Ketan Anti Golput

PEMILU 2019: Ajakan bernada postif supaya tidak golput di lakukan Ketan Punel Surabaya. (Foto: Wahyu/CoWasJP)

COWASJP.COM – Coblosan Pilpres 2019 bakal digelar, Rabu 17 April. Pesta demokrasi untuk memilih orang nomor satu di Republik  ini pastinya dinantikan oleh segenap warga negara Indonesia. 

Berbagai upaya  dilakukan oleh  semua institusi penyelenggara pemilu untuk menyukseskan Pemilihan Presiden 2019.

Salah satu upaya untuk menyukseskan Pilpres antara lain dengan menekan angka golput (golongan putih yang tak ikut mencoblos kertas suara) serta meningkatkan animo pemilih untuk datang ke TPS dan melakukan pencoblosan.

Di beberapa tempat dan kawasan, ada sekelompok  warga dengan sukarela  mendirikan TPS unik. Dengan harapan tentunya para pemilih antusias beramai-ramai mendatangi TPS untuk menyalurkan aspirasinya. Bahkan ada juga, para petugas TPS yang berpakaian unik serta berpakaian adat, dengan tujuan agar pemilih senang datang ke TPS. Tidak hanya itu, ada juga TPS yang menyajikan hidangan serta hiburan agar para pemilih tidak bosan selama menunggu proses pencoblosan.

Tidak mau kalah dengan upaya-upaya yang dilakukan banyak pihak untuk ikut berperan menyukseskan Pilpres. 

Hal senada  dilakukan oleh salah satu tempat jajanan tradisional di Surabaya. Kedai Ketan Punel memberikan apresiasi kepada pembelinya yang sudah mencoblos di TPS dengan memberikan free satu porsi ketan. Ketan yang diberikan secara gratis tersebut diberi label 'ketan anti golput'.  Ketan anti golput tersebut akan diberikan dan bisa dinikmati pada besok Rabu 17 April sore pasca coblosan di Kedai Ketan Punel, di Jalan Raya Darmo, Surabaya.

"Bagi pembeli yang datang ke kedai ketan punel usai mencoblos akan kami berikan gratis 1 porsi ketan anti golput. Syaratnya pembeli mau menunjukkan bekas tinta warna biru yang ada di jarinya dan bersedia difoto. Artinya dengan bukti tinta di jarinya, berarti dia sudah mencoblos," ujar pemilik kedai ketan punel, Wahyu Darmawan.

jangan-golput.jpg

Ketan anti golput itu sendiri adalah ketan dengan rasa kelapa manis. Di mana warna kelapanya bernuansa merah putih, seperti warna bendera merah putih.

Dipaparkan Wahyu, apa yang dilakukan di tempat usaha kulinernya tersebut semata-mata untuk memberikan  penghargaan dan  apresiasi kepada warga masyarakat, utamanya pembeli ketan. Bahwa telah melakukan haknya memberikan suaranya di TPS dalam Pilpres 2019.

"Hanya ini yang bisa kami lakukan untuk ikut menyukseskan pilihan presiden.  Bentuk apresiasi kami kepada pemilih dengan memberikan satu porsi ketan gratis kepada pembeli. Ini juga sebagai salah satu upaya guna menekan angka golput," paparnya.

Terkait hal itu, bapak 2 anak ini berharap apa yang dilakukannya tersebut. Yaitu dengan iming iming ketan punel 'anti golput'  gratis tersebut mampu  mendorong warga Surabaya dan sekitarnya  untuk beramai-ramai menyalurkan hak pilihnya.

"Di sisi lain kami ingin menyampaikan bahwa pemilu ini adalah pestanya rakyat. Jadi rakyat harus bergembira dan senang. Tidak ada yang takut atau ditakut-takuti untuk datang ke TPS dan mencoblos" tandasnya.

Terkait hal itu, 

KPU Provinsi Jawa Timur mengapresiasi luar biasa terhadap apa yang dilakukan oleh kedai ketan punel ini.

"Ini sebagai bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan pemilu serta mendukung Target Partisipasi Pemilih untuk pemilu 2019 sebanyak 77,5%. Semoga angka golput sedikit, utamanya di Jawa Timur. Apa yang dilakukan oleh kedai ketan punel sangat kami apresiasi," ujar Ketua KPU Jatim, Khoirul Anam.

Ditambahkan, pihaknya berharap semoga dari tahun ke tahun semakin banyak pelaku usaha yang berpartisipasi menyukseskan Pemilu seperti yang dilakukan oleh kedai ketan punel ini sehingga Pemilu menjadi semakin menyenangkan

"Kami sebagai penyelenggara pemilu  sangat mendukung apa yang dilakukan oleh kedai ketan punel. Bentuk stimulus yang diberikan bahkan dengan mau dan rela memberikan free dagangannya kepada warga yang sudah mencoblos. Ini benar-benar layak mendapatkan apresiasi," imbuhnya. (*)

Pewarta : Wahyu Darmawan
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda