Sang Begawan Media

Titah Raja

Mantan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin (tengah) meneriakkan slogan-slogan dengan para pemimpin lainnya setelah pemilihan umum ke-15 Malaysia. (FOTO: Reuters: Lai Seng Sin - tempo.co)

COWASJP.COMMENARIK cara kerja ketua bergilir raja-raja Malaysia saat ini. Terutama di saat partai-partai gagal membentuk pemerintah akibat tidak ada yang memenangkan Pemilu ke 15 Sabtu lalu.

PAS (Partai Islam se Malaysia) dapat giliran untuk masa jabatan lima tahun ini Yang Dipertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah, pas terjadi gonjang-ganjing politik.

Tugas raja menjadi banyak. Sibuk sekali. Pertama menetapkan batas waktu pembentukan pemerintah baru hasil pemilu ke 15. Harus sudah terbentuk Senin pukul 14.00 lalu. Mepet sekali. Hanya dua hari setelah pelaksanaan pemilu. Sampai deadline yang dimaksud tidak satu pun partai yang berhasil membangun koalisi minimal 112 kursi.

Raja memberi perpanjangan waktu 24 jam: Selasa, pukul 14.00.

Masih juga gagal.

Tidak ada lagi perpanjangan waktu.

Raja akan menunjuk langsung siapa perdana menteri baru Malaysia. Tidak asal tunjuk. Raja memeriksa dulu hasil pemilu.

Juaranya pertama: koalisi Pakatan Harapanmu yang diketuai Anwar Ibrahim (82 kursi). Juara duanya koalisi Perikatan Nasional pimpinan Muhyudin Yasin (71 kursi).

Dua-duanya dipanggil raja ke istana. Selasa sore lalu. Raja meminta dua tokoh itu rukun. Berkoalisi. Bentuklah pemerintahan bersama. Toh dua-duanya kader utama Dr Mahathir Mohamad ketika masih sama-sama di UMNO. Juga sama-sama pejuang dalam meruntuhkan UMNO pimpinan perdana menteri Najib Razak.

Gagal. 

Di depan raja keduanya menyatakan tidak bisa bekerja sama lagi. Anwar terlalu akomodatif ke golongan Tionghoa. Muhyidin dianggap terlalu dekat dengan partai Islam PAS.

Untuk memecahkan kebuntuan, Anwar sempat terpaksa mendekati UMNO yang punya kursi 26. Kalau UMNO mau, terbentuklah pemerintahan gabungan antara yang menjatuhkan dan dijatuhkan.

UMNO tidak mau. Mereka bukan Lesti Kejora yang terlalu mudah rujuk kembali.

Muhyidin juga sudah mencoba mendekati Gerakan Partai Serawak  yang kali ini nyaris sikat habis kursi dari Serawak: dapat 23 kursi. Ternyata juga gagal.

UMNO dan atau GPS sebenarnya bisa sama-sama jadi penentu. Kalau UMNO mau ke Anwar urusan selesai. Kalau GPS mau ke Muhyidin urusan juga selesai.

UMNO ogah. UMNO melihat Anwar terlalu dekat ke Tionghoa. GPS ogah. GPS melihat Muhyidin terlalu dekat ke partai Islam. Padahal semua kursi GPS diduduki oleh orang Kristen.

Raja lantas memanggil semua anggota DPR dari UMNO. Mereka ditanya sendiri oleh raja satu per satu: mau atau tidak mendukung salah satu dari dua tokoh itu. Mereka kompak: tidak ada yang mau.

Raja juga memanggil 23 anggota DPR dari GPS. Mereka pun terbang dari Kuching ke Kuala Lumpur. Mereka ditanya satu per satu: maukah mendukung salah satu dari dua tokoh tersebut.

Mereka kompak: tidak mau.

Sampai jam 12.00 siang kemarin raja masih berupaya menelusuri aspirasi dari semua pihak. Wartawan berkumpul di depan istana. Sejak Senin lalu. Siang-malam. Berkemah di situ. Tiga hari. KFC mengirim ayam goreng ke kemah itu. Mereka melihat wartawan nggak sempat cari makan. Restoran lain juga berbuat hal yang sama. Nasi Lemak Royale kirim puluhan bungkus ke depan istana raja. Demikian juga McDonald's. Sekitar 60 wartawan tidak mau beranjak dari situ.

Pukul 12.05 kemarin pintu 1 Istana membuka. Wartawan fokus ke pintu itu: siapa lagi yang dipanggil. Ternyata justru raja sendiri yang lewat pintu itu. Raja terlihat meninggalkan Istana. Mengemudikan mobil sendiri. Entah ke mana. Tapi wartawan tetap berjaga di sana.

Setelah dipanggil ke Istana itu para tokoh UMNO kumpul lagi. Kemarin sore. Di sebuah hotel besar di Kuala Lumpur. Hasil rapatnya belum diketahui.

Pagi ini raja masih belum membuat keputusan. Raja masih mengundang 9 raja lainnya untuk minta pendapat para sultan itu. Belum ada yang tahu apa kira-kira putusan Raja. Lantas siapa yang akan ditunjuk. Raja sangat menghormati hasil pemilu. Raja tahu bahwa politik sudah membelenggu Malaysia selama tiga tahun terakhir.

raja.jpgRaja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah. [FOTO: Bernama - aktual.com)

Mahathir tidak dilibatkan sama sekali. Partainya, Partai Pejuang Tanah Air, memang gagal total. Dapat 0 kursi. Mahathir sendiri hanya dapat suara urutan keempat dari lima calon di Dapil basisnya: Langkawi, utara Pulau Penang.

Mahathir sudah bikin pernyataan bisa menerima hasil pemilu. Yang bisa ia lakukan sekarang, katanya, hanya mengamati proses pembentukan pemerintahan hasil Pemilu ke-15. Selebihnya ia hanya akan menulis buku. Yakni buku sejarah. "Banyak kejadian yang belum ditulis, termasuk di zaman penjajahan Inggris," kata Mahathir kepada media di sana. "Saya juga akan melayani wawancara para penulis," tambah tokoh berukir 97 tahun itu.

Kalau ikut peraturan lama tidak akan terjadi kebuntuan seperti ini. Waktu itu anggota DPR bisa pindah partai sesukanya. Kapan saja. Membentuk koalisi lebih gampang. Tidak tergantung sikap partai. Perorangan anggota bisa digerilya satu per satu.

Tapi aturan lama itu juga membuat subur pengkhianatan. Para tokoh itu saling khianat. Saling tikam dari belakang. Itulah yang terjadi di Malaysia selama tiga tahun terakhir. Hampir tiap bulan ada berita pengkhianatan.

Maka, tahun lalu, dilahirkan UU baru: anggota DPR tidak boleh loncat pagar sesukanya. Waktu merumuskan UU itu sama sekali tidak terbayangkan terjadinya kebuntuan seperti sekarang ini.

Untuk memecahkannya, harusnya segera adakan pemilu lagi. Tapi biayanya besar. Rakyat juga bisa lelah. Para pimpinan partai sudah menyerah: terserah saja pada titah paduka tuanku raja Yang Dipertuan Agong Malaysia. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan
Edisi 23 November 2022: Korban Bangunan

Sofhian FN

Gempa Tektonik bah. Vulkanik jika diakibatkan aktv gunung.

AnalisAsalAsalan

Pada suatu masa UGM memang terkenal dengan sebutan Universitas Gak Mari-mari. Hahahahaha.

munawir syadzali

Sy punya pekerjaan samben sebagai pemborong kecil2lan, berkolaborasi dg teman yg arsitek. Biasanya kami menawarkan 2 opsi, Design dan spek material menyesuikan budget, atau budget yang menyesuikan design dan spek. Terkadang, masyarakat kita banyak yg tidak rasional, pertanyaan yg sering muncul adl, "Pak bisa nggak, sy punya uang 100 jt pngen rumah 2 lantai, luas tanah 8 x 15?? Sbg pemborong kelas PAUD, hal2 tsb yg menuntut kami berpikir keras. Gak diambil kok kerjaan lg sepi, kalo diambil kok yo ngepres bin mepet. Akhirnya muncul ide2 cemerlang utk merealisasikannya, meski dg spek apa adanya. Demikian

Sama Konomaharu

Satu paragraf awal mengenai bencana alam?. Haha, media berita. Alam saja coba di serang nama baiknya, di berikan kesan negatif. Takutnya cuma sama keluarga Rothschild / Rockefeller :V. Gimana pak dis. Vanguard group itu VOC yang berganti nama kan. Setidaknya huruf "V" di awal lebih dekat dengan simbol segitiga. Yang aneh itu keterangan di web kementrian pendidikan, dan kebudayaan. VOC katanya bangkrut :V

Juve Zhang

Sudah beratus ribu insinyur teknik sipil di hasilkan . Tak banyak yg ahli gempa. Dan ujian seorang Insinyur T Sipil adalah ketika gempa skala 9 melanda suatu daerah misal Jakarta yg sejauh ini belum pernah kena langsung gempa skala 6 pun.disitulah nama besar Insinyur akan di uji. Mana yg paham ilmu t.sipil atau yg "iseng iseng " kuliah. Kalau yg masuk kontraktor bumn dulu terkenal, ilmu yg hebatnya dan dikenal dengan teknik ilmu spanyol (separo nyolong). Wkwkwkwk. Mereka umumnya sudah sepuh dan mungkin tersenyum dengan tulisan ini. Nostalgia ala spanyolan. Generasi baru semoga tidak "mendalami" ilmu spanyol ini. Berbahaya nyawa manusia taruhannya , 11/12 dengan ilmu santet. Mari ikuti arahan Prof Probo . 

thamrindahlan

Jatuh gedebuk terburu buru_/ Cidera kaki kanan tertimpa_/ Walaupun sibuk dihari Rabu_/ Sisihkan rezeki untuk korban gempa_/

thamrindahlan

Jatuh gedebuk terburu buru_/ Cidera kaki kanan tertimpa_/ Walaupun sibuk dihari Rabu_/ Sisihkan rezeki untuk korban gempa_/

Jhelang Annovasho

Setiap ada gempa, dulu ada penulis blog populer yang bisa dirujuk, Alm. Pak Rovicky dengan blog dongenggeologi. Gempa Cianjur terjadi karena sesar/patahan, bukan karena pertemuan dua lempeng benua. Ibaratkan bangunan, cor dak itu lempeng benua. Pertemuan dua cor dak yang patah, disebut pertemuan lempeng benua. Itu menyebabkan terjadinya zona cincin api, yang juga menyebabkan banyak gempa tektonik dalam. Jika keramik pada lantai patak atau retak di permukaan, maka itu disebut sesar/patahan. Tidak di permukaan betul, karena biasanya lantai keramik itu masih tertutup karpet atau debu tebal. Tapi ketika bergerak, juga menimbulkan gempa atau melepas energi. Di Jawa banyak terdapat patahan, sekaligus selatan jawa merupakan zona pertemuan lempeng benua. Daerah saya, 8 km dari rumah mertua terdapat sesar Kendeng. Sesar ini aktif. Tim Pak Rovicky pernah meninjau patahan ini. Kelihatan nyata ada lapisan batuan yang naik di kecamatan Dander, Bojonegoro. Sesarnya nyata, dampaknya nyata, policital will nya belum. 

Gajah Abot

Pusat gempa di cianjur, tp dahsyatnya guncangan terasa diseluruh Argentina:(

Lukman bin Saleh

Gempa Lombok 2018. Korban meninggal 555 jiwa. Ada 6 kali gempa besar berturut2 selama 2 bulan. Biasanya gempa susulan cendrung mengecil. Gempa Lombok beda. Gempanya acak. Dimulai dari 6,4 - 6,9 - 5,9 - 6,3 - 6,9 - dan 5,5 SR. Para ahli bingung. Masyarakat juga bingung. Dihantui ketakutan dan ketidak pastian berbulan2. Tapi yang tidak kalah membingungkan ini. Sebelum gempa ada program bantuan untuk rumah kumuh dari pemerintah. Masyarakat dg rumah tidak layak huni dibuatkan rumah baru. Dan tidak sedikitpun rumah yang dibangun pemerintah itu mempertimbangkan gempa dalam kontruksinya. Dan rumah bantuan pemerintah itupun ikut andil sebagai kuburan massal saat gempa. Itu pemerintah. Bagaimana pula ceritanya rumah yang dibangun oleh masyarakat awam...

Mbah Mars

Pak tani beternak lebah/ Madu lebah ada yang tumpah/ Saudara-saudarku terkena musibah/ Semoga musibah membawa berkah/

Jimmy Marta

Katanya sirup penting/ Untuk buah dibuat jus an/ Namanya Cukup Ginting/ Itulah temanku di Medan --mantun minum jus ingat teman

Leong putu

Tersenyum jangan pernah lupa / Bergembira haruslah secukupnya / Ke mana ku berteduh saat gempa? / Semoga semua dalam lindunganNya / ... 365_mantun doa

Juve Zhang

Walaupun bukan ahli gempa seperti Prof .Probo. beberapa " nasehat teknis" yg perlu anda pikirkan sebelum membeli apartemen gedung tinggi. Ada baiknya pertanyaan pertama pada marketing itu bukan berapa cicilannya atau aneka bonus AC ,kitchen set dll. Pertanyaan yg paling penting dan tak pernah di tanyakan oleh Konsumen adalah. gedung Apartemen ini di disain untuk menahan gempa skala berapa? Skala 2 ,3,4,5,6,7,8,9 ? Semakin tinggi skala nya semakin bagus disain ketahanan nya dan. Komposisi besinya, juga bentuk struktur penyangga pasti beda. Kalau marketing jawab hanya kuat sampai skala 5 anda lah yg menetapkan akan lanjut dengan resiko kalau ada gempa skala gede dan dangkal dan cukup dekat dengan apartemen anda. Resiko 99% gedung roboh. Kalau marketing bilang tahan skala 9 itu pasti lebih meyakinkan buat pembeli. Kalau marketing tak tahu ada baiknya nunggu dia tanya dulu ke. insinyur yg disain. Teliti sebelum membeli. Dan semua Insinyur disainer pasti sudah membuat simulasi dengan komputer dengan gedung di "hantam " gempa skala sekian .kecuali pemilik gedung minta hanya skala 6 atau 5 saja, untuk menekan beaya konstruksi. Jelas pemilik maunya murah soal ambruk itu "NASIB" , pengusaha model "nasib" ini yg paling banyak bergentayangan disini, membahayakan jiwa pembeli.

Jimmy Marta

Diego Schwarzstein seorang dokter warga Argentina. Ia yg menyembuhkan Lionel Messi dari penyakit gangguan pertumbuhan saat Messi berusia 8 tahun. Sekarang sang dokter berubah "jahat". Sbg warga negara Argentina ia ingin Messi cs kalah dan tereliminasi dari grup. dr.DS khawatir jika Argentina sukses di piala dunia Qatar. Itu akan digunakan oleh pemerintah untuk menutup banyak hal. Saat ini ekonomi Argentina sedang mengalami krisis hebat. Inflasi mencapai 83%. Itu rekor angka tertinggi selama dr.DS hidup. Perbankan di Argentina kelimpungan kehabisan uang. Entahlah, apa do'a sang dokter yg mangkus. Hingga Arab Saudi bikin rekor. Negara Asia pertama yg bisa menaklukkan Argentina di World Cup. Kita harus ikut waspada. Krisis melanda banyak negara. Pesta piala dunia memang mengasikkan. Tapi ingat, hari ini 1 usd = 15.705,95. Ini rekor.

Rihlatul Ulfa

Update persidangan pembunuhan berencana brigadir J di PN Jakarta Selatan. JPU memperlihatkan senjata Glock-17 yang dipakai oleh Sambo, dan dilihat oleh saksi bomer. juga JPU menunjukan senjata milik brigadir J yaitu senjata dengan nama Steyr Aug laras panjang. kemudia hakim memperlihatkan ke saksi Romer senjata jenis HS 'yg dikatakan senjata jenis HS tersebut 'yg jatuh' saat Sambo turun dari mobil di komplek duren tiga. dan saksi Romer menyatakan 'ya itu senjata yg terjatuh dari saku kanan celana Sambo' namun Sambo menyangkal bahwa itu senjata jenis HS melainkan senjata jenis Wilson Combat.

 EVMF

Bahan Inovatif. Ilmuwan dan insinyur sedang mengembangkan bahan bangunan baru dengan retensi bentuk yang lebih besar. Inovasi seperti paduan memori bentuk memiliki kemampuan untuk menahan tekanan berat dan kembali ke bentuk aslinya.  Selain itu, bungkus plastik yang diperkuat serat - dibuat dari berbagai polimer - dapat melilit kolom dan memberikan kekuatan dan keuletan tambahan hingga 38%. Insinyur juga beralih ke elemen alami untuk membantu memperkuat bangunan. Serat remis yang lengket namun kaku dan rasio kekuatan terhadap ukuran sutera laba-laba memiliki kemampuan yang menjanjikan dalam menciptakan struktur. Bahan bambu dan cetakan 3D juga dapat berfungsi sebagai struktur yang ringan dan saling terkait dengan bentuk tak terbatas yang berpotensi memberikan ketahanan yang lebih besar untuk bangunan. Selama bertahun-tahun, para insinyur dan ilmuwan telah merancang berbagai teknik untuk membuat bangunan tahan gempa yang efektif.  Namun, secanggih teknologi dan material saat ini, bangunan tidak selalu dapat bertahan sepenuhnya dari gempa kuat tanpa cedera. Namun, jika sebuah bangunan mampu menghindari keruntuhan dan menyelamatkan nyawa dan komunitas, kita dapat menganggapnya sukses besar. www.bigrentz.com earthquake-proof-buildings

 EVMF

Bagaimana Gempa Bumi Mempengaruhi Bangunan? Ketika gempa bumi terjadi, ia mengirimkan gelombang kejut ke seluruh tanah dalam interval cepat yang meluas ke segala arah. Sementara bangunan pada umumnya diperlengkapi untuk menangani gaya vertikal dari berat dan gravitasinya, secara tradisional mereka tidak dapat menangani gaya dari sisi ke sisi yang dipancarkan oleh gempa. Gerakan horizontal ini menggetarkan dinding, lantai, kolom, balok, dan penghubung yang menyatukannya. Perbedaan pergerakan antara bagian bawah dan atas bangunan memberikan tekanan yang ekstrim, menyebabkan rangka penyangga pecah dan seluruh struktur akhirnya runtuh. Cara Membuat Bangunan Tahan Gempa: Karena gempa bumi melepaskan energi yang mendorong bangunan dari satu arah, strateginya melibatkan mendorong bangunan ke arah yang berlawanan. Berikut adalah beberapa metode yang digunakan untuk membantu bangunan tahan gempa. 1. Buat Fondasi yang Fleksibel. 2. Counter Forces dengan Damping. 3. Melindungi Bangunan dari Getaran. 4. Memperkuat Struktur Bangunan.

 *) Dari komentar pembaca http://disway.id

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : Disway.id

Komentar Anda