Meeting 4.0

COWASJP.COM – Akhirnya Lazismu segera memiliki sistem rapat dan pelatihan jarak jauh. Tim teknik Jagaters telah menyelesaikan perakitan perangkat webinar itu sore tadi (Kamis 14 Maret 2019). Direncanakan, hari Senin sudah bisa digunakan di seluruh jaringan kantor lembaga zakat nasional di bawah Muhammadiyah itu.

Kebutuhan Lazismu terhadap webinar tidak bisa ditunda-tunda lagi. Jaringan kantornya sangat banyak. Tersebar di lebih dari 700 lokasi. Di dalam dan luar negeri.

Bila tidak menggunakan teknologi, betapa sulitnya Lazismu menyelenggarakan rapat. Butuh ruangan yang cukup untuk setidaknya 1.500 orang. Butuh panitia yang besar. Butuh kamar hotel yang banyak. Butuh alat akomodasi lokal yang juga tidak kecil.

Belum lagi mahalnya biaya. Untuk beli tiket perjalanan dan penginapan bagi peserta luar kota dan biaya catering selama rapat. Saya memperkirakan biaya sekali rapat yang dihadiri perwakilan 700 kantor Lazismu bisa menghabiskan Rp 2 miliar.

joko1.jpg

Dengan webinar, biaya rapat terpangkas luar biasa besarnya. Satu-satunya biaya webinar adalah bandwidth. Sebagai ilustrasi, paket data selular seharga Rp 50.000 cukup untuk mengakses webinar selama 4 jam.

Tertarik dengan pemanfaatan webinar oleh Lazismu, tiga eksekutif Baitul Wakaf Hidayatullah (BWH) sore tadi singgah ke kantor Jagaters. Rama, mewakili teman-temannya, ingin mendapatkan informasi lebih detail tentang sistem kerja webinar. Sekaligus ujicoba.

Ada rencana, BWH juga akan memanfaatkan webinar untuk membangun komunikasi dengan semua jejaringnya. ''Tidak hanya jejaring internal, tetapi juga jejaring eksernal,'' terang Rama.(*)

Pewarta : Joko Intarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda