Olimpiade Ramadhan ala Milenial

COWASJP.COM – Ramadhan sudah dekat. Pasti Anda sudah mulai sibuk menyusun kegiatan. Pesantren kilat dan lain-lain. Gara-gara tidak bisa tidur, saya dapat ide: memanfaatkan webinar untuk mengisi acara Ramadhan.

Katakanlah, Anda ingin membuat semacam olimpiade pada bulan Ramadhan. Mengundang peserta dari remaja masjid, sekolah dan pesantren. Tema olimpiadenya: bisnis syariah.

Dengan cara konvensional, Anda harus menyiapkan tempat. Lalu mengundang peserta dan penonton. Panitia dan peserta luar kota tentu harus mengeluarkan banyak biaya. Untuk sewa tempat, biaya transportasi dan akomodasi. Mahal.

Nah, webinar bisa dipakai untuk itu. Panitia hanya perlu menyediakan ruangan kecil dan jaringan internet. Di mana saja. Untuk dewan juri dan presenternya.

joko1.jpgJoko Intarto (penulis).

Peserta luar kota atau luar negeri tidak perlu datang ke lokasi. Mereka bisa mengikuti olimpiade dari tempat masing-masing. Menggunakan perangkat komunikasi digital sederhana. Misalnya, laptop atau tablet PC dan jaringan internet.

Menggunakan platform webinar, presenter bertanya secara online. Peserta pun menjawab secara online. Dengan kualitas bandwidth yang cukup, interaksi hanya terlambat sedikit. Kurang dari 1 detik.
Penonton olimpiade juga tidak perlu hadir ke lokasi. Cukup mengakses dari gadget masing-masing. Karena olimpiade itu disiarkan langsung ke Youtube atau Facebook.

Mau? Pelajari skemanya. Yang saya lampirkan dalam artikel ini.

(Joko Intarto, www.jagaters.id)

Pewarta : Joko Intarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda