Alma Ata, PT Pesantren yang Melejit

Rektor Universitas Alma Ata Prof Dr H Hamam Hadi. (Foto: Erwan W)

COWASJP.COM – Perayaan Ulang Tahun ke-7 Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta begitu spesial. Tidak hanya ditandai dengan pencapaian prestasi, tapi juga dihadiri orang nomor dua di negeri ini. Perayaan juga dibarengkan dengan peringatan Hari Santri.

Bertempat di Auditorium KH Hasyim Asyari Lt 9, Menara Al Musthofa, Universitas Alma Ata, ulang tahun dirayakan dengan Pidato Kebangsaan. Wakil Presiden Maruf Amin didaulat menyampaikan pidatonya. Tema pidato : Kepemimpinan Transformatif untuk Mengawal Terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Prestasi perguruan tinggi yang berbasis pondok pesantren ini disampaikan Rektor UAA Prof Dr H Hamam Hadi, MS, ScD, Sp Gk. Hamam menyampaikan di hadapan Wapres dengan penuh kebanggaan. Dijelaskan, Universitas Alma Ata berdiri pada Senin, 9 Rabiul Awwal 1437 H atau 21 Desember 2015. Stikes dan STAI Alma Ata bergabung menjadi universitas. 

"Di usianya yang ketujuh ini, Universitas Alma Ata melejit dari peringkat 389 pada tahun 2018 menjadi 104 pada tahun 2022 dari seluruh PTN dan PTS yang ada di Indonesia, versi Webomatric," urai Hamam disambut tepuk tangan hadirin. Termasuk Wapres Maruf Amin.

BACA JUGA:  Wapres Paparkan Sosok Pemimpin Setelah Jokowi

Hadir pada acara perayaan HUT ini, Wakil Gubernur DIY Paku Alam X bersama istri, Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan, Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito. Juga para rektor perguruan tinggi di DIY. Di antaranya Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Dr Al Makin dan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Prof Dr Fatchul Wahid.

Hadir pula Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, mantan Rektor UNY Prof Dr Rochmat Wahab dan GBPH Prabukusuma. Terlihat pula para Kiai dan Nyai dari sejumlah pondok pesantren di DIY. Terutama para dzuriyah KH Ali Maksum dan KH Attabik Ali. 

Di hadapan para tamu undangan tersebut, Hamam lantas melanjutkan capaian UAA di usianya yang ke-7. Universitas dengan 16 prodi (S1 dan D3) itu, kini berada di peringkat pertama PTNU se-Indonesia versi AD scientific index. Berada di peringkat 6 dari 101 PT di DIY dan peringkat 42 dari 4000-an PTS se-Indonesia versi webometric.

Pada kesempatan itu, Rektor kelahiran Majenang ini juga memohon doa restu pada Wakil Presiden Maruf Amin. Juga kepada para kiai yang hadir.  "Kami sebenarnya ingin kehadiran Bapak Wakil Presiden untuk meresmikan rumah sakit yang kami beri nama Alma Ata Hospital. Tetapi waktu belum memungkinkan. Oleh karena itu, kami mohon doanya saja, Rumah Sakit Alma Ata Hospital segera dibangun dan tuntas, penuh barokah dan manfaat, " harap Hamam.

Dipaparkan, Alma Ata Hospital berdiri di atas lahan seluas 5000 meter persegi. Berdiri 6 lantai. Dan dijadwalkan selesai sebelum akhir 2024.  "Semoga nanti Bapak Presiden atau Wakil Presiden berkenan untuk meresmikannya, "tandas alumnus John Hopkins University ini. (*)

Pewarta : Erwan Widyarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda