The Power of Silaturahim

Mahalnya Amanah, Jangan Disalahgunakan

COWASJP.COM – Setiap orang pernah mendapatkan amanah. Skalanya mulai dari kecil, menengah, hingga besar. Semuanya tergantung pada pemberi dan penerima kepercayaan itu.

Sikap penerima amanah beragam. Ada yang mensyukurinya. Kemudian melaksanakan sebaik-baiknya kepercayaan yang diberikan padanya agar pemberi amanah senang dan makin percaya pada dirinya.

Sebaliknya ada orang yang menyalahgunakan amanah. Melihat hal tersebut sebagai rejeki nomplok buat dirinya dan tidak harus dipertanggungjawabkan.

Akibat dari dua sikap yang berbeda tersebut cepat atau lambat diterima penerima amanah itu. Mereka yang  melaksanakan amanah secara optimal akan makin mendapat kepercayaan dari pemberi amanah.

BACA JUGA: 12 Jam di Jakarta, Fokus Sharing Komunikasi dan Motivasi

Jika awalnya amanah yang diterima kecil, seiring perjalanan waktu dengan menunjukkan hal-hal yang positif maka kepercayaan yang diterima bakal meningkat. Bahkan nilainya bisa tidak diduga-duga oleh penerima kepercayaan.

Itu adalah buah dari sikap positifnya yang melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya. Sehingga penerima kepercayaan mendapatkan hasil yang optimal dari jerih payahnya.

Tidak akan Diberikan Kepercayaan lagi
Sementara mereka yang menyalahgunakan amanah, tidak akan diberi kepercayaan lagi oleh orang yang memberi amanah. Ini seperti sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tidak percaya.

Jika awalnya penerima amanah merasa mendapat untung dengan perilaku negatifnya itu, akhirnya kerugian yang diterima lebih besar dibandingkan keuntungan yang diperoleh. Orang yg tidak percaya pada dirinya tidak hanya orang yang dirugikan itu saja, tapi bisa lebih banyak lagi.

Biasanya perilaku negatif seseorang akan cepat tersebar dibandingkan perbuatan positifnya. Mereka yang dirugikan bisa secara spontan bercerita ke mana-mana tentang pengalaman buruk yang dialaminya. Akibatnya orang yang mendengar cerita itu akan waspada, mawas diri, dan hati-hati terhadap orang yang diceritakan itu.

Padahal amanah itu sekecil apapun, nilainya sangat mahal. Untuk itu janganlah pernah disalahgunakan. Apalagi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek.

Belajarlah dari orang-orang yang selama ini selalu menjaga amanah. Hidupnya biasa tenang, nyaman, bahagia, gembira, dan selalu optimis setiap melakukan aktivitas. Sama sekali tidak ada beban karena setiap saat berusaha mengoptimalkan kepercayaan yang diberikan sehingga mendapatkan yang lebih besar lagi.

Semoga dari waktu ke waktu semakin banyak orang yang amanah sehingga memberikan kebaikan yg sebesar-besarnya di muka bumi ini. Aamiin ya robbal aalamiin. (*)

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda