendapatkan hadiah tersebut. Mereka termasuk di dalamnya.

Semoga kita dapat terus berbagi untuk memberi kejutan dan kebahagiaan pada orang banyak. Aamiin ya robbal aalamiin.(*)

Penulis: Dr Aqua Dwipayana, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional.

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda