Sepuluh Menit yang Menentukan

Rapat akhir tahun Jagaters – Acis mempersiapkan studio presentasi webinar di gedung Sentana, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan.

COWASJP.COM – Ini nasihat sahabat saya: Uge Ahmad Ridwan. Ahli branding. ''Dalam pemasaran, dikenal istilah golden time. Bila bisa memanfaatkan fase ini dengan baik, kemungkinan besar akan sukses. Bila gagal, habis!'' kata Pak Uge sembari menyeruput secangkir kopi Java Jampit dari pegunungan Ijen di kantor saya Selasa lalu.

Itulah 10 menit pertama presentasi. Dalam 10 menit itulah, nasib proposal ditentukan. Apakah akan berlanjut atau berhenti sampai di situ saja. ‘’Suatu produk yang dipersepsikan sebagai solusi praktis harus dibuktikan dengan setup yang cepat dan mudah,’’ kata Pak Uge sambil belajar menyeduh kopi dengan Ceeburial Coffee Corner.

Benarkah nasihat Pak Uge?

Rabu siang tadi, 26 Desember 2018, saya hanya diberi waktu 20 menit untuk presentasi pemakaian webinar oleh pejabat Kementerian Pertahanan. Sebenarnya terlalu pendek. Tapi, hanya itulah waktu yang tersedia. Itu pun sudah mundur beberapa kali.

Beruntung, studio khusus webinar sudah selesai dibangun di kantor Tebet sejak sepekan lalu. Perangkat-perangkatnya telah dirangkai permanen. Menghidupkan dan mematikan webinar menjadi semudah menyalakan dan memadamkan lampu listrik. Ibaratnya tinggal pencet tombol on dan off.

Dalam lima menit, set up perangkat di Kementerian Pertahanan selesai. Menggunakan bonding encoder 2 SIM Card produksi Acis, internet di ruang yang semula lemot berhasil terkoneksi dengan baik. Bandwidth-nya ngaciiir.

Saya baru mempresentasikan materi power point 5 halaman, ketika perangkat webinar di ruang itu terhubung dengan perangkat webinar di studio Tebet. Masih ada 10 halaman lagi. Tapi para pejabat di ruangan itu lebih tertarik untuk mencoba webinar secara langsung.

Beberapa orang diundang. Setelah install aplikasi kurang lebih 2 menit, semua terhubung. Tidak ditemukan kendala sama sekali. Lancar.

‘’Tolong segera diajukan penawaran untuk kontrak setahun. Awal tahun kami perlu menggunakan webinar untuk mengelola berbagai rapat dan presentasi internal,’’ kata salah satu pejabat, setelah sesi ujicoba.

Kabar baik itu segera saya sampaikan kepada Pak Uge. ‘’Makanya jangan sepelekan 10 menit pertama presentasi. Itulah golden time Anda,’’ kata dosen komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA Jakarta itu. (*)

Pewarta : Joko Intarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda