Dirut Pegadaian yang Baru

Perlu Perkuat Kemampuan Komunikasi Jajarannya

Kuswiyoto (kanan), Dirut Pegadaian yang baru. Foto: liputan6.com

COWASJP.COM – "Pak Aqua, terhitung mulai Kamis, 3 Januari 2019 kemarin saya tidak di BRI lagi. Insya ALLAH sejak Jumat, 4 Januari 2019 ini saya mendapat amanah baru di Pegadaian. Terkait dengan itu rencana pertemuan kita siang ini kita atur kembali ya Pak Aqua. Matur nuwun," ujar Direktur Utama (Dirut) Pegadaian (yang baru dilantik) Kuswiyoto, Sabtu pagi (5 Januari 2019) ke saya.

Rencana semula siang tadi kami mau ketemu untuk diskusi di kantor pusat BRI di Jakarta. Namun karena mantan Direktur BRI itu hari ini dikukuhkan sebagai Dirut Pegadaian dalam Rapat Umum Pemegang Saham Pegadaian sehingga pertemuannya ditunda.

"Nanti setelah saya resmi menjadi Dirut Pegadaian, selain mohon doa, saya butuh dukungan Pak Aqua untuk memotivasi seluruh jajaran saya di perusahaan itu. Tolong dibantu ya Pak Aqua," lanjut Bapak dua putra yang rendah hati tersebut.

Hingga Maret tahun lalu jumlah pegawai organik Pegadaian 13.400 orang dan outsourcing 12.700 orang. Mereka tersebar di semua provinsi di Indonesia.

Memenuhi permintaan Kuswiyoto, saya tegaskan bahwa saya siap membantu beliau secara maksimal agar sukses melaksanakan amanah mulia tersebut. Sebagai teman akrab saya menyarankan agar kemampuan komunikasi para pegawai Pegadaian perlu  diperkuat.

kuswiyoto1.jpg

"Selain penguasaan secara teknis tugas masing2 karyawan, yang perlu jadi prioritas untuk ditangani adalah memperbaiki dan meningkatkan kemampuan komunikasi seluruh jajaran Pegadaian. Itu merupakan salah satu kunci sukses untuk memenangkan persaingan," ungkap saya ke Kuswiyoto.

Alhamdulillah pria asal Kediri, Jatim ini sependapat dengan semua yang saya sampaikan. Selama ini setiap kami diskusi Kuswiyoto selalu menerima masukan2 dari saya. Jika itu terkait dengan tugas2nya dengan cepat diperbaiki.

Menyimak Lawan Bicara, sangat Senang Menerima Masukan

Salah satu keyakinan saya bahwa beliau akan sukses memimpin Pegadaian sebab setiap diskusi selalu menyimak yang disampaikan lawan bicaranya. Selain itu sangat senang menerima masukan2 yang terkait dengan tugas2nya yang disertai dengan solusinya.

Kuswiyoto yang memulai karirnya dari bawah di BRI, di Pegadaian menggantikan Sunarso yang kembali menduduki jabatan Wakil Direktur Utama BRI. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa BRI Kamis kemarin memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Kuswiyoto sebagai Direktur Korporasi.

Kuswiyoto menjabat sebagai Direktur BRI sejak 2015 hingga awal 2019. Sebelumnya beliau menjadi Pemimpin BRI Kantor Wilayah Jakarta 1. Promosi dari jabatatan terdahulu sebagai Pemimpin BRI Kantor Wilayah Makassar.

Selamat buat Kuswiyoto atas amanah baru tersebut. Semoga sukses memimpin Pegadaian. Aamiin ya robbal aalamiin...(*)

Penulis: Dr Aqua Dwipayana, pakar komunikasi dan motivator nasional.

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda