Bisnis Sekolah Online

Joko Intarto beraudisi. (FOTO: intartosaja.wordpress.com)

COWASJP.COM – Saya senang menerima pertanyaan dr Fransisca. "Bapak bikin sekolah online kok gratisan? Bisnis bapak di mana?" tanyanya.

Pertanyaan yang kritis. Dan masuk akal.

Sejak masuk Ramadan saya memang membuka Sekolah Bisnis Wiramice (SBW). Baru seminggu sekali. Setiap Sabtu sore. Sambil menunggu waktu berbuka puasa. Karena itu programnya saya namakan Ngabuburit Bisnis.

Ngabuburit Bisnis di SBW ini memang gratis. Saya menjadikannya sebagai strategi komunikasi untuk memperkenalkan webinar sebagai platform baru seminar, meeting dan training online.

Memang tidak ada untungnya secara finansial dari Ngabuburit Bisnis. Nombok sudah pasti. Tetapi ada juga manfaatnya. Salah satunya: network saya bertambah banyak. 

Dari SBW, saya mendapat satu gagasan baru. Ke depan, semua orang bisa membuat seminar, pelatihan atau kursus dengan membuka cabang SBW.

Caranya: Kalau Anda seorang talent, Anda bisa menjadi pengusaha kursus sekaligus pengajarnya. Kalau Anda bukan seorang talent, jadilah pengusaha kursus yang merekrut orang lain sebagai pengajar.

Sebagai bisnis, Anda boleh menetapkan harga untuk setiap peserta. Harus untung. Tapi juga harus terjangkau peserta.

Nah, ke SBW, Anda boleh memilih satu dari dua skema ini: bagi hasil atas penjualan tiket atau bayar putus per event. Boleh gratis? Hehehe... Nggak boleh.

Untuk memulai bisnis pelatihan, modalnya tidak besar-besar amat. Setelah punya pengajar, Anda hanya perlu sebuah laptop i5 dan modem selular atau tethering dari handphone.

Tidak perlu punya ruangan belajar? Kelas online tidak butuh ruangan. Pengajar dan peserta pun tidak perlu ketemu fisik.

Bingung atau penasaran? Ikut saja SBW Sabtu sore (25/5/2019) pukul 15:30 - 16:30 WIB. Saya akan mengelola kelas online CROWDFUNDING SYARIAH dari empat lokasi. 

Saya sebagai moderator live dari Bandung. Pembicaranya: Anton Wahyudi live dari Semarang. Adapun Lambang Saribuana sebagai business coach live dari Jakarta. Sedangkan Yulianti sebagai pengusaha laundry live dari rumahnya di Jakarta.

Minat? 
Daftar via Whatsapp 087877913319 Joko Intarto

Pewarta : Joko Intarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda