Rendemen Buah Pala Bogor Tertinggi di Dunia

Pahrudin (kiri) pemilik CV Putra Cinta Damai dan Arif Novantadi (Cowaser pemilik minuman sehat PalaBoo).

COWASJP.COM – Meski bukan tempat asal, Bogor ternyata mampu mencatat prestasi tertinggi soal buah pala (myristica fragranz houtt). Asal buah pala itu sebenarnya dari Pulau Ru. Di Kepulauan Ambon. Bisa sampai di Bogor, sejarahnya panjang. Awalnya bibit/biji pohon pala  dibawa Belanda ke Sukabumi. Pohon pala itu ditanam di Sukabumi dan Pulau Grenada (wilayah kekuasaan Inggris). Itu setelah Belanda dikalahkan Portugis di Ambon. 

Lalu, Belanda membangun pos penjagaan pohon pala di Bogor. Meski pohon palanya ditanam di Sukabumi. Pos penjagaan itu dikamuflase sebagai rumah peristirahatan Gubernur Jenderal-nya. Perlu dijaga banyak tentara. Menjaga istana itu juga karena menjaga buah pala di Sukabumi. Bangunan megah di wilayah Kebun Raya Bogor itu dikenal sebagai Istana Bogor. Kini, menjadi Istana Presiden.

Buah palanya pun lambat laun menyebar ke Bogor. Wilayah terdekatnya. Seperti pernah saya tulis, awalnya dibawa dan ditanam di Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Hingga kawasan Loji itu terkenal buah palanya. Sekitar tahun 1980-an mulai punah. Kini di Loji mulai dikembangkan kembali oleh CV Loji Laju Inovasi, produsen ‘’Minuman Relaksasi yang pertama di dunia’’, merek PalaBoo®.

Pohon pala yang ditanam di Bogor bisa mencapai prestasi tertinggi di dunia itu soal rendemen-nya. Kandungan intinya bisa mencapai 16 persen. Semula pernah ditulis hanya 14 persen. Walau tetap tertinggi juga. ‘’Itu karena perlakuan,’’ ungkap Pahrudin, pemilik CV Putra Cinta Damai. Perusahaan ini produsen minyak pala terbesar di Bogor. Jumlah minyak pala yang diekspor sudah puluhan ton per tahun.

Menurut dia, jika tanpa perlakuan (treatment), rendemennya maksimal hanya 14 persen. Tapi, jika ada perlakuan, bisa 16 persen. Bagaimana perlakuannya? Dikatakan Pakrudin, dijemur dengan panas sinar matahari selama minimal lima hari. Tidak memakai mesin pengering. Hasilnya beda. Dia punya mesin pengering, tapi dipakai saat musim hujan saja. Karena perlakuan khusus inilah dia lebih suka membeli biji pala yang masih basah. Dia membeli langsung dari petani. Harga pun tinggi. Rp 14.500,-/kg.

Biji pala diolah sendiri. Pahrudin yang tahu perlakuannya. Ini memang soal rahasia perusahaan. Dia tidak mau menceritakan proses persisnya. Hanya pengeringan sinar matahari langsung selama lima hari. Tapi dibolehkan saya melihat biji pala diproses. Buah pala utuh terlebih dahulu direndam air dalam drum besar. Beberapa lama. Bisa sebagai penyimpan. Usai perendaman itulah biji pala baru dibelah. Diambil bijinya saja. Lalu dijemur. Dihamparkan di halaman pabrik penyulingannya. Daging buah dibuang. Biasanya dijadikan pupuk tanaman.

Yang sangat pasti, rendemen tinggi membuat manfaat buah pala kian tinggi juga. Setidaknya terdapat 32 manfaat buah pala untuk kesehatan. Terutama untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Bahkan, di beberapa negara buah pala dijadikan bahan baku obat. Hingga kini setidaknya ada 32 negara di dunia yang mengonsumsi untuk obat. Indonesia sebagai pemasok 93 persen pasar dunia. Selebihnya dari Malaysia dan Granada.

Dalam catatan saya, buah pala sangat bermanfaat sebagai peluntur kotoran dalam darah. Catatan saya itu berasal dari ribuan uji klinis beberapa universitas dunia. Prof Keri dari Universitas Pajajaran Bandung, bahkan menyebut buah pala ini sangat istimewa. Buah pala itu memang anugerah Tuhan yang sangat luar biasa. Prof Keri menyebut buah pala itu ‘’dual agonis’’. Artinya, satu materi, namun mampu bekerja lebih banyak, meski berlawanan.

Dia mengatakan demikian karena jika mengkonsumsinya akan ngantuk. Jika dikonsumsi orang yang sedang lelah, maka dia akan lebih cepat ngantuk. Namun, jika dikonsumsi orang yang sedang bugar, dia akan semakin bugar. Ini saya tahu dari Momo Maulana, seorang profesional yang tinggal di Jakarta. Setiap pagi, akan berangkat bekerja, terlebih dulu minum PalaBoo®. Dia merasakan lebih giat bekerja.
Sebenarnya, manfaat buah pala itu mampu menggelontor apa pun jenis kotoran dalam darah.

Misalnya, kolesterol. Inilah sesungguhnya sumber penyakit. Saat kolesterol ngendon di kaki, disebut asam urat. Saat ngendon di bagan tubuh, jadi tumor. Atau kanker. Saat ngendon di pembuluh darah jantung, jadi penyebab penyakit jantung koroner. Saat ngendon di hati, menyebabkan kanker hati/sirosis. Ketika kolestrol bersih dari saluran darah, praktis manusianya sehat. Ingat: menyehatkan darah Anda, berarti menyelamatkan jiwa Anda.

Itu sebabnya, dalam paparannya, PalaBoo® disebutkan mampu membantu menyempurnakan proses penyehatan tubuh. Terutama untuk kalangan berumur 40 tahun ke atas. Sebab, proses metabolismenya sudah melambat. Pembersihan kolesterol bisa dibantu dengan minum sebotol PalaBoo® setiap hari. Akan sangat lebih bermanfaat ketika diminum menjelang tidur malam. 
Efek langsungnya, dalam beberapa detik bau mulut tak sedap lenyap seketika. Dalam beberapa menit, bisa sendawa/buang angin bagi yang masuk angin. Dalam beberapa jam, tubuh terasa lebih ringan karena ada proses relaksasi otot dan syarafnya. Bangun pagi terasa lebih segar dan bugar. Gak percaya? Ayo buktikan saja. (*)

Pewarta : Arif Novantadi
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda