Renungan Akhir Ramadhan 1440 H

Kuasa Allah di Balik Suatu Musibah

Posisi Daihatsu Terrios yang kecelakaan. Setelah terguling-guling terbalik di selokan. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COMSUBHANALLAH.... WALHAMDULILLAH.... ALLAHU AKBAR...! Maha Suci ALLAH, TUHAN Yang Maha Agung dan bagi-NYA jualah segala puja-puji. 

Di akhir Ramadhan, mari sejenak cermati dan renungkan satu insiden di Jalan Tol Cipali KM154, Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019) siang jelang sore. 

Saat insiden terjadi, Daihatsu Terios B1071EKP itu sempat terguling-guling sebelum akhirnya jatuh di atas selokan dalam posisi terbalik. Mobil pun ringsek, kaca-kaca pecah. 

Bagaimana nasib empat orang di dalamnya? Melihat insiden yang mengerikan itu dan kondisi mobil sesudahya, tentulah tipis harapan. Kalaupun selamat, pengemudi dan penumpangnya terluka parah. 

Di situlah TUHAN menunjukkan Kuasa-NYA sekaligus sifat Welas Asih (Kasih Sayang)-NYA. Pengemudinya: Nurcholis MA Basyari selamat. Demikian pula dengan istri dan dua anak lelaki mereka, yakni Yayah Nuriyah, Nur Muhammad Romdhoni Assalavi, dan Nur Habiburrohman Assalavi. Keempat-empatnya dalam kondisi sadar dan satu per satu dapat keluar dari kabin mobil yang tertelungkup melalui satu-satunya lubang jendela yang terbuka pas seukuran tubuh ramping orang dewasa.

Sekira 10 menit keempat-empatnya berjuang  keluar dari mobil sebelum akhirnya banyak pemudik yang berhenti menghampiri dan berusaha menolong, menguatkan, dan menyampaikan simpati. Sesaat setelah semuanya keluar, datanglah reporter RRI yang kebetulan sedang melintas dalam tugas Liputan Lebaran. Terjadilah laporan langsung ( live report) dan pengemudi korban kecelakaan itu sebagai narasumber. Sejurus kemudian, RRI menelepon pejabat Jasa Marga mengabarkan kecelakaan tersebut sekaligus menanyakan penanganannya. Jasa Marga pun segera mengirim satu unit mobil patroli, satu mobil derek, dan satu ambulans. 

Misteri Keajaiban TUHAN

Sungguh, TUHAN penuh misteri keajaiban tiada terduga-duga bagi hamba2-NYA yang dikehendaki-NYA. DIA kirimkan para malaikat-NYA, baik yang tidak tampak maupun yang berujud manusia, untuk memberikan pertolongan yang dibutuhkan.

Pelajaran yang dapat dipetik dari insiden itu ialah bahwa  sesungguhnya, tidaklah ada yang patut dibangga-banggakan di dunia ini, apalagi menjadikan kita sombong. Jika ALLAH Sang Maha Kuasa dan Pemilik Sejati menghendaki, dalam hitungan detik yang kita miliki hancur lebur atau bahkan lenyap sama sekali. Dalam sekejap, kendaraan yang bagus dan prima berharga 200an juta rupiah itu menjadi barang rongsokan. 

mobil1.jpg

Tapi, ALLAH punya sisi lain yang menjadi inti sifat-sifat-NYA, yakni: RAHMAN-RAHIM, Kasih-Sayang. Dengan dua nama ALLAH itu pulalah setiap Muslim diwajibkan memulai setiap aktivitasnya, entah dalam ibadah ritual maupun sosial. Tanpa mengucap BISMILLAHIR ROHMANIR ROHIM, daging binatang yang halal sekalipun menjadi haram untuk dikonsumsi. 

Alhamdulillah, puji TUHAN Pencipta Semesta. Kami membagikan kisah ini semata-mata sebagai bahan renungan bersama agar kita makin pandai dan bijak mensyukuri apapun yang ALLAH karuniakan kepada kita. Juga agar kita dapat merasakan Kasih Sayang ALLAH yang selalu datang tak terbilang. Selain itu, kita pun dapat mensyukuri perhatian dan kasih sayang banyak orang  terhadap kita sekeluarga. Mereka entah kita kenal maupun tidak, entah kerabat, sahabat, maupun orang lewat. 

Banyak simpati, penguatan, ucapan doa-doa dari sanak famili, handai taulan, sahabat, dan kolega yang menyampaikannya melalui telepon atau datang ke rumah orang tua kami di Pangkah, Slawi, Jawa Tengah dan di Tiga Herang, Rajadesa, Ciamis, Jawa Barat. 

Seorang sahabat dari Inews Agung Legiarta segera mengirimkan mobil rental berikut sopirnya untuk mengantarkan melanjutkan perjalanan ke Slawi selepas kecelakaan tersebut. Keesokan harinya, keponakan kami Furqon Kokoh Sudiro datang khusus ke Slawi hanya untuk mengantarkan mobilnya untuk dipinjamkan agar kami dapat berlebaran dan bersilaturahim ke orangtua di Ciamis.

Dua anak perempuan kami yang sudah lebih dulu di sana sejak sepekan sebelumnya. Kokoh ialah putra kakak kami Mbak Siti Amanah yang juga anggota Jamaah Umroh The Power of Silaturahim (POS) I dari Makassar, Sulsel. Kokoh hanya sekira dua jam di Slawi sebelum kembali ke rumahnya di Subang, Jawa Barat. Bapak tiga anak alumni Pesantren Gontor itu baru sebulan tinggal di Subang seiring dengan kepindahan kerjanya di tempat baru. 

nurcholis.jpgNurcholis MA Basyari 

Kami merasakan apa yang dilakukan Kokoh yang didukung penuh orangtuanya itu merupakan bentuk perhatian dan kasih sayangnya yang besar pada kami sekeluarga.

Saudara dan sahabat karib saya yang juga pakar komunikasi dan motivator kondang, yakni Mas Aqua Dwipayana juga memberikan atensi yang besar. Guru Qolbu jutaan orang di seantero Nusantara dan puluhan negara, termasuk para jamaah POS I, II, dan III, itu terus intensif memantau kondisi kami dan menawarkan pinjaman mobil Avanza miliknya untuk dipergunakan selama mobil kami diperbaiki nanti.

Kepada semua pihak yang memberikan perhatian, simpati, dan bantuan, kami sekeluarga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Hanya ALLAH yang dapat membalasnya. Semoga semua kebaikan dan kebajikan itu mendapatkan balasan yang berlimpah penuh berkah. Aamiin YRA. 

Selamat Idhul Fitri 1440 H. Mohon maaf lahir batin. _Taqobballahu minna waminkum minal aidin wal faizizin.

Penulis: Nurcholis MA Basyari. Pengemudi mobil yang kecelakaan tersebut, dan Ketua Rombongan Umroh POS I, II, dan III.

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda