Gunungkidul Jemput Wisatawan di Semarang

COWASJP.COM – Strategi "memancing di kolam tetangga" diterapkan Gunungkidul. Guna menarik wisatawan datang ke Gunungkidul, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul melakukan promosi di Semarang. Dispar Gunung Kidul hadir bersama dengan pelaku wisata Gunung Kidul baik dari unsur rumah makan, pusat oleh-oleh, pengelola desa wisata, hotel dan lain-lain. 

Para pelaku usaha pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Jogja Lantai Dua tersebut diajak langsung "memancing" wisatawan di ibukota Jawa Tengah. Mereka mengadakan Travel Dialog (TD), 22-23 Oktober 2018 di Aston Inn Hotel Semarang. "Ini travel dialog keempat yang kami gelar tahun 2018. Sebelumnya telah dilakukan tiga kali travel dialog di Bandung, Surabaya dan Palembang," jelas Kepala Dinas Pariwiasata GunungKidul Ir Asti Wijayanti, MA, Selasa (23/10).

ERWAN1.jpg

Mereka yang diajak berpromosi itu antara lain Griyo Wono, Rumah Makan Lembah Manah, Kampoeng Baron, Kopilimo, Rumah Makan Bu Tiwi Tan Tlogo, Hotel Ros In, Setia Rasa, Gatot Thiwul Yu Tum, Oleh-oleh Pak Gareng, Oleh-oleh Sari Rasa, RM Kondang Rasa, Gembira Loka Zoo,  dan H-Boutique Hotel.

Sasaran travel dialog adalah Biro Perjalanan, ASITA Jateng dan Perwakilan dari sekolah SMP, SMA/SMK di Kota Semarang. Selain memaparkan potensi wisata di Gunungkidul secara umum, para pelaku wisata dan calon wisatawan langsung berinteraksi dan bertransaksi.

ERWAN2.jpg

Sejumlah Biro Perjalanan Wisata yang hadir tampak antusias mengikiti travel dialog ini. Mereka mengaku mendapat tambahan informasi tentang destinasi wisata baru di Gunungkidul.  Termasuk juga kuliner dan juga tempat menginap. 

"Biasanya mereka membuat paket ke Goa Pindul, Pantai Indrayanti, Gunung Api Purba Nglanggeran dan beberapa yang terkenal saja. Dengan TD mereka bisa membuat alternatif paket wisata yang lebih variatif," tambah Asti.

Sedangkan sasaran lain untuk dijaring adalah sekolah-sekolah di Semarang. Promosi di hadapan kepala sekolah lebih cenderung ke promosi obyek wisata masal dan murah. Karena paket jenis itu yang mereka cari.

ERWAN3.jpg

Gunungkidul memang merupakan daerah destinasi wisata yang sedang tumbuh dan berkembang di Yogyakarta. Daerah di sebelah tenggara Yogyakarta dikenal dengan sebutan Jogja Lantai Dua memiliki pesona destinasi wisata yang lengkap dan eksotis.

Pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan juga terus meningkat seiring dengan program peningkatan infrastruktur dan sarana pendukung yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul.

Peningkatan jumlah kunjungan ini tidak lepas dari usaha Pemkab melalui Dinas Pariwisata yang melakukan upaya promosi yang masif dan gencar. 

ERWAN4.jpg

Selain promosi melalui media -- konvensional maupun media sosial-- Dinas Pariwisata Gunungkidul juga promosi dengan media luar ruang. Sedangkan Travel Dialog dipilih sebagai promosi langsung atau direct promotion dengan berkunjung langsung mendatangi calon wisatawan. "Selama ini hasilnya cukup efektif," tegas Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Gunungkidul Purnomo Sumardamto. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda