Umroh The Power of Silaturahim III (2)

Labbaikallahumma Labaik...Kusegera Penuhi Panggilan-MU ya Allah

COWASJP.COM – Subhnallah... Alhamdulillah... Allahu Akbar....., 

Spontan kata itu terucap manakala tubuh ini mematung di hadapan komandan saya, Kolonel (P) Dato Rusman SN, Senin (14/1/2019) pagi itu. Jarum jam menunjukkan pukul 10.04 WIB ketika itu. 

Pagi itu, Komandan memerintahkan saya untuk segera menghadap beliau karena beliau akan segera berangkat menunaikan tugas ke Tarakan, Kalimantan Utara. Sebagai prajurit Sapta Marga, tanpa banyak pikir lagi, saya langsung berlari menuju ke ruangan beliau. Sebagai seorang prajurit, seperti biasa saya langsung ambil sikap siap dan memberi hormat ketika tiba di ruangan beliau. 

BACA JUGA: Rombongan Umroh POS III Mulai Disiapkan​

Bersamaan dengan itu, mulut saya reflek berteriak, "Selamat pagi Komandan. Mohin izin menghadap”. 

Sejurus kemudian, Komandan merespons dengan jawaban yang sama sekali di luar dugaan. Saya terpana, berdiri mematung antara percaya dan tidak percaya. Beliau langsung mengangkat tangan, mengarahkan telunjuk ke arah. Dalam sekejap, saya sempat dihinggapi perasaan was-was dan grogi, namun tetap siaga. Serta merta, Komandan yang berpostur tinggi besar dan atletis itu angkat bicara. Suara peraih bintang Adhi Makayasa (lulusan terbaik) Akademi Angkatan Laut Angkatan 1994 itu terdengar berwibawa dan menentramkan anggotanya.

"Kamu berangkat umroh," kata Komandan. 

Saya terdiam, seolah raga ini membeku. Beliau mengulangi lagi perkataannya. "Iya kamu berangkat umroh. Saya akan segera berangkat. Kirim data-data segera. Saya tunggu sekarang.”

Maha benar Allah atas segala firman dan janji-NYA. Itulah yang saya rasakan. Saya tersungkur dalam syukur yang tiada terkira. Baru saja Komandan menyampaikan rejeki yang tidak dinyana-nyana, sebagaimana firman-NYA, “Allah akan mengkaruniakan rejeki kepadamu dari arah yang tidak kamu sangka-sangka.” Dan hari itu, saya merasakan betul kebenaran firman dan janji-NYA. 

ridwan400270924c7c3cac.jpg

Rejeki itu tidak lain ialah berangkat umroh hadiah dari seseorang yang sebelumnya tidak saya kenal. Beliau ialah Bapak Aqua Dwipayana. Tak terasa mata saya berkaca-kaca, erasakan syukur dan keharuan yang mendalam atas karunia-NYA sekaligus apresiasi dari Komandan karena sayalah salah satu dari dua anggota yang terpilih. Selain saya, Komandan juga menunjuk senior kami, Pelda (Mes) Jamal Abdul Naser. Beliau telah 30 tahun mengabdi sebagai anggota TNI AL, satu dasawarsa lebih dulu dari saya.

Belum hilang rasa syukur itu, saya mendapatkan berbagai kejutan anugerah lainnya. Jujur, saya sempat bingung setelah mendapatkan perintah (baca: kabar, red) dari Komandan mengenai penunjukan saya untuk berangkat umroh. Maklum, yang sesungguhnya sangat antusias alias ngebet banget untuk umroh ke Tanah Suci sesungguhnya istri saya, Yeny Saswita. Pada Desember 2018 yang baru lalu, saya sebenarnya sudah memberikan lampu hijau kepada istri tercinta itu. 

Karena sesuatu hal, dia harus berangkat sendirian. Namun, istri saya tidak mau jika berangkat sendirian tanpa keikutsertaan suaminya.  Tentu sebagai suami, saya dapat memahami perasaan dan keinginannya itu. Saya sangat menghargainya dan tetap mendorong dia berangkat dulu sendirian. Insyaa ALLAH kalau ada rejeki dan kesempatan, kami bisa berangkat berdua bersama-sama. Rupanya istri saya tetap tidak mau berangkat tanpa saya. Di sisi lain, keinginannya untuk umroh makin menggebu-gebu seperti tak terbendung. Akhirnya, saya bilang kalau mau umroh bersama, Insya Allah tahun depan (2020). 

Seiring dengan itu, Pak Nurcholis MA Basyari, yang diberi amanah oleh pak Aqua untuk memimpin rombongan umroh Jamaah The Power of Silaturahim (POS) III membentuk grup WhatsApp (WA). Itu terjadi pada Rabu (16/1/2019) pagi dan hingga kini (Kamis, 17/1/2019) Pak Nurcholis yang dibantu Ibu Yayah Nuriyah sebagai admin grup terus menambahkan anggota jamaah POS III ke grup WA tersebut. 

kapal-perang.jpg

“Grup WA ini dibentuk sbg wadah silaturahim sekaligus mempermudah koordinasi persiapan hingga pelaksanaan umroh kita yg insyaa ALLAH akan dilaksanakan awal April 2019. Di sini ada juga Ibu Yayah, relawan alumni POS I, untuk bantu koordinasi persiapan selama kita di Tanah Air, sebelum insyaa ALLAH terbang ke Tanah Suci,” kata Pak Nurcholis di grup WA POS III.

Kejutan lain

Segera anggota jamaah yang sudah masuk grup saling bertegur sapa, mengucapkan salam, dan memperkenalkan diri, latar belakang, dan kota tempat tinggal. Sejalan dengan itu, satu per satu seluruh anggota Jamaah POS III diundang ke grup WA yang diberi nama Jamaah Umroh POS III itu, termasuk saya dan istri tercinta, Yeni Saswita. Lho, kok istri saya ikut diundang juga masuk grup WA POS III?

Inilah kejutan lain yang saya maksudkan. Atas kebaikan dan kearifan Pak Aqua dan dorongan semangat dari Pak Nurcholis, akhirnya hari ini (Kamis, 17/2019) saya mendapatkan kabar sangat menggembirakan. 

“Pak Ridwan, istri Bapak bisa ikut sama rombongan umrah yang dipimpin Pak Nurcholis,” demikian kata Pak Aqua. 

“Alhamdulillah, terima kasih Bapak,” jawab saya diiringi rasa syukur yang makin mendalam. 

Berkah lainnya ialah, kami dapat tambahan banyak saudara baru dari berbagai penjuru Tanah Air. Kami dapat saling bersilaturahim walapun baru sebatas via grup WA. Insya Allah pada saatnya kami dapat saling bertemu dan berkenalan lebih dekat lagi.

Akhirnya, Insya Allah awal April ini saya beserta istri akan berangkat umroh bersama rombongan teman-teman POS III. Ini merupakan suatu mukjizat dan karunia yang luar biasa buat kami.  Saya sangat meyakini, hal ini tidak luput dari keinginan dan doa istri agar bisa umroh ke Tanah Suci bersama suaminya. Kami tidak perlu lagi menunda tahun depan. Sungguh Allah maha luas Rahman dan Rahim-NYA. Tuhan Maha Indah dan memberikan solusi yang teramat indah bagi kami. Kami hanya dapat berucap syukur dan berterima kasih kepada Pak Aqua, dan Komandan Satkor Koarmada II Kolonel (P) Dato Rusman SN. Semoga Allah membalaskan kebaikan beliau dengan kebaikan yang berlimpah penuh berkah.

Labbaikallahumma Labaik...Aku penuhi panggilan-MU ya Allah.... Perkenankanlah kami memenuhi panggilan-Mu ya Allah. Saya makin merinding, bibir bergetar dan terharu diselimuti rasa syukur yang mendalam. Terbayang di pelupuk mata Ka’bah di Mekah, juga Makam Nabi Muhammad SAW beserta Raudah di sampingnya di dalam Masjid Nabawi di Madinah. Rasanya kami ingin bersegera ke sana.  

Semoga kita semua selalu diberikan kemudahan dan kelancaran selama proses persiapan, keberangkatan ke Jakarta dan Tanah Suci, hingga kembali ke Tanah Air, aamiin. 
 
(Penulis adalah anggota Satkor Koarmada II TNI AL dan jamaah umroh POS III yang insyaa ALLAH akan berangkat ke Tanah Suci awal April 2019)

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda