Heru Budi Hartono: Banser Dapat Jadi Mitra Pemprov DKI Jakarta

Heru Budi Hartono, Pj Gubernur DKI Jakarta. (FOTO: iNewspalembang.id/ ist)

COWASJP.COM – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menutup secara simbolis Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser (Barisan Ansor Serbaguna) Akbar Tahun 2022, di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu pagi (30/10/2022).

Heru berharap gerakan pemuda ini dapat terus menjalin kolaborasi dengan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, sesuai dengan satuan khusus yang dimiliki.

Heru mengatakan, Banser dapat menjadi mitra Pemprov DKI Jakarta dalam upaya tanggap bencana, penanggulangan kebakaran, pemecahan masalah lalu lintas, bantuan kesehatan dan hal-hal lainnya.

"Rekan-rekan Ansor selalu hadir lebih dulu ketika ada sebuah bencana. Itu yang luar biasa, saya ucapkan terima kasih," kata Heru.

Heru juga menegaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta mendukung berbagai kegiatan positif yang diselenggarakan Organisasi Kepemudaan di Jakarta. Diharapkan, Organisasi Kepemudaan ini bukan hanya memiliki kaderisasi yang terpadu, terukur, dan berkelanjutan, tetapi juga senantiasa meningkatkan sinergi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam pembangunan.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Gerakan Pemuda Ansor yang telah memiliki sistem kaderisasi yang terpadu, terukur, dan berkelanjutan. Tentunya, dengan pondasi keagamaan yang kuat, semoga seluruh anggota dapat menjalankan fungsi organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, sosial kemasyarakatan dan bela negara,” tambah Heru.

Sebagaimana diketahui, warga Jakarta terdiri dari beragam etnis, budaya dan agama. Heru meminta Organisasi Kepemudaan di Jakarta, seperti Banser-GP Ansor DKI Jakarta dapat mengambil peran sebagai perekat keragaman, dan pemersatu kemajemukan agar Jakarta dapat menjadi kota yang nyaman dan damai bagi seluruh warganya.

Ia pun berpesan agar para pengurus dan anggota organisasi dapat terus melanjutkan peran strategis dengan berkontribusi nyata bagi Kota Jakarta.

Heru-Budi.jpg1.jpgPj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama para kader Banser. (FOTO: istimewa)

Selamat kepada peserta Diklatsar Banser Akbar 2022 yang telah tuntas mengikuti pelatihan, dan selamat bergabung menjadi anggota Banser-GP Ansor Nahdlatul Ulama. Banser sebagai barisan pemuda yang memiliki tugas pengamanan, fisik yang tangguh, juga harus memiliki hati yang lembut. Sehingga siap menjalankan aksi bela negara sekaligus tugas kemanusiaan," kata Heru.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta Muhammad Ainul Yakin mengatakan bahwa organisasinya akan terus menjadi garda terdepan bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Menjaga kerukunan umat beragama di Jakarta. Ia pun mengajak seluruh pihak, khususnya masyarakat Jakarta untuk bersama-sama menjaga persatuan, kedamaian, dan ketenteraman di Kota Jakarta.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Diklatsar 2022 yang diinisiasi oleh PW GP Ansor DKI Jakarta ini diikuti oleh sekitar 1.000 peserta, 28-30 Oktober 2022.

Acara dibuka Menteri Agama yang juga Ketum Ansor H. Yaqut Cholil Coumas ( Gus Yaqut ). Sedang Kasatkornas Banser Hasan Basri Sagala ikut mengisi materi Kebanseran.
Turut hadir juga mendampingi Plt. Gubernur DKI, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Rahmat Hidayat Pulungan, Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar, dan Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda