Para Peserta Antusias Berkat Gaya Ngocol Pelatihan UMKM Ika Unair Sidoarjo

Ika Unair Sidoarjo gelar pelatihan UMKM di HUT 50 tahun Ika Unair. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Pengurus Cabang Ikatan Alumni Univeritas Airlangga (PC Ika Unair) Sidoarjo memperingati 50 Tahun Ikatan Alumni Unair dengan menggelar pelatihan untuk UMKM, Rabu 26 Oktober 2022.

Acara pelatihan itu dihelat di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Sidoarjo, dihadiri sekitar 75 pelaku UMKM se-Sidoarjo. 

Acara ini berlangsung gayeng. Para peserta antusias dan masih merasa kurang waktunya, walaupun sudah berjalan 3 jam. 

Mereka merasa betah untuk duduk mengikuti kegiatan ini. Pasalnya, narasumber Edwin Fiatiano membawakan materinya dengan gaya kocak alias ngocol. Alhasil para peserta merasa tak bosan dan mengaku perlu ditambah lagi waktunya. 

Sesekali Edwin melontarkan pertanyaan lucu kepada para peserta.

"Hampir semua UMKM itu koruptif," ujar Edwin di hadapan para peserta.

"Lhooo," sahut para peserta yang bingung. 

Menurut Edwin, masih dengan gaya kocaknya, banyak UMKM yang mencampuradukkan modal dagangannya dengan keuangan pribadi. Akibatnya, usahanya tidak berkembang karena uang modal usaha digunakan untuk kepentingan pribadi.

"Semestinya harus dipisahkan dan memang harus kalau mau usahanya maju dan berkembang," kata dosen Fakultas Vokasi Unair ini.

Ia juga berpesan kepada pelaku UMKM, agar di era digital ini tidak malas-malasan memposting jualannya ke media sosial (medsos). Selain itu, target pasar harus ditentukan. Jangan barang apa saja dijual ke konsumen. "Ingat ya, one brand, one positioning"

ika-unair.jpg1.jpgKocaknya narasumber Edwin Fiatiano membuat para peserta pelatihan antusias dan gayeng. (FOTO: istimewa)

Acara pelatihan UMKM ini bertema Resilience UMKM Menghadapi Pasca Pandemi. Edwin membicarakan tentang mendesain produk unggulan untuk memenangkan pasar. Dia mengibaratkan bisnis ini bagai medan catur. Sedangkan pengusaha adalah pemain caturnya.

Narasumber lainnya, Miming Merina, membawakan materi sertifikasi halal untuk meningkatkan brand. Ia berharap pelaku UMKM bisa memahami prosedur dalam mengajukan sertifikasi halal. 

"Semakin lengkap berkasnya, maka prosesnya bisa segera selesai. Sertifikasi halal itu diperlukan karena konsumen butuh kepastian dan keamanan produk," ungkap ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Jawa Timur ini.

Ketua Pengabdian Masyarakat Ika Unair Sidoarjo Izzatul Aini mengatakan, kegiatan ini merupakan sumbangsih bagi masyarakat Sidoarjo. "Kegiatan ini merupakan rangkaian bakti sosial (baksos) Ika Unair Sidoarjo yang digelar mulai September-November 2022," ungkapnya.(*)

Pewarta : Rizki Daniarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda