UMSurabaya Luncurkan Sistem Informasi Terpadu MBKM

Jajaran rektorat UMSurabaya berfoto bersama dengan para dekan, kepala biro dan UPT beserta peserta launching SIT MBKM di lt 13 Gedung At-Tauhid. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) meluncurkan sistem informasi terpadu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (12/12/2022). Program itu dibangun oleh tim taskforce Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)/Intitutional Support System (ISS) MBKM UMSurabaya.

Program itu dibuat untuk mempermudah kegiatan MBKM di lingkungan UMSurabaya. Selain itu, program itu merupakan luaran kegiatan PKKM/ISS yang didanai oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Ditjen Dikti) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Peluncuran sistem informasi terpadu tersebut dilakukan di Gedung At-Tauhid lantai 13 UMSurabaya yang dihadiri oleh 200 orang. 

Rektor UMSurabaya beserta jajarannya, pimpinan biro/UPT/lembaga, seluruh dekan, wakil dekan, beserta para Kaprodi hadir.  Masing-masing lima sebagai wakil setiap prodi.

Launching SIT MBKM dilakukan untuk menyosialisaskani kepada seluruh dosen dan mahasiswa. Pembuatannya pun sudah disesuaikan dengan kerangka acuan kerja (KAK) yang ditetapkan oleh kementerian. 

Rektor UMSurabaya Dr. dr. Sukadiono, M.M. menyatakan bangga. Sistem informasi terpadu itu akan menunjang segala aktivitas MBKM di UMSurabaya. Diharapkan seluruh dosen dan mahasiswa tidak mudah berpuas diri. Para sivitas akademika diharapkan terus berkreasi dan berinovasi. 

“SIT MBKM ini harus bisa diimplementasikan di fakultas dan prodi. Karena itu, bapak dan ibu dosen harus saling support dan mengawal penggunaannya ke depan,” ujarnya ketika meresmikan program tersebut.

Di era merdeka belajar saat ini, para mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi dan kompetensi seluas-luasnya. Mereka dapat mengikuti kegiatan MBKM secara inbond maupun outbond. 

um-surabaya.jpg1.jpgLaunching SIT MBKM: Rektor UMSurabaya Dr. dr. Sukadiono, M.M. (nomor 3 dari kiri) didampingi Dr. Sujinah (ketua tim taskforce SIT MBKM), Warek II Dr. Endah Hendarwati, M.Pd., Warek I Dr. M. Ridlwan, M.Pd., Warek IV Dr. Mundakir, M.Kes., dan Warek III Makruf Syaban, S.E, M.Ak. (FOTO: ist)

Artinya, mahasiswa dapat mengikuti kegiatan lintas prodi di internal kampus maupun di luar kampus. “Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Raihlah peluang emas ini. Ini peluang sekaligus tantangan bagi mahasiswa,” tambah Sukadiono.

Ketua Tim Taskforce PKKM/ISS MBKM UMSurabaya Dr. Dra. Sujinah, M.Pd. pun bersyukur. Akhirnya pembuatan aplikasi SIT MBKM mencapai final. Dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyusunan program tersebut.

"Sistem Informasi Terpadu MBKM akan terus di-update. Dengan demikian, layanannya bisa paripurna," ujarnya. 

Pembuatan hingga finalisasi program SIT MBKM selalu dikontrol oleh Tining Haryanti, S.Kom., M.M., M.Kom. Tentu tujuannya agar aplikasi tersebut sesuai dengan target. Juga program terintegrasi dengan sistem informasi universitas dan dibangun berbasis website dan aplikasi mobile. Jadinya, dapat beroperasi pada lintas platform dan multiple devices. 

Seluruh aktivitas MBKM UMSurabaya dapat diakses melalui tautan mbkm.um-surabaya.ac.id. Mulai pengajuan program, penilaian, seleksi, dan kemitraan terekam di dalamnya. Seluruh data tersebut langsung terhubung dengan cybercampus UMSurabaya. Dosen dan mahasiswa bisa langsung memantaunya secara mandiri. (*) 

Pewarta : Yarno
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda